silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,422 Comments

  1. Nama : Dwi lestari
    Nim : 877605695
    Kelas : A semester 6
    Menurut saya
    Kelebihan : guru mengaitkan tema pembelajaran dengan lagu yg dinyanyikan yaitu ayah dan ibu, serta pembelajaran menggunakan media berupa gambar dan menggunakan metode abjad, eja, metode suku kata, kata dan kalimat sehingga membuat siswa mudah memahami pelajaran yang diberikan.

    Kelemahan : guru tidak memulai dan menutup pembelajaran dengan membaca doa dan guru juga tidak melakukan absensi sebelum melakukan pembelajaran.

  2. Nama : Isna Febriani
    NIM : 859811042
    Pokjar : Kayuagung
    UPBJJ : Palembang
    Dari video pembelajaran diatas, terdapat kelemahan dan kelebihan yaitu :
    – Kelemahan Pembelajaran pada video yaitu pada saat awal pembelajaran tidak memberi salam dan membaca do’a, tidak memeriksa kehadiran siswa, tidak menjelaskan tujuan pembelajaran terlebih dahulu, tetapi langsung menjelaskan materi pembelajaran. Pada saat kegiatan penutup, tidak menyimpulkan pembelajaran, tidak membaca do’a.
    – Kelebihannya yaitu menggunakan kegiatan bernyanyi sehingga membuat suasana kelas menjadi hidup, menggunakan gambar sebagai media pembelajaran sehingga pembelajaran terasa lebih menyenangkan, meminta siswa untuk mencocokkan huruf dengan contoh huruf yang sudah ada sehingga hal tersebut dapat membuat siswa fokus.
    Terima kasih

  3. Nama : Siti Rohmawati
    NIM : 857256348
    Pada video yang saya amati dimana pada pembukaan / kegiatan pendahuluan guru tersebut tidak mengucapkan salam terlebih dahulu,tidak menyapa siswa dan tidak di cek kehadiran nya dan siswa juga tidak diajak berdoa sebelum memulai pembelajaran. terimakasih

  4. 1. NAMA : MIFTAHHUNAZMI TUMANGGOR
    NIM : 878252506
    Dalam video tersebut ada sisi positif dan negatifnya.
    Positifnya adalah :
    1) Setelah selesai memberikan materi, guru menguji kemampuan siswa untuk mengetahui sebatas mana pemahaman, kemampuan siswa dengan tanya jawab.
    2) Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan
    bernyanyi membuat anak menjadi semangat dan mudah mencerna pelajaran.
    2) Guru harus menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna menunjang
    pembelajaran siswa supaya siswa dapat mudah memahami pembelajaran yang di
    sampaikan guru tersebut.
    3) Guru mencari metode yg lebih baik lagi yg dapat memudahkan siswa dalam memahami materi.

    Negatifnya adalah :
    1) Guru tidak mengawali pembelajaran dengan baik seharusnya sebelum memberikan materi, guru harus memberikan afirmasi positif agar anak semangat belajar, seperti memberi salam, mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.

    2) Guru tidak menguasi ruang kelas sehingga pembelajaran terasa tidak efektif krna antara guru dan murid tidak memiliki keterikatan sehingga menjadikan siswa tidak peduli dengan apa yg di sampaikan guru.
    .

  5. Nama : PLAUDIA YENI
    NIM : 858100895
    Video ini membahas tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak sekolah dasar. Video ini juga memberikan beberapa solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut.
    Berikut adalah beberapa poin penting pada video ini:
    Kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak sekolah dasar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, atau anak tergolong lambat belajar.
    Untuk mengatasi kesulitan menulis, guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada murid untuk latihan menulis berulang-ulang, terutama menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat yang bermakna sesuai lingkungan anak.
    Bagi anak yang tidak dapat menulis atau lambat menulis, guru dapat membantu memegang tangan anak, membantu menulis.
    Untuk mengatasi kesulitan menulis, sebaiknya gunakan media pembelajaran untuk menulis, seperti gambar, lagu, buku tulis garis 5 dan buku gambar.
    Gunakan metode yang bervariasi, seperti metode menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat.
    Tingkatkanlah interaksi guru dan murid, yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti tatapan, sentuhan, tepukan, memegang tangan murid, dan lain-lain.
    Video ini sangat bermanfaat bagi guru dan orang tua yang ingin membantu anak-anak mereka mengatasi kesulitan menulis. Video ini juga dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah.

