Similar Posts
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
assalamualaikum wr.wb nama sislamiana nim:877629085 menurut saya pada saat pembelajaran harus dimulai berdoa, dan kemudian absen siswa, tidak lupa ice breaking agar anak-anak lebih semangat sebelum memulai belajar, kemudian kegiatan inti materi yang disampaikan harus mengenal huruf menggunkan abjd dan mmbaca dngan 2 suku kata misalnya suku beli, dan keudian anak diajarkan membaca 2 suku kata dengan metode mengeja, kemudian kegiatan penutup harus diberikan pr agar anak sampai rumah bisa disambung oleh ayah dan ibu tidak lupa diberikan buku bacaan cerita seperti sikancil mencuri timun atau cerita malin kundang tidak lupa diberikan pengarahan kepada wali untuk di bantu membaca atau dils kan agar anak cepat mengenal huruf
Nama : LINDA LISTIANA
Nim : 858929452
Prodi : PGSD S1
Menurut saya, video pembelajaran diatas dalam proses mengajar masih ada beberapa kekurangan yaitu:
-dalam tata cara proses mengajar tidak diawali dengan salam, mengecek kehadiran (absensi), berdoa
-tidak melakukan apresiasi pada anak terkait tentang pembelajaran kemarin
-tidak menjelaskan / mengenalkan huruf abjad terlebih dahulu.
Kelebihannya yaitu:
-guru menyiapkan media berupa gambar ayah dan ibu
-guru menyiapkan pemantik sesuai tulisan ayah dan ibu
-guru menyambungkan ice breaking dengan cara menyanyi yang berkaitan dengan keluarga.
Menurut saya sarannya adalah ketika dalam proses mengajarkan membaca pada anak menggunakan metode berkelompok, misalnya yang sudah mengerti huruf dijadikan satu dengan yang sudah mengerti huruf.
dan pada anak yang belum mengerti/mengenal huruf dan membaca dijadikan satu, agar mempermudah guru dalam memberikan perhatian lebih kepada anak yang masih kesulitan dalam membaca.
Bisa dilakukan ice breaking kembali dipertengahan pembelajaran seperti tepuk konsentrasi, menyanyikan lagu abcd, menulis huruf diudara, dll, agar merefresh anak sehingga mempermudah anak mengenali huruf.
Nama : Riza Puspita Sari
NIM : 859794064
Prodi : PGSD S1
Saya menganalisis dari video tersebut, yakni adanya kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut.
Kelebihannya yaitu peserta didik diberikan Lagu pergi sekolah yang akan berkaitan dengan pembelajaran sehingga peserta didik merasa senang dan mudah memahami pembelajaran yang akan diberikan. selanjutnya yaitu guru memberikan stimulus berupa media gambar agar peserta didik mengenal huruf dan kata. Guru membimbing anak yang dengan berbagai metode membaca permulaan.
kekurangannya yaitu guru tidak melakukan kegiatan awal / pendahuluan, seperti memberikan salam, berdoa, mengabsen serta menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.selanjutnya guru tidak melakukan assesmen awal agar bisa memetakan kemampuan dari peserta didik sehingga diberikan pembelajaran yang berdiferensiasi dimana disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.
demikian tanggapan dari saya terima kasih.
Nama: Emilianti,Nim:877603881 Video ini membahas tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak-anak SD. Video ini juga memberikan beberapa tips untuk mengatasi kesulitan ini.
Kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak-anak SD dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, atau anak tergolong lambat belajar atau suliner dan kelainan motorik halus.Sekian Terimakasih
Nama : ARMILASARI
NIM : 857167653
Setelah saya menyimak video di atas, saya melihat guru tersebut tidak mengecek kehadiran peserta didik, dan pada awal pembelajaran guru tidak melakukan apersepsi, untuk melatih daya berpikirnya agar tajam. Dan guru hendaknya mengajarkan pesera didik dimulai dari pengenalan huruf, misalnya ba, be, bi, bo, bu., agar peserta didik mengerti dan bisa membaca dengan cepat.
NAMA : MAYDINA PUTRI
NIM : 855726988
PRODY : PGSD S1
POKJAR : SIDOMULYO
Dalam video tersebut:
1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.
2. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
3. Pada pembukaan pembelajaran tidak ada sapaan kepada siswa.
Namun guru di video tersebut sudah baik, sudah ada alat peraga di dalam pembelajaran namun masih kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang keberhasilan pengajaran.
Kurang ice breaking d tengah pengajaran agar anak tidak bosan dalam kelas..
Nama : maydina putri
Nim : 855726988
Pokjar Sidomulyo
PGSD -S1 kelas B semester 8
Setelah menyimak video tersebut adapun reaksi anak anak sangat semangat sambil bernyanyi.
Dalam pembelajaran video tersebut.
1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.
2. Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
3. Pada pembukaan pembelajaran tidak ada sapaan kepada siswa.
Dengan bernyanyi guru menghubungkan pembelajaran dengan metode bernyanyi dan media gambar. Anak anak tambak bergitu bersemangat.
Nama : Dena Fuji Lestari
NIM : 877669326
Selamat siang, izin menanggapi penayangan video diatas :
Dalam video tersebut menjelaskan tentang bagaimana cara belajar membaca yang baik dan benar. Adapun kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut :
Kelebihan :
1. Ibu guru dalam kegiatan pembelajaran melakukan ice breaking dengan menyanyikan sebuah lagu yang sekaligus menjadi pemantik dalam kegiatan pembelajaran.
2. Menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
3. Menggunakan metode pembelajaran yang baik sesuai dengan kemampuan siswa dan siswi.
Kekurangan :
1. Dalam awal kegiatan pembelajaran tidak melakukan kegiatan doa bersama sebelum mengawali pembelajaran.
2. Tidak mengecek kehadiran siswa siswi.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari video diatas dapat disimpulkan :
Menjadi seorang guru sebelum masuk ke kelas, hendaknya mempersiapkan diri dan memiliki administrasi kelas yang baik dan benar, salah satunya RPP. Dengan demikian, kita bisa mengawali dan mengakhiri pembelajaran sesuai dengan RPP yang kita buat, agar dalam mengajar menjadi lebih baik dan terstruktur.
Sekian dan terimakasih.
Nama : Dena Fuji Lestari
NIM : 877669326
Selamat siang, izin menanggapi penayangan video diatas :
Dalam video tersebut menjelaskan tentang bagaimana cara belajar membaca yang baik dan benar. Adapun kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:
Kelebihan :
1. Ibu guru dalam kegiatan pembelajaran melakukan ice breaking dengan menyanyikan sebuah lagu yang sekaligus menjadi pemantik dalam kegiatan pembelajaran.
2. Menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
3. Menggunakan metode pembelajaran yang baik sesuai dengan kemampuan siswa dan siswi.
Kekurangan :
1. Dalam awal kegiatan pembelajaran tidak melakukan kegiatan doa bersama sebelum mengawali pembelajaran.
2. Tidak mengecek kehadiran siswa siswi.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari video diatas dapat disimpulkan :
Menjadi seorang guru sebelum masuk ke kelas, hendaknya mempersiapkan diri dan memiliki administrasi kelas yang baik dan benar, salah satunya RPP. Dengan demikian, kita bisa mengawali dan mengakhiri pembelajaran sesuai dengan RPP yang kita buat, agar dalam mengajar menjadi lebih baik dan terstruktur.
Sekian dan terimakasih.
NAMA : ALEX HERIYANTO
NIM : 858975775
UMPAN BALIK :
ADAPUN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DALAM VIDEO PEMBELAJARAN KALI INI
KEKURANGAN :
– TIDAK ADANYA SALAM
– TIDAK ADANYA BERDOA DIAWAL PEMBELAJARAN
– TIDAK ADANYA PENGULASAN MATERI SEBELUMNYA
– TIDAK MENANYAKAN KESIAPAN SISWA
– TIDAK ADANYA KEGIATAN PENUTUP DALAM VIDEO INI
– TIDAK ADANYA REFLEKSI, DAN KESIMPULAN
PENYEBAB MASALAH :
– ANAK MALAS
– BOSAN
– KURANG KONSENTRASI
– KURANG PERHATIAN GURU
– PEMBELAJARAN LAMBAT ATAU SLOW LEARNER
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH :
BAGAIMANAKAH KITA MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN?
– DENGAN CARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRET SEPERTI GAMBAR, ALAT PERAGA EJAAN HURUF
– ADAPUN JENIS-JENIS METODE MEMBACA PERMULAAN