silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama :dewi nur fatimah
    Nim: 856989871
    Pokjar: rumbia
    Setelah saya melihat vidio pembelajaranb bahasa indonesia dengan materi penghambat membaca di sekolah dasar saya melihat guru tidak melakukan pembukaan secara lengkap seperti salam,berdoa,kemudian menanyakan kabar kepada siswa nya.lalu masuk ke inti pembelajaran.

  2. Nama : burhan sulaksono
    NIM : 857763509
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : Kota kediri
    UPBJJ : malang
    Semester : 8
    Dosen PKP : Pak misbahul ibad

    Izin memberi tanggapan ya teman-teman mahasiswa.🙏🏻
    Setelah melihat video pembelajaran tersebut, ada banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Dalam video tersebut sebenarnya sudah bagus akan tetapi pasti ada kelebihan dan kekuranganya. Sehingga bisa saya simpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut.
    Kelebihan yang ada di dalam video itu adalah:
    1. Guru membawa pembelajaran dengan pembawaan yang tenang dan public speaking yang bagus
    2. Siswa begitu tenang, rapi dan tidak terlihat gaduh
    3. Menggunakan media yang sesuai materi pembelajaran
    4. Dikreasikan dengan sebuah lagu untuk memusatkan perhatian siswa dan menambah semangat siswa dalam belajar di kelas
    5. Guru memberikan kalimat apresiasi yang baik, contoh “pintar semuanya yah” “iya bagus”

    Sedangkan kekurangannya sebegai berikut :
    1. Di dalam video tersebut tidak nampak guru sedang menyampaikan salam pembuka dan penutup do’a sebelum mulai pelajaran, absensi siswa agar menggugah semangat siswanya
    2. Tidak memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan menyampaikan pendapatnya atau bertanya jawab
    3. Siswa cenderung pasif karena hanya duduk saja di kursi
    4. Ada beberapa siswa yang nampak kurang bersemangat dan ada juga yang bosan

    ✏️Saran saya walaupun gurunya sudah memiliki public speaking dengan baik tapi siswanya harus diajak lebih ceria lagi, selalu senyum sapa siswanya agar lebih bersemangat. Ajaklah anak untuk bergerak tidak hanya duduk di kursi terus. Karena untuk mengakrabkan sesama siswa lain. Mungkin media pembelajaran bisa divariasikan dengan media lain agar lebih menarik minat siswa, jangan lupa beri ice breaking agar siswa tidak mudah bosan.

    Cukup sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada tutur kata yg kurang berkenan, terima kasih atas perhatiannya.
    Wassalamualaikum wr. wb.🙏🏻

  3. Nama : Burhan Sulaksono
    NIM : 858781491
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : Kota Kediri
    UPBJJ : Malang

    Izin memberi tanggapan ya teman-teman mahasiswa.
    Setelah melihat video pembelajaran tersebut, ada banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Dalam video tersebut sebenarnya sudah bagus akan tetapi pasti ada kelebihan dan kekuranganya. Sehingga bisa saya simpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut.
    Kelebihan yang ada di dalam video itu adalah:
    1. Guru membawa pembelajaran dengan pembawaan yang tenang dan public speaking yang bagus
    2. Siswa begitu tenang, rapi dan tidak terlihat gaduh
    3. Menggunakan media yang sesuai materi pembelajaran
    4. Dikreasikan dengan sebuah lagu untuk memusatkan perhatian siswa dan menambah semangat siswa dalam belajar di kelas
    5. Guru memberikan kalimat apresiasi yang baik, contoh “pintar semuanya yah” “iya bagus”

    Sedangkan kekurangannya sebegai berikut :
    1. Di dalam video tersebut tidak nampak guru sedang menyampaikan salam pembuka dan penutup do’a sebelum mulai pelajaran, absensi siswa agar menggugah semangat siswanya
    2. Tidak memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan menyampaikan pendapatnya atau bertanya jawab
    3. Siswa cenderung pasif karena hanya duduk saja di kursi
    4. Ada beberapa siswa yang nampak kurang bersemangat dan ada juga yang bosan

    ✏️Saran saya walaupun gurunya sudah memiliki public speaking dengan baik tapi siswanya harus diajak lebih ceria lagi, selalu senyum sapa siswanya agar lebih bersemangat. Ajaklah anak untuk bergerak tidak hanya duduk di kursi terus. Karena untuk mengakrabkan sesama siswa lain. Mungkin media pembelajaran bisa divariasikan dengan media lain agar lebih menarik minat siswa, jangan lupa beri ice breaking agar siswa tidak mudah bosan.

