Similar Posts
Mengajar Berat Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pengenalan Tanda Birama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menjelaskan tentang bagaimana sebaiknya guru memperkenalkan tanda birama kepada anak didiknya. Pada umumnya tanda birama dijelaskan terbatas hanya sebagai teori saja, guru menjelaskan tanda birama hanya nama, jenis, dan pengertiannya (dalam bentuk verbal). Seharusnya komponen musik ini diperkenalkan langsung dalam nuansa musik itu…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama Mahasiswa : Anna Aprilia Nindi
NIM : 858057477
Video : Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
Menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut, saya simpulkan bahwa dalam video tersebut guru berinteraksi dengan baik kepada siswa ketika sedang menyanyi, tetapi tidak ada pembukaan di awal pembelajaran baik itu salam, sapa, doa dan menjelaskan materi hari itu. Guru langsung mengajak anak- anak untuk melakukan ice breaking, walaupun guru menjelaskan materi menggunakan alat peraga serta memberikan penjelasan dan mengajarkan anak membaca kalimat dari gambar alat peraga tersebut. Tetapi pada saat guru menuliskan kalimat di papan tulis banyak anak – anak yang tidak konsentrasi ( ada yang bermain dan asik sendiri ) dalam menyimak materi yang di ajarkan di depan oleh guru. Sehingga mereka ketika di suruh untuk mengerjakan tugas, menuliskan kalimat yang ada di papan tulis . Mereka ada yang tidak bisa walaupun sudah di bantu dan diajarkan oleh guru, terutama bagi anak- anak yang memang belum bisa menulis dan membaca sehingga itu menjadi kesulitan bagi guru – guru dikelas rendah untuk memberikan materi.
Nama Mahasiswa : Anna Aprilia Nindi
NIM : 858057477
Video : Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
Menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut, saya simpulkan bahwa dalam video tersebut guru berinteraksi dengan baik kepada siswa ketika sedang menyanyi, tetapi tidak ada pembukaan di awal pembelajaran baik itu salam, sapa, doa dan menjelaskan materi hari itu. Guru langsung mengajak anak- anak untuk melakukan ice breaking, walaupun guru menjelaskan materi menggunakan alat peraga serta memberikan penjelasan dan mengajarkan anak membaca kalimat dari gambar alat peraga tersebut. Tetapi pada saat guru menuliskan kalimat di papan tulis banyak anak – anak yang tidak konsentrasi ( ada yang bermain dan asik sendiri ) dalam menyimak materi yang di ajarkan di depan oleh guru. Sehingga mereka ketika di suruh untuk mengerjakan tugas, menuliskan kalimat yang ada di papan tulis . Mereka ada yang tidak bisa walaupun sudah di bantu dan diajarkan oleh guru, terutama bagi anak- anak yang memang belum bisa menulis dan membaca sehingga itu menjadi kesulitan bagi guru – guru dikelas rendah untuk memberikan materi.
Nama : Eka Maryani
NIM : 877595071
mohon maaf saya menyampaikan pendapat saya, saya lihat divideo ini ada kelemahan yang perlu di perbaiki. Dalam kegiatan pendahuluan guru tidak mengucapkan salam dan doa tidak memeriksa kehadiran siswa, tetapi guru langsung menjelaskan materi pembelajaran.
Guru belum menunjukkan strategi apa yang digunakannya dalam memediasi kesulitan menulis huruf, kata, suku kata, dan kalimat. Namun terdapat juga Kelebihan-kelebhihan dalam pembelajaran dalam Video ini yaitu :
guru mengajar secara jelas dan kreatif dalam menggunakan media dan metode yang bervariasi sehingga siswa aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.Guru kreatif membuat huruf” di kertas untuk siswa menyusun suku kata sehingga anak mudah untuk mengeja kata tersebut. Untuk kegiatan penutup guru tidak memberikan kesimpulan dan tidak melakukan berdoa sebelum menutup pembelajaran. Sehingga pembelajaran tersebut belum terlaksana secara efektif dan efesien.
Nama Mahasiswa : Anna Aprilia Nindi
NIM : 858057477
Video : Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat.
Menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut, saya simpulkan bahwa dalam video tersebut guru berinteraksi dengan baik kepada siswa ketika sedang menyanyi, tetapi tidak ada pembukaan di awal pembelajaran baik itu salam, sapa, doa dan menjelaskan materi hari itu. Guru langsung mengajak anak- anak untuk melakukan ice breaking, walaupun guru menjelaskan materi menggunakan alat peraga serta memberikan penjelasan dan mengajarkan anak membaca kalimat dari gambar alat peraga tersebut. Tetapi pada saat guru menuliskan kalimat di papan tulis banyak anak – anak yang tidak konsentrasi ( ada yang bermain dan asik sendiri ) dalam menyimak materi yang di ajarkan di depan oleh guru. Sehingga mereka ketika di suruh untuk mengerjakan tugas, menuliskan kalimat yang ada di papan tulis . Mereka ada yang tidak bisa walaupun sudah di bantu dan diajarkan oleh guru, terutama bagi anak- anak yang memang belum bisa menulis dan membaca sehingga itu menjadi kesulitan bagi guru – guru dikelas rendah untuk memberikan materi.
Nama : Ika Novita
Nim : 877599964
Pokjar : Kayu Agung
Menurut Pendapat saya dalam vidio tersebut masih banyak kurang dalam urutan mengajarnya salah satunya guru tidak memberikan tujuan dari pembelajar tersebut, tetapi dalam pelaksanaan mengajarnya sudah cukup efektif dengan menggunakan media alat dan bahan seperti gambar, serta guru juga memberikan contoh soal-soal yang berulang kepada anak agar anak lebih paham dan ingat materi yang diajarkan.
Siti Aminah ( 856596599 )
Setelah saya melihat video tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, dan kalimat di kelas rendah, kegiatan ice breaking yang di lakukan sangat baik untuk Pembelajaran ini. tetapi alangkah baiknya jika guru tersebut memanggil anak nya ke depan untuk menuliskan huruf kata ayah dan ibu pada saat pembelajan.untuk dikelas rendah sebainya pembelajan di mulai dengan doa tidak harus secara langsung ke pembelajaran, pada pembelajaarn kelas rendah pasti ada beberapa anak yang belum dapat menulis huruf, rangkaian kata dan kalimat serta anak-anak yang tidak konsentrasi dalam belajar maka sebaiknya guru harus secara perlahan menjelaskan pembelajaran.
Nama : Evi Rinawati
NIM : 857130522
PokJak : Ciampel
UT – Jakarta
Setelah menyimak video ini, saya menilai rangkaian dari pembelajaran ini belum runtut, diantaranya guru tidak melakukan :
1. Kegiatan pembuka, seperti salam, berdoa, menanyakan kabar.
2. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
3. Mengulang materi yang sudah lalu sebagai acuan untuk mengetahui pemahaman anak.
4. Media ajar (guru bisa menyiapkan contoh kata yang akan ditirukan siswa, berupa kata yang dititik titik) ini anak sangat membantu terutama bagi anak yang belum bisa membaca.
5. Kegiatan penutup diisi dengan umpan balik, agar peserta didik lebih tertantang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
Nama :Umamah Lati Dalpa
Nim :857456965
Parodi :PGSD S1
Menurut pendapat saya, berdasarkan video yang telah saya lihat dari GPO, guru sudah mengajar dengan baik, menggunakan media pembelajaran,mengajar dengan perlahan tidak tergesa-gesa, membimbing dan menuntun siswa yang agak lambat,dan juga menguasai kelas dengan baik. Alangkah baiknya jika dalam menulis kita perlu mengetahui apakah siswa kita sudah menguasai huruf dengan baik ? karena penguasaan huruf adalah inti untuk bisa menulis, di video tersebut saya lihat anak tidak diberikan keleluasaan dalam menulis, siswa harus mengikuti tulisan yang ada di papan tulis. Seharusnya berikan dulu keleluasaan kepada siswa, setelah itu baru kita perbaiki dan arahkan kesalahannya tersebut.
Kesimpulan dari video tersebut, yaitu bahwasannya guru harus memantapkan dulu pengenalan huruf kepada siswa dengan cara menggunakan alat dan media yang dekat dengan kesehariannya, maka siswa akan berhasil dalam pembelajaran ini.
