silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

307 Comments

  1. Nama Mahasiswa : Anna Aprilia Nindi
    NIM : 858057477
    Video : Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat

    Menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut, saya simpulkan bahwa dalam video tersebut guru berinteraksi dengan baik kepada siswa ketika sedang menyanyi, tetapi tidak ada pembukaan di awal pembelajaran baik itu salam, sapa, doa dan menjelaskan materi hari itu. Guru langsung mengajak anak- anak untuk melakukan ice breaking, walaupun guru menjelaskan materi menggunakan alat peraga serta memberikan penjelasan dan mengajarkan anak membaca kalimat dari gambar alat peraga tersebut. Tetapi pada saat guru menuliskan kalimat di papan tulis banyak anak – anak yang tidak konsentrasi ( ada yang bermain dan asik sendiri ) dalam menyimak materi yang di ajarkan di depan oleh guru. Sehingga mereka ketika di suruh untuk mengerjakan tugas, menuliskan kalimat yang ada di papan tulis . Mereka ada yang tidak bisa walaupun sudah di bantu dan diajarkan oleh guru, terutama bagi anak- anak yang memang belum bisa menulis dan membaca sehingga itu menjadi kesulitan bagi guru – guru dikelas rendah untuk memberikan materi.

  2. Nama Mahasiswa : Anna Aprilia Nindi

    NIM : 858057477

    Video : Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat

    Menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut, saya simpulkan bahwa dalam video tersebut guru berinteraksi dengan baik kepada siswa ketika sedang menyanyi, tetapi tidak ada pembukaan di awal pembelajaran baik itu salam, sapa, doa dan menjelaskan materi hari itu. Guru langsung mengajak anak- anak untuk melakukan ice breaking, walaupun guru menjelaskan materi menggunakan alat peraga serta memberikan penjelasan dan mengajarkan anak membaca kalimat dari gambar alat peraga tersebut. Tetapi pada saat guru menuliskan kalimat di papan tulis banyak anak – anak yang tidak konsentrasi ( ada yang bermain dan asik sendiri ) dalam menyimak materi yang di ajarkan di depan oleh guru. Sehingga mereka ketika di suruh untuk mengerjakan tugas, menuliskan kalimat yang ada di papan tulis . Mereka ada yang tidak bisa walaupun sudah di bantu dan diajarkan oleh guru, terutama bagi anak- anak yang memang belum bisa menulis dan membaca sehingga itu menjadi kesulitan bagi guru – guru dikelas rendah untuk memberikan materi.

  3. Nama : Eka Maryani
    NIM : 877595071
    mohon maaf saya menyampaikan pendapat saya, saya lihat divideo ini ada kelemahan yang perlu di perbaiki. Dalam kegiatan pendahuluan guru tidak mengucapkan salam dan doa tidak memeriksa kehadiran siswa, tetapi guru langsung menjelaskan materi pembelajaran.
    Guru belum menunjukkan strategi apa yang digunakannya dalam memediasi kesulitan menulis huruf, kata, suku kata, dan kalimat. Namun terdapat juga Kelebihan-kelebhihan dalam pembelajaran dalam Video ini yaitu :
    guru mengajar secara jelas dan kreatif dalam menggunakan media dan metode yang bervariasi sehingga siswa aktif dan termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran.Guru kreatif membuat huruf” di kertas untuk siswa menyusun suku kata sehingga anak mudah untuk mengeja kata tersebut. Untuk kegiatan penutup guru tidak memberikan kesimpulan dan tidak melakukan berdoa sebelum menutup pembelajaran. Sehingga pembelajaran tersebut belum terlaksana secara efektif dan efesien.

  4. Nama Mahasiswa : Anna Aprilia Nindi
    NIM : 858057477
    Video : Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat.