    Cukup sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada tutur kata yg kurang berkenan, terima kasih atas perhatiannya.
    Wassalamualaikum wr. wb.

  4. Assalamualaikum

    Nama : Restu Meilina
    NIM : 857156976
    UPBJJ : Jakarta
    Prodi : (BI) S1 PGSD

    Saya akan memberikan reaksi terhadap tayangan pada video berjudul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku kata, Kata, dan Kalimat”

    Menurut pendapat saya, yang telah guru lakukan pada kegiatan tersebut sudah baik. Terdapat interaksi antara guru dengan murid. Kemudian guru juga membimbing serta membantu siswa yang kesulitan serta terdapat adanya media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk belajar. Dari Video tersebut, saya akan memberikan Kelebihan, Kekurangan, dan Solusi. Sebagai berikut:

    A. Kekurangan:
    – Di dalam video tersebut tidak didahului dengan salam serta bertanya kabar, dan bertanya kehadiran siswa
    – Di dalam video, terdapat ketidaksesuaian dalam bertanya perihal materi yang akan diajarkan. Dalam tayangan tersebut, guru bertanya “siapa yang di rumahnya punya Ibu dan Ayah?”, sebaiknya kalimat tanya ini bisa diganti dengan “Coba sebutkan siapa saja anggota keluarga yang ada di rumah?”, karena tidak semua siswa memiliki keluarga yang utuh (ayah/ibu)

    B. Kelebihan:
    – Guru sudah melakukan interaksi dengan siswa dengan baik (contohnya sudah menyampaikan tujuan pembelajaran dengan baik)
    – Guru sudah memberikan ice breaking guna membuat siswa tidak bosan
    – Guru sudah menggunakan media pembelajaran dengan baik
    – Guru membimbing siswa yang belum lancar mengenal huruf/ membaca

    Menanggapi video di atas tentang “Membaca huruf, Suku kata, Kata, dan Kalimat”, Seorang guru memang sudah seharusnya mendampingi dan membimbing siswa yang kesulitan menangkap materi yang diajarkan, kemudian seorang guru juga memang seharusnya memiliki media pembelajaran untuk memudahkan siswa memcerna pelajaran. Berikut penyebab siswa sulit memahami materi: 1. Siswa malas, 2. Siswa bosan, 3. Siswa kurang berkonsentrasi, 4. Siswa kurang perhatian dari guru, 5. Tidak adanya media pembelajaran, 6. Pembelajaran lambat.

    C. Solusi:
    Solusi yang dapat dilakukan adalah: Setiap materi yang akan diajarkan, guru hendaknya selalu menyiapkan media pembelajaran. Misal, materinya adalah fokus kepada membaca, pengenalan huruf, kata, dan kalimat, maka guru bisa menyediakan media gambar seperti pada video di atas. Mengantisipasi siswa mengalami bosan, guru bisa mengganti media menggunakan media audio visual contohnya dengan memberikan video mengenai materi yang akan diajarkan.
    Kemudian solusi untuk anak yang belum bisa mengenal huruf, guru bisa membimbing dengan telaten agar siswa lambat laun dapat mengenal huruf.

    Cukup sekian pendapat dari saya,
    Wassalamualaikum

  5. Nama : ANGGUN INDAH MULYATI
    Nim: 858904279
    Program studi : S-1 PGSD
    UPBJJ-UT JEMBER
    setelah melihat video tersebut. menurut saya pembelajaran menggunakan media sangatlah penting seperti halnya yang ada divideo tersebut. dan dapat juga menggunakan media yang lebih bervariasi lagi seperti menyusun balok huruf, dan lain-lain. dengan adanya media, belajar akan semakin menarik dan menumbuhkan semangat pada siswa.
    biasakan mengajarkan siswa membaca tanpa mengeja, sebab tanpa mengeja akan lebih cepat dalam memahami sebuah kata

