Similar Posts
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Sicepot Membantu Menanamkan Konsep Pengurangan Bilangan Bulat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Sinopsis Tayangan dalam video ini memperlihatkan bagaimana seharusnya guru menyampaikan konsep pengurangan bilangan bulat secara bermakna yang dalam hal ini dilakukan guru menggunakan alat peraga balok garis bilangan. Alat peraga yang disajikan menggunakan model yang bernama cepot, penggunaan model dimaksudkan agar pembelajaran matematika menjadi menarik….
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Nama : Dini ismanur fatma
Nim : 858780737
Kelas : 8B / Semester 8
Dalam video pembelajaran tersebut saya perhatikan guru sudah baik dalam memberikan media, berupa gambar yg ditujukan maupun menggunakn papan tulis bergaris. jadi murid dapat menulis atau menirukan huruf yg diajarkan,disini juga guru mebantu murid dengan cara memegang tangan murid untuk belajar menulis permulaan.
Adapun kelemahan guru dalam memulai pembelajaran :
. Guru belum mengucapkan salam
. Guru tidak mengabsensi murid
. Guru tidak mengajak murid berdoa terlebih dahulu
. Guru tidak menanyakan pelajaran sebelumnya (apersepsi)
. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
Nama : Sinta
Nim : 855984887
Prodi : PGSD
Setelah saya melihat video di atas,dapat saya simpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari video tersebut.
Kelebihan:
~ Guru menggunakan media yang cukup jelas yaitu dengan menggunakan media gambar dan guru mengajak siswa bernyanyi sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan guru tersebut.
~ Guru menggunakan bahasa yang jelas sehingga siswa mudah mencerna materi yang disampaikan guru.
~ Guru membantu siswa menulis dengan memegang tangan siswa,lalu guru memberikan pujian sehingga siswa semangat belajar.
Kekurangan:
~ Guru tidak ada memulai dengan salam pembuka.
~ Guru tidak ada mengajak siswa berdoa sebelum memulai pelajaran.
~ Guru tidak mengabsen siswa.
~ Guru juga tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
Nama : Mulya Rizka Ramadani
NIM : 856594484
Prodi : PGSD
Menurut saya video diatas sangat jelas dan mudab untuk dipahami oleh siswa SD kelas rendah karena menggunakan media yang memudahkan siswa dalam memahami berupa kertas bergambar akan tetapi lebuh baik jika ditambahkan salam dan berdo terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
Nama: Risdayanti
NIM : 835285245
Kelebihannya yaitu:
-Guru menggunakan media yang cukup jelas yaitu dengan menggunakan media gambar
-Guru menggunakan bahasa yang jelas sehingga siswa mudah memahami materi serta membantu siswa menulis dengan memegang tangan siswa
Kekurangannya yaitu:
-Guru tidak ada memulai dengan salam pembuka maupun belum mengabsen siswa
-Guru juga tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.
Setelah mengamati video maka saran saya alangkah lebih bainya media yang digunakan bukan hanya media gambar tetapi guru bisa membuat permainan menyusun abjad menjadi sebuah kata sehingga makin memahami
Nama : AURA NABILA
NIM : 856027676
Semester/ Kelas : 6/B
Prodi : S1-PGSD
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Izin mengomentari video pembelajaran yang telah saya saksikan:
Didalam video tersebut dapat di simpulkan bahwa guru yang mengajarkan huruf, membaca kata dengan baik kepada murid. Ibu guru sudah memberikan apersepsi dengan baik yaitu menyajikan lagu “pergi belajar” , secara bersama-sama dengan tujuan memberi semangat dan memastikan jika peserta didik sudah siap dalam pembelajaran. Penyampaian materi serta cara mengajar guru sudah bagus dan jelas. Penggunaan media gambar alangkah baiknya digunakan secara lebih variatif, agar anak lebih cepat mudah dan memahami isi dari gambar tersebut . Alangkah baiknya jika media yang digunakan ditambah dan bervariasi dan di bagikan kepada anak di setiap meja. Dan pada setiap anak membaca media yang dipegangnya bisa terlihat dimana kesulitan setiap anak saat membaca. Pada tahap pembelajaran untuk mengenal huruf memiliki proses dan kesabaran, sehingga kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi. Kesulitan atau permasalahan dalam membaca permulaan yaitu:
1. Anak malas
2. Anak mudah bosan
3. Pembelajaran menjadi lambat
4. Tidak ada media pembelajaran
Kesulitan atau permasalahan dalam membaca permulaan bisa di atasi guru, yaitu dnegan cara terus memberikan motivasi dan bimbingan kepada anak yang masih belum bisa menulis dan membaca, yaitu dengan memegang tangan anak membantunya menulis hufur dan dengan sentuhan guru supaya anak mau terus belajar menulis dan membaca. Guru pun harus lebih bisa menciptakan suasana kelas semenarik mungkin untuk membangkitkan rasa semangat siswa dalam belajar.
Kelebihan yang terlihat dalam video ialah: Anak-anak terlihat antusias dalam belajar mengucapkan nama huruf yang di arahkan ibu guru dan mereka semangat dalam mengerjakan tugas – tugas yang diberikan guru.