    Menurut pendapat saya setelah menonton video tersebut, saya simpulkan bahwa dalam video tersebut guru berinteraksi dengan baik kepada siswa ketika sedang menyanyi, tetapi tidak ada pembukaan di awal pembelajaran baik itu salam, sapa, doa dan menjelaskan materi hari itu. Guru langsung mengajak anak- anak untuk melakukan ice breaking, walaupun guru menjelaskan materi menggunakan alat peraga serta memberikan penjelasan dan mengajarkan anak membaca kalimat dari gambar alat peraga tersebut. Tetapi pada saat guru menuliskan kalimat di papan tulis banyak anak – anak yang tidak konsentrasi ( ada yang bermain dan asik sendiri ) dalam menyimak materi yang di ajarkan di depan oleh guru. Sehingga mereka ketika di suruh untuk mengerjakan tugas, menuliskan kalimat yang ada di papan tulis . Mereka ada yang tidak bisa walaupun sudah di bantu dan diajarkan oleh guru, terutama bagi anak- anak yang memang belum bisa menulis dan membaca sehingga itu menjadi kesulitan bagi guru – guru dikelas rendah untuk memberikan materi.

  5. Nama : Ika Novita
    Nim : 877599964
    Pokjar : Kayu Agung
    Menurut Pendapat saya dalam vidio tersebut masih banyak kurang dalam urutan mengajarnya salah satunya guru tidak memberikan tujuan dari pembelajar tersebut, tetapi dalam pelaksanaan mengajarnya sudah cukup efektif dengan menggunakan media alat dan bahan seperti gambar, serta guru juga memberikan contoh soal-soal yang berulang kepada anak agar anak lebih paham dan ingat materi yang diajarkan.

  6. Siti Aminah ( 856596599 )
    Setelah saya melihat video tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, dan kalimat di kelas rendah, kegiatan ice breaking yang di lakukan sangat baik untuk Pembelajaran ini. tetapi alangkah baiknya jika guru tersebut memanggil anak nya ke depan untuk menuliskan huruf kata ayah dan ibu pada saat pembelajan.untuk dikelas rendah sebainya pembelajan di mulai dengan doa tidak harus secara langsung ke pembelajaran, pada pembelajaarn kelas rendah pasti ada beberapa anak yang belum dapat menulis huruf, rangkaian kata dan kalimat serta anak-anak yang tidak konsentrasi dalam belajar maka sebaiknya guru harus secara perlahan menjelaskan pembelajaran.

  7. Nama : Evi Rinawati
    NIM : 857130522
    PokJak : Ciampel
    UT – Jakarta

    Setelah menyimak video ini, saya menilai rangkaian dari pembelajaran ini belum runtut, diantaranya guru tidak melakukan :
    1. Kegiatan pembuka, seperti salam, berdoa, menanyakan kabar.
    2. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
    3. Mengulang materi yang sudah lalu sebagai acuan untuk mengetahui pemahaman anak.
    4. Media ajar (guru bisa menyiapkan contoh kata yang akan ditirukan siswa, berupa kata yang dititik titik) ini anak sangat membantu terutama bagi anak yang belum bisa membaca.
    5. Kegiatan penutup diisi dengan umpan balik, agar peserta didik lebih tertantang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran di kelas.

  8. Nama :Umamah Lati Dalpa
    Nim :857456965
    Parodi :PGSD S1
    Menurut pendapat saya, berdasarkan video yang telah saya lihat dari GPO, guru sudah mengajar dengan baik, menggunakan media pembelajaran,mengajar dengan perlahan tidak tergesa-gesa, membimbing dan menuntun siswa yang agak lambat,dan juga menguasai kelas dengan baik. Alangkah baiknya jika dalam menulis kita perlu mengetahui apakah siswa kita sudah menguasai huruf dengan baik ? karena penguasaan huruf adalah inti untuk bisa menulis, di video tersebut saya lihat anak tidak diberikan keleluasaan dalam menulis, siswa harus mengikuti tulisan yang ada di papan tulis. Seharusnya berikan dulu keleluasaan kepada siswa, setelah itu baru kita perbaiki dan arahkan kesalahannya tersebut.
    Kesimpulan dari video tersebut, yaitu bahwasannya guru harus memantapkan dulu pengenalan huruf kepada siswa dengan cara menggunakan alat dan media yang dekat dengan kesehariannya, maka siswa akan berhasil dalam pembelajaran ini.
    Penyebab kesulitan menulis permulaan tersebut yaitu :
    1.Anak malas dan bosan
    2.Kurang konsentrasi
    3.Kurang perhatian guru
    4.Tidak ada media pembelajaran
    5.Kelainan motoric halus
    6.Kurang Latihan Untuk murid
    yang kesulitan menulis, guru sebaiknya memberi kesempatan kepada anak untuk belajar menulis secara berulang-ulang, terutama menulis huruf, kata, suku kata dan kalimat yang bermakna sesuai lingkungan anak.
    Bagi anak yang tidak dapat menulis atau lambat menulis, guru dapat membantu dengan memegang tangan anak, membantu menulis diatas pasir, di tepung, dan di angkasa. Untuk mengatasi kesulitan menulis pada siswa, guru harus menggunakan media pembelajaran seperti gambar,lagu,buku tulis garis lima, buku gambar,tepung,pasir dan lain-lain. Guru bisa menggunakan metode bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat. Tingkatkan interaksi guru dan murid dengan cara seperti tatapan, sentuhan, tepukan, memegang tangan murid dan lain-lain

