silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : susyanti
    NIM : 855736079
    Prodi : s1 PGSD
    Upbjj : ut bandar Lampung

    Asalamualaikum wr.wb. menurut pendapat saya ketika telah melihat Vidio di atas tersebut saya sangat setuju dengan sistem dan metode
    belajar mengajar yang pertama suasana nya menyenangkan pelajaran di awali dengan bernyanyi agar murid murid menjadi rileks hingga anak anak tidak bosan dan tidak mengantuk yang kedua saya sangat setuju dengan metode bahan ajar yang telah di sampai kan kepada ana anak melalui media gambar sebagai bahan ajar jadi menurut saya memudah kan Bu guru untuk membantu proses belajar nya karena mengajar membaca untuk kelas rendah sangat lah sulit apalagi jika masih di kelas bawah ada bebarapa anak yang memang sangat sulit sekali merespon pelajaran yang telah di sampai kan kepada anak anak ada bebarapa siswa yang memang cepat sekali menangkap sebuah pelajaran yang telah di sampai kan Bu guru ada beberapa murid yang memang sedikit tidak konsentrasi di karena mengantuk da lain sebagai nya akan tetapi menurut saya pembelajaran tersebut tergolong sudang cukup baik untuk bahan contohan ketika mengajar anak anak di sebuah kelas

  2. Nama : chairiyah luftiani
    Nim : 856816652
    Pokjar : ketahun (bengkulu)
    Prodi : PGSD
    1.. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukanguru?
    Jawab: Di awal pembelajaran, reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah kebingungan dan kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukanpembelajaran?
    Jawab: Guru belum menguasai apersepsi dalam membuka suatu pelajaran secara baik dan benar, Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan tidak membahas materi sebelumnya .Guru menggunakan metode mengajar yang tidak efektif dan cenderung membosankan.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukanpembelajaran?
    Jawab: Guru melakukan tanya jawab kepada siswa untuk mengetahui sudah seberapa faham siswa atas materi pelajaran yang sudah dijelaskan.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saatmelaksanakan pembelajaran?
    Jawab: hal unik yg saya jumpai dalam vidio diata yakni ada beberapa anak yang mersepon dengan baik saat pembelajaran berlangsung walau guru hanya memggunakn media gambar yang menurut saya kurang menarik.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati daritayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkankualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?

    Jawab: Untuk kedepannya guru harus lebih baik dalam membuka pelajarandengan cara melakukan apersepsi yang tepat sesuai materi yang akan disampaikanagar siswa lebih siap untuk menerima materi pelajaran yang disampaikan. Disamping itu, guru juga sebaiknya menggunakan metode dan alat peraga yang lebih menarik lagi agar semua anak lebih aktif dan tidak cenderung membosankan

  3. Nama : Septi Handayani
    NIM : 855736022
    UPBJJ : Bandar Lampung
    POKJAR : Kotaagung Tanggamus Lampung

    Menurut saya ibu guru sudah melakukan yang pembelajaran yang sangat bagus, kelas dibuka dengan bernyanyi yang bisa membuat siswa lebih bersemangat. Mempersiapkan siswa dengan baik sehingga tidak ada kegaduhan dalam kelas sehingga trcipta kondisi yang baik untuk belajar. Guru sudah sangat pintar dalam memilih media pembelajaran, dengan adanya media pembelajaran yang sangat akurat dalam membantu siswa belajar, siswa di harapkan mampu menerima dan memahami pelajaran dengan baik.

    Tetapi untuk memaksimalkan pembelajaran sebaiknya siswa dikelompokkan, siapa yg belum bisa membaca huruf, kata atau kalimat dan siap yang sudah bisa membacanya dengan benar. Jika sudah seperti itu

  4. NAMA : RIKA AMBAR WATI
    NIM : 855856044
    PRODI : PGSD
    UPBJJ/ POKJAR: UT MEDAN / SERDANG BEDAGAI

    Assalamualaikum wr.wb.
    Tanggapan saya mengenai video pembelajaran “KESULITAN MEMBACA HURUF, SUKU KATA, KATA DAN KALIMAT” yaitu berdasarkan video yang telah saya simak ini, guru tersebut telah melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik. Dimana pada saat diawal pembelajaran saja atau di pembukaan pembelajaran, sang guru melakukan kegiatan apersepsi atau biasa kita sebut juga dengan melakukan ice breaking dengan lewat menyanyikan sebuah lagu yang ada kaitannya didalam materi pembelajaran yang akan guru itu ajarkan atau disampaikan ke anak-anak, yang dimana melalui kegiatan tersebut memicu semangat belajar siswa. Kemudian guru tersebut juga mencoba memberikan beberapa pertanyaan ke semua siswa yang membuat semua siswa aktif dengan cepat menanggapi, merespon dan menjawab pertanyaan dengan sangat antusias.