Kelemahan nya yaitu: Jawaban guru dalam video tersebut yaitu kurang nya variasi pemberian media pembelajaran, guru hanya menggunakan kertas bergambar dan tulisan huruf kepada siswa untuk menerangkan huruf dan kata, aangkah baiknya jika media pembelajaran lebih dari satu variasi. Divideo ini harusnya ada salam pembukaan, berdoa , dan salam penutup . Ibu guru tersebut seharusnya juga membuat kelompok kecil , karena mungkin ada beberapa siswa yang belum bisa membaca dan memahami bacaan , dengan membagi kelompok kecil dapat mempermudah siswa untuk saling berinteraksi siswa satu dengan siswa lainnya, dengan begitu siswa siswa akan saling membantu dalam mengenali bacaan. Untuk media gambar seharusnya berwarna, agar lebih menarik lagi dilengkapi dengan video cara mengeja bacaan. Seharusnya juga guru tersebut mengulang suku kata beberapa kali agar siswa siswa mengeja bacaan dengan tepat dan dapat membaca dan menulis dengan lancar.
Sekian tanggapan dari saya untuk video tersebut. Terimakasih
Nama : Dini ismanur fatma
NIM : 858780737
Kelas : 8 B / semester 8
Saya akan menanggapi terkait video tentang “ kesulitan menulis huruf ,suku kata, kata dan kalimat”
1. Reaksi siswa sangat senang dikarenakan guru mengawali pembelajaran dengan bernyanyi.
2. Kelemahan dalam video tersebut, kurangnya variasi metode pembelajaran yg disampaikan guru kepada murid, guru langsung memberikan contoh penulisan di papan tulis lalu guru memberikan tugas menulis seperti yg dituliskan guru di papan.
3. Kelebihan guru dalam video tersebut guru lebih memberikan perhatian kepada siswa.
Nama: Darma Eli Waruwu
NIM: 856045097
Prodi: S1-PGSD
Setelah menonton video diatas maka menurut saya cara interaksi guru dengan siswa baik. guru menggunakan media dan melakukan kegiatan bernyanyi lagu Pergi Belajar. Guru juga membantu siswa memegang tangan dan mengarahkan dalam menulis bagi yang masih belum bisa. tapi menurut saya alangkah lebih baiknya media yang digunakan lebih bervariasi lagi untuk lebih membantu siswa dalam belajar menulis. Kelemahannya guru kurang meningkatkan minat siswa sehingga dalam video tersebut ada beberapa yang malas mau menulis/mengikuti kelas
Nama : Agus Perdana
Nim : 834779095
Dari vidio pembelajarn yang telah saya tonton terdapat kelebihan dan kekurangan yang di sampaikan pendidik dalam menyampaikan materi terhadap peserta didiknya. Adapun kelebihan dari vidio yang saya simak di antaranya:
– Guru sudah berusaha menggunakan media yang mempermudah proses belajar yaitu menggunakan media gambar
– Guru sudah melakukan apersepsi untuk merangsang kesiapan murid dengan bernyanyi bersama Pergi belajar.
Adapun kekurangan dari vido yang saya simak di antaranya:
-Guru tidak memberikan salam
-Pembelajaran tidak di awali dengan doa
-Guru tidak menanyakan kabar siswa
-Guru tidak melakukan absensi
-Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Nama : Febrya Nadiva
NIM : 856572163
Pokjar : Sarolangun
UPBJJ-UT : Jambi
Dalam video tersebut guru sduah melaksanakan pembelajarn dengan baik. Guru mengawali kegitan apersepsi dengan bernyanyi bersama siswa, sehingga siswa menjadi lebih bersemangat saat belajar. Siswa terlihat senang dan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Guru juga sudah menggunakan media pembelajaran walaupun belum maksimal, alangkah lebih baik jika memakai gambar yang berwarna dan setiap siswa diberikan gambar tersebut. Guru juga sudah memberikan perhatian yang lebih kepada siswa, seperti tatapan, sentuhan, tepukan sayang, serta membantu memegang tangan siswa yang kesulitan dalam menulis.
Terima kasih…
Nama : Nastiti Kirana
NIM : 857695137
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : Semarang
Pokjar : Boja
Dari video pembelajaran diatas sudah bagus. Guru mengawali pembelajaran dengan bernyanyi “Berangkat ke Sekolah” yang mana nyanyian itu terdapat materi pembelajaran pada hari itu. Guru mengajari menulis dengan memberi contoh di papan tulis dan media belajar berupa kertas bergambar Ayah dan Ibu. Hal tersebut membuat siswa mengetahui huruf apa saya yang terdapat pada kata Ayah dan Ibu. Guru juga menuntun siswanya yang belum bisa menulis.
Kelemahan video pembelajaran:
– Tidak ada salam pembuka, tujuan pembelajaran, doa sebelum belajar, dan absensi siswa.
– kurangnya siswa dalam berlatih menulis
Kelebihan video pembelajaran:
– interaksi antar guru dan siswa sangat baik.
– guru mendidik siswanya dengan teliti dan telaten.