Similar Posts
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Setelah saya menonton video dengan judul pembelajaran kesulitan membaca huruf,suku kata ,kata dan kalimat.
Saya melihat ada beberapa kelebihan dan kelemahan pada video yang telah saya tonton tersebut.
Kelebihan sebagai berikut:
a. Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa – siswi untuk bernyanyi terlebih dahulu.
b. Guru menggunakan metode pembelajaran yang cukup menarik dengan media menggunakan media gambar pada pembelajaran yang disampaikan.
Kelemahan sebagai berikut:
a. Guru kurang menguasai kelas dan meteri yang ingin disampaikan kepada anak – anak , sehingga banyak anak- anak yang kurang bersemangat.
b. Guru tidak terlebih dahulu melakukan kegiatan awal seperti: salam pembuka , doa, pembuka, absensi siswa – siswi , dan menanyakan kabar ,dll.
Nama : Rini darmayanti
NIM : 856990131
Semester : 6
pokjar : Rumbia
Tanggapan saya terhadap video tersebut. Guru telah menggunakan prosedur pembelajaran yang sesuai, seperti kegiatan pendahuluan yang diawali dengan kegiatan bernyanyi bersama, sehingga dapat menarik perhatian siswa untuk dapat berkonsentrasi dalam belajar.
Guru tersebut juga menggunakan media pembelajaran yang kreatif sehingga memudahkan siswa mengerti materi yang diajar, ditambah metode pembelajaran yang sesuai dan terlihat siswa menikmati kegiatan belajar tersebut.
Sikap ceria yang ditampilkan guru juga membuat siswa tidak merasa bosan selama proses pembelajaran.
Nama : Riana desanti
Nim : 856990124
Menurut saya setelah melihat vidio tersebut guru yang berada dikelas tersebut bisa menguasai kelas dengan baik, sehingga menimbulkan interaksi siswa yang baik dan media gambar yang di gunakan memudahkan siswa untuk memahami materi tersebut,dan dengan adanya bernyanyi sebelum belajar itu juga membuat siswa semakin bersemangat dalam belajar, tetapi menurut saya ada sedikit yang terlewatkan pada pembelajaran di awal guru tidak melakukan kegiatan awal seperti salam pembuka,berdo’a.
Nama : Amar Ardiansyah Zulhelmi
NIM : 857701896
Prodi : S1 PGSD (POKJAR KDW)
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut banyak yang bisa diperoleh dari penyebab permasalahan di atas yaitu mulai dari suku-kata-kalimat yang sulit dipahami oleh siswa. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan permasalahan yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode yang bermacam-macam pada saat pembelajaran dilakukan. Seperti : Memberikan gambar dengan disertai tulisan yang sesuai dengan gambar tersebut, bernyanyi, memberikan gerak tubuh agar siswa dapat mudah memahami makna yang akan dipelajari, memberikan interaksi guru terhadap siswanya (sentuhan, ajakan, pujian dan lain-lain) agar siswa tertarik dan menirukan gurunya serta membaca buku yang ada gambarnya (gambar binatang, buah, dan lain sebagainya). Adapun penyebab permasalahan dari seorang gurunya : Tidak mengucapkan salam pada awal pembelajaran, tidak berdoa, tidak mengasih tahu pelajaran apa yang akan diajarkan pada siswanya dan tidak mengabsen siswanya.
Nama : Ganti Uli Tua Sihombing
NIM : 859871141
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Medan
Menurut saya dari video pembelajaran yang berjudul kesulitan membaca, huruf, suku kata, kata dan kalimat. Dalam video tersebut kasus yang diberikan memiliki kesamaan dengan yang saya alami di dalam kelas. Dimana di dalam kelas saya ada siswa yang bersemangat untuk berinteraksi menjawab pertanyaan dan ada pula beberapa siswa yang kurang berinteraksi dalam memberikan jawaban ada juga siswa yang lambat dalam menangkap pelajaran atau penjelasan yang kita berikan. Di kelas saya siswa yang lambat atau kurang fokus dalam belajar tidak mampu untuk menjawab atau pun merangkai setiap kalimat dengan baik, sedangkan siswa yang mampu menyerap pelajaran mereka dapat merangkai kalimat yang sesuai dengan masalah atau pelajaran yang disampaikan.
Maka demikian dari ulasan video pembelajaran tersebut untuk dapat mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa dalam hal membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat yaitu :
-Membuat kelompok belajar ( agar lebih semangat dan giat belajar )
-Menciptakan suasana belajar yang kondusif
-Membimbing siswa membaca suku kata yang terdiri dari huruf konsonan dan huruf vocal. misalnya : ba-ca,
ca-ca, da-da
-Guru melakukan ice breaking saat anak dirasa bosan dengan materi pembelajaran yang yang diberikan saat
itu
-Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa.
Terimakasih
NAMA : ROSY YUNIFA PANGARIBUAN
NIM : 855984959
PRODI: S1- PGSD
POKJAR SERDANG BEDAGAI
SEMESTER 8
Setelah saya melihat menyimak ataupun mendengarkan video pembelajaran diatas, pembelajaran yang dilakukan guru diatas sudah bagus. Akan tetapi ada Kekurangan dan ada juga kelebihan nya. Yaitu:
Kelebihan
– Guru mengajak peserta didik untuk bernyanyi, sehingga dapat menambah semangat yang baru untuk peserta didik tersebut.
– Guru melakukan tanya-jawab kepada siswa, sehingga seluruh siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung.
– Guru menggunakan media pembelajaran dengan membawa gambar dan huruf-huruf yang dapat disusun siswa. Sehingga peserta didik dalam menyusun huruf demi huruf sehingga terbentuk menjadi sebuah kata. Dari situ saya bisa melihat guru mampu mengajak siswa untuk mengeja dengan baik.
Kekurangan
– Guru belum melakukan salam pembuka, ataupun berdoa sebelum melakukan pembelajaran.
– Sebaiknya guru memperhatikan siswa dan mengajak siswa untuk lebih aktif dengan mendatangi satu persatu siswa, sehingga mereka tidak ngantuk ataupun tidak fokus dalam pembelajaran berlangsung yang dibawakan oleh guru tersebut.
Nama : Riski Rosenni Saragih
NIM : 855984809
Prodi : S1 PGSD
Tanggapan saya terhadap video diatas adalah ada beberapa kelemahan.
Salah satunya pada bagian pendahuluan dalam pembelajaran.
Guru yang mengajar dikelas tersebut tidak memulai pembelajaran dengan Doa. Alangkah baiknya sebelum melakukan suatu pembelajaran, diawali dengan Doa.
Diawal pembelajaran Guru juga kurang berkomunikasi dengan siswa, seperti menanyakan kabar siswa, menanyakan pembelajaran sebelumnya, dan lain sebaginya.
Pada video pembelajaran, Guru juga tidak terlihat menutup pembelajaran dengan baik.
Tapi dibalik kelemahan video tersebut ada beberapa kelebihan seperti, Guru menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti, Guru mengajak siswa bernyanyi sambil bertepuk tangan untuk menghidupkan suasana belajar, dan pada inti pembelajaran Guru juga menggunakan media yang bagus sehingga siswa bisa belajar membaca sekaligus mengenal apa itu “keluarga”
Guru kreatif dalam mempersiapkan media pembelajaran
Terima kasih..
Nama : Nadia Safira Br Sembiring
Nim : 859874992
Menurut saya setelah menonton video tersebut sudah cukup baik dan menarik, saat pembelajaran dimulai guru sudah mencuri perhatian peserta didik dengan mengajak bernyanyi bersama sebelum masuk ke materi pembelajaran.
-Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru mengucapkan salam lalu mengajak siswa untuk berdoa dilanjutkan dengan menyapa siswa dan mengabsen kehadiran siswa saat itu.
-Guru menyampaikan materi diawali dengan nyanyian untuk menarik perhatian siswa sehingga tidak ada keributan dan bisa fokus untuk menerima dan bernyanyi Bersama dengan mengkaitan materi yang akan dijelaskan.
-Guru dapat menguasi kelas dengan cukup baik, terlihat dari video tersebut kelas yang teratur dan tidak ada peserta yang berlarian di kelas selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.
-Guru menggunakan media gambar untuk menjelaskan ke siswa agar siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan.
-Setelah menjelaskan materi tersebut Guru juga mendekati siswa dengan menguji kemampuan siswa.
Nama : Witri
NIM : 856068822
Prodi : PGSD – SI
UPBJJ : Medan
Pokjar : Asahan
Menurut pendapat saya dalam video pembelajaran ” KESULITAN MEMBACA HURUF, SUKU KATA, KATA DAN KALIMAT ”
Guru tersebut sangat bagus dalam menyampaikan materi tersebut. Guru tersebut memberikan kepada pada siswa dengan cara memberikan gambaran tentang keluarga. Dan guru tersebut juga dapat mengatasi masalah yang terjadi pada siswa nya dengan menggunakan metode-metode yang yang mudah dipahami oleh anak SD, jadi jika kita bisa menerapkan pada siswa yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat kita bisa menggunakan metode abjad, eja, suku kata, kata, dan kalimat. Akan tetapi untuk lebih menarik minat belajar siswa bisa saja kita gunakan media pembelajaran dengan menggunakan video.
Nama : Klara Tiara Putri
Nim : 856989975
Meneurut pendapat saya pada video pembelajaran kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat.
Ada beberapa kelebihan dan juga kelemahan pada video diatas:
Kelebihan dari pembelajaran tersebut Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bernyanyi, sehingga anak menjadi semangat dan tertarik dalam belajar, guru menggunakan metode yang cukup dan menarik dengan media menggunakan media gambar pada pembelajaran yang disampaikan,dan Setelah melakukan penjelasan guru mendekati siswa dengan menguji batasan kemampuan siswa.
Kelemahan:
guru tidak melakukan kegiatan awal seperti, salam pembuka ,doa pembuka, mengecek kehadiran siswa dan menanyakan kabar siswa.