Similar Posts
Yuk, Bercerita Kepada Teman
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Nama : Della Tiara Putri Prasetianingrum
NIM : 857623674
UPBJJ : Purwokerto
Ringkasan dalam tayangan video tersebut bahwa seorang guru mengajarkan materi huruf, suku kata, kata dan kalimat di SD kelas rendah. Kegiatan diawali dengan menyanyikan “pergi belajar” dilanjutkan dengan pengenalan huruf yang disusun menjadi kata “ayah” dan “ibu” dalam media gambar visual yang dicetak pada kertas. Setelah itu, siswa diberi waktu untuk memahami dan menyalin dibuku kata yang sudah diajarkan oleh guru, adapun penjelasan tentang penyebab kesulitan menulis permulaan. Selanjutnya pada video menjelaskan bagaimana solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut.
Kelebihan dalam video tersebut guru memberikan materi yang dapat dipahami siswa, interaksi guru dan siswa yang baik seperti membantu siswa untuk belajar menulis.
Kelemahan dalam video tersebut pembelajaran terlihat monoton sehingga terlihat beberapa siswa kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, pada video tidak diantumkan pada saat kegiatan awal dan penutup hanya kegiatan inti.
Secara keseluruhan video pembelajaran berjudul “Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” sudah cukup baik dengan siswa dapat memahami materi meskipun menggunakan media pembelajaran yang masih minim, dan dijelaskan terkait penyebab dan solusi untuk kesulitan menulis.
Nama : Sumarlik
NIM : 858685479
Semester :8
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : Putrabangsa Jombang
Menurut saya guru tersebut sangat baik dalam menyampaikan materi secara langsung baik dengan cara bernyanyi,menunjukkan gambar serta menulis kata,suku kata dan kalimat sehingga anak akan lebih mudah untuk cepat memahami dan mengingatnya selalu, karena dengan bermain sama teman ia akan mengingat nyanyian dari yang diajarkan bu guru tadi.
Nama :Devi Sri ayuni
Nim : 855866575
UPBJJ : Medan
Pokjar : sei balai
Kelas :6A
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, mohon izin menanggapi video yang saya tonton .
Menurut saya guru tersebut sudah cukup bagus dalam menjelaskan materi yang ada di video dan guru tersebut jugak memberikan contoh kepada anak-anak tersebut agar mereka lebih memahami tulisan . Walaupun masik ada anak – anak yang tidak fokus atau kurang memperhatikan pelajaran tersebut namun guru juga menegur anak – anak agar kembali fokus ke pelajaran yang di terapkan oleh guru tersebut.
Solusi untuk anak – anak yang belum terlalu paham untuk menulis , guru bisa menggunakan buku garis- garis atau buku kotak-kotak untuk melatih anak-anak agar dapat belajar menulis .
Nama : EVI HERLIANI
NIM : 858824648
Pokjar : Al-Huda Salut Kota Kediri
UPBJJ : Malang
Hasil analisis saya terhadap video pembelajaran tersebut yaitu :
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran?
Menurut saya, reaksi siswa terhadap pembelajaran tersebut cukup menyenangkan karena guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama di awal pembelajaran. Namun, setelah masuk di pembelajaran terdapat beberapa siswa yang kurang antusias untuk mendengarkan, karena ada yang menguap, bermain, dll.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Kelas tidak dimulai dengan sapaan salam dan juga do’a awal pembelajaran
– Media pembelajaran yang digunakan masih minim
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Guru mengajak siswa bernyanyi bersama di awal pembelajarn untuk meningkatkan semangat belajar siswa
– Guru memberikan apresiasi berupa pujian kepada siswa yang sudah bisa menulis dan mengajarkan serta memberi bantuan kepada siswa yang belum bisa menulis
4. Hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut?
Menurut saya, hal unik yang dilakukan oleh guru yaitu memberikan contoh kata yang akan ditulis melalui nyanyian lagu beserta gambar ayah dan ibu.