  9. Nama: Umamah Lati Dalpa
    Nim 857456965
    Parodi PGSD S1
    Menurut pendapat saya, berdasarkan video yang telah saya lihat dari GPO, guru sudah mengajar dengan baik, menggunakan media pembelajaran,mengajar dengan perlahan tidak tergesa-gesa, membimbing dan menuntun siswa yang agak lambat,dan juga menguasai kelas dengan baik. Alangkah baiknya jika dalam menulis kita perlu mengetahui apakah siswa kita sudah menguasai huruf dengan baik ? karena penguasaan huruf adalah inti untuk bisa menulis, di video tersebut saya lihat anak tidak diberikan keleluasaan dalam menulis, siswa harus mengikuti tulisan yang ada di papan tulis. Seharusnya berikan dulu keleluasaan kepada siswa, setelah itu baru kita perbaiki dan arahkan kesalahannya tersebut.
    Kesimpulan dari video tersebut, yaitu bahwasannya guru harus memantapkan dulu pengenalan huruf kepada siswa dengan cara menggunakan alat dan media yang dekat dengan kesehariannya, maka siswa akan berhasil dalam pembelajaran ini.
    Penyebab kesulitan menulis permulaan tersebut yaitu :
    1.Anak malas dan bosan
    2.Kurang konsentrasi
    3.Kurang perhatian guru
    4.Tidak ada media pembelajaran
    5.Kelainan motoric halus
    6.Kurang Latihan Untuk murid
    yang kesulitan menulis, guru sebaiknya memberi kesempatan kepada anak untuk belajar menulis secara berulang-ulang, terutama menulis huruf, kata, suku kata dan kalimat yang bermakna sesuai lingkungan anak.
    Bagi anak yang tidak dapat menulis atau lambat menulis, guru dapat membantu dengan memegang tangan anak, membantu menulis diatas pasir, di tepung, dan di angkasa. Untuk mengatasi kesulitan menulis pada siswa, guru harus menggunakan media pembelajaran seperti gambar,lagu,buku tulis garis lima, buku gambar,tepung,pasir dan lain-lain. Guru bisa menggunakan metode bervariasi seperti metode menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat. Tingkatkan interaksi guru dan murid dengan cara seperti tatapan, sentuhan, tepukan, memegang tangan murid dan lain-lain

  10. Nama : Suci Asfitriani
    NIM. : 856464271

    Dari video yang berjudul kesulitan menulis huruf, suku kata, dan kalimat dikelas rendah yang saya lihat, menurut saya terdapat kelemahan yakni tidak ada kegiatan pendahuluan, seharusnya diawali dengan salam pembuka,mengecek kehadiran siswa, dan tidak menyebutkan tujuan pembelajaran. Kemudian langsung melakukan ice breaking.dan diakhir pembelajaran tidak ada refleksi.
    Kelebihan dari video ini cara guru mengajar dengan bagus, jelas, kretif, dan menggunakan media. Sehingga anak2 itu tertarik dan aktif dalam proses pembelajaran melakukan dengan sentuhan, krelembutan dan sangat memperhatikan anak anak didiknya dan selalu memberikan semangat agar anak anak menulis dengan baik dan benar.
    Terimakasih 🙏

Leave a Reply