silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Restui Ndruru
NIM : 859898787
Kelebihan :
– Guru memberikan Latihan soal dan tugas kepada siswa untuk berlatih sehingga siswa dapat mengasah kemampuan mereka.•
– Pada pertengahan video guru menjelaskan tentang perkalian secara lebih detail dengan metode penjumlahan berulang.
– Pada akhir video guru sudah melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan memberikan tanya jawab sesering mungkin sehingga siswa bisa sepenuhnya ikut diproses pembelajaran.
Kekurangan :
– Pada kegiatan pembukaan pembelajaran Guru belum menyampaikan secara detail mengenai materi yang akan disampaikan dan tidak ada kegiatan apersepsi.
– Guru belum menyampaikan manfaat bagi siswa mempelajari pelajaran perkalian dasar.
– Media yang digunakan guru kurang menarik siswa dan terlalu kecil. Walaupun sudah menggunakan chart berupa table perkalian namun siswa tidak dapat melihatnya dengan jelas karena terlalu kecil.
– Penjelasan mengenai logika perkalian dasar dengan konsep penjumlahan berulang belum detail.
– Siswa belum sepenuhnya terlibat selama proses pembelajaran.
Saran :
Adapun saran yang bisa saya berikan untuk mengajarkan perkalian dasar pada anak sekolah dasar adalah sebagai berikut.
– Pada kegiatan pendahuluan atau pembuka pembelajaran, jelaskan tentang kegunaan dan manfaat perkalian dalam kehidupan sehari-hari siswa
– Sebaiknya gunakan media yang sesuai dan menarik bagi siswa serta dapat menimbulkan kesan bermakna bagi siswa seperti penggunaan media real berupa stik es cream dalam menghitung perkaliannya.
– Ajak siswa untuk mengerjakan contoh soal bersama-sama. Minta beberapa siswa maju kedepan kelas untuk mengerjakan latihan soal bersama guru. Sehingga siswa memiliki kepercayaan diri bahwa mereka bisa mengerjakan.
– Latihan soal secara mandiri dengan didampingi oleh guru. Siswa diberikan LKPD untuk mengevaluasi dan mengecek sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan.
– Guru berkeliling kelas melihat siswa mengerjakan LKPD. Apabila ada siswa yang perlu bantuan guru bisa langsung sigap membantunya.
– Pada kegiatan penutup, guru memberikan pertanyaan atau post test secara lisan dan memberi tugas atau pekerjaan rumah agar siswa tetap berlatih.
Nama : Denalita Romandhani
NIM : 857598975
Izin menanggapi video tersebut. Di awal pembelajaran terlihat anak anak kurang bersemangat dan tampak sibuk masing-masing. Tidak ada ice breaking untuk menarik perhatian siswa, kurangnya antusias siswa dan guru saat mengajar. Kemudian untuk media nya hanyalah sebuah tabel perkalian kecil yang ditempel dipapan tulis yang tidak semua anak dapat melihatnya dengan jelas terutama yang duduk di kursi belakang. Diawal tidak diberi penjelasan secara drtail da rinci bagaimana perkalian itu berasal dan dari mana hasil tersebut diperoleh, , tidak ada contoh nyata atau contoh yang jelas, hak tersebut membuat siswa tidak bisa menyerap materi dan memahaminya. Belum sampai disitu bahkan ketika siswa belum memahaminya guru langsung memberikan soal kepada siswa yang membuat siswa tidak bia menjawab. Saran dari saya yaitu sebaiknya guru tersebut memberikan ice breaking diawal untuk menghilangkan kebosanan atau membuat siswa menjadi fokus dan semangat untuk belajar.. Sebaiknya juga guru membawakan contoh benda konkret yang di kaitkan dengan kehidupan sehari-hari dengan cobtoh soal yang sederhana terlebih dahulu. Kemudian menjelaskan bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang yang bisa guru tulis. Terimakasih sekian dari saya
Assalamualaikum, mohon izin menyimpulkan hasil dari video tentang mata pelajaran matematika “kurang mempelajari perkalian dasar”
Nama : Vivi Marlina Sari
Nim : 858134783
1. Didalam video guru sebaiknya memulai pelajaran dengan beberapa tahapan seperti, memberi salam, menyapa peserta didik, mengabsen, kemudian menunjuk salah satu peserta didik untuk memimpin doa, selanjutnya dapat menyanyikan satu lagu nasional misalnya “Garuda Pancasila” dan dilanjutkan dengan yel-yel semangat didalam kelas, tentu hal tersebut akan menambah semangat peserta didik untuk mengikuti pelajaran tersebut.
Apabila diawal sudah tidak memberikan semnagat atau motivasi belajar tentu sebagian besar peserta didik merasa tidak bersemangat mengikuti pelajaran tersebut dan bisa jadi justru merasa tegang karna terlalu kaku atau serius.