Penyebab kesulitan menulis permulaan tersebut yaitu :
1.Anak malas dan bosan
2.Kurang konsentrasi
3.Kurang perhatian guru
4.Tidak ada media pembelajaran
5.Kelainan motoric halus
6.Kurang Latihan Untuk murid
yang kesulitan menulis, guru sebaiknya memberi kesempatan kepada anak untuk belajar menulis secara berulang-ulang, terutama menulis huruf, kata, suku kata dan kalimat yang bermakna sesuai lingkungan anak.
Bagi anak yang tidak dapat menulis atau lambat menulis, guru dapat membantu dengan memegang tangan anak, membantu menulis diatas pasir, di tepung, dan di angkasa. Untuk mengatasi kesulitan menulis pada siswa, guru harus menggunakan media pembelajaran seperti gambar,lagu,buku tulis garis lima, buku gambar,tepung,pasir dan lain-lain. Guru bisa menggunakan metode bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat. Tingkatkan interaksi guru dan murid dengan cara seperti tatapan, sentuhan, tepukan, memegang tangan murid dan lain-lain
Nama: Umamah Lati Dalpa
Nim 857456965
Parodi PGSD S1
Menurut pendapat saya, berdasarkan video yang telah saya lihat dari GPO, guru sudah mengajar dengan baik, menggunakan media pembelajaran,mengajar dengan perlahan tidak tergesa-gesa, membimbing dan menuntun siswa yang agak lambat,dan juga menguasai kelas dengan baik. Alangkah baiknya jika dalam menulis kita perlu mengetahui apakah siswa kita sudah menguasai huruf dengan baik ? karena penguasaan huruf adalah inti untuk bisa menulis, di video tersebut saya lihat anak tidak diberikan keleluasaan dalam menulis, siswa harus mengikuti tulisan yang ada di papan tulis. Seharusnya berikan dulu keleluasaan kepada siswa, setelah itu baru kita perbaiki dan arahkan kesalahannya tersebut.
Kesimpulan dari video tersebut, yaitu bahwasannya guru harus memantapkan dulu pengenalan huruf kepada siswa dengan cara menggunakan alat dan media yang dekat dengan kesehariannya, maka siswa akan berhasil dalam pembelajaran ini.
Penyebab kesulitan menulis permulaan tersebut yaitu :
1.Anak malas dan bosan
2.Kurang konsentrasi
3.Kurang perhatian guru
4.Tidak ada media pembelajaran
5.Kelainan motoric halus
6.Kurang Latihan Untuk murid
yang kesulitan menulis, guru sebaiknya memberi kesempatan kepada anak untuk belajar menulis secara berulang-ulang, terutama menulis huruf, kata, suku kata dan kalimat yang bermakna sesuai lingkungan anak.
Bagi anak yang tidak dapat menulis atau lambat menulis, guru dapat membantu dengan memegang tangan anak, membantu menulis diatas pasir, di tepung, dan di angkasa. Untuk mengatasi kesulitan menulis pada siswa, guru harus menggunakan media pembelajaran seperti gambar,lagu,buku tulis garis lima, buku gambar,tepung,pasir dan lain-lain. Guru bisa menggunakan metode bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat. Tingkatkan interaksi guru dan murid dengan cara seperti tatapan, sentuhan, tepukan, memegang tangan murid dan lain-lain
Nama : Suci Asfitriani
NIM. : 856464271
Dari video yang berjudul kesulitan menulis huruf, suku kata, dan kalimat dikelas rendah yang saya lihat, menurut saya terdapat kelemahan yakni tidak ada kegiatan pendahuluan, seharusnya diawali dengan salam pembuka,mengecek kehadiran siswa, dan tidak menyebutkan tujuan pembelajaran. Kemudian langsung melakukan ice breaking.dan diakhir pembelajaran tidak ada refleksi.
Kelebihan dari video ini cara guru mengajar dengan bagus, jelas, kretif, dan menggunakan media. Sehingga anak2 itu tertarik dan aktif dalam proses pembelajaran melakukan dengan sentuhan, krelembutan dan sangat memperhatikan anak anak didiknya dan selalu memberikan semangat agar anak anak menulis dengan baik dan benar.
Terimakasih 🙏