  6. Nama : Dwi Syafitri
    NIM : 856564689
    Kelas: 8A
    POKJAR: UT KOTA JAMBI

    Assalamualaikum wr.wb
    Menurut saya video pembelajaran ini sudah cukup baik dimana dalam video ini siswa sudah dilibatkan dan aktif dalam kegiatan pembelajaran,serta guru telah menggunakan media gambar untuk siswa..
    Namun saya ada beberapa hal yang perlu di perbaiki,
    1.kegiatan awal pembelajaran ada baiknya kita mengondisikan kelas dulu dengan berdoa,mengecek kehadiran serta melakukan apersepsi,agar siswa dapat mengingat pelajaran yang sudah dipelajari .
    2.media yg digunakan baiknya diberi warna agar lebih menarik perhatian siswa
    3.guru menulis kan dipapan tulis kemudian ajak siswa membaca nya dan menulis suku kata yang ada

    Sekian dari saya
    Terimakasih
    Wasalamualaikum wr.wb

  7. Nama : Adi RiFqi Romadon
    NIM : 856998096
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : bandar Lampung
    UPBJJ : 20/Bandar Lampung

    Izin memberi tanggapan ya teman-teman mahasiswa.
    Setelah melihat video pembelajaran tersebut, ada banyak sekali ilmu yang saya dapatkan. Dalam video tersebut sebenarnya sudah bagus akan tetapi pasti ada kelebihan dan kekuranganya. Sehingga bisa saya simpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut.
    Kelebihan yang ada di dalam video itu adalah:
    1. Guru membawa pembelajaran dengan pembawaan yang tenang dan public speaking yang bagus
    2. Siswa begitu tenang, rapi dan tidak terlihat gaduh
    3. Menggunakan media yang sesuai materi pembelajaran
    4. Dikreasikan dengan sebuah lagu untuk memusatkan perhatian siswa dan menambah semangat siswa dalam belajar di kelas
    5. Guru memberikan kalimat apresiasi yang baik, contoh “pintar semuanya yah” “iya bagus”

    Sedangkan kekurangannya sebegai berikut :
    1. Di dalam video tersebut tidak nampak guru sedang menyampaikan salam pembuka dan penutup do’a sebelum mulai pelajaran, absensi siswa agar menggugah semangat siswanya
    2. Tidak memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan menyampaikan pendapatnya atau bertanya jawab
    3. Siswa cenderung pasif karena hanya duduk saja di kursi
    4. Ada beberapa siswa yang nampak kurang bersemangat dan ada juga yang bosan

    ✏️Saran saya walaupun gurunya sudah memiliki public speaking dengan baik tapi siswanya harus diajak lebih ceria lagi, selalu senyum sapa siswanya agar lebih bersemangat. Ajaklah anak untuk bergerak tidak hanya duduk di kursi terus. Karena untuk mengakrabkan sesama siswa lain. Mungkin media pembelajaran bisa divariasikan dengan media lain agar lebih menarik minat siswa, jangan lupa beri ice breaking agar siswa tidak mudah bosan.

    Cukup sekian dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada tutur kata yg kurang berkenan, terima kasih atas perhatiannya.
    Wassalamualaikum wr. wb.

  8. Nama : Febri Lisa A.
    Nim : 858930496
    UPBJJ : Jember
    Prodi : FKIP PGSD

    Setelah melihat vidio di atas, dengan metode tersebut sangat membantu untuk anak lebih bisa membaca dan mengenal huruf sambil bermain- main .
    Dan siswa juga bisa mengenal anggota keluarganya lewat gambar yang di tunjuk kan oleh guru.
    Tetapi biasanya anak hanya bisa mengenal huruf dengan membaca saja, juga belum tentu bisa menulis dengan benar.
    Seharusnya anak – anak juga di ajari menulis oleh guru kelas.

    Kekurangan dari pembelajaran dari vidio tersebut adalah :
    – Dalam vidio guru tidak memberikan salam dan kehadiran siswa
    – Guru kurang menguasai kelas ,sehingga siswa menjadi kurang fokus
    – Siswa terlihat pasif dan kurang bersemangat karena tidak di tunjuk maju ke depan
    – Siswa seharusnya di ajak adu cepat untuk menjawab pertanyaan guru ,sehingga siswa lebih semangat dan merangsang untuk lebih cepat berfikir.
    – Tidak ada salam penutup.

  9. Nama : Adi RiFqi Romadon
    Nim : 856998096

    Setelah melihat video tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dikelas merupakan suatu tanggung jawab penuh guru agar anak dapat belajar dengan senang dan ikut serta dalam kegiatan belajar.
    Dalam video tersebut guru mengalami permasalahan di kelas yaitu
    1.) Peserta Didik yang kurang memahami huruf dan kesulitan dalam membaca padahal kegiatan akan berjalan lancar jika seluruh peserta dapat membaca materi yang akan diajarkan di kelas.
    2.) Metode pemecahan masalah di kelas jika mengalami seperti halnya di video yaitu lebih bersifat menarik agar anak dapat cepat merespon dan menyerap ilmu yang diberikan oleh guru ketika sedang belajar
    Apalagi untuk kelas rendah seperti kelas 1 yaitu kelas yang mengalami peralihan dari taman kanak-kanak sebelumnya lebih banyak menggambar,bermain saat mereka sekolah dasar ini ada tugas guru agar anak tidak bosan kita harus belajar mengenal huruf dan belajar membaca
    Metode seperti ini di sekolah saya mengajar sudah diterapkan namun untuk waktu dan jam kurang memadai apalagi kapasitas guru juga tidak cukup dan perlu ekstra sabar dalam mengajari peserta didik seperti ini.

    Kekurangan dalam video ini adalah :
    1.) Dimulai pelajaran guru tidak memberikan salam dan mengecek kehadiran peserta didik
    2.) Fokus peserta didik kurang dalam memperhatikan guru yang ada didalam kelas tersebut.
    Sekian dari saya terimakasih

  10. Nama : APRIYANA
    Nim : 857012156
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Prodi : S1 PGSD

    Assalamualaikum
    Saya akan memberikan tanggapan terhadap video berjudul “Kesulitan Membaca Huruf, Suku kata, Kata, dan Kalimat”

    Menurut pendapat saya, yang telah guru lakukan pada kegiatan dividio sudah baik. Terdapat interaksi antara guru dengan murid. Kemudian guru juga membimbing serta membantu siswa yang kesulitan serta terdapat adanya media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk belajar Dari Video tersebut, saya akan memberikan Kelebihan, Kekurangan, dan Solusi. Sebagai berikut:

    A. Kekurangan:
    1. Di dalam video tersebut tidak didahului dengan salam serta bertanya kabar, dan bertanya kehadiran siswa
    2. Di dalam video, terdapat ketidaksesuaian dalam bertanya perihal materi yang akan diajarkan. Dalam tayangan tersebut, guru bertanya “siapa yang di rumahnya punya Ibu dan Ayah?”, sebaiknya kalimat tanya ini bisa diganti dengan “Coba sebutkan siapa saja anggota keluarga yang ada di rumah?”, karena tidak semua siswa memiliki keluarga yang utuh (ayah/ibu)

    B. Kelebihan:
    1. Guru sudah melakukan interaksi dengan siswa dengan baik (contohnya sudah menyampaikan tujuan pembelajaran dengan baik)
    2. Guru sudah memberikan ice breaking guna membuat siswa tidak bosan
    3. Guru sudah menggunakan media pembelajaran dengan baik
    4. Guru membimbing siswa yang belum lancar mengenal huruf/ membaca

    Menanggapi video tentang “Membaca huruf, Suku kata, Kata, dan Kalimat”, Seorang guru memang sudah seharusnya mendampingi dan membimbing siswa yang kesulitan menangkap materi yang diajarkan, kemudian seorang guru juga memang seharusnya memiliki media pembelajaran untuk memudahkan siswa memcerna pelajaran. Berikut penyebab siswa sulit memahami materi:
    1. Siswa malas,
    2. Siswa bosan,
    3. Siswa kurang berkonsentrasi,
    4. Siswa kurang perhatian dari guru,
    5. Tidak adanya media pembelajaran,
    6. Pembelajaran lambat.

    C. Solusi:
    Solusi yang dapat dilakukan adalah: Setiap materi yang akan diajarkan, guru hendaknya selalu menyiapkan media pembelajaran. Misal, materinya adalah fokus kepada membaca, pengenalan huruf, kata, dan kalimat, maka guru bisa menyediakan media gambar seperti pada video di atas. Mengantisipasi siswa mengalami bosan, guru bisa mengganti media menggunakan media audio visual contohnya dengan memberikan video mengenai materi yang akan diajarkan.
    Kemudian solusi untuk anak yang belum bisa mengenal huruf, guru bisa membimbing dengan telaten agar siswa lambat laun dapat mengenal huruf.

    Wassalamualaikum

Leave a Reply