silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

396 Comments

  1. NAMA. : RUSMIATI
    NIM : 856733954
    PRODI : S1_PGSD
    KELAS : 6B
    POKJAR :KAYUAGUNG
    UPBJJ : PALEMBANG

    Dari Vidio yang saya tonton di atas yang berjudul “Kesulitan menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat” terdapat kelebihan dan kekurangan nya

    *Kelebihan*
    • guru di Vidio tersebut mampu membangkitkan semangat siswa dalam belajar dengan mengajak siswa nya bernyanyi terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran
    • saat proses pembelajaran guru tersebut mengajar menggunakan media , yaitu media gambar . dengan begitu sangat mudah untuk di pahami
    siswa.
    • guru tersebut juga mengarahkan siswa disaat ada yang kesulitan dalam menulis.

    *Kekurangannya*
    • dalam Vidio yang saya lihat guru tersebut tidak melakukan salam pembuka.
    • seperti tidak berdo’a terlebih dahulu, tidak menanyakan kabar siswa tidak melakukan absensi
    • dan tidak menyimpulkan pembelajaran.

    Terima kasih 🙏

  2. Nama: Diana Ririn Maria Sihotang
    Nim : 856040944
    Program Studi: PGSD S-1

    dari hasil video tersebut berikut yang dapat saya simpulkan yakni pentingnya media pembelajaran,media yang digunakan guru dalam video itu berupa gambar dan poster dimana ini memudahkan peserta didik dalam belajar,terlihat sangat jelas bagaimana antusias peserta didik dalam belajar.
    dalam video, guru menerapkan beberapa metode /media belajar seperti mengawali pembelajaran dengan bernyanyi, dan lagu yang dinyanyikan juga berkaitan dengan pembelajaranya, memberikan pujian atas tanggapan partisipasi peserta didik, serta terlihat jelas bagaimana interaksi guru dengan siswa dalam belajar yakni memberi sentuhan,pelukan, tatapan dan memegang tangan siswa.

    Terimakasih

  3. Nama: Diana Ririn Maria Sihotang
    Nim : 856040944
    Program Studi: PGSD S-1

    dari hasil video tersebut berikut yang dapat saya simpulkan yakni pentingnya media pembelajaran,media yang digunakan guru dalam video itu berupa gambar dan poster dimana ini memudahkan peserta didik dalam belajar,terlihat sangat jelas bagaimana antusias peserta didik dalam belajar. dalam video, guru menerapkan beberapa metode /media belajar seperti mengawali pembelajaran dengan bernyanyi, dan lagu yang dinyanyikan juga berkaitan dengan pembelajaranya, memberikan pujian atas tanggapan partisipasi peserta didik, serta terlihat jelas bagaimana interaksi guru dengan siswa dalam belajar yakni memberi sentuhan,pelukan, tatapan dan memegang tangan siswa.

    Terimkasih

  4. Nama : Nurlina sari
    Nim : 856733757
    Prodi : PGSD – S1
    Kelas : 6b
    UPBJJ : Palembang
    Pokjar : Kayuagung

    Menurut pendapat saya dari video yang sudah saya lihat tentang pembelajaran yang berjudul
    ” kesulitan menulis huruf ,suku kata, kata dan kalimat” terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dimiliki guru tersebut.

    Kelebihannya:
    – Guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil bertepuk tangan di awal pembelajaran dapat menambah semangat belajar untuk siswa.
    – Guru juga membantu peserta didik menulis dan mengarahkan peserta didik.
    – Guru juga berusaha menggunakan media gambar untuk mempermudah proses belajar.
    – Guru juga antusias memberikan perhatian pada siswa dengan membantu siswa memegang tangan dan mengarahkan dalam menulis bagi yang masih belum bisa menulis.
    – Anak – anak juga terlihat antusias dalam belajar mengucapkan nama huruf yang diarahkan ibu guru dan mereka terlihat semangat dalam mengerjakan tugas- tugas yang diberikan guru, walaupun masih beberapa siswa perlu dibimbing dalam belajar.
    – Guru juga terlihat sabar dalam membimbing belajar.

    Kekuranganya:
    – Gurru tidak mengucapkan salam pada saat awal pembelajaran berlangsung.
    – Guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu.
    – Guru tidak menanyakan kabar siswa.
    – kurangnya perhatian guru pada siswa sehingga siswa terlihat kurang konsentrasi, malas, dalam memahami pelajaran
    – sebaiknya guru tersebut memberikan latihan secara berulang- ulang pada siswa dalam berlatih menulis
    – Guru tidak melakukan salam penutup dan juga tidak menyimpulkan pembelajaran.

