Similar Posts
Belajar Membaca Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya. – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Nama : Mariati
Nim : 856565365
Setelah menonton vidio pembelajaran ini menurut saya guru nya sudah baik dalam menyampaikan materi pembelajaran yg di bantu dengan media gambar , dan guru nya sangat baik dalam melakukan interaksi terhadap siswa nya .
Kekurangan dalam vidio pembelajaran guru tidak melakukan langkah – langkah dalam pembelajran seperti kegiatan awal dan ahir pembelajaran . Demikian pendapat saya .🙏🙏
Nama : Siti Dinny Handayani
NIM : 857150327
Mengajar menulis pemula untuk sekolah dasar itu tidak mudah meski menggunakan media gambar dan metode yang bervariasi. Ada beberapa anak yang belum bisa menulis huruf dan rangkaian suku kata maupun kalimat. Adapun kesulitan siswa dalam menulis:
1. Siswa malas
2. Tidak ada media pembelajaran
3. Kelainan motorik halus
4. Kurang latihan menulis di rumah
5. Kurang konsentrasi dalam belajar
Solusi untuk kesulitan menulis pemula yaitu guru memberikan latihan menulis secara berulang – ulang. guru bisa juga dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi.
Kelemahan :
1. Guru tidak mengucapkan salam
2. Guru tidak mengabsen siswa
Kelebihan :
1. Guru menggunakan media pembelajaran
2. Guru interaksi kepada siswa
3. Guru menggunakan lagu dalam memberikan pemulaan pembelajaran
Nama : Siti Dinny Handayani
NIM : 857150327
Mengajar menulis pemula untuk sekolah dasar itu tidak mudah meski menggunakan media gambar dan metode yang bervariasi. Ada beberapa anak yang belum bisa menulis huruf dan rangkaian suku kata maupun kalimat. Adapun kesulitan siswa dalam menulis:
1. Siswa malas
2. Tidak ada media pembelajaran
3. Kelainan motorik halus
4. Kurang latihan menulis di rumah
5. Kurang konsentrasi dalam belajar
Solusi untuk kesulitan menulis pemula yaitu guru memberikan latihan menulis secara berulang – ulang. guru bisa juga dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi.
Kelemahan :
1. Guru tidak mengucapkan salam
2. Guru tidak mengabsen siswa
Kelebihan :
1. Guru menggunakan media pembelajaran
2. Guru interaksi kepada siswa
3. Guru menggunakan lagu dalam memberikan pemulaan pembelajaran
Nama : Desi Wardhani
Nim : 859878857
Kelas : 2A BI-PGSD
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut menurut saya cara mengajar guru sudah sangat baik. Karena guru sudah menggunakan media pembelajaran yang mudah untuk dimengerti anak-anak.
Kelemahan yang saya lihat guru kurang aktif melibatkan untuk menunjukkan kebiasaan mereka di depan kelas. Misalnya dengan meminta siswa untuk menuliskan huruf atau kata dipapan tulis sesuai perintah guru.
Untuk mengajari siswa menulis pertama kali memang cukup sulit, karena guru harus mengajarkan siswa untuk bisa memegang alat tulis dengan baik terlebih dahulu.
Kesulitan yang sering dihadapi seorang guru adalah:
1. Siswa yang malas
2. Kurang antusias dalam belajar
3. Kurang didukung latihan kembali di rumah
4. Kurangnya konsentrasi dalam belajar
Terimakasih
nama:eka marfungatus sangidah
nim:856974707, uPBJJ Bandar Lampung
menurut saya setelah mengamati vidio tersebut, pembelajaran yang diciptakan oleh guru sudah sangat baik, di awal pembelajaran guru mengajak siswa bernyanyi, untuk menarik perhtian dan konsentrasi siswa.Guru tidak hanya menyampaikan pembelajaran tetapi juga memberikan contoh dipapan tulis. Guru juga sudah menggunakan media pembelajaran walaupun belum maksimal, alangkah lebih baik jika memakai gambar yang berwarna dan setiap siswa diberikan gambar tersebut. Pada saat pembelajaran, guru selalu memberikan stimulus berupa tanya jawab kepada siswa. Adanya stimulus ini membuat siswa lebih berani mengeluarkan suara/pendapat dan menjadikan suasana kelas menjadi hidup. Pada tahap pembelajaran, khususnya di Sekolah Dasar untuk mengenal huruf abjad memiliki proses dan kesabaran sehingga kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi. Selain itu meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, tatyapn , dan pengharggan kepada siswa yang rajin.
