silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

396 Comments

  1. nama : Lelisista Halawa
    NIM : 859876799
    Pokjar : Idanogawo

    menurut tanggapan saya, video tersebut sudah sangat bagus, Dan patut di jadikan sebagai contoh untuk para guru. Namun penting untuk di ingat bahwa setiap anak itu Unik, dan pendekatan terbaik akan bervariasi tergantung pada kebutuhan individu anak.
    Kesabaran, dukungan, dan konsisteni adalah kunci keberhasilan dalam Membantu anak mengatasi kesulitan membaca.

  2. NAMA : FAJAR JULIANTO
    NIM : 857032918
    KELAS/SEMESTER : A/6
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Assalamualaikum wr. wb.
    Dalam video pembelajaran yang berjudul “Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, dan Kalimat di Kelas Rendah”, saya menilai bahwa dalam proses pembelajaran yang ditampilkan, guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran di awal kegiatan. Hal ini menyebabkan beberapa kelemahan muncul dalam pelaksanaannya, antara lain:

    Pada tahap pembukaan, guru tidak memulai dengan salam, doa, menanyakan kabar siswa, maupun melakukan pengecekan kehadiran.

    Guru langsung masuk ke inti pembelajaran tanpa menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan dipelajari. Pembelajaran langsung dimulai dengan penggunaan media gambar berupa ayah dan ibu.

    Di akhir pembelajaran, tidak ada kegiatan penutup seperti penyampaian kesimpulan, evaluasi pembelajaran, ataupun doa penutup.

    Meskipun demikian, ada beberapa kelebihan yang dapat diapresiasi dari guru dalam video tersebut, yaitu:

    Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar dan buku sebagai alat bantu, yang dapat membantu siswa dalam memahami cara menulis.

    Metode yang digunakan cukup bervariasi, mulai dari ceramah, bernyanyi, penggunaan gambar, hingga menulis di papan tulis.

    Interaksi antara guru dan siswa berjalan baik, guru aktif melibatkan siswa dalam kegiatan belajar.

    Guru memberikan bantuan langsung kepada siswa yang mengalami kesulitan menulis, salah satunya dengan membimbing tangan siswa saat menulis.

    Saran:
    Akan lebih baik jika pada bagian orientasi pembelajaran, guru memulai dengan memberi salam, sapaan hangat, serta memimpin doa bersama sebelum memulai pelajaran. Selain itu, guru sebaiknya memberikan pertanyaan pemantik untuk menggali pengetahuan awal siswa dan melakukan ice breaking agar suasana belajar menjadi lebih hidup. Media pembelajaran yang digunakan masih terbatas, mengingat jumlah siswa yang cukup banyak dan ukuran kelas yang besar. Penggunaan gambar cetak yang kecil kurang efektif. Akan lebih baik jika media diperbesar, dibuat berwarna, atau ditambah dengan media audio-visual seperti video agar lebih menarik dan dapat meningkatkan semangat belajar siswa.

    Terima kasih.

  3. Nama : Sena Naimatus Masfufah
    NIM : 856999525
    Pokjar : Sidomulyo
    saya menonton video tersebut pendapat saya guru sudah sangat bagus dalam memberikan materi, penggunaan media gambar sebagai alat untuk pembelajaran Bu cukup bagus untuk menarik minat siswa dalam belajar. saat awal pembelajaran guru mengajak siswa menyanyi lagu ayah dan ibu membuat anak senang sehingga saat belajar anak pun tidak susah untuk menulis kalimat ayah dan ibu. Adapun kelebihan dan kekurangan dari video tersebut yaitu Kelebihan: a. guru sudah sangat menguasai materi. b. guru sudah meningkatkan interaksi seperti menghampiri siswa sehingga anak merasa diperhatikan. c. guru sangat telaten dalam menjelaskan perkata penulisan yang benar. d. dengan adanya media gambar dan tulisan Ayah Ibu sebagai media pembelajaran siswa mampu Adapun kelebihan dan kekurangan dari video tersebut yaitu Kelebihan: a. guru sudah sangat menguasai materi. b. guru sudah meningkatkan Interaksi seperti menghampiri siswa sehingga anak merasa diperhatikan. c. guru sangat telaten dalam menjelaskan perkata penulisan yang benar. d. dengan adanya media gambar dan tulisan Ayah Ibu sebagai media pembelajaran siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat. e. guru juga membantu mengarahkan siswa yang kesulitan dalam menulis. f. pendekatan atau interaksi kepada siswa juga sangat baik. Kelemahan: a. saat awal pembelajaran tidak ada pembukaan dan penyapaan kepada siswa. b. banyak siswa yang tidak fokusdan merasa bosan saat belajar, c. kurangnya media pembelajaran yang digunakan d. tidak ada kesimpulan terakhir dalam pembelajaran. e. tidak ada salam penutup Terimakasih