    Dan tidak hanya itu, kemudian yang saya lihat dari video tersebut metode yang diajarkan oleh guru tersebut sudah cukup baik dimana sang guru telah melakukan pendekatan dan memperhatikan disetiap anak yang mengalami kesulitan, serta guru juga tidak hanya diam berdiri didepan tetap guru keliling ke setiap bangku anak-anak untuk membantu mereka belajar hingga bisa. Apalagi disini sang guru menggunakan media yang dimana media tersebut guna untuk membantu anak-anak agar lebih mudah untuk memahami suatu pelajaran.
    Kemudian juga didalam video tersebut guru memberikan cara atau solusi sebagai menanggulangi siswa yang mempunyai kesulitan belajar.

    Namun dibalik video pembelajaran yang sudah cukup bagus ini kemungkinan ada beberapa saran yang bisa saya sampaikan yaitu, alangkah baik nya jika pada saat awal pembelajaran itu kita awali dengan memberikan salam, kemudian membaca doa terlebih dahulu, mengecek kehadiran, dilanjutkan dengan apersepsi atau ice breaking dan kemudian baru kita memulai pembelajaran.
    Dan menurut saran saya juga terkait media pembelajaran yg digunakan di video tersebut agar bisa dibuat agar lebih semenarik mungkin seperti media gambar nya bisa berwarna agar lebih menarik perhatian siswa sehingga anak-anak lebih semangat dan fokus didalam pembelajaran. Apalagi untuk kelas rendah sangat membantu jika mereka belajar dibantu dengan menggunakan media.

  5. NAMA : RIKA AMBAR WATI
    NIM : 855856044
    PRODI : PGSD
    UPBJJ/POKJAR: UT MEDAN/ SERDANG BEDAGAI

    Assalamualaikum wr.wb.
    Tanggapan saya mengenai video pembelajaran “KESULITAN MEMBACA HURUF, SUKU KATA, KATA DAN KALIMAT” yaitu berdasarkan video yang saya simak ini, guru tersebut telah melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik. Dimana pada saat diawal pembelajaran saja atau di pembukaan pembelajaran, sang guru melakukan kegiatan apersepsi atau biasa kita sebut juga dengan melakukan ice breaking dengan lewat menyanyikan sebuah lagu yang ada kaitannya didalam materi pembelajaran yang akan guru itu ajarkan atau disampaikan ke siswa, dimana melalui kegiatan tersebut memicu semangat belajar siswa. Kemudian guru tersebut juga mencoba memberikan beberapa pertanyaan ke semua siswa yang membuat semua siswa aktif dengan cepat menanggapi, merespon dan menjawab pertanyaan dengan sangat antusias.

    Dan tidak hanya itu, kemudian yang saya lihat dari video tersebut metode yang diajarkan oleh guru tersebut sudah cukup baik dimana sang guru telah melakukan pendekatan dan memperhatikan disetiap siswa yang mengalami kesulitan, serta guru juga tidak hanya diam berdiri di depan namun guru keliling ke setiap bangku siswa untuk membantu mereka belajar hingga bisa. Apalagi disini sang guru menggunakan media yang dimana media tersebut guna untuk membantu anak-anak agar lebih mudah untuk memahami suatu pelajaran. Kemudian juga didalam video tersebut guru memberikan cara atau solusi sebagai menanggulangi siswa yang mempunyai kesulitan belajar.

    Namun dibalik video pembelajaran yang sudah cukup bagus ini, kemungkinan ada beberapa saran yang bisa saya sampaikan yaitu, alangkah baiknya jika pada saat awal pembelajaran itu kita awali dengan memberikan salam, kemudian membaca doa terlebih dahulu, mengecek kehadiran, dilanjutkan dengan apersepsi atau ice breaking dan kemudian baru kita memulai pembelajaran.
    Dan menurut saran saya juga terkait media pembelajaran yang digunakan divideo tersebut agar bisa dibuat lebih semenarik mungkin seperti media gambar nya bisa berwarna agar lebih menarik perhatian siswa sehingga anak-anak lebih semangat dan fokus didalam pembelajaran. Apalagi untuk kelas rendah sangat membantu jika mereka belajar dibantu dengan menggunakan media.

