Similar Posts
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : SUHARTINI
Nim : 858650739
UPBJJ : SURABAYA
Prodi : S1 PGSD
Dalam video diatas ada kelemahan dan kelebihan pada video tersebut
kelebihan : ibu guru mengajar siswa dan siswinya dengan riang dan gembira, serta membuat anakdidik menjadi semangat untuk memulai suatu pembelajaran serta memberi sapaan yang baik.
kelemahan : ibu guru tidak menuliskan langsung ke papan mengenai huruf huruf yang dijabarkan serta guru hanya fokus pada anak didik yang pandai sedangkan kurang memperhatikkan siswa yang tidak terlalu aktif
Nama : SUHARTINI
Nim : 858650739
UPBJJ : SURABAYA
Prodi : S1 PGSD
Dalam video diatas ada kelemahan dan kelebihan pada video tersebut kelebihan : ibu guru mengajar siswa dan siswinya dengan riang dan gembira, serta membuat anakdidik menjadi semangat untuk memulai suatu pembelajaran serta memberi sapaan yang baik. kelemahan : ibu guru tidak menuliskan langsung ke papan mengenai huruf huruf yang dijabarkan serta guru hanya fokus pada anak didik yang pandai sedangkan kurang memperhatikkan siswa yang tidak terlalu aktif
Selamat malam
saya Serlianti Natalia
saya sedikit menanggapi tentang video di atas, setela saya menonton ada mungkin kurang dan kelebihan tersebut seperti ;
Kekuranganya :
1. Guru tidak mengawali pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang seharusnya dilakukan terlebih dahulu seperti memberi salam, menyapa, mengecek kehairan siswa
2. Tidak ada kegiatan berdoa sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran
3. Tidak ada tanya jawab tentang materi yang sebelumnya di pelajari,
4. Tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan
5 Dan kekurangan selanjutnya yaitu cara mengajar siswa secara perorangan, akan sangat membutuhkan waktu yang lama, hal demikian akan menghambat pemebelajaran, menurut saya pribadi sebaiknya guru menjelaskannya didepan sehingga semua siswa melihat dan mengikuti cara guru membaca kosa kata tersebut. dengang menempelkan media belajar yang digunakan didepan papan tulis
Kelebihan ;
1. Guru sangat semangat dalam mengajar sehingga siswa senang dan gembira
2. Guru yang kreatif dalam memilih alat peraga untuk mudah dimengerti oleh siswa
3. Cara Yang digunakan sudah bagus dan dapat membuat siswa tertarik
4. Menyayikan lagu sebagai awal yang memberikan semangat
demikian pendapat saya, Mohon dimaafkan jika pendapat saya kurang berkenan
Nama : Nurma Yunita Apriyanti
NIM : 856746026
PRODI : PGSD-S1
UPBJJ : Palembang
Setelah saya menyaksikan vidio guru yang sedang mengajar di kelas rendah tersebut terlihat, bahwa guru tersebut telah menggunakan media pembelajaran berupa gambar ayah dan ibu ,kemudian mengajak siswa membaca tulisan ayah dan ibu pada gambar tersebut dan guru membimbing siswa untuk membaca kata ayah dan ibu.
dan menurut saya dalam proses megajar dalam vidio tersebut terdapat kelemahan yang mungkin bisa di perbaiki seperti : Guru tidak mengucapkan salam dan tidak mebimbing peserta didik berdoa, guru tidak mengecek kehadiran peserta didik, apersepsi sudah dilakukan tapi tidak mengecek kesiapan peserta didik sebelum bernyanyi, seperti fokus peserta didik apakah sudah siap untuk bernyanyi, guru sudah menggunakan media pembelajaran berupa media gambar, tetapi ada baiknya menggunakan media yang lebih menarik lagi seperti media visual yang ditampilkan oleh proyektor sehingga dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.
sekian dari saya ,terimakasih.
