Similar Posts
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Nama : Risna Ayu Sari
Nim : 856032298
UPBJJ : 12 Medan
Prodi : S1-PGSD
Setelah melihat vidio di atas, dengan metode tersebut sangat membantu untuk anak lebih bisa membaca dan mengenal huruf sambil bermain- main .
Dan siswa juga bisa mengenal anggota keluarganya lewat gambar yang di tunjuk kan oleh guru.
Tetapi biasanya anak hanya bisa mengenal huruf dengan membaca saja, juga belum tentu bisa menulis dengan benar.
Seharusnya anak – anak juga di ajari menulis oleh guru kelas.
Kekurangan dari pembelajaran dari vidio tersebut adalah :
– Dalam vidio guru tidak memberikan salam dan kehadiran siswa
– Guru kurang menguasai kelas ,sehingga siswa menjadi kurang fokus
– Siswa terlihat pasif dan kurang bersemangat karena tidak di tunjuk maju ke depan
– Siswa seharusnya di ajak adu cepat untuk menjawab pertanyaan guru ,sehingga siswa lebih semangat dan merangsang untuk lebih cepat berfikir.
– Tidak ada salam penutup.
uru Pintar Online
FKIP – Universitas Terbuka
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
–
–
Pakar Dosen
–
–
Pakar Guru
–
–
March 10, 2023 Seri Pembelajaran SDAdmin GPO574 Comments
Post navigation
Previous Post
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
Next Post
Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
574 thoughts on “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
arumtrikusuma3 says:
May 1, 2023 at 9:37 pm
Nama: Arum Tri Kusuma Waldani
Nim: 856983168
Prodi: S1 PGSD
Pokjar: Banjar Agung
UPBJJ: Bandar Lampung
Dari video simulasi pembelajaran di atas, menurut saya ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam video tersebut seperti:
Adapun kelemahan guru dalam video tersebut seperti dimulainya awal pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka, doa, dan Mengecek kehadiran siswa dan saya yang menemukan keunikan dan menjadi kelebihan tersendiri untuk pembelajaran dalam video tersebut guru menyediakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan pembelajaran di kelas dalam hal menghadapi anak yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat, maka seorang guru perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab seorang anak mengalami kesulitan membaca dan guru juga harus menggunakan metode yang bervariasi dalam menyajikan pembelajaran bagi anak yang kesulitan membaca serta menemukan solusi pada anak yang mengalami kesulitan membaca tersebut titik ada beberapa reaksi siswa pada saat kegiatan belajar mengajar seperti anak yang tidak biasa atau belum mampu membaca akan merasa bosan dan malas untuk memperhatikan pembelajaran, dan anak yang merasa mampu ataupun bisa akan berperilaku aktif dan sangat interaktif terhadap lingkungan belajarnya.
Penyebab anak yang mengalami kesulitan membaca adalah anak malas, anak bosan, anak kurang konsentrasi kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, pembelajaran lambat atau slow leaner.
Kita sebagai tenaga seorang pendidik dapat menerapkan metode membaca permulaan seperti:
1. Siswa yang belum dapat membaca huruf maka guru menggunakan metode abjad dan metode Eja.
2. Siswa yang belum dapat membaca suku kata maka guru menggunakan metode suku kata.
3. Siswa yang mampu membaca kata dan kalimat maka guru menggunakan metode kata dan kalimat.
4. Siswa yang sudah pandai membaca maka guru menggunakan metode Sas ada beberapa solusi Bagaimana mengatasi siswa yang kesulitan membaca permulaan seperti, menggunakan media pembelajaran yang menarik sesuai pembelajaran guru harus mengenali Apa yang menjadi penyebab kesulitan anak. Guru harus memahami jenis-jenis metode membaca permulaan agar guru dapat menyajikan pembelajaran sesuai kebutuhan anak.
Nama :PUTRI NOVITA
NIM : 835968863
UPBJJ : UT BENGKULU POKJAR CURUP
Dari video simulasi pembelajaran di atas, menurut saya ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam video tersebut seperti:
Adapun kelemahan guru dalam video tersebut seperti dimulainya awal pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka, doa, dan Mengecek kehadiran siswa dan saya yang menemukan keunikan dan menjadi kelebihan tersendiri untuk pembelajaran dalam video tersebut guru menyediakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan pembelajaran di kelas dalam hal menghadapi anak yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat, maka seorang guru perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab seorang anak mengalami kesulitan membaca dan guru juga harus menggunakan metode yang bervariasi dalam menyajikan pembelajaran bagi anak yang kesulitan membaca serta menemukan solusi pada anak yang mengalami kesulitan membaca tersebut titik ada beberapa reaksi siswa pada saat kegiatan belajar mengajar seperti anak yang tidak biasa atau belum mampu membaca akan merasa bosan dan malas untuk memperhatikan pembelajaran, dan anak yang merasa mampu ataupun bisa akan berperilaku aktif dan sangat interaktif terhadap lingkungan belajarnya.
Penyebab anak yang mengalami kesulitan membaca adalah anak malas, anak bosan, anak kurang konsentrasi kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, pembelajaran lambat atau slow leaner.
Kita sebagai tenaga seorang pendidik dapat menerapkan metode membaca permulaan seperti:
1. Siswa yang belum dapat membaca huruf maka guru menggunakan metode abjad dan metode Eja.
2. Siswa yang belum dapat membaca suku kata maka guru menggunakan metode suku kata.
3. Siswa yang mampu membaca kata dan kalimat maka guru menggunakan metode kata dan kalimat.
4. Siswa yang sudah pandai membaca maka guru menggunakan metode Sas ada beberapa solusi Bagaimana mengatasi siswa yang kesulitan membaca permulaan seperti, menggunakan media pembelajaran yang menarik sesuai pembelajaran guru harus mengenali Apa yang menjadi penyebab kesulitan anak. Guru harus memahami jenis-jenis metode membaca permulaan agar guru dapat menyajikan pembelajaran sesuai kebutuhan anak.
Nama : Putri Novita
Nim : 835968863
UPBJJ UT BENGKULU pokjar Curup
.
Dari video tersebut, saya belajar banyak hal.. tetapi hal yang utama adalah pembukaan pembelajaran, dimana sebaiknya pembelajaran dibuka dengan doa dan apersepsi yang dapat memunculkan motivasi belajar, sehingga siswa mengawali pembelajaran dengan lebih semangat dan antusias. Untuk Metode dan peran siswa sudah sangat baik.
nama sinopsis :
NAMA : SRI MULYANI FEBRIANA
NIM : 858150985
Upbjj : Palangkaraya
Prodi : S1 PGSD
judul : Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat
Sinopsis : pada awal sebelum pembelajaran dimulai guru sudah melakukan literasi dengan mengajak peserta didik untuk menyanyi agar dapat merangsang semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran, setelah itu guru menghubungkan antara lagu dengan pembelajaran selanjutnya tentang keluarga setelah itu guru menunjukkan media gambar dan bertanya kepada peserta didik agak membuat siswa menjadi lebih aktif.
kelebihan : guru kreatif menggunakan media gambar dan huruf agar lebih mudah dipahami peserta didik. dapat membuat siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran (aktif).
kekurangan : guru tidak mengucapkan salam dan tidak mengecek kehadiran siswa.
Nama : Ely Yoseba Lubis
Nim : 856035738
Pokjar : Tobasa
PGSD -S1
Kelemahan
1. Guru tidak melakukan salam pembuka, doa, dan Mengecek kehadiran siswa.
2. Di dalam video, terdapat kejanggalan dalam bertanya pada materi yang akan diajarkan. Dalam pembelajaran tersebut, guru bertanya “siapa yang di rumahnya punya Ibu dan Ayah?”, sebaiknya “Coba sebutkan siapa saja anggota keluarga yang ada di rumah?”, karena tidak semua siswa memiliki keluarga yang utuh (ayah/ibu)
Kelebihan
1. Guru menyediakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan pembelajaran di kelas dalam hal menghadapi anak yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.
