silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : Windy Ramadinah
    NIM : 857098502
    Pokjar : Kalideres
    Prodi : PGSD – S1

    Setelah menyimak video tersebut, “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan kalimat” ,
    Guru sudah cukup baik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Sebelum guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guru melakukan kegiatan apresiasi di dalam kelas yaitu bernyanyi Bersama. Tujuannya untuk menarik perhatianpeserta didik agar lebih fokus pada materi yang akan disampaikan guru.

    Mengenai pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam video mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam pembelajarannya :
    Kelebihan dan kekurangan tersebut antara lain :

    Kelebihan :
    1. Dengan media pembelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut anak lebih memahami huruf/kata yang sesuai dengan gambar yang bersifat nyata/terlihat
    2. Guru melakukan sesi hiburan seperti benyanyi Bersama sama
    3. Guru mengajar dengan media tersebut mebuat siswa senang dan paham

    Kekurangan :
    1.Guru tidak melakukan pembukaan (Doa, dan absensi saat memulai pembelajaran)
    2. Guru tidak memperhatikan siswa sehingga ada beberapa siswa yang kurang fokus
    3. Pada video tersebut tidak terlihat guru melakukan penutup, guru tidak melakukan penguatan yang di berikan

    Upaya yang perlu ditingkatkan :
    1. Guru harus kreatif mengajak siswa lebih semangat lagi, memperbanyak media ajar
    2. Guru menggunakan berbagai variasi metode dalam menyampaikan materi, sehingga siswa tidak bosan

  2. Nama : Rudi Heru Setiawan
    NIM : 857707002
    Prodi : PGSD-S1

    Setelah menyimak dan mengamati video tersebut. Sebagai guru kelas di Sekolah dasar. Saya pernah mengalami dan menjumpai siswa-siswi yang masih kesulitan dalam membaca suku kata dan kalimat. Faktor penyebabnya sama seprti terdapat dalam paparan video pembelajaran tersebut. Sebagian besar penyebabnya karena:
    1. Kurangya faktor pendampingan orang tua saat siswa belajar di rumah.
    2. Siswa malas dalam belajar dan mengikuti pembelajaran di sekolah.
    3. Siswa bosan dan kurang tertarik dengan metode dan media pembelajaran yang digunakan guru.

    Dalam menghadapi masalah tersebut saya mencoba dengan media gambar dan media yang sama persis dengan yang ada di Video Pembelajaran. Akan tetapi masih ada siswa yang kurang tertarik, sehingga saya mencoba menggunakan media audio visual berupa Video pembelajaran pengenalan huruf dan cara membaca dengan bermacam jenis video pembelajaran berupa kartun animasi dan lain-lain yang dapat menarik perhatian siswa. Dengan media video tersebut saya mendapatkan hasil yang baik karena siswa sangat tertarik dengan video pembelajaran yang saya tampilkan di kelas.
    Selain dengan media audio visual, saya juga memberikan apresiasi berupa pemberian hadiah kepada siswa yang dapat mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat.

    Hal tersebut saya terapkan dalam waktu kurang dari 2 minggu, Anak-anak yang kesulitan dalam mengeja, bahkan membaca suku kata dan kalimat. Mengalami kemajuan dalam membaca.

    Saya mengajar hampir 14 tahun di SD Negeri 02 Cangak, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Selama itu saya pasti menjumpai siswa yang bahkan sampai kelas 4 masih kesulitan dalam membaca suku kata dan kalimat. Dengan media pembelajaran Audio Visual hasilnya baik dan terdapat perkembangan yang baik pada anak yang kesulitan dalam membaca.

  3. Nama : ATIKA DURI
    NIM : 855736663

    1. Berdasaarkan video yang saya amati, saya sebagai guru pernah mengalami permasalahan kesulitan membaca huruf-suku kata-dan kalimat serta menulis bagi kelas bawah (khususnya kelas 1)
    2. Cara mengatasi permasalahan, hampir sama dengan metode dalam video tersebut.

