Similar Posts
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Nama : Dwi lestari
Nim : 877605695
Kelas : A semester 6
Menurut saya
Kelebihan : guru mengaitkan tema pembelajaran dengan lagu yg dinyanyikan yaitu ayah dan ibu, serta pembelajaran menggunakan media berupa gambar dan menggunakan metode abjad, eja, metode suku kata, kata dan kalimat sehingga membuat siswa mudah memahami pelajaran yang diberikan.
Kelemahan : guru tidak memulai dan menutup pembelajaran dengan membaca doa dan guru juga tidak melakukan absensi sebelum melakukan pembelajaran.
Nama : Isna Febriani
NIM : 859811042
Pokjar : Kayuagung
UPBJJ : Palembang
Dari video pembelajaran diatas, terdapat kelemahan dan kelebihan yaitu :
– Kelemahan Pembelajaran pada video yaitu pada saat awal pembelajaran tidak memberi salam dan membaca do’a, tidak memeriksa kehadiran siswa, tidak menjelaskan tujuan pembelajaran terlebih dahulu, tetapi langsung menjelaskan materi pembelajaran. Pada saat kegiatan penutup, tidak menyimpulkan pembelajaran, tidak membaca do’a.
– Kelebihannya yaitu menggunakan kegiatan bernyanyi sehingga membuat suasana kelas menjadi hidup, menggunakan gambar sebagai media pembelajaran sehingga pembelajaran terasa lebih menyenangkan, meminta siswa untuk mencocokkan huruf dengan contoh huruf yang sudah ada sehingga hal tersebut dapat membuat siswa fokus.
Terima kasih
Nama : Siti Rohmawati
NIM : 857256348
Pada video yang saya amati dimana pada pembukaan / kegiatan pendahuluan guru tersebut tidak mengucapkan salam terlebih dahulu,tidak menyapa siswa dan tidak di cek kehadiran nya dan siswa juga tidak diajak berdoa sebelum memulai pembelajaran. terimakasih
1. NAMA : MIFTAHHUNAZMI TUMANGGOR
NIM : 878252506
Dalam video tersebut ada sisi positif dan negatifnya.
Positifnya adalah :
1) Setelah selesai memberikan materi, guru menguji kemampuan siswa untuk mengetahui sebatas mana pemahaman, kemampuan siswa dengan tanya jawab.
2) Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan
bernyanyi membuat anak menjadi semangat dan mudah mencerna pelajaran.
2) Guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna menunjang
pembelajaran siswa supaya siswa dapat mudah memahami pembelajaran yang di
sampaikan guru tersebut.
3) Guru mencari metode yg lebih baik lagi yg dapat memudahkan siswa dalam memahami materi.
Negatifnya adalah :
1) Guru tidak mengawali pembelajaran dengan baik seharusnya sebelum memberikan materi, guru harus memberikan afirmasi positif agar anak semangat belajar, seperti memberi salam, mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
2) Guru tidak menguasi ruang kelas sehingga pembelajaran terasa tidak efektif krna antara guru dan murid tidak memiliki keterikatan sehingga menjadikan siswa tidak peduli dengan apa yg di sampaikan guru.
.
Nama : PLAUDIA YENI
NIM : 858100895
Video ini membahas tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak sekolah dasar. Video ini juga memberikan beberapa solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut.
Berikut adalah beberapa poin penting pada video ini:
Kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak sekolah dasar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, atau anak tergolong lambat belajar.
Untuk mengatasi kesulitan menulis, guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada murid untuk latihan menulis berulang-ulang, terutama menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat yang bermakna sesuai lingkungan anak.
Bagi anak yang tidak dapat menulis atau lambat menulis, guru dapat membantu memegang tangan anak, membantu menulis.
Untuk mengatasi kesulitan menulis, sebaiknya gunakan media pembelajaran untuk menulis, seperti gambar, lagu, buku tulis garis 5 dan buku gambar.
Gunakan metode yang bervariasi, seperti metode menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Tingkatkanlah interaksi guru dan murid, yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti tatapan, sentuhan, tepukan, memegang tangan murid, dan lain-lain.
Video ini sangat bermanfaat bagi guru dan orang tua yang ingin membantu anak-anak mereka mengatasi kesulitan menulis. Video ini juga dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah.
Nama : PLAUDIA YENI
NIM : 858110895
Video ini membahas tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak sekolah dasar. Video ini juga memberikan beberapa solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut.