  4. Nama : Sena Naimatus Masfufah
    NIM : 856999525
    Prodi : PGSD-S1
    Pokjar : Sidomulyo
    saya menonton video tersebut pendapat saya guru sudah sangat bagus dalam memberikan materi, penggunaan media gambar sebagai alat untuk pembelajaran Bu cukup bagus untuk menarik minat siswa dalam belajar. saat awal pembelajaran guru mengajak siswa menyanyi lagu ayah dan ibu membuat anak senang sehingga saat belajar anak pun tidak susah untuk menulis kalimat ayah dan ibu. Adapun kelebihan dan kekurangan dari video tersebut yaitu Kelebihan: a. guru sudah sangat menguasai materi. b. guru sudah meningkatkan Interaksi seperti menghampiri siswa sehingga anak merasa diperhatikan. c. guru sangat telaten dalam menjelaskan perkata penulisan yang benar. d. dengan adanya media gambar dan tulisan Ayah Ibu sebagai media pembelajaran siswa mampu membaca huruf abjad dengan baik dan jelas hingga bisa membaca kalimat. e. guru juga membantu mengarahkan siswa yang kesulitan dalam menulis. f. pendekatan atau interaksi kepada siswa juga sangat baik. Kelemahan: a. saat awal pembelajaran tidak ada pembukaan dan penyapaan kepada siswa. b. banyak siswa yang tidak fokusdan merasa bosan saat belajar, c. kurangnya media pembelajaran yang digunakan d. tidak ada kesimpulan terakhir dalam pembelajaran. e. tidak ada salam penutup Terimakasih

  5. Nama:Kristina Sianturi
    Nim:855858428
    Prodi:PGSD-S1
    Pokjar: Salut Permata Labura
    Yang dari saya menonton video tersebut
    Kesulitan menulis huruf,suku kata, kata dan kalimat biasanya terjadi karena beberapa faktor, seperti kurangnya koordinasi motorik halus,belum terbiasa dengan pola penulisan, atau kurang memahami struktur bahasa.Selain itu, tekanan dalam belajar juga dapat memengaruhi kemampuan siswa.Sebagai solusi, pendekatan bertahap dapat dilakukan, seperti memberi latihan menulis dari huruf ke suku kata, lalu kata,hingga kalimat dengan bimbingan yang sabar dan konsisten.Game edukasi atau aktivitas kreatif juga dapat membantu siswa lebih tertarik dan terampil dalam menulis.

  6. NAMA : SUCI RAMADHANI
    NIM : 856481561
    SEMESTER : 6C
    UPBJJ : PEKANBARU

    Assalamualaikum wr.wb
    izin menanggapi videonya, mengajar tahap awal memang memiliki tingkat kesulitan yang lebih sulit karena kita harus mempersiapkan materi dengan matang, kita juga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam memperkenalkan setiap materi yang disampaikan serta harus mampu menyederhanakan dari setiap materi tersebut yang bertujuan untuk dapat mempermudah siswa/i dalam memhami dari apa yang disampaikan. Menurut saya materi penyampaian, media gambar, serta metode yang dipakai dalam pembelajaran cukup bagus saling terhubung antara materi dengan media yang digunakan. Pendekatan yang dilakukan oleh guru tersebut juga cukup aktif dengan langsung berinteraksi kepada peserta didik.
    Guru tersebut, juga mempunyai kemampuan dalam merangsang dan memotivasi Anak untuk dapat berkonsentrasi dalam belajar, juga dapat membangkitkan tingkat keyakinan Anak agar mau mencoba terutama belajar menulis serta guru tersebut juga dapat mengamati setiap kemampuan dari setiap siswa/i.
    Saran dari saya kedepannya guru tersebut dapat lebih meningkatkan lagi dalam hal media pembelajaran dengan memanfaatkan media teknologi seperti video bergambar yang dapat disertai dengan suara atau musik yang digemari oleh peserta didik yang didapat dari internet atau sumber media sosial yang mendidik .

