Similar Posts
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Maya Dwi Kurniawati
Nim : 855748525
Pokjar sidomulyo
1. Sebelum mengintruksikan anak untuk menulis ajarkan dulu untuk anak memegang pensil terlebih dahulu agar tidak kaku, ajarkan menulis huruf yang sama secara berulang, tuntun sang anak apabila kesulitan untuk menuliskan huruf, betkan media atau alat bantu untuk pembelajaran, dan di awal vidio buat suasana kelas lebih ceria, kemudian kontrol satu persatu siswa sudah benarkah mereka menuliskan huruf tersebut..
Terimakasih🙏
Nama : Nurlia Sari Nasution
NIM : 856025135
Pokjar : Labusel
Dari Vidio tersebut kita dapat melihat ketidak tertarikan anak dalam belajar membaca,maka dari itu kita sebagai guru harus mempunyai ide dan metode yang menarik untuk di terapkan ke anak agar anak tertarik untuk belajar membaca,ada beberapa metode agar anak tertarik membaca yaitu :
1.membuat kartu alfabet, agar anak dapat belajar huruf sambil bermain menggunakan kartu
2.mengenalkan huruf atau kata dan kalimat dengan bernyanyi, karena kebanyakan anak cepat menangkap lewat bernyanyi
3.memuji keberhasilan anak, walaupun keberhasilannya belum banyak dan sempurna,tetapi kita harus memujinya agar anak bersemangat dan memotivasi untuk anak giat belajar membaca
4.bermain game dengan mengucapkan kata atau kalimat,dari bermain game juga anak dapat mengingat kosa kata atau kalimat yg di ucap dan di dengar
.dari beberapa metode tersebut kita dapat memotivasi anak agar tidak malas dalam membaca,dan kita sebagai guru harus memiliki metode-metode yang menarik untuk anak tidak bosan belajar membaca.
Nama : Ferylina
NIM : 857378435
UPBJJ : Bogor
Pokjar : Bogor Selatan
Semester : 8
Pada rekaman video mengenai “Kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat”
ada beberapa pendapat yang saya rangkum, diantaranya yaitu pembelajaran yang dilakukan guru bersama murid tersebut sudah cukup baik, dimana guru sudah melakukan strategi serta media yang mempuni selama proses belajar mengajar tersebut. namun ada beberapa yang masih perlu lebih ditingkatkan lagi dalam pembelajaran tersebut yaitu seperti :
1. Sebelum pembelajaran di dimaui, aklangkah baiknya guru mengajak peserta didik untuk melakukan ice breaking sorta mengajak peseta didik nutuk memberi semangat yang membangun agar peserta didik ikut aktif selama proses belajar berlangsung.
2. Adapun media pembelajaran yang digunakan kurang begitu terlihat dan menarik perhatian peserta didik. serta ruang kelas dengan jumlah siswa yang begitu banyak sehingga media gambnar yang digunakan kurang efektif dan terlalu kecil untuk dapat terlihat oleh seluruh peserta didik.
adapun penggunaan gambar tersebit bisa diganti dengan opsi lain seperti menggunakan power point tau video bergambar yang berwarna dan cereal sehingga data menarik perhatian peserta didik.
Demikian pendapat saya tentang video pembelajaran tersebut.
Terimakasih
NAMA : MIFTAHUL RAZAQ , NIM 857703908.
Berdasarkan video yang saya amati dapat saya simpulkan bahwa penggunan alat peraga pada siswa yang kurang membaca huruf -suku kata-dan kalimat sangat membantu sekali dalam pembelajaran. Akan tetapi alat peraga tersebut masih kurang karena kurang adanya warna. Jadinya ada siswa yang merasa bosan dalam bembelajaran.
Saran :
Bagi Guru : Penggunaan metode harus lebih bervariasi sangat saat pembelajaran yaitu penataan tempat duduk agar tidak memudahkan memuculkan rasa bosan. Selain itu juga, guru biasa menggunakan media yang lebih menarik agar dapat memunculkan rasa semangat siswa untuk belajar. Di dalam video tersebut seharusnya guru menggunakan media visual. Selain itu juga di dalam video tersebut seharusnya guru sehaarusnya menggunakan media baca yang lebih bagus. Lebih berwarna warni agar siswa tertarik dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Chiqmah Maulida
NIM : 858527805
Prodi : S1 – PGSD
Pokjar : Boja
UPBJJ : Semarang
Ijin menanggapi,
Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran “Kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat ”
1. Bagaimana reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru ?
Reaksi siswa terhadap pembelajaran terlihat senang beberapa anak terlihat aktif dalam pembelajaran pasti ada beberapa anak yang tidak fokus dan mengobrol dengan teman-temannya
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Media pembelajaran yang digunakan kurang menarik beberapa anak tidak fokus guru tidak memberikan saran dan sabar di awal
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
Guru memberi apresiasi kepada siswa dan mengajarkan kepada siswa yang belum bisa menulis dengan mendatangi satu persatu siswa dan memberikan bimbingan secara langsung
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat pembelajaran
Bernyanyi sambil menunjukkan gambar dan cara menuliskan kata
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya yang diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya ?
