Similar Posts
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
assalamualaikum wr.wb nama sislamiana nim:877629085 menurut saya pada saat pembelajaran harus dimulai berdoa, dan kemudian absen siswa, tidak lupa ice breaking agar anak-anak lebih semangat sebelum memulai belajar, kemudian kegiatan inti materi yang disampaikan harus mengenal huruf menggunkan abjd dan mmbaca dngan 2 suku kata misalnya suku beli, dan keudian anak diajarkan membaca 2 suku kata dengan metode mengeja, kemudian kegiatan penutup harus diberikan pr agar anak sampai rumah bisa disambung oleh ayah dan ibu tidak lupa diberikan buku bacaan cerita seperti sikancil mencuri timun atau cerita malin kundang tidak lupa diberikan pengarahan kepada wali untuk di bantu membaca atau dils kan agar anak cepat mengenal huruf
Nama : LINDA LISTIANA
Nim : 858929452
Prodi : PGSD S1
Menurut saya, video pembelajaran diatas dalam proses mengajar masih ada beberapa kekurangan yaitu:
-dalam tata cara proses mengajar tidak diawali dengan salam, mengecek kehadiran (absensi), berdoa
-tidak melakukan apresiasi pada anak terkait tentang pembelajaran kemarin
-tidak menjelaskan / mengenalkan huruf abjad terlebih dahulu.
Kelebihannya yaitu:
-guru menyiapkan media berupa gambar ayah dan ibu
-guru menyiapkan pemantik sesuai tulisan ayah dan ibu
-guru menyambungkan ice breaking dengan cara menyanyi yang berkaitan dengan keluarga.
Menurut saya sarannya adalah ketika dalam proses mengajarkan membaca pada anak menggunakan metode berkelompok, misalnya yang sudah mengerti huruf dijadikan satu dengan yang sudah mengerti huruf.
dan pada anak yang belum mengerti/mengenal huruf dan membaca dijadikan satu, agar mempermudah guru dalam memberikan perhatian lebih kepada anak yang masih kesulitan dalam membaca.
Bisa dilakukan ice breaking kembali dipertengahan pembelajaran seperti tepuk konsentrasi, menyanyikan lagu abcd, menulis huruf diudara, dll, agar merefresh anak sehingga mempermudah anak mengenali huruf.
Nama : Riza Puspita Sari
NIM : 859794064
Prodi : PGSD S1
Saya menganalisis dari video tersebut, yakni adanya kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut.
Kelebihannya yaitu peserta didik diberikan Lagu pergi sekolah yang akan berkaitan dengan pembelajaran sehingga peserta didik merasa senang dan mudah memahami pembelajaran yang akan diberikan. selanjutnya yaitu guru memberikan stimulus berupa media gambar agar peserta didik mengenal huruf dan kata. Guru membimbing anak yang dengan berbagai metode membaca permulaan.
kekurangannya yaitu guru tidak melakukan kegiatan awal / pendahuluan, seperti memberikan salam, berdoa, mengabsen serta menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini.selanjutnya guru tidak melakukan assesmen awal agar bisa memetakan kemampuan dari peserta didik sehingga diberikan pembelajaran yang berdiferensiasi dimana disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.
demikian tanggapan dari saya terima kasih.
Nama: Emilianti,Nim:877603881 Video ini membahas tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak-anak SD. Video ini juga memberikan beberapa tips untuk mengatasi kesulitan ini.
Kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak-anak SD dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, atau anak tergolong lambat belajar atau suliner dan kelainan motorik halus.Sekian Terimakasih
Nama : ARMILASARI
NIM : 857167653
Setelah saya menyimak video di atas, saya melihat guru tersebut tidak mengecek kehadiran peserta didik, dan pada awal pembelajaran guru tidak melakukan apersepsi, untuk melatih daya berpikirnya agar tajam. Dan guru hendaknya mengajarkan pesera didik dimulai dari pengenalan huruf, misalnya ba, be, bi, bo, bu., agar peserta didik mengerti dan bisa membaca dengan cepat.
NAMA : MAYDINA PUTRI
NIM : 855726988
PRODY : PGSD S1
POKJAR : SIDOMULYO
Dalam video tersebut:
1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.
2. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
3. Pada pembukaan pembelajaran tidak ada sapaan kepada siswa.
Namun guru di video tersebut sudah baik, sudah ada alat peraga di dalam pembelajaran namun masih kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang keberhasilan pengajaran.