  6. Nama : PLAUDIA YENI
    NIM : 858110895
    Video ini membahas tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak sekolah dasar. Video ini juga memberikan beberapa solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut.
    Berikut adalah beberapa poin penting dari video ini:
    Kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak sekolah dasar dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, atau anak tergolong lambat belajar.
    Untuk mengatasi kesulitan menulis, guru sebaiknya memberikan kesempatan kepada murid untuk latihan menulis berulang-ulang, terutama menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat yang bermakna sesuai lingkungan anak.
    Bagi anak yang tidak dapat menulis atau lambat menulis, guru dapat membantu memegang tangan anak untuk membantu menulis.
    Untuk mengatasi kesulitan menulis, sebaiknya gunakan media pembelajaran untuk menulis, seperti gambar, lagu, buku tulis garis 5 dan buku gambar.
    Gunakan metode yang bervariasi, seperti metode menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat.
    Tingkatkanlah interaksi guru dan murid, yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti tatapan, sentuhan, tepukan, memegang tangan murid, dan lain-lain.
    Video ini sangat bermanfaat bagi guru dan orang tua yang ingin membantu anak-anak mereka mengatasi kesulitan menulis. Video ini juga dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah.

  7. Nama ; Alpriani
    NIM ; 860118784
    Prodi ; PGSD (BI)
    Izin menjawab,
    tugas mengenai analisis vidio di portal guru pintar, saya menonton salah satu vidio pelajaran bahasa indonesia tentang kesulitan anak dalam membaca. didalam vidio di atas ibuk guru menggunakan lagu dan pengenalan huruf secara bertahap adalah pendekatan yang efektif dalam mengajarkan membaca. Menurut saya ibuk guru nya sudah bagus dalam mengajarkan anak murid, namun permasalahannya ada pada murid secara indiviual. Hal yang menyebabkan anak kesulitan membaca yaitu anak malas, anak yang mudah bosan, kurangnya konsentrasi, kurang memperhatikan guru, tidak ada media pembelajaran dan pembelajaran yang lambat.
    Upaya yang dilakukan bagaimana cara mengatasai anak yang kesulitan dalam membaca. Yaitu membaca dengan suara keras dan lantang secara bergantian.
    Bermain dengan kata yang memiliki rima. Misalnya duku, kuku, suku, tinta, dadu, dan lainnya.
    Mengajaknya berlatih memecahkan kata yang panjang menjadi suku kata. Misalnya kata me-nu-lis, be-lok-an, dan menggunakan media pembelajaran untuk menarik minat murid serta memudahkan memahami materi.
    Sekian dari saya terimakasih.

  8. Nama : Aji Inzaghi
    Nim : 859811748
    PGSD S1
    Beberapa kekurangan dan kelebihan dalam mengajar Yaitu :
    Kekurangan :
    – Pada pembukaan guru tidak mengawali pembelajaran dengan doa,salam dan mengecek kehadiran siswa serta tidak ada apersepsi untuk menarik siswa dalam kegiatan awal pembelajaran.
    Kelebihan :
    – Guru mampu mengajar menggunakan media yang bisa menarik siswa untuk fokus pada pembelajaran.
    Saran :
    saat awal pembelajaran guru bisa memulai dengan game yang menarik siswa agar lebih semangat dalam mengikuti kegiatan belajar, kemudian siswa di bagi kelompok agar memudahkan bagi guru dalam memberikan bimbingan dan penilaian.

  9. ada beberapa kekurangan pada pembelajaran tersebut diantaranya adalah
    :
    1. guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan dengan maksimal.
    pada awal kegiatan guru tidak mengecek kehadiran siswa, tidak berdoa sebelum belajar,tidak menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa .
    2. guru tidak memberikan penguatan
    kelebihannya dari video tersebut : guru mampu menarik perhatian siswa menggunakan media belajar yang sederhana.
    saran saya : sebaiknya untuk membuat siawa menjadi aktif hendaknya guru membentuk kelompok diskusi kecil. guru juga harus menyampaikan tujuan pembelajaran di awal kegiatan agar siswa tau apa yang hendak dicapai pada materi yang disampaikan.

  10. Nama : Gabriela
    NIM : 859644025

    dari video tentang “kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat” bu guru memulai kelas dengan menyanyikan lagu “pergi ke sekolah” lalu memberikan pertanyaan pemantik. Bu guru menggunakan media gambar dalam pembelajaran dan juga menggunakan kartu huruf.

    penyebab kesulitan membaca yaitu :
    – anak malas
    – bosan
    – kurang konsentrasi
    – kurang perhatian guru
    – tidak ada media pembelajaran
    – pembelajaran lambat/ slow learner

    Solusinya yaitu dengan menggunakan metode membaca permulaan :
    – metode abjad
    – metode eja
    – metode suku kata
    – metode kata
    – metode kalimat
    – metode SAS

    terima kasih

Leave a Reply