Similar Posts
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, saya dapat menarik kesimpulan bahwa perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan menulis huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, seperti membantu memegang tangan siswa untuk menulis di kertas, di tepung, di pasir, atau di angkasa. Selain itu, untuk mengatasi kesulitan siswa menulis, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Kesulitan menulis juga dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan.
Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam menulis.
Terima kasih🙏
Nama : Rizki Ramadana Putri
NIM :858305396
Kelas :2B PGSD BI
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, saya dapat menarik kesimpulan bahwa perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan menulis huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, seperti membantu memegang tangan siswa untuk menulis di kertas, di tepung, di pasir, atau di angkasa. Selain itu, untuk mengatasi kesulitan siswa menulis, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Kesulitan menulis juga dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan.
Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam menulis.
Terima kasih🙏
Nama : Rizki Ramadana Putri
NIM : 858305396
Kelas : 2B PGSD BI
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, saya dapat menarik kesimpulan bahwa perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan menulis huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, seperti membantu memegang tangan siswa untuk menulis di kertas, di tepung, di pasir, atau di angkasa. Selain itu, untuk mengatasi kesulitan siswa menulis, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Kesulitan menulis juga dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan.
Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam menulis.
Terima kasih🙏
Nama : Ratri Yunita Sari
NIM : 857944216
Berdsarkan video diatas saya dapat menarik kesimpulan bahwa memberikan motivasi, variasi metode pembelajaran dan bimbingan juga sangat diperlukan.
Dalam membantu meningkatkan kemampuan menulis anak, bisa kita biasakan terlebih dahulu pengasahan kemampuan motoric halus anak, seperti: memengang pensil. Menulis huruf di papan tulis, menulis di tanah, hal ini dilakukan agar anak luwes atau terbiasa melakukan pergerakan kecil di tangannya.
Untuk mengantasi kesulitan menulis anak, pendidik dapat menggunakan media yang disertai dengfan gambar, metode ini lmenarik bagi siswa karena pembelajaran yg bervariasai
Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah bagus hanya saya kurang menarik, karena belum menggunakan media yang berwarna, gambar” atau yg lainnya
melihat Video Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
menurut saya :
1. pendahuluan saat mengawali pelajaran kurang, Apersepsi juga tidak ada dan setelah itu seharusnya guru memulai dengan memperkenalkan hurus nya terlebih dahulu. misalkan dengan cara bernyanyi huruf abjad. kita membuat anak-anak hafal dengan huruf abjad nya terlebih dahulu.
2. Masuk ke dalam contoh kata, guru sebaiknya menuliskan huruf di papan tulis dengan garis yang sama dengan yang ada di buku siswa. agar murid tidak kesulitan dalam memahami garis tulis saat mulai menulis.
3. setelah memberikan contoh, guru perlu memberikan petunjuk dalam menuliskan hurus. misalnya ketika akan membuat hurus “a”. maka guru membimbing siswa untuk membentuk setengah lingkatan terlebih dahulu, kemudian tarik garis lurus dari atas sampai ke bawah dengan sedikit melewati batas setengah lingkaran. jadilah terbentuk huruf “a”.
4. guru perlu memberikan kode kode yang mudah di pahami siswa dalam menuliskan huruf
5. jika pemberian petunjuk membuat huruf dapat dilakukan dengan memperlihatkan video akan lebih menarik siswa untuk memperhatikan dan mempraktekkannya
Vini Nur Febriana
857363087
FKIP – PGSD BI Semester 2
Nama : Devi erni
Nim : 856809435
Berdasarkan dari vidio yang saya lihat mengenai pembelajaran bahasa indonesia dalam hal kesulitan menulis huruf , suku kata, kata dan kalimat ialah guru seharusnya memberi apresiasi kepada siswa agar dapat memotivasi semangat belajar siswa, sehingga disaat guru menjelaskan pelajaran siswa tidak ada yang sibuk sendiri atau pun ngantuk dll.
Guru juga harus memberikesempatan kepada siswa untuk mencoba menulis kedepan kelas supaya siswa memiliki tantangan dan keingintahuan yang besar, sehingga menciptakan suasana kelas yang aktif dan tidak monoton.