Kurang ice breaking d tengah pengajaran agar anak tidak bosan dalam kelas..
Nama : maydina putri
Nim : 855726988
Pokjar Sidomulyo
PGSD -S1 kelas B semester 8
Setelah menyimak video tersebut adapun reaksi anak anak sangat semangat sambil bernyanyi.
Dalam pembelajaran video tersebut.
1. Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu.
2. Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
3. Pada pembukaan pembelajaran tidak ada sapaan kepada siswa.
Dengan bernyanyi guru menghubungkan pembelajaran dengan metode bernyanyi dan media gambar. Anak anak tambak bergitu bersemangat.
Nama : Dena Fuji Lestari
NIM : 877669326
Selamat siang, izin menanggapi penayangan video diatas :
Dalam video tersebut menjelaskan tentang bagaimana cara belajar membaca yang baik dan benar. Adapun kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut :
Kelebihan :
1. Ibu guru dalam kegiatan pembelajaran melakukan ice breaking dengan menyanyikan sebuah lagu yang sekaligus menjadi pemantik dalam kegiatan pembelajaran.
2. Menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
3. Menggunakan metode pembelajaran yang baik sesuai dengan kemampuan siswa dan siswi.
Kekurangan :
1. Dalam awal kegiatan pembelajaran tidak melakukan kegiatan doa bersama sebelum mengawali pembelajaran.
2. Tidak mengecek kehadiran siswa siswi.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari video diatas dapat disimpulkan :
Menjadi seorang guru sebelum masuk ke kelas, hendaknya mempersiapkan diri dan memiliki administrasi kelas yang baik dan benar, salah satunya RPP. Dengan demikian, kita bisa mengawali dan mengakhiri pembelajaran sesuai dengan RPP yang kita buat, agar dalam mengajar menjadi lebih baik dan terstruktur.
Sekian dan terimakasih.
Nama : Dena Fuji Lestari
NIM : 877669326
Selamat siang, izin menanggapi penayangan video diatas :
Dalam video tersebut menjelaskan tentang bagaimana cara belajar membaca yang baik dan benar. Adapun kelebihan dan kekurangannya adalah sebagai berikut:
Kelebihan :
1. Ibu guru dalam kegiatan pembelajaran melakukan ice breaking dengan menyanyikan sebuah lagu yang sekaligus menjadi pemantik dalam kegiatan pembelajaran.
2. Menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
3. Menggunakan metode pembelajaran yang baik sesuai dengan kemampuan siswa dan siswi.
Kekurangan :
1. Dalam awal kegiatan pembelajaran tidak melakukan kegiatan doa bersama sebelum mengawali pembelajaran.
2. Tidak mengecek kehadiran siswa siswi.
Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari video diatas dapat disimpulkan :
Menjadi seorang guru sebelum masuk ke kelas, hendaknya mempersiapkan diri dan memiliki administrasi kelas yang baik dan benar, salah satunya RPP. Dengan demikian, kita bisa mengawali dan mengakhiri pembelajaran sesuai dengan RPP yang kita buat, agar dalam mengajar menjadi lebih baik dan terstruktur.
Sekian dan terimakasih.
NAMA : ALEX HERIYANTO
NIM : 858975775
UMPAN BALIK :
ADAPUN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DALAM VIDEO PEMBELAJARAN KALI INI
KEKURANGAN :
– TIDAK ADANYA SALAM
– TIDAK ADANYA BERDOA DIAWAL PEMBELAJARAN
– TIDAK ADANYA PENGULASAN MATERI SEBELUMNYA
– TIDAK MENANYAKAN KESIAPAN SISWA
– TIDAK ADANYA KEGIATAN PENUTUP DALAM VIDEO INI
– TIDAK ADANYA REFLEKSI, DAN KESIMPULAN
PENYEBAB MASALAH :
– ANAK MALAS
– BOSAN
– KURANG KONSENTRASI
– KURANG PERHATIAN GURU
– PEMBELAJARAN LAMBAT ATAU SLOW LEARNER
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH :
BAGAIMANAKAH KITA MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN?
– DENGAN CARA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KONKRET SEPERTI GAMBAR, ALAT PERAGA EJAAN HURUF
– ADAPUN JENIS-JENIS METODE MEMBACA PERMULAAN