Similar Posts
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : nur azizah rahma
Nim :857098455
Prodi : pgsd
Semster:6
Dalam video pembelajaran bahasa indonesia dalam hal kessulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat, menurut saya meskipun dari video tersebut sudah menggunakan alat bantu seperti menggunakan metode gambar dan metode yang bervariasi tetapi ada beberapa anak yang belum bisa untuk menulis huruf dan rangkaian suku kata maupun kalimat. Penyebab nya ialah anak malas, kurang perhatian dari guru, kurang konsentrasi.
Solusi untuk anak yang kesulitan dalam menulis permulaan seperti guru memberikan kesempatan untuk menulis ulang kepada siswa. Serta membantu siswa yang belum bisa menulis dengan memegang tangan si anak.
Kekurangan dari video tersebut ialah guru tidak mengucapkan salam terlebih dahulu serta tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kelebihan dari video tersebut guru menggunakan lagu untuk memberikan awal permulaan pembelajaran agar memberikan semangat kepada siswa, menggunakan alat peraga,serta guru aktif memneri interaksi kepada peserta didik.
Indah Rahayu Ningsih
856055421
Dari vidio diatas, menurut pendapat saya bahw latihan menulis pada anak dapat dilakukan sejak dini, dimulai dari mencoret- coret yang dapat diarahkan oleh orang tua di rumah menjadi lebih ter arah. Seperti menulis abjad-abjad yang menjadi huruf vokal terlebih dahulu.
Kemuadian orang tua di rumah juga dapat melatih sensorik anak terlebih dahulu untuk melatih otot-otot tangan anak. Setelah anak dari rumah juga sudah mendapat dukungan seperti belajar tambahan seperti berikut, baru guru di sekolah tinggal mengarahkan anak untuk menulis abjad-abjad yang lebih beragam.
Disamping itu, kita guru harus lebih mengerti kelemahan pada anak, maka dari itu kita harus lebih peka terhadap gerak gerak gerik pada anak.
Banyak siswa yang kurang fokus untuk menulis, ataupun dia kurang tertarik untuk menulis karena kurang mengerti huruf ataupun kesulitan untuk menulis. Nah, disini guru harus lebih memperhatikan siswa yang memiliki minat yang kurang dalam menulis.
Ajak siswa memulai menulis dari abjad-abjad, kemudian menulis suku kata, baru kemudian menuliskan sebuah kalimat.
Mungkin itu saja pendapat saya dari vidio diatas.
Terimakasih
Nama : Rosya Karimah
NIM : 857762403
Setelah mengamati video tadi, saya menemukan beberapa kekurangan dalam dalam melaksanakan pembelajaran yakni Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan ketika mengajar. Kegiatan pendahuluan yang dimaksud seperti Guru dan siswa tidak berdo’a terlebih dahulu, Guru tidak memberikan salam pembuka pembelajaran, Guru tidak melakukan apersepsi pembelajaran, dan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. Sedangkan kelebihan dari video ini yaitu:1) Kemampuan guru dalam mengelola kelas sudah baik. Sebelum masuk materi pembelajaran, Guru mengajak siswa bernyanyi bersama dengan tujuan menarik
perhatian dan motivasi siswa untuk belajar. Setelah siswa tertarik maka mereka siap untuk menerima materi pembelajaran. Pada saat pembelajaran, Guru selalu memberikan stimulus berupa tanya jawab kepada siswa. Adanya stimulus ini membuat siswa berani mengeeluarkan suara/pendapat dan menjadikan suasana kelas menjadi hidup. 2) Guru melakukan langkah kegiatan inti dengan baik, mulai dari menerangkan materi hingga mampu menggunakan metode dan media pembelajaran. Penggunaan metode dan media pembelajaran ini untuk memudahkan pemahaman siswa dalam menyerap materi pembelajaran. Namun, dalam menggunakan metode dan media pembelajaran juga harus memperhatikan kemampuan siswanya.
Pada video tersebut, guru menggunakan menggunakan media kartu dan berbagai metode untuk mengatasi siswa yang kesulitan dalam Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat. Mulai dari metode eja (mengenalkan huruf), merangkai suku kata (metode silaba), hingga membaca kata dan kalimat dengan lancar. Hal ini menunjukkan bahwa guru tersebut sudah memahami karakteristik/kemampuan setiap peserta didiknya. 4) Guru juga melibatkan langsung siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Saran saya, alangkah baiknya guru melakukan langkah-langkah pembelajaran secara sistematis baik dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dengan tujuan agar kegiatan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
Nama : Dibya Andika
NIM : 857098423
Prodi : PGSD / SMT 6
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari vidio diatas, terlihat guru dalam menjelaskan materi sudah sangat profesional sehingga materi yang disampaikan dapat diterima oleh peserta didik. Guru sudah sangat bagus dalam berinteraksi ke peserta didik, dengan satu persatu menghampiri dan mengoreksi jika terjadi kekeliruan dalam peserta didik. Media yang digunakan sudah terarah, untuk kedepannya metode mengajarnya di variasiin lagi seperti :
1. menulis di pasir
2. langit langit
dll
agar peserta didik dalam proses pembelajaran dapat merasakan hal yang menyenangkan tidak monoton saat belajar, itu dapat membangunkan rasa ingin tahu, rasa semangat dalam belajar.