  7. Nama : Jeni Febrianti
    Nim : 857046038

    Setelah saya menonton video pembelajaran yang berjudul “Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, dan Kalimat di Kelas Rendah”, menurut saya guru sudah mengajar dengan cukup baik, sabar, dan telaten dalam membimbing siswa, apalagi kepada siswa yang masih lambat menulis. dan sudah mengajari atau membantu anak dengan cara menulis satu persatu seperti video diatas,
    menurut saya metode diatas sudah cukup membantu siswa yang susah dan kesulitan menulis huruf dan menghafal huruf lepas, u

  8. Nama : Putri Nazira
    Nim : 859882746
    Prodi : S1 – PGSD
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Asahan

    Setelah menonton video pembelajaran berjudul “Kesulitan Menulis Huruf, Suku Kata, Kata, dan Kalimat” terdapat beberapa kelebihan diantaranya penggunaan lagu dalam pembelajaran, adanya pendekatan individual. Begitu juga terdapat juga beberapa kekurangan yang terdapat pada video diantaranya media pembelajaran yang terbatas, durasi dalam penyampaian materi ataupun penjelasan.
    Secara keseluruhan, video ini menunjukkan upaya yang baik dari guru dalam mengatasi kesulitan menulis pada siswa. Namun, masih terdapat beberapa aspek yang dapat ditingkatkan untuk mencapai pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa diantaranya variasi media pembelajaran,
    penyesuaian kecepatan dalam menyampaikan materi, dan pendekatan individual yang lebih intensif.

  9. Nama Mahasiswa : Jojor Desima Hutabarat
    NIM : 856088064
    pokjar : UPBJJUT 13 BATAM
    Berdasarkan video pembelajaran di atas dengan tema menulis huruf, kata dan kalimat ada beberapa hal yang akan saya soroti :
    1. Suasana kelas
    – suasana atau pencahayaan kelas tidak terlalu terang tentu hal ini akan mempengaruhi anak anak .
    -.Dekorasi kelas yang sangat tidak rapi dan terkesan kumuh. kelas yang tidak rapi akan membuat anak anak tidak nyaman belajar
    2. Media pembelajaran
    Walaupun media pembelajaran sudah ada yaitu gambar , harusnya gambar yang di gunakan harus berwarna. gambar yang cantik dan berwarna akan menarik perhatian anak anak
    3. Papan tulis
    papan tulis di sekat yang mana hal ini akan mengganggu pandangan anak anak
    4.Dalam melatih menulis permulaan pada anak anak seharusnya ibu guru menggunakan cara menebalkan huruf . hal ini berguna untuk membantu anak yang belum bisa menulis agar berlatih dengan mengikuti garis putus putus

    kelebihan dari ibu guru dalam video tersebut adalah
    1 Ibu guru melakukan pendekatan kapada anak anak yang belum bisa menulis mandiri dengan membantu anak anak secara personal
    2. Ibu guru memberikan latihan menulis kepada anak anak

  10. Nama : Yemi aslina waruwu
    Nim : 855861576
    Pokjar : Idanegawo
    Prodi : PGSD-S1

    Berdasarkan hasil video yang telah saya tonton yang berjudul kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat. Didalam video yang telah saya tontong memiliki identifikasi pembelajaran yang dimana video ini menyoroti tantangan yang dihadapi siswa dalam keterampilan menulis, khususnya : kesulitan mengenal dan menulis huruf. masalah ini umum terjadi pada siswa ditingkat awal sekolah dasar, dimana kemampuan motorik halus dan pemahaman fonologis masih berkembang. video ini juga memiliki strategi perbaikan pembelajaran yang dimana guru menerapkan beberapa pendekatan untuk mengatasi beberapa kesulitan seperti metode fonik dan pendekatan individual. video ini juga memberikan wawasan berharga tentang petingnya pemahaman mendalam terhadap kesulitan siswa dimana setiap siswa memiliki tantangan unik yang memerlukan pendekatan yang disesuaikan.melalui video ini juga saya menyadari pentingnya memahami karakter dan kebutuhan setiap siswa secara idividual, tidak semua siswa dapat mengikuti proses belajar yabf sama sehingga guru harus kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran yang beragam. didalam vido juga siswa tidak hanya tergantung pada metode yang diajarkan, tetapi juga pada kesabaran dan empati guru dalam mendapigi proses belajar siswa. kelebihan dari video tersebut adalah 1. pendekatan bertahap dan berstektur yang artinya guru memulai pembelajaran dari dasar yaitu pengenalan hurup kemudian suku kata dan akhirnya kalimat. 2. penggunaan media visual dan audio dalam pembelajaran di lengkapi dengan media visual dan audio yang menarik. 3. latihan berulang yang dimana guru dalam video terus berusaha mengulang sampai siswa mengerti an memahami 4. umpan balik langsung dimana ada hubungan timbal balik siswa atar siswa. sedangkan kelemahan 1. kuranghnya keterlibatan siswa 2. minimya penggunaan teknologi interaktif. 3. evaluasi yang terbatas.4. kurangnya variasi metode pembelajaran. jadi video ini memberikan wawasan tentang yang dihadapi dalam pembelajaran menulis tingkat sekolah dasar dan upaya guru dalam mengatasinya. sekian dan trimakasih.

Leave a Reply