Berikut adalah beberapa poin penting dari video ini:
Kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak sekolah dasar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, atau anak tergolong lambat belajar.
Untuk mengatasi kesulitan menulis, guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada murid untuk latihan menulis berulang-ulang, terutama menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat yang bermakna sesuai lingkungan anak.
Bagi anak yang tidak dapat menulis atau lambat menulis, guru dapat membantu memegang tangan anak untuk membantu menulis.
Untuk mengatasi kesulitan menulis, sebaiknya gunakan media pembelajaran untuk menulis, seperti gambar, lagu, buku tulis garis 5 dan buku gambar.
Gunakan metode yang bervariasi, seperti metode menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Tingkatkanlah interaksi guru dan murid, yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti tatapan, sentuhan, tepukan, memegang tangan murid, dan lain-lain.
Video ini sangat bermanfaat bagi guru dan orang tua yang ingin membantu anak-anak mereka mengatasi kesulitan menulis. Video ini juga dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah.
Nama ; Alpriani
NIM ; 860118784
Prodi ; PGSD (BI)
Izin menjawab,
tugas mengenai analisis vidio di portal guru pintar, saya menonton salah satu vidio pelajaran bahasa indonesia tentang kesulitan anak dalam membaca. didalam vidio di atas ibuk guru menggunakan lagu dan pengenalan huruf secara bertahap adalah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan membaca. Menurut saya ibuk guru nya sudah bagus dalam mengajarkan anak murid, namun permasalahannya ada pada murid secara indiviual. Hal yang menyebabkan anak kesulitan membaca yaitu anak malas, anak yang mudah bosan, kurangnya konsentrasi, kurang memperhatikan guru, tidak ada media pembelajaran dan pembelajaran yang lambat.
Upaya yang dilakukan bagaimana cara mengatasai anak yang kesulitan dalam membaca. Yaitu membaca dengan suara keras dan lantang secara bergantian.
Bermain dengan kata yang memiliki rima. Misalnya duku, kuku, suku, tinta, dadu, dan lainnya.
Mengajaknya berlatih memecahkan kata yang panjang menjadi suku kata. Misalnya kata me-nu-lis, be-lok-an, dan menggunakan media pembelajaran untuk menarik minat murid serta memudahkan memahami materi.
Sekian dari saya terimakasih.
Nama : Aji Inzaghi
Nim : 859811748
PGSD S1
Beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar Yaitu :
Kekurangan :
– Pada pembukaan guru tidak mengawali pembelajaran dengan doa,salam dan mengecek kehadiran siswa serta tidak ada apersepsi untuk menarik siswa dalam kegiatan awal pembelajaran.
Kelebihan :
– Guru mampu mengajar menggunakan media yang bisa menarik siswa untuk fokus pada pembelajaran.
Saran :
saat awal pembelajaran guru bisa memulai dengan game yang menarik siswa agar lebih semangat dalam mengikuti kegiatan belajar, kemudian siswa di bagi kelompok agar memudahkan bagi guru dalam memberikan bimbingan dan penilaian.
ada beberapa kekurangan pada pembelajaran tersebut diantaranya adalah
:
1. guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan dengan maksimal.
pada awal kegiatan guru tidak mengecek kehadiran siswa, tidak berdoa sebelum belajar,tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa .
2. guru tidak memberikan penguatan
kelebihannya dari video tersebut : guru mampu menarik perhatian siswa menggunakan media belajar yang sederhana.
saran saya : sebaiknya untuk membuat siawa menjadi aktif hendaknya guru membentuk kelompok diskusi kecil. guru juga harus menyampaikan tujuan pembelajaran di awal kegiatan agar siswa tau apa yang hendak dicapai pada materi yang disampaikan.
Nama : Gabriela
NIM : 859644025
dari video tentang “kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat” bu guru memulai kelas dengan menyanyikan lagu “pergi ke sekolah” lalu memberikan pertanyaan pemantik. Bu guru menggunakan media gambar dalam pembelajaran dan juga menggunakan kartu huruf.
penyebab kesulitan membaca yaitu :
– anak malas
– bosan
– kurang konsentrasi
– kurang perhatian guru
– tidak ada media pembelajaran
– pembelajaran lambat/ slow learner
Solusinya yaitu dengan menggunakan metode membaca permulaan :
– metode abjad
– metode eja
– metode suku kata
– metode kata
– metode kalimat
– metode SAS
terima kasih