silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa.   Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan dapat memahami dan mengungkapkan makna pantun, baik dari sudut agama, budi pekerti, lingkungan hidup, seni musik, seni rupa, dan sebagainya. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Zulfahnur Z.F., M.Pd.

Similar Posts

27 Comments

  1. NAMA: SARAH AZIZAH LUBIS
    NIM: 8598882832
    POKJAR: ASAHAN
    Dalam video tersebut, guru sangat bagus dalam mengajarkan siswa dalam membuat pantun dengan teknik pembelajaran yang menarik perhatian siswa sehingga siswa cepat memahaminya. Seperti yg dikatakan dalam video tersebut, dalam menerapkan pembelajaran pantun sebaiknya anda juga memasukan keterampilan berbahasa lainnya seperti membaca, menyimak, berbicara juga menulis. Dalam pantun anda juga bisa memasukkan berbagai macam pembelajaran lain seperti , budi pekerti, agama dan sebagainya. Dengan demikian siswa dapat dengan mudah mempelajarinya

  2. NAMA: SARAH AZIZAH LUBIS NIM: 8598882832 POKJAR: ASAHAN

    Dalam video tersebut, guru sangat bagus dalam mengajarkan siswa dalam membuat pantun dengan teknik pembelajaran yang menarik perhatian siswa sehingga siswa cepat memahaminya. Seperti yg dikatakan dalam video tersebut, dalam menerapkan pembelajaran pantun sebaiknya anda juga memasukan keterampilan berbahasa lainnya seperti membaca, menyimak, berbicara juga menulis. Dalam pantun anda juga bisa memasukkan berbagai macam pembelajaran lain seperti , budi pekerti, agama dan sebagainya. Dengan demikian siswa dapat dengan mudah mempelajarinya

  3. Nama : Miranda maulidya
    Nim : 858081146
    Dapat saya simpulkan dari video yang saya lihat bahwa reaksi peserta didik terhadap pemaparan materi atau pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut sangat antusias dan tertarik, peserta didik senang dengan materi pantun yang diberikan oleh guru sehingga peserta didik sangat aktif dalam pembelajaran. Menurut saya kelemahan dalam pembelajaran tersebut adalah guru tidak membahas tentang pantun secara detail guru hanya menjelaskan tentang ciri-ciri pantun saja.
    kelebihan dari pembelajaran tersebut yaitu guru yang sudah menjelaskan materi dengan sangat baik sehingga peserta didik sangat antusias dengan pembelajaran yang dilakukannya. Saran saya dalam pembelajaran berikutnya guru lebih bisa memberikan materi dengan lebih detail sehingga peserta didik tahu apa itu pantun, ciri-ciri pantun, macam-macam pantun dan materi lainnya yang mengenai pantun.

    Terimakasih

  4. Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

    Menurut saya penjelasan yang di sampaikan pendidik sudah cukup bagus dan anak-anak mudah memahaminya. Menurut saya cara pendidik mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.

  5. Nama:Umi Hani Bandiasih
    Nim : 857598864
    Pokjar : Purwokerto

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Menurut saya reaksi siswa sangat tertarik dan senang terhadap materi pantun yang diberikan oleh pendidik,siswa sangat aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya saja pendidik tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja, sebaiknya pendidik menjelaskan macam-macam pantun dan menjelaskan amanat disetiap pantun itu berbeda. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegang

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Menurut saya cara pendidik mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Menurut saya hal unik tersebut terjadi ketika semua siswa secara bersamaan berdiri dan membentuk kelompok, hal tersebut tentunya terjadi karena keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Menurut saya untuk meningkatkan kualitas dalam kegiatan pembelajaran tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa PPT dan membuat LKPD agar tentunya pembelajarn tersebut lebih menarik dan menyenangkan.Alat dan media pembelajaran ini juga dapat digunakan untuk kelompok pelajar yang tidak ada akses internet sama sekali.

  6. Nama : Susila Ekawati
    NIM : 877822456
    Pokjar : Bogor

    – Kelemahan dalam kegiatan pembelajaran
    Menurut saya penjelasan pendidik tersebut sudah cukup baik hanya saja pendidik tersebut hanya menjelaskan ciri-ciri pantun saja, sebaiknya pendidik menjelaskan macam-macam pantun dan menjelaskan amanat disetiap pantun itu berbeda. Selain itu guru juga harus menyisipkan pesan moral dalam pantun kepada siswa. Agar pembelajaran lebih menarik guru juga dapat mengajarkan pantun jenaka agar pembelajaran tidak terlalu tegan

    – Kelebihan dalam kegiatan pembelajaran
    Menurut saya cara pendidik mengajak siswa untuk mengamati,melafalkan dan menulis sudah cukup baik,karna terlihat dari siswa yang sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengenai pantun tersebut.

    – Hal-hal unik dalam kegiatan pembelajaran
    Menurut saya hal unik tersebut terjadi ketika semua siswa secara bersamaan berdiri dan membentuk kelompok, hal tersebut tentunya terjadi karena keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

  7. Perkenalkan nama saya Septiana Nur Azizah mahasiswa UT. Dari vidio ini Video ini menunjukkan bahwa pembelajaran sastra di SD, khususnya pantun, dapat dilakukan secara menarik dan bermakna jika menggunakan pendekatan terpadu. Guru berhasil menggabungkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam satu kegiatan yang saling terhubung. Selain itu, materi pantun dikaitkan dengan nilai-nilai kehidupan seperti budi pekerti, lingkungan, dan kerja sama, sehingga pembelajaran tidak hanya bersifat kognitif tetapi juga membentuk karakter siswa.
    Terimakasih

Leave a Reply