  6. Nama : MARIATI
    NIM : 856455154
    PRODI : PGSD
    UPBJJ/POKJAR : UT PEKANBARU/KEMUNING
    Assalamualaikum wr.wb, tanggapan saya setelah melihat video pembelajaram tentang ‘’ Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat’’ yaitu :
    Kelebihan : Guru sudah cukup baik dalam melakukan pembelajaran dimana saat awal pembelajaran guru memulai dengan ice breaking menyanyikan “lagu pergi belajar” untuk membangkitkan semangat anak murid dalam memulai pembelajaran. selanjutnya dari lagu tersebut guru mengaitkan dengan pembelajaran yang akan di bahas yaitu tentang keluarga. saat guru menanyakan apakah di lagu tersebut ada kaitannya dengan nama-nama dikeluarga, dengan cepat siswa mudah merespon dan aktif menjawab. kemudian guru mengeluarkan media kertas gambar dan mengajak siswa menyebutkan siapa yang ada di gambar tersebut dan mengenalkan huruf pada gambar keluarga yang bertuliskan kata “ayah, ibu” lalu membacanya. Pembelajaran ini sangat menarik perhatian siswa, lalu guru mengulang kembali ejaan tulisan dan membacanya. Dari video tersebut guru juga menyiapkan alat peraga lainnya berupa potongan gambar yang ada tulisan. Guru mengajak siswa untuk mencocokkan huruf sesuai tulisan yang ada di gambar tersebut. Setelah itu guru mengajak siswa untuk mengeja dan membacanya. dari video guru memberi pujian kepada siswa karena sudah bisa menjawab dan mengulang kembali materinya, selama pembelajaran bu guru tidak monoton di depan kelas saja, tapi keliling berpindah ke bangku siswa. Guru sangat bijak dalam mengajarkan media gambar serta tulisan berupa ejaan kata, suku kata dan kalimat yang memudahkan siswa untuk cepat dalam membaca huruf. Video tersebut membahas permasalahan umum tentang kesulitan membaca khususnya di kelas rendah.
    Saran : menurut saya sebaiknya sebelum memulai pembelajaran alangkah baiknya memberi salam, membaca doa terlebih dahulu, melakukan absensi, ice breaking, dan baru di mulainya pembelajaran. untuk alat peraga terutama di gambarnya dan tulisannya di buat lebih menarik mungkin bisa lebih berwarna serta memperbanyak lagi media pembelajaran yang bisa membangkitkan minat siswa dalam ‘Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat’.

  7. Nama : RIKA RAHAYU
    NIM : 859502742
    UPBJJ/POKJAR : UT MAJENE/MAMUJU

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Setelah saya melihat video pembelajaran yang berjudul “Kesulitan Membaca Huruf, suku kata, kata dan kalimat” Izinkan saya untuk memberikan tanggapan:
    Dari video pembelajaran tersebut terlihat ibu guru telah memberikan pembelajaran yang baik serta kreatif, dimana ibu guru memulai proses pembelajaran dengan bernyanyi atau ice breaking dimana lagu yang dinyanyikan tersebut berkaitan dengan materi yang akan diajarkan pada hari itu. Serta dalam menjelaskan materi ibu guru sangat teleti karna ibu guru menggunakan media pembelajaran yang cukup bervariasi yaitu ada kartu huruf, kartu suku kata, serta media cetak berupa gambar yang dilengkapi dengan kata. Menurut saya teknik yang dilakukan oleh ibu guru sudah baik mengingat ibu guru ini mengajar dikelas rendah yang mana untuk mengajar membaca dikelas rendah memang tidak semudah yang kita bayangkan. Jika kita lihat secara keseluruhan proses pembelajaran yang dilakukan ibu guru sudah baik karna ibu guru tidak hanya diam saja saat mengajar dimana ibu guru tersebut aktif mendatangi siswanya yang mengalami kesulitan saat belajar Namun dari sudut pandang saya sebaiknya pada kegiatan pendahuluan ibu guru bisa meningkatkan lagi karena dari video tersebut ibu guru tidak melakukan kegiatan menyapa peserta didik, mengajak berdoa sebelum belajar, serta tidak melakukan absensi kelas Yang wajib dilakukan oleh seorang guru.
    Sebelumnya mohon maaf dan terimakasih🙏🏻