Nama Sri Mardiaty
NIM 857475775
Kelas 6 B Cicalengka
Setelah menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, saya dapat menarik kesimpulan bahwa perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan menulis huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, seperti membantu memegang tangan siswa untuk menulis, kemudian penggunaan media juga sangat penting untuk mengajarkan siswa SD kelas rendah, media yang dapat digunakan bisa dengan menampilkan gambar untuk menjelaskan mengenai huruf dan katanya, untuk media menulis bisa dengan kertas, tepung, di pasir, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Dalam mengajarkan siswa yang kesulitan menulis juga dapat diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat, dapat dengan menggunakan lagu, kemudian dapat juga mengajarkan siswa belajar dengan media pasir, tepung, atau menulis di angkasa. Guru juga dapat meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan.
Dalam video tersebut menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus.
Sekian dan terima kasih
Nama: Hanesa Angraini
Nim : 856601225
Kelas 2A BI-PGSD
Menurut analisis saya dari video yang sudah saya lihat, bahwa seorang guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik, dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa. Serta dalam memberikan atau menjelaskan pembelajaran guru tersebut tidak tergesa-gesa dan guru juga mengeja huruf dengan baik. Namun menurut saya, alangkah baiknya juka anak tidak diminta untuk meniru tulisan sama persis yang diberikan oleh guru, berilah sedikit leluasa bagi anak untuk menulis dengan pemahamannya sendiri, jika terdapat kesalahan maka guru bisa membimbing si anak dengan memperkenalkan bagaimana cara penulisan yang benar.
Kekurangan:
• Anak menjadi bosan karena guru sering mengulang-ulangi penjelasan materi.
• Ada beberapa siswa yang kurang konsentrasi.
• Ada beberapa anak yang bosan.
Kelebihan:
• Guru sudah menjelaskan atau mengulangi kata dengan baik agar anak mudah memahami huruf.
• Guru mengeja kata dengan baik agar anak mudah mengenal huruf.
• Guru sangat bersemangat sehingga kelas terasa hidup dan tidak bosan.
• Guru membimbing siswa yang kurang pandai.
• Guru mengecek siswa.
Nama : Asna Meyliana
Nim : 859878896
Prodi : S1 PGSD
Dari video yang saya lihat guru tidak memulai dengan salam pembuka, doa pembuka dan mengecek kehadiran siswa. Anak-anak belum siap untuk belajar langsung disuruh bernyanyi. Gurunya langsung memberikan kegiatan inti pembelajaran tanpa memberikan tujuan pembelajaran terlebih dahulu. Anak didik di kelas itu masih ada yang terlihat malas dan kurang konsentrasi. Menurut saya guru masih kurang mampu dalam mengelola kelas dengan baik dalam hal kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat, sehingga anak-anak masih kurang mampu menuliskan huruf, suku kata, kata dan kalimat.
Sebaiknya guru menanyakan anak-anak siapa yang belum dapat menulis dan memberikan kesempatan kepada anak untuk menuliskan apa yang baru saja dicontohkan, dengan demikian semangat anak-anak akan termotivasi kelebihan dari guru tersebut menampilkan media gambardengan keterangannya.
Nama : Nila Niamilah
Nim : 857699689
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang produktif dan ekspresif karena penulis harus terampil menggunakan grofologi, struktur bahasa dan memiliki pengetahuan bahasa yang memadai. Pembelajaran menulis di SD terdiri atas dua bagian sebagaimana layaknya pembelajaaran membaca, yakni menulis permulaan dan lanjut (pendalaman). Menulis permulaaan diawali dari melatih siswa memegang alat tulis dengan benar, menarik garis, menulis huruf, suku kata, kata, kalimat sederhana dan seterusnya. Untuk menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana biasanya diawali atau bersamaan dengan pembelajaran membaca permulaan. Contoh untuk belajar menulis /a/ siswa diperkenalkan dengan membaca bunyi /a/. Contoh untuk menulis lanjut dimulai dari menulis kalimat sesuai gambar, sesuai gambar, menulis paragraf sederhana, menulis karangan pendek dengan bantuan berbagai media dengan ejaan yang benar.
Nama : Nila Niamilah
Nim : 857699689
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang produktif dan ekspresif karena penulis harus terampil menggunakan grofologi, struktur bahasa dan memiliki pengetahuan bahasa yang memadai. Pembelajaran menulis di SD terdiri atas dua bagian sebagaimana layaknya pembelajaaran membaca, yakni menulis permulaan dan lanjut (pendalaman). Menulis permulaaan diawali dari melatih siswa memegang alat tulis dengan benar, menarik garis, menulis huruf, suku kata, kata, kalimat sederhana dan seterusnya. Untuk menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat sederhana biasanya diawali atau bersamaan dengan pembelajaran membaca permulaan.