Nama : Nurma Yunita Apriyanti
NIM : 856746026
PRODI : PGSD-S1 UPBJJ : Palembang
Setelah saya menyaksikan vidio guru yang sedang mengajar di kelas rendah tersebut terlihat, bahwa guru tersebut telah menggunakan media pembelajaran berupa gambar ayah dan ibu ,kemudian mengajak siswa membaca tulisan ayah dan ibu pada gambar tersebut dan guru membimbing siswa untuk membaca kata ayah dan ibu. dan menurut saya dalam proses megajar dalam vidio tersebut terdapat kelemahan yang mungkin bisa di perbaiki seperti : Guru tidak mengucapkan salam dan tidak mebimbing peserta didik berdoa, guru tidak mengecek kehadiran peserta didik, apersepsi sudah dilakukan tapi tidak mengecek kesiapan peserta didik sebelum bernyanyi, seperti fokus peserta didik apakah sudah siap untuk bernyanyi, guru sudah menggunakan media pembelajaran berupa media gambar, tetapi ada baiknya menggunakan media yang lebih menarik lagi seperti media visual yang ditampilkan oleh proyektor sehingga dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. sekian dari saya ,terimakasih
NAMA : NURMADINA RAJAB
NIM : 859501615
PRODI : PGSD-S1 (semester 6)
Setelah saya menyimak dan melihat video pembelajaran ini yang berjudul kesulitan membaca suku kata, kata dan kalimat dalam seri pengembangan bahasa indonesia SD. Saya dapat menyimpulkan bahwa ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang saya dapatkan dalam topik video kali ini.
kekurangannya, dalam memulai pembelajaran tidak memulai dengan berdoa, mengecek kehadiran siswa, bahkan tidak ada tanya jawab mengenai pelajaran sebelumnya yang telah dipelajari.
Kelebihannya, menurut saya yaitu cukup membantu sebagai referensi dalam mengajar anak dalam mengenal kata atau huruf.
Terima kasih
Kelebihan : Anak-anak terlihat antusias dalam belajar mengucap nama huruf yang ditulis oleh guru di papan tulis, dan mereka juga diberi tugas untuk menuliskan huruf, dan kata yang ditugaskan oleh guru, sehingga mereka semangat untuk mengerjakannya.
Kelemahan : guru dalam video tersebut yaitu kurangnya variasi pemberian media pembelajaran, guru hanya menggunakan kertas bergambar dan tulisan huruf kepada siswa untuk menerangkan hurup dan kata, alangkah baiknya jika media pembelajarannya lebih dari satu atau bervariasi, sehingga dengan media yang bervariasi akan lebih menarik perhatian siswa dalam belajar menulis huruf dan kata.
Kelebihan : Anak-anak terlihat antusias dalam belajar mengucap nama huruf yang ditulis oleh guru di papan tulis, dan mereka juga diberi tugas untuk menuliskan huruf, dan kata yang ditugaskan oleh guru, sehingga mereka semangat untuk mengerjakannya.
Kelemahan : guru dalam video tersebut yaitu kurangnya variasi pemberian media pembelajaran, guru hanya menggunakan kertas bergambar dan tulisan huruf kepada siswa untuk menerangkan hurup dan kata, alangkah baiknya jika media pembelajarannya lebih dari satu atau bervariasi, sehingga dengan media yang bervariasi akan lebih menarik perhatian siswa dalam belajar menulis huruf dan kata.
Nama : JULIA MAYANG SARI
NIM : 856710814
Prodi : PGSD-S1
Ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan dalam video tersebut.
Kelebihannya adalah :
Kelebihan pada pembelajaran yang dilakukan sudah menguasai suasan kelas, sudah menggunakan media pembelajaran yang kreatif, sudah menerapkan sesuai dengan tupoksi.
Kelemahannya adalah :
1.guru tidak melakukan apresepsi dalam mengawali pembelajaran, karena manfaat apresepsi melatih anak untuk lebih fokus dan bersemangat dalam persiapan belajar, apresepsi yg dapat di lakukan seperti memberi salam, mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
2.Banyak murid yang tidak fokus
3.Guru tidak menguasai ruang kelas sehingga terkesan kaku dan monoton
Kelebihan : Anak-anak terlihat antusias dalam belajar mengucap nama huruf yang ditulis oleh guru di papan tulis, dan mereka juga diberi tugas untuk menuliskan huruf, dan kata yang ditugaskan oleh guru, sehingga mereka semangat untuk mengerjakannya.
Kelemahan : guru dalam video tersebut yaitu kurangnya variasi pemberian media pembelajaran, guru hanya menggunakan kertas bergambar dan tulisan huruf kepada siswa untuk menerangkan huruf dan kata, alangkah baiknya jika media pembelajarannya lebih dari satu atau bervariasi, sehingga dengan media yang bervariasi akan lebih menarik perhatian siswa dalam belajar menulis huruf dan kata.