Solusi sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang menarik dan lebih berwarna agar siswa lebih tertarik dan fokus terhadap pembelajaran guru sebaiknya mengucapkan salam dan menyapa siswa terlebih dahulu di awal pembelajaran
Berdasarkan video yang saya tonton dan amati Anak mungkin malas menulis huruf dan sulit mengenal huruf karena beberapa faktor, seperti kurangnya minat, kurangnya latihan yang memadai, atau mungkin ada masalah perkembangan atau kesehatan yang perlu diperhatikan. Mendukung dan memotivasi anak, serta memberikan pendekatan belajar yang menyenangkan dan beragam, bisa membantu mengatasi masalah ini, serta kurang nya Pern orang tua dalam membantu anak ketika belajar. Pendekatan yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan anak supaya anak tidak cepat bosan serta menjadi semakin malas
Nama:erika hia
N i m:856055034
Pokjar:mandrehe
Upbjj:medan
Izin menanggapi,dari video yang telah saya tonton,guru belum melakukan sapa, doa, absensi(kegiatan awal pembelajaran) dan juga belum memberikan motivasi, simpulan(kegiatan penutup pembelajaran).
Demikian ….
Terimakasih… 🙏
Berdasarkan video yang saya tonton, saya dapat menyimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar untuk siswa yang belum bisa membaca huruf, suku kata, dan kalimat sangat membantu dalam pembelajaran.
Namun, masih belum ada alat peraga karena kurangnya warna.
Akibatnya, sebagian siswa merasa bosan saat belajar.
Saran : Bagi guru : Penggunaan metode dalam pembelajaran khususnya penataan tempat duduk hendaknya lebih bervariasi agar tidak terjadi kebosanan.
Selain itu, guru cenderung menggunakan media yang lebih menarik untuk merangsang semangat belajar siswa.
Video mengharuskan guru menggunakan media visual.
Jika tidak, guru seharusnya menggunakan media membaca yang lebih sesuai dengan video.
Warnanya yang penuh warna membuat siswa tertarik dan tidak bosan saat belajar.
Nama : Ira miranda hutagalung
NIM : 856054706
Prodi : S1 – PGSD
Pokjar : Tapteng
UPBJJ : Medan
Ijin menanggapi,
Berdasarkan informasi dari sumber yang disediakan, video pembelajaran “Kesulitan menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat” dapat diperbaiki dengan beberapa saran.
1. Guru sebaiknya menggunakan metode yang lebih bervariasi dan menarik dalam pembelajaran, seperti penataan tempat duduk yang tidak membosankan, penggunaan media visual yang menarik, dan media baca yang lebih berwarna-warni untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar
2.Selain itu, penggunaan alat peraga yang menarik dan berwarna dapat membantu siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak merasa bosan
sekian tanggapan saya tentang video “Kesulitan menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat”
kurang lebih saya mohon maaf
Terimakasih
Nama : Wilda nur Sofiyah
NIM : 837525796
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Pandaan
UPBJJ : Malang
Ijin menanggapi ,
Menurut saya tentang vidio pembelajaran ini yaitu
1 . Pertama guru harus ada awal pembelajaran seperti menyapa murid” baru masuk ke inti .
2 . Saat memasuki inti pembelajaran untuk kelas 1 sebisanya menumbuhkan minat siswa seperti bernyanyi , menggerakkan tangan saat memegang pensil / olahraga tangan
3 . Alat raganya terlalu membosankan dan siswa yg ada dibelakang tidak nampak .. hendaknya dibagi kelompok dan dikasih perkelompok kertas itu dan juga media visual seperti kertas alphabet.. sehingga murid” bisa mencari sendiri dan mengangkat tangan dengan menunjukkan media tsbt . Dan juga medianya lebih baik yg berwarna agar ada daya tarik sendiri bagi murid