Guru juga bisa memberi media belajar, seperti buku cetak yang sudah ada gambar nya, dan diberikan kepada seluruh siswa, sehingga siswa lebih antusias untuk menulis.
Nama : Herlina Gunawan
NIM : 857303336
Semester : 8 (delapan)
Indentifikasi Masalah:
Berdasarkan video yang ada, saya menyimpulkan bahwa peserta didik memiliki kesulitan dalam menulis permulaan dikarenakan peserta didik tidak sering berlatih. Sehingga mereka menjadi lambat dalam menulis. Dan juga guru dalam video tersebut kurang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, sehingga peserta didik kurang termotivasi untuk terus melatih kemampuannya dalam menulis.
Solusi :
Guru bisa meminta siswa untuk terus berlatih berulang-ulang dalam menulis, dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Seperti, buku gambar, gambar, buku tulis bergaris, dll.
NAMA : VINKA APRIL LITA
NIM : 858820697
Mengajar menulis permulaan untuk sekolah dasar itu tidak mudah meskipun sudah menggunakan media gambar dan metode yang bervariasi. Ada beberapa anak yang belum bisa menulis huruf dan rangkaian suku kata maupun kalimat. Penyebab kesulitan menulis permulaan antara lain
a. Anak malas dan bosan
b. Kurang konsentrasi
c. Kurang perhatian guru
d. Tidak ada media pembelajaran
e. Anak slow learner
f. Kelainan motorik halus
g. Anak kurang latihan menulis dirumah
Solusi untuk kesulitan menulis permulaan yaitu guru memberikan kesempatan untuk menulis berulang ulang kepada siswa menulis kalimat, suku kata maupun rangkaian suku kata. Untuk siswa yang belum bisa menulis Guru membantu memegang tangan anak, untuk mengatasi kesulitan menulis guru juga bisa dengan media pembelajaran. Seperti media gambar serta diikuti dengan metode yang bervariasi.
Kelemahan :
– Guru tidak mengucapkan salam
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Guru tidak mengabsen siswa
Kelebihan :
– Guru menggunakan lagu untuk memberikan permulaan pembelajaran
– Siswa aktif dalam pembelajaran
– Guru menggunakan media pembelajaran
– Guru Aktif memberi interaksi kepada siswa
Nama : Darmayanti
Nim : 857363879
pgsd BI
mengajar menulis permulaan untuk sekolah dasar. guru aktif dalam mengajar kepada anak – anak dengan cara metode ceramah dan menulis secara bertahap dan anak – anak mengikuti gurunya menulis. lalu guru tersebut menggunakan metode gambar.
solusinya guru harus cara mengulang terus menerus kepada anak – anak di kelas.
Nama : Amalia Audina
NIM : 857505703
Prodi: PGSD-S1
Bismillah,
Berdasarkan video di atas, yang dapat saya simpulkan ialah bahwa siswa mengalami kesulitan menulis permulaan/ menulis huruf, kata, suku kata dan kalimat karena kurang terlatihnya siswa dalam kegiatan menulis, anak merasa bosan, kurang konsentrasi dan kurang perhatian guru. dalam video tersebut guru sudah berupaya menggunakan media berupa gambar, papan tulis untuk memberi contoh cara penulisannya dan buku bergaris untuk menulis. kemudian juga guru tersebut sudah menggunakan metode latihan. dari video tersebut siswa bisa berlatih menulis di udara, di pasir dan media lainnya.
Alangkah baiknya bila kedepannya, sebelum siswa berlatih langsung menulis di buku siswa diajak terlebih dahulu melatih sensir motoriknya bisa dengan menuliskan huruf/kata/suku kata di udara. kemudian guru bisa menggunakan media berupa pasir untuk siswa berlatih menulis di pasir. setelah itu secara bergantian siswa dipanggil ke depan untuk mencoba menuliskan huruf/kata di papan tulis. hal ini bisa membantu rasa bosan pada siswa untuk menulis.