5. Setelah mengamati video tersebut, Upaya apa yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran berikutnya?
Menurut pendapat saya, cara guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus, Akan lebih bagus lagi apabila didukung dengan media pembelajaran dengan menggunakan video untuk dapat ditunjukkan kepada murid pada saat pembelajaran
Nama :Sumarlik
NIM : 858685479
Semester :8
UPBJJ :Surabaya
Menurut saya ,cara Bu guru menyampaikan materi tadi dalam vidio cukup bangus karena selain dengan menyanyi dan menunjukkan dengan gambar dan cara menuliskan kata,suku kata dapat memudahkan siswa untuk mengingatnya .
Nama: Nanda Wulan Sari
Nim: 855865193
Semester:6
Pokjar: Tebing Tinggi
UPBJJ: Medan
Setelah saya menonton dan menyimak vidio tersebut menurut saya,, guru sudah cukup baik dalam untuk mengajar dengan memberikan contoh gambaran ayah dan ibu untuk melatih menulis huruf dan membaca, namun ada beberapa anak yang kurang mengerti atau belum faham serta tidak ada keaktifan dari pembelajaran itu misalnya seperti bertanya kepada guru.
Solusi, dari video tersebut terlihat ada beberapa anak yang belum paham dan belum mampu untuk menghafalkan kata ayah dan ibu, ada baiknya guru memberikan buku yang berisikan mengenal kalimat atau huruf garis putus- putus agar nantinya anak dapat menebalkan tulisan tersebut, serta guru dapat memberikan beberapa latihan kecil dalam menulis kata.
Nama : GERARY YULDA ARDHANI KARYO
NIM : 858571174
Semester : 6
Kelas : 6A
UPBJJ : MALANG
Pokjar : AL-Huda/Kota Kediri
Ijinkan saya berkomentar tentang video diatas yang berjudul “Kesulitan Menulis Huruf,suku kata,kata dan kalimat”.
Ada beberapa poin instrumen refleksi yang akan saya sajikan,diantaranya sebagai berikut:
1. Reaksi anak didik terhadap pembelajaran tersebut. Menurut pendapat saya, Penyusunan pembelajaran mulai dari salam pembuka sampai dengan evaluasi akhir pun sudah cukup baik dan anak didik juga aktif dalam berinteraksi. Anak didik sudah cukup bisa berinteraksi dengan ibu guru saat penyampaian materi,namun tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa anak yang lebih memilih untuk ngobrol sama teman mereka.
2. Kelemahan dari guru tersebut menurut saya pada waktu penyampaian materi sebenarnya sudah cukup jelas,namun ada beberapa anak yang tidak fokus ke ibu guru. Mungkin karena media belajar yang digunakan bisa lebih diperbaiki dengan menuangkan ide dan kreativitas guru guna menarik perhatian anak didik.
3. Kelebihan dari guru tersebut, beliau telaten dengan mendatangi satu persatu dari anak didik dan memberikan bimbingan terfokus pada beberapa anak yang mungkin masih melum mengerti akan materi yang diajarkan.
4. Solusi yang diperlukan menurut pendapat saya berdasarkan video diatas bisa dengan pendekatan secara personal ke masing-masing anak didik,dengan bertanya kepada mereka,mengarahkan materi dan mengevalusi materi. Dan juga media belajar yang digunakan bisa lebih dituangkan ide dan kreasi dari masing-masing tenaga pendidik agar lebih menarik perhatian anak didik.
Terimakasih
Nama : GERARY YULDA ARDHANI KARYO
NIM : 858571174
Semester : 6
Kelas : 6A
UPBJJ : MALANG
Pokjar : AL-Huda/Kota Kediri
Ijinkan saya berkomentar tentang video diatas yang berjudul “Kesulitan Menulis Huruf,suku kata,kata dan kalimat”. Ada beberapa poin instrumen refleksi yang akan saya sajikan,diantaranya sebagai berikut:
1. Reaksi anak didik terhadap pembelajaran tersebut. Menurut pendapat saya, Penyusunan pembelajaran mulai dari salam pembuka sampai dengan evaluasi akhir pun sudah cukup baik dan anak didik juga aktif dalam berinteraksi. Anak didik sudah cukup bisa berinteraksi dengan ibu guru saat penyampaian materi,namun tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa anak yang lebih memilih untuk ngobrol sama teman mereka.