2. Guru sudah memberikan ice breaking guna membuat siswa tidak bosan.
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.
Slamat siang & salam sejahtera.
Mohon maaf disini saya menyampaikan kekurangan & kelebihan dari tayangan vidio yang telah simak.
Setelah melihat video di atas, penyampain pembelajaran sudah cukup jelas, tetapi alangkah baiknya jikalau seorang guru membuka pembelajan dengan Doa terus mengabsen siswa yg hadir. Dan pada saat penyampaian materi alangkah baiknya jika seorang guru mengajak siswa untuk maju kedepan agar siswa tidak merasa bosan pada pembelajan tersebut.
rogram Study : PGSD
UPBJJ Jakarta
Setelah menyimak vidio” Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, kata dan kalimat”
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa dengan antusias menyimak pembelajaran dari guru,ada yang sebagian kurang berkosentrasi dalam pembelajaran, Namun pembelajaran guru dalam vidio sudah cukup bagus,dengan menggunakan media gambar dan huruf.
2. Kelebihan yang ada dalam vidio pembelajaran :
– Guru mengawali pembelajaran dengan ice breaking bernyanyi,sehingga siswa merasa senang
– Guru menggunakan media pembelajaran gambar dan huruf
– Guru melakukan pendekatan kepada siswa secara langsung perindividu,mengenalkan huruf dan ejak
–
rogram Study : PGSD
UPBJJ Jakarta
Setelah menyimak vidio” Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, kata dan kalimat”
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Siswa dengan antusias menyimak pembelajaran dari guru,ada yang sebagian kurang berkosentrasi dalam pembelajaran, Namun pembelajaran guru dalam vidio sudah cukup bagus,dengan menggunakan media gambar dan huruf.
2. Kelebihan yang ada dalam vidio pembelajaran :
– Guru mengawali pembelajaran dengan ice breaking bernyanyi,sehingga siswa merasa senang
– Guru menggunakan media pembelajaran gambar dan huruf
– Guru melakukan pendekatan kepada siswa secara langsung perindividu,mengenalkan huruf dan ejak
3.Kelemahan yang ada pada vidio pembelajaran tersebut adalah :
– Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa
– Guru tidak melakukan kegiatan berdoa
– Guru tidak mengaitkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang sekarang
– Guru tidak membuat refleksi
Nama : Yeni Budiarti
Nik : 857039372
UPBJJ : Bandar Lampung
Assalamualaikum
Dari Vidio tersebut dapat terlihat guru yang mengajar di kelas 1 sangatlah luar biasa dalam melatih kreatifitas dan kesabaran.
Guru mengajak anak2 bernyanyi untuk membuat siswanya bersemangat dan siap untuk belajar. Guru berjalan dan menghampiri siswa yang kurang masih terlihat bermalas- malasan. Guru bertanya jawab tentang kegiatan yang mereka alami untuk mengaitkan dengan pembelajaran, sehingga siswa tidak kesulitan untuk mengikutinya.
Beberapa kekurangan yang dari pembelajaran tersebut, untuk media sebaiknya menggunakan gambar atau huruf2 yang berwarna menarik karna anak2 cenderung menyukainya atau tertarik terlebih dahulu sehingga ia akan merasa enjoy dalam belajar.
Menyusun huruf juga dapat dilakukan di papan tulis dengan membuat potongan huruf2 kemudian anak2 secara bergantian menyusun huruf2 tersebut menjadi sebuah kata.
Disetiap pelajaran bahasa indonesia tidak ada salahnya anak2 diajak bernyanyi angka dan huruf sehingga mereka akan lebih mudah merekamnya.