  8. Nama : RIKA RAHAYU
    NIM : 859502742
    UPBJJ/POKJAR : UT MAJENE/MAMUJU

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Setelah saya melihat video pembelajaran yang berjudul “Kesulitan Membaca Huruf, suku kata, kata dan kalimat” Izinkan saya untuk memberikan tanggapan: Dari video pembelajaran tersebut terlihat ibu guru telah memberikan pembelajaran yang baik serta kreatif, dimana ibu guru memulai proses pembelajaran dengan bernyanyi atau icebreaking dimana lagu yang dinyanyikan tersebut berkaitan dengan materi yang akan diajarkan pada hari itu. Serta dalam menjelaskan materi ibu guru sangat teleti karna ibu guru menggunakan media pembelajaran yang cukup bervariasi yaitu ada kartu huruf, kartu suku kata, serta media cetak berupa gambar yang dilengkapi dengan kata. Menurut saya teknik yang dilakukan oleh ibu guru sudah baik mengingat ibu guru ini mengajar dikelas rendah yang mana untuk mengajar membaca dikelas rendah memang tidak mengingat yang kita bayangkan. Jika kita lihat secara keseluruhan proses pembelajaran yang dilakukan ibu guru sudah baik karna ibu guru tidak hanya diam saja saat mengajar dimana ibu guru tersebut aktif mendatangi siswanya yang mengalami kesulitan saat belajar Namun dari sudut pandang saya sebaiknya pada kegiatan pendahuluan ibu guru bisa meningkatkan lagi karena dari video tersebut ibu guru tidak melakukan kegiatan menyapa peserta didik, mengajak berdoa sebelum belajar, serta tidak melakukan absensi kelas Yang wajib dilakukan oleh seorang guru.
    Sebelumnya mohon maaf dan terima kasih🙏🏻

  9. Nama: Siti Nur Annisa
    Nim: 858920882
    Prodi: S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Semester: 6 (enam)
    Pokjar: Purwoharjo

    Berdasarkan hasil analisis video praktik pembelajaran tersebut, ada beberapa hal yang dapat saya refleksikan sebagai berikut:
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu terdapat beberapa siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran, tetapi ada beberapa siswa juga yang kurang fokus dalam megikuti pembelajaran.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah guru belum mengkondisikan kelas seperti mengucapkan salam, berdo’a, melakukan absensi. Guru juga belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah menyampaikan materi dengan jelas, metode yang di ajarkan oleh guru menarik yang mana siswa antusias dalam menjawab pertanyaan guru karena menggunakan media gambar, ketika ada siswa yang mengalami kesulitan membaca guru juga sudah membantu dengan memberikan media huruf yang akan dicocokkan dengan tulisan yang ada pada gambar. Guru dapat menghidupkan suasana kelas dengan cara mengawali pelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu.
    4. Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut yaitu guru menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran.
    5. Guru sudah mengajar dengan sangat baik dalam video tersebut, upaya yang dapat diusulkan yaitu guru harus memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih menulis, serta guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak mudah bosan.

  10. Nama: Siti Nur Annisa
    Nim: 858920882
    Prodi: S1 – PGSD
    Semester: 6 (enam)
    Pokjar: Purwoharjo

    Berdasarkan hasil analisis video praktik pembelajaran tersebut, ada beberapa halyang dapat saya refleksikan sebagai berikut:
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu terdapat beberapa siswa yang antusias dalam mengikuti pembelajaran, tetapi ada beberapa siswa juga yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran.
    2. Kelemahan guru dalammelakukan pembelajaran tersebut adalah guru belum mengkondisikan kelas seperti mengucapkan salam, berdo’a, melakukan absensi. Guru juga belum menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah menyampaikan materi dengan jelas, metode yang diajarkan oleh guru menarik yang mana siswa antusias dalam menjawab pertanyaan guru karena menggunakan media gambar, ketika ada siswa yang mengalami kesulitan membaca guru juga sudah membantu dengan memberikan media huruf yang akan dicocokkan dengan tulisan yang ada pada gambar. Guru dapat menghidupkan suasana kelas dengan cara mengawali pelajaran melakukan ice breaking terlebih dahulu.
    4. Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut yaitu guru menggunakan media gambar dalamproses pembelajaran sehingga siswa lebih tertarik dalammengikuti pembelajaran.
    5. Guru sudah mengajar dengan sangat baik dalam video tersebut. Upaya yang dapat diusulkan yaitu guru harus memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih menulis, serta guru dapat menggunakan berbagai metode pembelajran yang bervariasi agar siswa tidak mudah bosan.

Leave a Reply