2. Kelemahan dari guru tersebut menurut saya pada waktu penyampaian materi sebenarnya sudah cukup jelas,namun ada beberapa anak yang tidak fokus ke ibu guru. Mungkin karena media belajar yang digunakan bisa lebih diperbaiki dengan menuangkan ide dan kreativitas guru guna menarik perhatian anak didik.
3. Kelebihan dari guru tersebut, beliau telaten dengan mendatangi satu persatu dari anak didik dan memberikan bimbingan terfokus pada beberapa anak yang mungkin masih melum mengerti akan materi yang diajarkan.
4. Solusi yang diperlukan menurut pendapat saya berdasarkan video diatas bisa dengan pendekatan secara personal ke masing-masing anak didik,dengan bertanya kepada mereka,mengarahkan materi dan mengevalusi materi. Dan juga media belajar yang digunakan bisa lebih dituangkan ide dan kreasi dari masing-masing tenaga pendidik agar lebih menarik perhatian anak didik.
Terimakasih
Nama : Anas Julianto Waruwu
NIM : 855855336
UPBJJ : Medan
Pokjar : Idanogawo
Semester : 6
Kelas : A
Dari video tersebut mengenai “Kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat” menurut saya vidio pembelajaran tersebut sudah bagus. mulai dari pembukaan sudah bagus, guru juga sudah memberikan perhatian terhadap siswa. interaksi yang ada didalam kelas antara guru dan siswa pun sudah bagus, guru bertanya siswa banyak yang menjawab. namun ada beberapa yang masih perlu ditingkatkan dalam pembelajaran tersebut yaitu seperti halnya :
1. pada bagian awal atau pembukaan pembelajaran tersebut. pada pembukaan pembelajaran tersebut akan lebih menarik jika guru memberikan salam dan sapa terlebih dahulu terhadap siswa. disamping ituu guru perlu memberi ice breaking di awal pembelajaran untuk menumbuhkan semangat murid.
2. media pembelajaran yang digunakan masih minim. dimana ruang kelas dan jumlah siswa yang begitu banyak tapi media pembelajarannya berupa gambar print out yang ukurannya kecil. alangkah baiknya jika media gambar tersebut di print agak besar atau mungkin dibuat berwarna bahkan di tambah dg media vidio lebih bagus
3. kurangnya apresiasi guru terhadap siswa. dalam vidio tersebut guru tidak melakukan apresiasi terhadap siswa swperti halnya memberikan motivasi dan penguatan kepada siswa. Dengan memberikan apresiasi terhadap siswa sangatlah penting karena dapat meningkatkan dan menumbuhkan semngat belajar siswa.
Demikian pendapat saya tentang video pembelajaran tersebut.
Terimakasih.
Nama : Nadiah
NIM : 855736276
Pokjar : Kota agung (Tanggamus-Lampung)
Upbjj : Bandar Lampung
Setelah saya menonton video berjudul kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat. menurut saya ada beberapa kelemahan didalamnya, diantaranya : a). tidak adanya kegiatan pendahuluan yaitu guru tidak mengucapkan salam, mengajak siswa berdoa, mengecek kesiapan siswa, guru tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk menulis di papan tulis sebagai contoh siswa lain. b). Kurangnya media dan alat peraga dalam pembelajaran. c). Kurangnya metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. d). Sebagian siswa belum dapat memahami pembelajaran dikarenakan siswa tersebut belum mengenal huruf.
kelebihan dalam video yang saya tonton dalam bahasa indonesia berjudul ” kesulitan menulis huruf,suku kata, kata dan kalimat ” menurut saya ada beberapa kelebihan didalamnya , diantaranya : 1). dengan bernyanyi maka proses pembelajaran akan lebih menarik 2). dengan adanya lagu “Pergi belajar”, guru dapat membangkitkan motivasi siswa untuk membaca. 3). Adanya media gambar ayah dan ibu serta alat peraga siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat. 4). Guru kreatif murid menjadi aktif.