Similar Posts
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kenampakan Alam
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan Konsep Kenampakan Alam. Pada program ini diperlihatkan seorang guru yang meminta siswanya untuk menjelaskan macam-macam kenampakan alam dari negara mesir, sesuatu yang sangat asing bagi diri anak, dan siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kenampakan alam tersebut….
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Nama :dewi nur fatimah
Nim: 856989871
Pokjar: rumbia
Setelah saya melihat vidio pembelajaranb bahasa indonesia dengan materi penghambat membaca di sekolah dasar saya melihat guru tidak melakukan pembukaan secara lengkap seperti salam,berdoa,kemudian menanyakan kabar kepada siswa nya.lalu masuk ke inti pembelajaran.
Nama : burhan sulaksono
NIM : 857763509
Prodi : PGSD-S1
Pokjar : Kota kediri
UPBJJ : malang
Semester : 8
Dosen PKP : Pak misbahul ibad
Izin memberi tanggapan ya teman-teman mahasiswa.🙏🏻
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, ada banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Dalam video tersebut sebenarnya sudah bagus akan tetapi pasti ada kelebihan dan kekuranganya. Sehingga bisa saya simpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut.
Kelebihan yang ada di dalam video itu adalah:
1. Guru membawa pembelajaran dengan pembawaan yang tenang dan public speaking yang bagus
2. Siswa begitu tenang, rapi dan tidak terlihat gaduh
3. Menggunakan media yang sesuai materi pembelajaran
4. Dikreasikan dengan sebuah lagu untuk memusatkan perhatian siswa dan menambah semangat siswa dalam belajar di kelas
5. Guru memberikan kalimat apresiasi yang baik, contoh “pintar semuanya yah” “iya bagus”
Sedangkan kekurangannya sebegai berikut :
1. Di dalam video tersebut tidak nampak guru sedang menyampaikan salam pembuka dan penutup do’a sebelum mulai pelajaran, absensi siswa agar menggugah semangat siswanya
2. Tidak memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan menyampaikan pendapatnya atau bertanya jawab
3. Siswa cenderung pasif karena hanya duduk saja di kursi
4. Ada beberapa siswa yang nampak kurang bersemangat dan ada juga yang bosan
✏️Saran saya walaupun gurunya sudah memiliki public speaking dengan baik tapi siswanya harus diajak lebih ceria lagi, selalu senyum sapa siswanya agar lebih bersemangat. Ajaklah anak untuk bergerak tidak hanya duduk di kursi terus. Karena untuk mengakrabkan sesama siswa lain. Mungkin media pembelajaran bisa divariasikan dengan media lain agar lebih menarik minat siswa, jangan lupa beri ice breaking agar siswa tidak mudah bosan.
Cukup sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada tutur kata yg kurang berkenan, terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum wr. wb.🙏🏻
Nama : Burhan Sulaksono
NIM : 858781491
Prodi : PGSD-S1
Pokjar : Kota Kediri
UPBJJ : Malang
Izin memberi tanggapan ya teman-teman mahasiswa.
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, ada banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Dalam video tersebut sebenarnya sudah bagus akan tetapi pasti ada kelebihan dan kekuranganya. Sehingga bisa saya simpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut.
Kelebihan yang ada di dalam video itu adalah:
1. Guru membawa pembelajaran dengan pembawaan yang tenang dan public speaking yang bagus
2. Siswa begitu tenang, rapi dan tidak terlihat gaduh
3. Menggunakan media yang sesuai materi pembelajaran
4. Dikreasikan dengan sebuah lagu untuk memusatkan perhatian siswa dan menambah semangat siswa dalam belajar di kelas
5. Guru memberikan kalimat apresiasi yang baik, contoh “pintar semuanya yah” “iya bagus”
Sedangkan kekurangannya sebegai berikut :
1. Di dalam video tersebut tidak nampak guru sedang menyampaikan salam pembuka dan penutup do’a sebelum mulai pelajaran, absensi siswa agar menggugah semangat siswanya
2. Tidak memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan menyampaikan pendapatnya atau bertanya jawab
3. Siswa cenderung pasif karena hanya duduk saja di kursi
4. Ada beberapa siswa yang nampak kurang bersemangat dan ada juga yang bosan
✏️Saran saya walaupun gurunya sudah memiliki public speaking dengan baik tapi siswanya harus diajak lebih ceria lagi, selalu senyum sapa siswanya agar lebih bersemangat. Ajaklah anak untuk bergerak tidak hanya duduk di kursi terus. Karena untuk mengakrabkan sesama siswa lain. Mungkin media pembelajaran bisa divariasikan dengan media lain agar lebih menarik minat siswa, jangan lupa beri ice breaking agar siswa tidak mudah bosan.
