Similar Posts
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Nama : Emilianty, Nim : 877603881Video ini membahas tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat pada anak sekolah dasar. Kesulitan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti malas, bosan, kurang konsentrasi, kurang perhatian guru, tidak ada media pembelajaran, atau anak tergolong lambat belajar atau suliner dan kelainan motorik halus.
Nama : Cotje Nikijuluw
NIM : 855706069
Menurut hasil analisis saya terhadap video pembelajaran ini sangat mengena !
Menyampaikan betapa sulitnya bagi anak – anak di kelas rendah untuk memulai menulis. Saya setuju bahwa sangat penting untuk memberikan dukungan dan metode yang kretif agar mereka merasa lebih percaya diri
Nama : Awalina Alfi Nikmah
NIM : 859674669
Jurusan : PGSD BI
3. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
Adapun kelemahan guru yang terdapat pada video tersebut adalah
1. Pembukaan pembelajaran tidak ada seperti salam atau doa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2. Pendahuluan saat mengawali pelajaran kurang, Apersepsi juga tidak ada dan setelah itu seharusnya guru memulai dengan memperkenalkan hurus nya terlebih dahulu. misalkan dengan cara bernyanyi huruf abjad membuat anak-anak hafal dengan huruf abjad nya terlebih dahulu.
4. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
Kelebihan guru yang terdapat pada video pembelajaran tersebut adalah :
1. Guru menggunakan media pembelajaran dengan bernyanyi, gambar, dan buku sehingga memudahkan siswa dalam menulis.
2. Metode pembelajaran yang digunakan guru sangat bervariasi dimulai dari metode ceramah, bernyanyi, gambar, hingga menulis di papan tulis.
3. Guru beinteraksi dengan sangat baik dan aktif dengan semua murid
4. Guru membantu murid yang belum bisa menulis dengan memegang tangan murid
5. Hal unik dalam video pembelajaran
Keunikan kegiatan pembelajaran dalam video tersebut adalah:
1. Guru memulai pelajaran dengan bernyanyi bukan dengan salam dan berdoa terlebih dahulu.
Terimakasih Wassalamualaikum Wr.Wb
Nama: Elda Kurnia Sari
NIM: 855730243
Prodi: S1 PGSD
Pokjar: Banjar Agung
Penulis menemukan beberapa kelemahan dalam tayangan video. Pada bagian awal atau pembukaan pembelajaran tersebut akan lebih menarik jika guru memberikan salam dan sapa terlebih dahulu terhadap siswa. disamping itu guru perlu memberi ice breaking di awal pembelajaran untuk menumbuhkan semangat murid. Media pembelajaran yang digunakan masih minim. dimana ruang kelas dan jumlah siswa yang begitu banyak tapi media pembelajarannya berupa gambar print out yang ukurannya kecil. alangkah baiknya jika media gambar tersebut di print agak besar atau mungkin dibuat berwarna bahkan di tambah dengan media video lebih bagus
NAMA. : ADELA ZUWANDA PUTRI
NIM : 855718482
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
POKJAR: SIDOMULYO
Setelah melihat video pembelajaran diatas tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, dan kalimat di kelas rendah, menurut saya dalam awal pembelajaran banyak yang tidak diterapkan dan juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran terlebih dahulu dan dalam cara guru menjelaskan kepada siswanya.
Ada beberapa kelemahan guru yang terdapat pada video tersebut yaitu:
1. Pembukaan pembelajaran tidak ada seperti salam atau doa, menanyakan kabar dan mengecek absensi kehadiran siswa.
2. Pendahuluan saat mengawali pelajaran kurang, Apersepsi juga tidak ada dan setelah itu seharusnya guru memulai dengan memperkenalkan hurus nya terlebih dahulu. misalkan dengan cara bernyanyi huruf abjad membuat anak-anak hafal dengan huruf abjad nya .
3. Dalam video tersebut guru belum menjelaskan tentang menulis kalimat sehingga wajar jika siswa belum menguasai.
Ada beberapa Kelebihan guru yang terdapat pada video pembelajaran yaitu :
1. Guru menggunakan media pembelajaran dengan bernyanyi terlebih dahulu , memberikan contoh gambar, dan buku sehingga memudahkan siswa memahami dalam menulis.
2. Metode pembelajaran yang digunakan guru sangat bervariasi dimulai dari metode ceramah, bernyanyi, gambar, dan menulis di papan tulis.
3. Guru beinteraksi dengan baik dan aktif dengan semua murid
4. Guru membantu murid yang belum bisa menulis dengan memegang tangan murid dalam pembelajaran.
5.Guru juga menggunakan media pembelajaran yang sesuai sehingga siswa tidak kesulitan dalam menerima materi.
Saran :
Guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan diawali dari salam,doa,dan tujuan dari pembelajaran sehingga siswa dapat mengetahui dan guru juga dapat menjelaskan terlebih dahulu sehingga siswa tidak kesulitan dalam pembelajaran tersebut.
Nama Maryani
Nim 859672862
Assalamualaikum,
Pada vidio ini, pada awal pembelajaran guru tidak diawali dengan berdoa terlebih dahulu dan kegiatan literasi
Lagu yang digunakan sudah sesuai dengan materi yang dibahas
Metode yang digunakan dengan mengeja huruf
Media pembelajaran kurang menarik
saran
pendekatan individual karena setiap siswa memiliki kecepatan dan cara belajar yang berbeda
Menambah media pembelajaran yang lebih menarik seperti permainan karu huruf
Nama : Eka Nurfitriana Sari
NIM : 855718443
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ : Bandar Lampung
Setelah saya melihat video pembelajaran tersebut, Secara keseluruhan pembelajaran berlangsung dengan baik,akan tetapi menurut saya guru menjelaskan sedikit cepat. Pendekatan dengan siswa sangat baik. Penggunaan media pembelajaran juga sudah bagus menggunakan gambar,dan tulisan di kertas ,sehingga siswa tidak merasa bosan dan lebih mudah memahami apa yang diberikan oleh guru.
Namun akan lebih baik lagi jika sebelum pembelajaran dimulai, guru mengabsen siswa terlebih dahulu, dan pada akhir pembelajaran guru tidak memberikan refleksi untuk mengetahui siswa sudah paham atau belum tentang materi yang disampaikan dan tidak berdoa sebelum pulang. Terimakasih..
Assalamualaikum Wr.Wb saya Andika mahasiswa dari PGSD ut izin mengomentari Vidio pembelajaran ibu
Dari video yang saya simak, ada beberapa kelemahan pada video tersebut diantaranya:
Dalam kegiatan pendahuluan guru tidak memeriksa keberadaan siswa, tetapi langsung menjelaskan materi pembelajaran.
Guru belum menunjukkan strategi apa yang digunakannya dalam memediasi kesulitan menulis huruf, kata, suku kata, dan kalimat. Namun juga terdapat Kelebihan pembelajaran dalam Video tersebut, yaitu :
guru mengajar secara jelas dan kreatif dalam menggunakan media, sehingga siswa aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
NamaTamar Nimbinambon
Nim : 859625057
Upbjj : Jayapura
Pokjar : sarmi
Setelah Saya menonton video ini yang saya simak adalah
1. Di lihat dari reaksi anak / siswa pada awal pembelajaran, mereka sangat antusias, tetapi setelah proses belajar mengajar berlangsung anak – anak mulai malas dan terasa bosan
2. Kelemahan guru dalam proses belajar mengajar adalah kurang adanya metode pembelajaran yang di pakai
3. Kelebihan guru adalah memiliki kreatif sehingga membuat anak- anak yang tadinya tidak bisa menulis menjadi bisa
4. Hal unik dari guru adalah pada saat anak – anak lambat dan malas menulis, guru dapat membantu mereka dengan cara memegang tangan anak untuk menulis
5. Jadi sebagai upaya yang dilakukan oleh guru, sebelum kita melakukan proses belajar mengajar, kita harus menyiapkan RPP, dan metode pembelajaran serta media pembelajaran yang kita gunakan, sehingga anak / siswa mereka tidak bosan dan capai dalam mengikuti proses belajar mengajar 🙏
Nama : Ilka Sista
NIM : 856301544
UPBJJ : UT PADANG
yang saya dapat dari vidio ini adalah bahwa
1. anak-anak dan guru sangat semangat dan antusias dalam pembelajaran
2. Guru mengajarkan kata dan huruf dengan baik kepada muridnya.
3. pada tahap pengenalan huruf kita dituntut sebagai guru untuk untuk lebih kreatif dalam penggunaan strategi pembelajaran yang bervariasi agar peserta didik lebih semangat untuk belajar membaca. terima kasih