  5. Nama: ELMI JUNIAR
    NIM : 859895394
    PRODI : PGSD-BI
    UPBJJ/POKJAR : MEDAN/ASAHAN
    SEMESTER : 2
    Assalamu’alaikum wr wb.
    Berdasarkan video yang saya lihat diatas “Kesulitan Menukis huruf, suku kata, kata dan kalimat” terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan diantaranya yaitu :
    Kelebihannya :
    1. Guru mengajak siswa untuk bernyanyi bersama untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
    2. Guru menggunakan media gambar yang disenangi dan mudah untuk dipahami siswa.
    3. Interaksi guru dengan siswa cukup baik seperti memperhatikan tulisan siswa satu persatu, membantu siswa menulis dengan cara memegang tangannya,dan sebagainya.
    4. Guru mengulang-ulang penulisan huruf hingga siswa mengerti.
    5. Guru memberi kesempatan siswa untuk mengerjakan tugasnya.

    Kekurangannya yaitu :
    1. Guru tidak mengucapkan salam pembuka pelajaran.
    2. Guru tidak mengajak siswa berdoa
    3. Guru tidak mengkondisikan kelas terlebih dahulu.
    4. Guru tidak melakukan absensi siswa
    5. Guru tidak menyimpulkan materi diakhir kegiatan pembelajaran.
    6. Guru tidak menutup pembelajaran.

    Saran :
    Sebaiknya sebelum memulai pembelajaran guru hendaknya mengucapkan salam, mengajak siswa berdoa, mengkondisikan kelas, melakukan absensi dan apersepsi sebelum masuk ke materi pelajaran, tidak lupa selama pembelajaran berlangsung untuk diselingi dengan ice breaking agar siswa tidak mudah bosan, dan tutuplah kegiatan pembelajaran dengan menarik kesimpulan dan tutuplah kembali dengan doa atau ucapan salam.

    Terimakasih ..

  6. Nama : Santi Girsang
    NIM : 822962201
    Prodi : PGSD, UPBJJ Padang

    Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, saya dapat melihat bahwa guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik dan benar. Dimulai dari kegiatan awal bernyanyi, penyampaian materi melalui media gambar, melakukan metode yang bervariasi dan melakukan pendekatan dengan anak yakni memegang tangan, memuji, menyentuh pundak anak, melakukan sesi tanya jawab. Namun terkadang tidak semua siswa mampu menguasai materi yang disampaikan. Ada yang lambat menangkap pembelajaran, ada juga yang cepat. Untuk itu, guru harus memiliki kesabaran ekstra dan menemukan ide kreatif yang lain agar materi dapat tersampaikan. Saran saya, anak juga boleh disuruh ke depan satu persatu untuk melatih kepercayaan diri dan kemampuan anak.
    Terimakasih.

  7. Nama : Anirman Gulo
    Nim : 856023195
    Prodi : PGSD – S1
    Kelas/semester : A/6
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Mandrehe Disdik Nias Barat

    Menurut saya, Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru cukup antusias dan bersemangat pada awal pembelajaran tetapi dipertengahan pembelajaran anak/siswa mulai merasa bosan, jenuh dan ngantuk bahkan beberapa siswa tidak memperhatikan pembelajaran yang sedang diajarkan dipapan tulis oleh guru.

    Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
    a. tidak adanya salam atau sapaan tanya kabar serta doa saat memulai pembelajaran dalam kelas.
    b. guru tidak mengabsensi siswa terlebih dahulu .
    c. guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal apa yang kurang dimengerti oleh siswa.
    d. guru seharusnya memberikan kesempatan pada siswa untuk mencoba tampil atau menulis didepan agar terciptanya keberanian dalam diri siswa serta memiliki tantangan keingin-tahuan agar tercipta suasana kelas yang aktif.

    Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu :
    Guru yang sangat bersemangat dan ber-antusias dalam mendukung cara belajar siswa tanpa adanya pilih kasih antara siswa dengan siswa laiin-nya serta terlihat bagaimana cara seorang guru berinteraksi dengan siswa dalam belajar seperti sentuhan, pelukan, pegang tangan dan menghampiri satu persatu siswa ditempat guna memastikan siswa tersebut telah mengikuti pembelajaran dengan baik atau tidak.

    Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu :
    cekatan dan perhatian guru yang tidak memberat sebelah terhadap siswa-siswa lainnya semangat dan kesabaran dalam membimbing serta mengarahkan siswa yang kurang mengerti serta senyuman dan keceriaan yang tidak pudar diraut wajah guru.

    upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
    untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran sebaiknya disaat pembelajaran sedang berlangsung alangkah baiknya jika diselingi dengan ice breaking agar siswa tidak merasa bosan, jenuh atau monoton dan ngantuk. Selain itu, peningkatan dalam pemakaian metode atau tidak hanya terikat pada suatu alternatif saja, misalnya bisa menggunakan video yang berisi pendidikan untuk standar kelas rendah.

    Demikian Terimakasih.

  8. Bismillah,
    NAMA : ASTUTI
    NIM : 859168073
    UPBJJ : MATARAM
    POKJAR : KABUPATEN BIMA

    Setelah saya menyimak video dalam laman Guru Pintar Online (GPO), yang berjudul “Kesulitan Menulis Permulaan Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”, hasil analisis saya adalah sebagai berikut:
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa dalam menerima pelajaran sangat kurang. Siswa terlihat masih bercanda dan tidak fokus pada proses pembelajaran
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru tidak memberikan salam pembuka dan sapaan-sapaan pembuka dan tidak mengajak para siswa untuk berdo’a sebelum memulai proses pembelajaran.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    a. Guru sangat kreatif untuk membuka pembelajaran dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu yang berkaitan dengan pelajaran yang sedang berlangsung
    b. Guru sangat komunikatif, terlihat guru dan siswa terlibat aktif dalam Tanya jawab
    c. Guru menggunakan media pembelajaran berupa gambar untuk mempermudah siswa memahami cara menulis huruf.
    d. Guru menjelaskan cara-cara menulis huruf.
    e. Guru melatih anak untuk menulis huruf dengan membimbing langsung.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Tidak ada hal-hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
     Pada kegiatan pembelajaran tersebut seharusnya guru memberikan salam pembuka, menanyakan kabar, dan berdo’a disusul dengan mengarahkan siswa untuk menuliskan huruf, suku kata, kata, dan kalimat dengan bantuan media pembelajaran.
     Kemudian guru membiarkan siswa untuk menulis sendiri huruf, suku kata, kata, dan kalimat sehingga dapat diketahui progress siswa dalam menulis.
     Berikan perhatian dan apresiasi kepada siswa dengan mengarahkan pada saat siswa belajar menulis agar siswa tidak terlalu kesulitan dalam memahami cara menulis huruf, suku kata, kata dan kalimat.

  9. NAMA : MUHAMMAD NAKIB DWI PUTRA
    POKJAR : LUMAJANG
    NIM : 868911228
    KELAS : 6B

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Siswa kurang minat terhadap pembelajaran yang dilakukan sehingga siswa lebih banyak diam. Dan guru perlu memberikan motivasi kepada peserta didik sehingga bisa menumbuhkan minat siswa
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Gur melakukan metode ceramah, dan guru kurang aktif ketika pembelajaran berlangsung
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Adanya diskusi tanya jawab antara siswa dan guru
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Siswa terlihat malas-malas an
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video , upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya? Seharusnya guru menggerakkan rasa minat siswa terhadap belajar

  10. Nama : Eva Kumala Sari
    NIM : 858151163
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ UT : Palangkaraya

    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sangat baik, guru aktif mengajak siswa untuk berinteraksi dalam pembelajaran. Dengan menyapa, bertanya kepada siswa di awal pembelajaran.
    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru hanya menggunakan media papan tulis sebagai alat peraga satu-satunya. Seharusnya media atau alat peraga yang lain dapat digunakan oleh guru agar siswa tidak merasa bosan.
    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah bahwa guru sangat sabardalam menjelaskan serta memperagakan bagaimana menuliskan huruf per huruf sehingga membentuk kata kepada siswa. Guru juga aktif mendampingi serta berinteraksi dengan siswa per individu.
    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah guru mampu merangkai huruf dari bentuk yang satu menjadi bentuk yang lain, sehingga siswa dalam sekali penjelasan mampu mengenal lebih dari satu huruf.
    5. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah dengan menggunakan media sederhana yang dapat lebih meningkatkan semangat siswa dalam belajar. Sebagai contoh kartu huruf dan sejenisnya.

Leave a Reply