Cukup sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada tutur kata yg kurang berkenan, terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum wr. wb.
Assalamualaikum
Nama : Restu Meilina
NIM : 857156976
UPBJJ : Jakarta
Prodi : (BI) S1 PGSD
Saya akan memberikan reaksi terhadap tayangan pada video berjudul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku kata, Kata, dan Kalimat”
Menurut pendapat saya, yang telah guru lakukan pada kegiatan tersebut sudah baik. Terdapat interaksi antara guru dengan murid. Kemudian guru juga membimbing serta membantu siswa yang kesulitan serta terdapat adanya media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk belajar. Dari Video tersebut, saya akan memberikan Kelebihan, Kekurangan, dan Solusi. Sebagai berikut:
A. Kekurangan:
– Di dalam video tersebut tidak didahului dengan salam serta bertanya kabar, dan bertanya kehadiran siswa
– Di dalam video, terdapat ketidaksesuaian dalam bertanya perihal materi yang akan diajarkan. Dalam tayangan tersebut, guru bertanya “siapa yang di rumahnya punya Ibu dan Ayah?”, sebaiknya kalimat tanya ini bisa diganti dengan “Coba sebutkan siapa saja anggota keluarga yang ada di rumah?”, karena tidak semua siswa memiliki keluarga yang utuh (ayah/ibu)
B. Kelebihan:
– Guru sudah melakukan interaksi dengan siswa dengan baik (contohnya sudah menyampaikan tujuan pembelajaran dengan baik)
– Guru sudah memberikan ice breaking guna membuat siswa tidak bosan
– Guru sudah menggunakan media pembelajaran dengan baik
– Guru membimbing siswa yang belum lancar mengenal huruf/ membaca
Menanggapi video di atas tentang “Membaca huruf, Suku kata, Kata, dan Kalimat”, Seorang guru memang sudah seharusnya mendampingi dan membimbing siswa yang kesulitan menangkap materi yang diajarkan, kemudian seorang guru juga memang seharusnya memiliki media pembelajaran untuk memudahkan siswa memcerna pelajaran. Berikut penyebab siswa sulit memahami materi: 1. Siswa malas, 2. Siswa bosan, 3. Siswa kurang berkonsentrasi, 4. Siswa kurang perhatian dari guru, 5. Tidak adanya media pembelajaran, 6. Pembelajaran lambat.
C. Solusi:
Solusi yang dapat dilakukan adalah: Setiap materi yang akan diajarkan, guru hendaknya selalu menyiapkan media pembelajaran. Misal, materinya adalah fokus kepada membaca, pengenalan huruf, kata, dan kalimat, maka guru bisa menyediakan media gambar seperti pada video di atas. Mengantisipasi siswa mengalami bosan, guru bisa mengganti media menggunakan media audio visual contohnya dengan memberikan video mengenai materi yang akan diajarkan.
Kemudian solusi untuk anak yang belum bisa mengenal huruf, guru bisa membimbing dengan telaten agar siswa lambat laun dapat mengenal huruf.
Cukup sekian pendapat dari saya,
Wassalamualaikum
Nama : ANGGUN INDAH MULYATI
Nim: 858904279
Program studi : S-1 PGSD
UPBJJ-UT JEMBER
setelah melihat video tersebut. menurut saya pembelajaran menggunakan media sangatlah penting seperti halnya yang ada divideo tersebut. dan dapat juga menggunakan media yang lebih bervariasi lagi seperti menyusun balok huruf, dan lain-lain. dengan adanya media, belajar akan semakin menarik dan menumbuhkan semangat pada siswa.
biasakan mengajarkan siswa membaca tanpa mengeja, sebab tanpa mengeja akan lebih cepat dalam memahami sebuah kata
Nama : Dwi Syafitri
NIM : 856564689
Kelas: 8A
POKJAR: UT KOTA JAMBI
Assalamualaikum wr.wb
Menurut saya video pembelajaran ini sudah cukup baik dimana dalam video ini siswa sudah dilibatkan dan aktif dalam kegiatan pembelajaran,serta guru telah menggunakan media gambar untuk siswa..
Namun saya ada beberapa hal yang perlu di perbaiki,
1.kegiatan awal pembelajaran ada baiknya kita mengondisikan kelas dulu dengan berdoa,mengecek kehadiran serta melakukan apersepsi,agar siswa dapat mengingat pelajaran yang sudah dipelajari .
2.media yg digunakan baiknya diberi warna agar lebih menarik perhatian siswa
3.guru menulis kan dipapan tulis kemudian ajak siswa membaca nya dan menulis suku kata yang ada
Sekian dari saya
Terimakasih
Wasalamualaikum wr.wb
Nama : Adi RiFqi Romadon
NIM : 856998096
Prodi : PGSD-S1
Pokjar : bandar Lampung
UPBJJ : 20/Bandar Lampung
Izin memberi tanggapan ya teman-teman mahasiswa.
Setelah melihat video pembelajaran tersebut, ada banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Dalam video tersebut sebenarnya sudah bagus akan tetapi pasti ada kelebihan dan kekuranganya. Sehingga bisa saya simpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut.
Kelebihan yang ada di dalam video itu adalah:
1. Guru membawa pembelajaran dengan pembawaan yang tenang dan public speaking yang bagus
2. Siswa begitu tenang, rapi dan tidak terlihat gaduh
3. Menggunakan media yang sesuai materi pembelajaran
4. Dikreasikan dengan sebuah lagu untuk memusatkan perhatian siswa dan menambah semangat siswa dalam belajar di kelas
5. Guru memberikan kalimat apresiasi yang baik, contoh “pintar semuanya yah” “iya bagus”
Sedangkan kekurangannya sebegai berikut :
1. Di dalam video tersebut tidak nampak guru sedang menyampaikan salam pembuka dan penutup do’a sebelum mulai pelajaran, absensi siswa agar menggugah semangat siswanya
2. Tidak memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan menyampaikan pendapatnya atau bertanya jawab
3. Siswa cenderung pasif karena hanya duduk saja di kursi
4. Ada beberapa siswa yang nampak kurang bersemangat dan ada juga yang bosan
✏️Saran saya walaupun gurunya sudah memiliki public speaking dengan baik tapi siswanya harus diajak lebih ceria lagi, selalu senyum sapa siswanya agar lebih bersemangat. Ajaklah anak untuk bergerak tidak hanya duduk di kursi terus. Karena untuk mengakrabkan sesama siswa lain. Mungkin media pembelajaran bisa divariasikan dengan media lain agar lebih menarik minat siswa, jangan lupa beri ice breaking agar siswa tidak mudah bosan.
Cukup sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada tutur kata yg kurang berkenan, terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum wr. wb.
Nama : Febri Lisa A.
Nim : 858930496
UPBJJ : Jember
Prodi : FKIP PGSD
Setelah melihat vidio di atas, dengan metode tersebut sangat membantu untuk anak lebih bisa membaca dan mengenal huruf sambil bermain- main .
Dan siswa juga bisa mengenal anggota keluarganya lewat gambar yang di tunjuk kan oleh guru.
Tetapi biasanya anak hanya bisa mengenal huruf dengan membaca saja, juga belum tentu bisa menulis dengan benar.
Seharusnya anak – anak juga di ajari menulis oleh guru kelas.
Kekurangan dari pembelajaran dari vidio tersebut adalah :
– Dalam vidio guru tidak memberikan salam dan kehadiran siswa
– Guru kurang menguasai kelas ,sehingga siswa menjadi kurang fokus
– Siswa terlihat pasif dan kurang bersemangat karena tidak di tunjuk maju ke depan
– Siswa seharusnya di ajak adu cepat untuk menjawab pertanyaan guru ,sehingga siswa lebih semangat dan merangsang untuk lebih cepat berfikir.
– Tidak ada salam penutup.
Nama : Adi RiFqi Romadon
Nim : 856998096
Setelah melihat video tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dikelas merupakan suatu tanggung jawab penuh guru agar anak dapat belajar dengan senang dan ikut serta dalam kegiatan belajar.
Dalam video tersebut guru mengalami permasalahan di kelas yaitu
1.) Peserta Didik yang kurang memahami huruf dan kesulitan dalam membaca padahal kegiatan akan berjalan lancar jika seluruh peserta dapat membaca materi yang akan diajarkan di kelas.
2.) Metode pemecahan masalah di kelas jika mengalami seperti halnya di video yaitu lebih bersifat menarik agar anak dapat cepat merespon dan menyerap ilmu yang diberikan oleh guru ketika sedang belajar
Apalagi untuk kelas rendah seperti kelas 1 yaitu kelas yang mengalami peralihan dari taman kanak-kanak sebelumnya lebih banyak menggambar,bermain saat mereka sekolah dasar ini ada tugas guru agar anak tidak bosan kita harus belajar mengenal huruf dan belajar membaca
Metode seperti ini di sekolah saya mengajar sudah diterapkan namun untuk waktu dan jam kurang memadai apalagi kapasitas guru juga tidak cukup dan perlu ekstra sabar dalam mengajari peserta didik seperti ini.
Kekurangan dalam video ini adalah :
1.) Dimulai pelajaran guru tidak memberikan salam dan mengecek kehadiran peserta didik
2.) Fokus peserta didik kurang dalam memperhatikan guru yang ada didalam kelas tersebut.
Sekian dari saya terimakasih
Nama : APRIYANA
Nim : 857012156
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Prodi : S1 PGSD
Assalamualaikum
Saya akan memberikan tanggapan terhadap video berjudul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku kata, Kata, dan Kalimat”
Menurut pendapat saya, yang telah guru lakukan pada kegiatan dividio sudah baik. Terdapat interaksi antara guru dengan murid. Kemudian guru juga membimbing serta membantu siswa yang kesulitan serta terdapat adanya media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk belajar Dari Video tersebut, saya akan memberikan Kelebihan, Kekurangan, dan Solusi. Sebagai berikut:
A. Kekurangan:
1. Di dalam video tersebut tidak didahului dengan salam serta bertanya kabar, dan bertanya kehadiran siswa
2. Di dalam video, terdapat ketidaksesuaian dalam bertanya perihal materi yang akan diajarkan. Dalam tayangan tersebut, guru bertanya “siapa yang di rumahnya punya Ibu dan Ayah?”, sebaiknya kalimat tanya ini bisa diganti dengan “Coba sebutkan siapa saja anggota keluarga yang ada di rumah?”, karena tidak semua siswa memiliki keluarga yang utuh (ayah/ibu)
B. Kelebihan:
1. Guru sudah melakukan interaksi dengan siswa dengan baik (contohnya sudah menyampaikan tujuan pembelajaran dengan baik)
2. Guru sudah memberikan ice breaking guna membuat siswa tidak bosan
3. Guru sudah menggunakan media pembelajaran dengan baik
4. Guru membimbing siswa yang belum lancar mengenal huruf/ membaca
Menanggapi video tentang “Membaca huruf, Suku kata, Kata, dan Kalimat”, Seorang guru memang sudah seharusnya mendampingi dan membimbing siswa yang kesulitan menangkap materi yang diajarkan, kemudian seorang guru juga memang seharusnya memiliki media pembelajaran untuk memudahkan siswa memcerna pelajaran. Berikut penyebab siswa sulit memahami materi:
1. Siswa malas,
2. Siswa bosan,
3. Siswa kurang berkonsentrasi,
4. Siswa kurang perhatian dari guru,
5. Tidak adanya media pembelajaran,
6. Pembelajaran lambat.
C. Solusi:
Solusi yang dapat dilakukan adalah: Setiap materi yang akan diajarkan, guru hendaknya selalu menyiapkan media pembelajaran. Misal, materinya adalah fokus kepada membaca, pengenalan huruf, kata, dan kalimat, maka guru bisa menyediakan media gambar seperti pada video di atas. Mengantisipasi siswa mengalami bosan, guru bisa mengganti media menggunakan media audio visual contohnya dengan memberikan video mengenai materi yang akan diajarkan.
Kemudian solusi untuk anak yang belum bisa mengenal huruf, guru bisa membimbing dengan telaten agar siswa lambat laun dapat mengenal huruf.
Wassalamualaikum