terkadang yang bikin menghambat peserta didik kesulitan dalam menulis yaitu adalah
1. kurangnya konsentrasi dalam belajar
2. kurang latihan di rumah
3. anak malas dan cepat bosan
4. kelainan motorik halus
Peran orang tua ketika dirumah juga sangat penting untuk kelancaran anaknya dalam menulis. yaitu dengan cara mengulang kembali pelajaran yang telah diajarkan pada saat kegiatan disekolah. dengan menulis ulang untuk kelancaran tangan dan daya ingat mereka.
semoga membantu, terima kasih
Nama : Dibya Andika
NIM : 857098423
Prodi : PGSD / SMT 6
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari vidio diatas, terlihat guru dalam menjelaskan materi sudah sangat profesional sehingga materi yang disampaikan dapat diterima oleh peserta didik. Guru sudah sangat bagus dalam berinteraksi ke peserta didik, dengan satu persatu menghampiri dan mengoreksi jika terjadi kekeliruan dalam peserta didik. Media yang digunakan sudah terarah, untuk kedepannya metode mengajarnya di variasiin lagi seperti :
1. menulis di pasir
2. langit langit
dll
agar peserta didik dalam proses pembelajaran dapat merasakan hal yang menyenangkan tidak monoton saat belajar, itu dapat membangunkan rasa ingin tahu rasa semangat dalam belajar.
terkadang yang bikin menghambat peserta didik kesulitan dalam menulis yaitu adalah
1. kurangnya konsentrasi dalam belajar
2. kurang latihan di rumah
3. anak malas dan cepat bosan
4.
Nama: Istisopia Lumban Gaol
Nim: 859892944
dari vidio diatas dalam pembelajaran guru sudah melakukan pembelajaran pengenalan huruf ke siswa dengan baik, dan siswa juga dapat bekerja sama akan tetapi siswa masih kurang fokus untuk dapat mendengarkan guru dengan baik atau kurang konsentrasi.
pada poin awal guru masih kurang dalam melakukan salam pembuka,
guru juga masih kurang dalam memberikan kesempatan untuk murid untuk menulis secara berulang supaya anak dengan mudah dan cepat untuk belajar lebih baik
nama : nur aminatun najah
nim : 858696994
prodi : PGSD / smt 6
vidio pembelajaran tersebut sebenarnya sudah bagus, dengan guru yang aktif memberikan interaksi pada siswa, dan menarik perhatian siswa dengan bernyanyi. guru tersebut juga menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memhami suatu kata. namun kekurangan dalam vidio tersebut menurut saya. pada vidio tersebut belum ada awalan untuk menyapa siswa contoh dengan salamguru juga belum mengabsen, belum mengulas pembelajaran yang sudah dilakukan kemarin dan menyananyakan kesiapan siswa dalam mememulai pembelajaran, isi dalam vidio tersebut bagus dengan mengingatkan semua guru dalam memahami kesulitan masing-masing siswa dalam belajar yang berbeda-beda seperti
1. anak malas dan bosan
2. kurang nya konsentrasi
3. kurang perhatian guru
4. tidak adanya media pembelajaran
5. anak tyergolong slow learner
6. kelainan motorik halus
7. kurang latihan
Nama : Fitri Annisa
Nim : 857168171
Prodi : PGSD-BI semester 2
Setelah melihat video pembelajaran di atas, menurut saya betapa hebatnya guru SD kelas rendah saat mengajar di kelas. Terkadang perbandingan jumlah guru dan murid yang tidak seimbang, seringkali banyak murid karena ada yang 1 kelas muridnya bisa lebih dari 30 anak membuat guru berusaha lebih ekstra agar bisa menyampaikan pelajaran dengan baik. Belum lagi tingkat kemandirian murid yang berbeda mengharuskan guru untuk tetap sigap dalam menyampaikan materi dan mewaspadai kesulitan murid.
Terima kasih untuk videonya. Tetap semangat bapak ibu guru hebat 🙂
Indentifikasi Masalah:
Berdasarkan video yang ada, saya menyimpulkan bahwa peserta didik memiliki kesulitan dalam menulis permulaan dikarenakan peserta didik tidak sering berlatih. Sehingga mereka menjadi lambat dalam menulis. Dan juga guru dalam video tersebut kurang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, sehingga peserta didik kurang termotivasi untuk terus melatih kemampuannya dalam menulis.
Solusi :
Guru bisa meminta siswa untuk terus berlatih berulang-ulang dalam menulis, dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Seperti, buku gambar, gambar, buku tulis bergaris, dll.
Nama : Indrawati
NIM : 856572228
Pokjar : Sarolangun
UPBJJ : UT Jambi
Dalam video tersebut guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik, diawali dengan bernyanyi bersama yang bertujuan untuk menarik minat dan semangat belajar peserta didik. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat bagi kelas rendah. Seperti halnya membantu memegang tangan siswa yang kesulitan dalam menulis. Guru tidak hanya menyampaikan pembelajaran tetapi juga memberikan contoh dipapan tulis. Guru juga sudah menggunakan media pembelajaran walaupun belum maksimal, alangkah lebih baik jika memakai gambar yang berwarna dan setiap siswa diberikan gambar tersebut. Pada saat pembelajaran, guru selalu memberikan stimulus berupa tanya jawab kepada siswa. Adanya stimulus ini membuat siswa lebih berani mengeluarkan suara/pendapat dan menjadikan suasana kelas menjadi hidup. Pada tahap pembelajaran, khususnya di Sekolah Dasar untuk mengenal huruf abjad memiliki proses dan kesabaran sehingga kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi. Selain itu meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan.