silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

396 Comments

  1. Nama: Gita Ay Indr
    Nim: 857125649
    Pokjar: Kaguagung

    Izin Menanggapi terkait video diatas, menurut pendapat saya video pembelajaran tersebut sudah baik barangkali boleh ditambahkan lagu mengenal huruf abjad, anak-anak bernyanyi tentang huruf-huruf dengan riang gembira, agar anak lebih mudah memahami materi.

  2. dalam video yang berjudul ”kesulitan menulis huruf, suku kata, dan kalimat” dikelas rendah, menurut saya pada proses pembelajaran guru tidak menerapkan dan juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran terlebi dahulu, sehingga ada beberapa kelemahan guru yang terdapat pada proses pembelajaran tersebut, yaitu:
    1. pembukaan pembelajaran tidak ada seperti salam atau doa, menanyakan kabar dan mengecek absensi kehadiran siswa.
    2. guru langsung kegiatan inti saja dan belum menyampaikan apa materi yang akan di bahas, langsung menggunakan media pembelajaran berupa gambar ayah dan ibu.
    3. tidak adanya kegiatan akhir dalam pembelajaran, seperti kesimpulan dan penilaian akhir kepada siswa dan tidak ada berdoa untuk kegiatan akhir pembelajaran.
    namun ada beberapa kelebihan guru yang terdapat pada video pembelajaran tersebut, yaitu;
    1. guru menggunakan media pembelajaran dengan memberikan contoh gambar, dan buku sehingga memudahkan siswa memahami dalam menulis.
    2. metode pembelajaran yang digunakan guru bervariasi dimulai dari motodeh ceramah, bernyanyi, gambar, dan menulis dipapan tulis.
    3. guru berinteraksi dengan baik dan aktif dengan semua murid.
    4. guru membantu murid yang belum bisa menulis dengan memegang tangan murid dalam pembelajaran.

  3. Nama : Tri Nur Asih
    NIM : 857031392
    Upbjj : Bandar lampung

    Judul video : kesulitan menulis huruf, suku kata, kata, dan kalimat.

    Vidio ini membahas tentang kesulitan menulis huruf, suku kata, kata, dan Kalimat pada anak-anak. Video ini menjelaskan beberapa faktor yang dapat menyebabkan kesulitan menulis, seperti kurangnya latihan menulis dirumah, kurangnya perhatian guru, dan kurangnya media pembelajaran.
    Kelemahan dalam pembelajaran video,
    Guru yang mengajar tidak memulai pembelajaran dengan cara berdoa.
    tidak mengenalkan huruf – huruf abjad dan huruf vokal terlebih dahulu kepada anak anak.

    Kelebihan pembelajaran dalam video,
    Video ini menggunakan media gambar yang menarik tentang keluarga, menggunakan lagu sebagai pematik dalam memulai pembelajaran.
    Hal unik yang terdapat dalam video,
    menggunakan gambar untuk membantu anak-anak memahami materi.

  4. Nama : Jessica Destiana
    NIM : 857131635
    Menurut saya setelah menonton video tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut
    Kelebihan yang saya perhatikan dalam video yaitu guru menggunakan media pembelajaran dengan memberikan contoh gambar, dan buku sehingga memudahkan siswa memahami dalam menulis. Metode pembelajaran yang guru gunakan bervariasi dimulai dari bernyanyi, memperlihatkan gambar, menjelaskan materi dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dimengerti dan menulis contoh huruf dipapan tulis. Interaksi guru dan siswa berjalan dengan baik dan aktif dengan semua murid. guru mau membantu siswa yang belum bisa menulis dengan memegang tangan murid dalam pembelajaran.
    Kekuranga yang saya perhatikan dalam video yaitu pada awal pembelajaran guru tidak mengawali dengan salam dan doa. Guru langsung kegiatan inti saja dan belum menyampaikan apa materi yang akan di bahas, langsung menggunakan media pembelajaran berupa gambar ayah dan ibu. Guru tidak menyampaikan kesimpulan dan tidak melakukan doa untuk kegiatan akhir pembelajaran.

  5. Nama : Mitha
    NIM : 858071098
    UPBJJ : Pontianak

    Setelah saya menonton video pembelajaran yang berjudul “Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, dan Kalimat di Kelas Rendah”, menurut saya guru sudah mengajar dengan cukup baik, sabar, dan telaten dalam membimbing siswa, apalagi kepada siswa yang masih lambat menulis. Guru juga sudah memakai media seperti gambar dan buku, dan menggunakan cara yang bervariasi seperti bernyanyi, ceramah, dan menulis di papan tulis, jadi pembelajaran terasa menyenangkan. Tapi menurut saya, ada hal yang perlu diperbaiki, misalnya saat pembelajaran dimulai guru belum memberi salam, doa, dan belum menyebutkan tujuan belajar, jadi siswa kurang tahu apa yang akan dipelajari. Di akhir pembelajaran juga belum ada kesimpulan, penilaian, atau doa penutup. Selain itu, menurut saya sebelum anak diajarkan menulis, lebih baik pastikan dulu mereka sudah bisa mengenal dan menguasai huruf dengan baik. Guru juga bisa memberi kesempatan siswa menulis dengan cara sendiri dulu, baru setelah itu dibimbing dan diperbaiki jika ada kesalahan, supaya anak lebih mudah paham dan lebih percaya diri saat menulis.

  6. NAMA : OKTAVIANI
    NIM : 858069719
    KELAS/SEMESTER : A/8
    UPBJJ : PONTIANAK

    Berdasarkan video pembelajaran di atas, dari kegiatan awal sudah bagus. Mulai dari pembukaan yang membangkitkan semangat anak-anak dengan bernyanyi, dalam penyajian materi guru juga sudah menggunakan alat peraga seperti penyajian gambar beserta hurufnya dan penyampaian materi serta mengajar siswa sudah baik, guru sabar dan telaten membimbing dan menuntun siswa yang lambat dalam menulis dan juga menguasai kelas dengan baik, guru juga sudah aktif dalam berinteraksi dengan siswa mampu bertanya dan menjelaskan dengan suara yang jelas dan lantang. Media gambar yang digunakan juga memudahkan siswa untuk mengenal tulisan dan menebak kata yang diberikan. Akan tetapi, alangkah baiknya jika dalam menulis kita sebagai guru perlu mengetahui apakah siswa kita sudah menguasai huruf dengan baik? Karena penguasaan huruf adalah inti untuk bisa menulis. Dapat disimpulkan bahwa kita sebagai guru harus memantapkan dulu pengenalan huruf kepada siswa dengan cara menggunakan alat dan media yang dekat dengan kesehariannya, maka siswa akan berhasil dalam pembelajaran ini.

  7. NAMA : RITA RAHMAWATI
    NIM : 856087585
    UPBJJ KOTA BATAM

    Setelah menyaksikan video pembelajaran berjudul “Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, dan Kalimat di Kelas Rendah”, saya mengamati bahwa guru telah menunjukkan dedikasi yang baik dengan kesabaran dan ketelatenan dalam membimbing siswa, terutama mereka yang masih kesulitan menulis. Penggunaan media seperti gambar dan buku, serta variasi metode seperti bernyanyi, ceramah, dan menulis di papan tulis, membuat pembelajaran terasa lebih menyenangkan.
    Namun, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Sebagai contoh, di awal pembelajaran, guru belum memberikan salam, doa, dan belum menyampaikan tujuan pembelajaran. Hal ini dapat membuat siswa kurang memahami fokus pembelajaran yang akan mereka ikuti. Di akhir pembelajaran, kesimpulan, penilaian, dan doa penutup juga tidak terlihat.
    Selain itu, menurut saya, sebelum anak diajarkan menulis, penting untuk memastikan bahwa mereka telah memahami dan menguasai huruf dengan baik. Guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba menulis dengan cara mereka sendiri terlebih dahulu, baru kemudian memberikan bimbingan dan koreksi jika ada kesalahan. Dengan cara ini, anak-anak akan lebih mudah memahami dan merasa lebih percaya diri saat menulis.

  8. Nama : Dina Rusdiana
    Nim : 857045946
    Pokjar : Salut Pesawaran Indah

    Dalam video yang berjudul kesulitan menulis huruf, suku kata dan kalimat dikelas rendah, kekurangannya pada proses pembelajaran guru tidak memimpin anak-anak untuk berdoa , guru tidak mempresensi kehadiran, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran , guru langsung mengajarkan ke kegiatan inti saja tulisan berupa kata dan tidak memastikan anak anak sudah bisa mengenal dan menguasai huruf dengan baik.

    Kelebihan dalam video ialah , guru berinteraksi dengan baik dan aktif dikelas dengan cara yang bervariasi, guru menggunakan media ajar seperti gambar, guru membantu memegang tangan murid yang belum bisa menulis.

  9. Ijin menanggapi
    Nama : Mira Meylinda
    NIM : 857029221
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Dari video pembelajaran tersebut, menurut saya Dari awal pembelajaran yang di lakukan guru sudah sangat bagus, diawali dengan bernyanyi karena itu akan menambah semangat kepada siswa dan siswi. Hanya saja jika awal pembelajaran sebaiknya berdoa terlebih dahulu.
    Dalam penyampaian atau penyajian materi guru sudah sangat menarik karena beliau menggunakan media yaitu berupa gambar di sertai dengan hurufnya. Lalu beliau juga menuliskan suku kata dan kalimat di papan tulis, sehingga murid akan dengan mudah untuk memahami dan meniru nya. Beliau juga memberi kesempatan kepada siswa untuk menulis di buku masing-masing, dan beliau dengan sabar dan telaten untuk menuntun dan membimbing siswa sampai mereka bisa. Dari situ siswa akan lebih mudah untuk mengingat dan memahami huruf dan mereka nantinya bisa menyusun kata atau kalimat.
    Cara beliau berinteraksi dengan siswa juga baik karena siswa keliatan tampak aktif dan nyaman selama pelajaran berlangsung. Dan dari video ini bisa menjadi inspirasi bagi guru SD melalui pembelajaran yang inovatif, efektif, inovatif dan menarik anak anak dalam proses pembelajaran.

  10. Nama : Reka Pratiwi
    NIM : 857163577
    UPBJJ : Jakarta

    Guru dalam video tersebut sudah mengajar dengan sabar dan telaten dalam membimbung siswanya, terutama untuk siswa yang masih lambat menulis. Siswa yang belum bisa menulis menerima bantuan dari guru saat mereka memegang pensil. Selain itu, guru telah menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran, termasuk bernyanyi, ceramah, dan menulis di papan tulis, dan telah menggunakan media seperti gambar “Ayah Ibu” dan buku, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan. Selain itu, suasana kelas tenang dan menyenangkan, dan setiap siswa berkonsentrasi pada guru mereka yang menjelaskan. Guru sangat berinteraksi dengan siswanya. Namun, guru juga harus diperhatikan pada awal dan akhir pelajaran. Pada awal pelajaran, mereka mengucapkan salam, mengecek kehadiran, berdoa, dan menjelaskan tujuan pelajaran. Pada akhir pelajaran, mereka menilai siswa setelah mereka menyimpulkan apa yang dipelajari.

Leave a Reply