    Selain metose yang sudah dipaparkan, di sekolah saya tempat mengajar menerapkan jam tambahan bagi siswa yang kurang mampu untuk membaca dan menulis, memberi kesempatan siswa untuk belajar di pagi hari sebelum siswa melakukan aktivitas pembelajaran di kelas.
    Kami bisa menggunakan media pembelajaran seperti gambar, tulisan abjad dan buku bacaan pendamping seperti aism (anak islam suka membaca).
    Selain itu kita juga memberikan apresiasi dengan memberikan pujian, hadiah, tepukan, jika siswa tersebut berhasil melakukan perintah guru dan kita juga menjalin hubungan kerjasama antar orangtua siswa yang bercatatan untuk mendampingi, memotivasi dan mensuport siswa tersebut dalam melakukan kegiatan belajar.
    Dengan usaha yang keras, siswa yang bercatatan tersebut akan berhasil tentunya secara bertahap.

  4. Nama : ULY EKA YULIANI
    NIM : 857042435

    1. Berdasaarkan video yang saya amati, saya sebagai guru pernah mengalami permasalahan kesulitan membaca huruf-suku kata-dan kalimat serta menulis bagi kelas bawah (khususnya kelas 1)
    2. Cara mengatasi permasalahan, hampir sama dengan metode dalam video tersebut.

    Selain metose yang sudah dipaparkan, di sekolah saya tempat mengajar menerapkan jam tambahan bagi siswa yang kurang mampu untuk membaca dan menulis, memberi kesempatan siswa untuk belajar di pagi hari sebelum siswa melakukan aktivitas pembelajaran di kelas.
    Kami bisa menggunakan media pembelajaran seperti gambar, tulisan abjad dan buku bacaan pendamping seperti aism (anak islam suka membaca).
    Selain itu kita juga memberikan apresiasi dengan memberikan pujian, hadiah, tepukan, jika siswa tersebut berhasil melakukan perintah guru dan kita juga menjalin hubungan kerjasama antar orangtua siswa yang bercatatan untuk mendampingi, memotivasi dan mensuport siswa tersebut dalam melakukan kegiatan belajar.
    Dengan usaha yang keras, siswa yang bercatatan tersebut akan berhasil tentunya secara bertahap.

     

    Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, diperoleh kemungkinan penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.

    Dalam melakukan kegiatan pembelajaran ada beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru, dimana dalam video tersebut analisis keterampilan mengajar yang telah dilaksanakan oleh guru tersebut diantaranya adalah :

    1. Kemampuan Bertanya
    Dalam video pembelajaran yang telah ditampilan guru tersebut telah menunjukkan kemampuannya
    dalam bertanya. Hal ini dibuktikan dengan setelah memberikan pengutan guru tersebut bertanya kepada
    siswa berkenaan dengan gambar yang ditampilkan. Hal tersebut merupakan salah satu stimulus yang
    diberikan kepada peserta didik.

    2. Memberikan Penguatan
    Dalam video tersebut guru tersebut telah memberikan penguatan. Hal ini dilakukan melalui kegiatan
    penugasan yang diberikan kepada peserta didik pada akhir kegiatan pembelajaran setelah guru selesai
    menjelaskan materi yang diilustrasikan melalui gambar yang disajikan.

    3. Variasi stimulus
    Variasi stimulus telah dilaksanakan guru tersebut dalam video yang telah ditampilkan. Hal ini
    ditunjukkan ketika guru tersebut sebelum memulai pada inti materi guru dan siswa bersama-sama
    menyanyikan sebuah lagu yang berhubungan dengan materi. Selain itu juga guru senantiasa memberikan
    pertanyaan-pertanyaan kepada siswa disertai dengan gambar-gambar yang disajikan.

    4. Kemampuan Menjelaskan
    Dalam video tersebut guru telah mampu menjelaskan materi berkaitan dengan membaca huruf dan suku
    kata melalui media gambar. Tetapi alangkah baiknya apabila ketika menjelaskan ditambahkan dengan
    media pembelajaran yang lain yang lebih interaktif. sehingga, diharapkan siswa akan lebih bersemangat
    dan tidak mudah merasa bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

    5. Kemampuan Membuka dan Menutup
    Dalam video, guru tersebut telah melaksanakan kemampuannya dalam membuka pembelajaran, tetapi
    dalam video tersebut tidak ditampilkan kemampuan guru tersebut dalam menutup kegiatan pembelaja
    ran. Jadi, alangkah baiknya apabila dalam video tersebut ditampilkan ketika guru melakukan kegiatan
    menutup pembelajaran

    6. Kemampuan membimbing diskusi kelompok kecil
    Dalam video yang ditampilkan, tidak dampak adanya pengelompokkan ketika kegiatan pembelajaran
    dilaksanakan. alangkah baiknya sebelum penugasan, peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok
    kecil, sehingga peserta didik dapat melakukan diskusi dan saling bertukar pikiran antara peserta yang
    satu dengan peserta didik lainnya. Sehingga, diharapkan kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan lebih
    efektif dan efisien.

    7. Kemampuan mengelola kelas
    Dalam video tersebut guru telah mampu untuk mengelola kelas dengan baik, meskipun dalam video
    tersebut masih terlihat ada beberapa siswa yang mengantuk, dan kurang memperhatikan apa yg dijelas
    kan.

    8. Kemampuan mengajar kelompok kecil dan perseorangan
    Dalam video tersebut tidak nampak adanya pengelompokkan kepada para siswa, tetapi guru tersebut
    terlihat telah mampu melaksanakan pembelajaran perseorangan.
    saya menemukan beberapa kekurangan yang dilakukan oleh guru antara lain:
    1. Guru tidak melakukan salam pembuka kepada siswa sebelum memulai pembelajaran
    2. Guru tidak melakukan kegiatan berdoa sebelum memulai pembelajaran
    3. Guru juga tidak melakukan absensi kehadiran harian siswa
    4. Guru tidak mengaitkan materi pembelajaran sebelumnya dengan materi pembelajaran sekarang
    5. Guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran, dan
    6. Guru tidak membuat refleksi pembelajaran dan guru bersama siswa tidak tampak membuat kesimpulan pembelajaran hari ini.
    Sedangkan kelebihan guru tersebut pada video proses pembelajaran adalah:
    1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
    2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda


    siswa perseorangan untuk menjelaskan materi mengenai huruf dan suku kata.

    Dalam pelaksanaannya, guru harus mengenalkan dahulu huruf vokal dan konsonan. Cara mengenalkan juga harus bervariasi, agar penyampaikannya bisa diterima dan diingat oleh siswa.

    Mengenalkan huruf vokal dan konsonan bisa dengan media pembelajaran yang bisa menarik minat membaca siswa, menggunakan video animasi.

    Selain itu, siswa diajarkan bunyi dari kata. Bisa diawali dengan dua huruf yang ada pada kata agar mereka bisa membaca lancar dan tidak selalu dieja.

    Sebagai guru khususnya guru kelas 1, jika masih menemukan kesulitan membaca atau belum mengenal huruf. Bisa kita mencoba dengan membuat modul bergambar dengan nama benda dari abjad A-Z.

    Bisa juga dengan bernyanyi abjad A-Z sambil melihat huruf, setelah itu anak-anak menyebutkan huruf abjad secara acak sambil diperlihatkan table abjad.

  5. Nama :Sri Wahyuni
    Nim : 858650968
    Kelas/Semester : A/8
    UPBJJ : Surabaya

    Setelah saya mengamati video pembelajaran tsb,
    Video Bahasa Indonesia yg berjudul Kesulitan membaca huruf,suku kata dan kalimat,saya melihat ada kelebihan dan kelemahan dlm video pembelajaran tsb :
    1.Kelebihannya yaitu :
    a.Guru dlm video tsb sangat telaten dlm mengajari murid2nya.
    b.Guru dalam video tsb sangat tepat penggunaan metodenya yaitu dg menggunakan media gambar,yg mana metode itu sangat mempermudah murid2nya yg kurang bisa membaca utk lbh memahami pelajaran itu.

    2.Kelemahannya yaitu :
    a.Seharusnya guru dlm video itu sebelum memulai pelajaran harus mengucapkan salam
    b.sebelum pelajaran di mulai seharusnya berdoa terlebih dahulu

    Adapun penyebab kesulitan membaca yaitu :
    a.Anak malas
    b.Bosan
    c.Kurang konsentrasi
    d.Krg perhatian guru
    e.Pembelajaran lambat/slow learner

    Cara mengatasi kesulitan membaca permulaan dengan menerapkan beberapa metode yaitu:
    a.Metode abjad
    b.Metode eja
    c.Metode kata
    d.Metode kalimat

  6. Nama :Sri Wahyuni
    Nim : 858650968
    Kelas/Semester : A/8
    UPBJJ : Surabaya

    Setelah saya mengamati video pembelajaran tsb,
    Video Bahasa Indonesia yg berjudul Kesulitan membaca huruf,suku kata dan kalimat,saya melihat ada kelebihan dan kelemahan dlm video pembelajaran tsb :
    1.Kelebihannya yaitu :
    a.Guru dlm video tsb sangat telaten dlm mengajari murid2nya.
    b.Guru dalam video tsb sangat tepat penggunaan metodenya yaitu dg menggunakan media gambar,yg mana metode itu sangat mempermudah murid2nya yg kurang bisa membaca utk lbh memahami pelajaran itu.

    2.Kelemahannya yaitu :
    a.Seharusnya guru dlm video tsb sebelum memulai pelajaran harus mengucapkan salam
    b.Sebelum pelajaran di mulai seharusnya berdoa terlebih dahulu

    Adapun penyebab kesulitan membaca yaitu :
    a.Anak malas
    b.Bosan
    c.Kurang konsentrasi
    d.Krg perhatian guru
    e.Pembelajaran lambat/slow learner

    Cara mengatasi kesulitan membaca permulaan dengan menerapkan beberapa metode yaitu:
    a.Metode abjad
    b.Metode eja
    c.Metode kata
    d.Metode kalimat

  7. Nama : Tuti Handayani
    NIM : 857041007
    Saya akan memberikan tanggapan pada video ini. Menurut saya cara ibu mengajar sudah sangat bagus dan sangat menarik, saat masuk guru memulai dengan bernyanyi, agar anak bisa fokus dan bersemangat, Tapi alangkah baiknya, saat awal belajar berdoa terlebih dahulu, Sesuai ajaran agama masing-masing yang dianut.
    dan kelebihan pada video ini:
    1. guru menggunakan media saat menjelaskan pada murid dan ada gambarnya.
    2. Itu membuat murid lebih semangat dan bisa membedakan mana bentuk gambar pada ayah dan mana Ibu.

    Kekurangannya :
    1. Pada murid kelas 1 tentu belum semua bisa mengenal huruf atau menulis dengan bagus dan rapi.

    Solusinya :
    1.Guru bisa menulis di papan tulis abjad dari a sampai z mau itu a kecil atau a besar. Agar anak paham bentuk-bentuk huruf. Ini salah satu metode agar anak bisa membaca dan mengeja, dan anak tidak bingung pada bentuk huruf abjad.
    2. Guru mencontohkan gaya menulis setiap huruf pada kata a- y -a- h dan i -b- u. Menggunakan huruf kapital.
    3.Lalu guru bisa mencontohkan atau menyuruh murid mempraktikkan di buku masing-masing Bagaimana menulis kata huruf ayah dan ibu dengan menggunakan huruf kecil agar anak lebih paham dan bisa menulis secara langsung dengan sendirinya jadi murid tidak bingung kenapa huruf pada kata ayah dan ibu berbeda maka perkenalkan juga huruf kapital dan huruf kecil kepada siswa.
    Mungkin itu saja Menurut pendapat saya kurang lebih Mohon maaf terima kasih wassalamualaikum wr.wb

  8. Nama: Fiil Izzati Aisyah
    NIM: 858685415
    PGSD/sems.6
    Pokjar: Putra bangsa/Jombang

    Menanggapi dari video diatas bahwa setiap pembelajaran
    mengajar kelas dasar awal juga mempunyai tantangan tersindiri, karena di kelas dasar ini berbagai macam kemampuan anak yang berbeda ada yang sudah bisa membaca, mulai bisa membaca, dan bahkan mulai mengenal huruf. dari sini kita sebagai guru harus melakukan pendekatan lebih. karena di setiap kemampuan yang berbeda kita juga harus memiliki penanganan cara yang tepat untuk mereka. seperti anak yang belum mengenal huruf sama sekali maka kita ajarkan huruf per huruf hungga dia hafal dengan huruf tersebut, sedangkan yang mulai bisa membaca mulai kita latih dengan membaca 1-2 suku kata dan seterusnya. selanjutnya siswa yang sudah bisa membaca kita berikan buku bacaan yang tujuannya agar membaca lancar dan semakin menambah literasi bacaan siswa.

  9. Nama : Luthfia Nurazmi Yuwanda

    NIM : 856034363

    Program Studi : S1 PGSD

    UPBJJ : Medan

    Menurut pendapat saya,

    1. Reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan guru sangat bervariasi ada yang bersemangat, diam, dan ada juga yang merasa jenuh serta bosan saat pembelajaran berlangsung. Tetapi ada juga sebagian siswa yang mau mengikuti instruksi saat guru mengajak bernyanyi dan bertanya siswa aktif menjawab.

    2. Kelemahan pada pembelajaran tersebut yaitu guru tidak melakukan kegiatan awal (seperti pembukaan, doa pembuka, mengabsen siswa dan menanyakan kabar siswa), murid banyak yang tidak fokus dan guru tidak menguasai kelas sehingga banyak anak-anak yang kelihatan kurang semangat.

    3. Kelebihan pada pembelajaran yang dilakukan yaitu:

    – Guru menyampaikan materi diawali dengan nyanyian untuk menarik perhatian siswa sehingga tidak ribut dan bisa fokus untuk menerima materi dan nyayian tersebut berkaitan dengan materi yang akan dijelaskan.

    – Guru menggunakan metode yang cukup menarik dengan media pembelajaran seperti media gambar yang tidak asing yang sesuai dengan abjad/ suku kata sehingga memudahkan siswa untuk mengingat suka kata /mengenal huruf abjad tersebut.

    – Setelah melakukan penjelasan guru mendekati siswa untuk menguji batas kemampuan siswa.

    4. Hal unik yang ditemukan dalam video yaitu ada siswa yang mengantuk, diam saja dan ada yang sangat bersemangat.

    5. Upaya yang saya usulkan yaitu sebagai guru harus kreatif dan tangkap dalam melihat apa yang menjadi kebutuhan siswa. Misalnya membuat permainan(game) yang bisa membantu siswa lebih aktif,konsetrasi dan menyenangkan dalam belajar.

  10. Nama Mahasiswa : DERRY SEPTIAN PUTRA
    NIM :859541744
    UPBJJ : UT BANDAR LAMPUNG

    Asslmulaikum,menurut pendapat saya , setlah menonton vidio tersebut di atas
    saya perpendapat kelebihan guru dari vidio pemblajaran yang sudah saya tonton adalah:

    -Guru mempunyai karter yang sangat , ramah dan pandai menghidupkan suasan dalam sapaan pembukaan belajar
    -Guru tak lupa menjelaskan informasi tentang judul pelajaran yang sedang di pelajari.
    – Guru menghadirkan media belajar dengan mengunakan media gambar ptongan huruf dan potongan kata .
    -Guru membibmbing murid dengan sabar dan memberikan aplus saat ada muridnya yang berhasil

    dan ada beberapa kelehanya yaitu :
    – guru tidak mengahdirkan salam maupun doa
    -Guru perlu memberi motifasi atau semngat kepada muridnya.

Leave a Reply