2. Dalam penyampaian materi perkalian sudah cukup baik, hanya saja akan lebih baik lagi apabila ketika guru memberikan contoh perkalian dengan angka yang rendah seharusnya ketika mengajukan pertanyaan kepada peserta didik harus dengan perkalian yang sekelas angka rendah tersebut, di dalam video guru memberikan contoh perkalian angka rendah di perkalian 2, tetapi ketika memberikan pertanyaan guru justru menanyakan tentang perkalian 6 dan 7, tentu hal tersebut akan memberikan kesulitan bagi sebagian peserta didik, dan bahkan akan menyimpulkan bahwa perkalian sangat sulit, akan lebih baik apabila ajarkan perkalian mulai yg terendah terlebih dahulu kemudian bertahap ke perkalian angka tertinggi selanjutnya, karena tidak semua siswa bisa menangkap atau memahami perkalian tersebut dengan cepat dan mudah, butuh proses pemahaman yang tentu akan berbeda-beda pula disetiap siswa.
3. Selain memberikan tugas atau pekerjaan rumah, sebaiknya ditambah dengan mengajak siswa menghafal perkalian secara bersama-sama, hal tersebut tentu akan menyenangkan karna dilakukan secara bersama-sama dan tentunya siswa juga akan merasa nyaman karna tidak merasa terbebani sendirian, sehingga akan sangat membantu untuk daya ingat siswa tersebut terhadap perkalian.
Perkenalkan saya Atas Nama Yesaya A Bako
Permasalahan yang ada dalam pembelajaran tersebut yaitu disaat pembelajaran dibuka, tidak ada pembahasan yang konkret kepada siswa dan langsung tertuju ke materi dan langsung memberikan pertanyaan.sehingga siswa sendiri bingung dengan apa yang sedang dipelajari Dan guru juga tidak optimal dalam menggunakan media pembelajaran dan juga kurangnya penguasaan kelas oleh guru, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran
Solusi yang dapat diberikan adalah guru dapat menyampaikan materi dengan baik dan benar kemudian. memanfaat kan media media pembelajaran yang ada .
Kemudian memberikan latihan soal kepada siswa untuk lebih mendalami materi yang diberikan
Terima Kasih
Nama : Fetronella
NIM : 856084368
Setelah melihat video pembelajaran ini yaitu tentang konsep perkalian dasar, saya mendapatkan kesimpulan bahwa guru dalam video telah keliru ketika memberikan materinya. Keliru yang dimaksud ialah guru mengenalkan konsep perkalian dasar tidak diawal pertemuan, sehingga siswa terlihat tidak antusias untuk mengikuti pembelajaran yang berlangsung. Media yang digunakan juga kurang menarik perhatian siswa. Terlihat jelas, hanya guru yang berperan dalam pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung di awal. Saran saya, sebaiknya sebelum memberikan materi pembelajaran, seorang guru dapat melihat suasana kelas yang ada. Lihatlah, apakah siswa sudah siap atau belum untuk melakukan pembelajaran. Upayakan guru bisa membuat suasana kelas yang membangkitkan semangat siswa untuk mengikuti serangkaian pembelajaran yang akan diterimanya. Pada video tersebut, guru tersebut begitu masuk kelas langsung saja masuk pada materi, tidak adanya ajakan agar siswa termotivasi, misalnya terlebih dahulu melakukan ice breaking atau nyanyian lagu yang berhubungan dengan materi perkalian dasar. Setelah siswa termotivasi berikan sedikit pengetahuan tentang materi yang akan diperoleh siswa dan jelaskan tujuan pembelajaran tersebut. Kenalkan pada siswa konsep perkalian dasar, yaitu suatu perkalian adalah penjumlahan berulang. Dikarenakan di awal tidak adanya pengenalan itu, maka terlihat para siswa yang acuh tak acuh. Alhamdulillahnya, guru tersebut menyadari kekeliruannya dan akhirnya menjelaskan konsep perkalian dasar. Dan pada akhirnya, semua siswa mampu memahami materi pembelajaran perkalian dasar dan tetap semangat walaupun diberikan latihan yang harus di kerjakan di rumah.
Terimakasih.
Nama : Siti Anismah Harahap
Nim : 878248957
Setelah menonton vidio pembelajaran ini tentang konsep perkalian dasar, saya mendapatkan beberapa kekurangan dan kelebihan yaitu menurut saya:
Kekurangannya pada awal pertemuan tidak ada acara pembukaan untuk memancing keingintahuan anak didik tentang perkalian, dan dipertengahan saat guru bertanya dengan murid seakan-akan anak didiknya tidak diarahkan terlebih dahulu untuk menghafal perkalian sebelum guru tersebut memberikan pertanyaan, dan setelah diakhir pembelajaran baru guru menjelaskan secara detail tentang perkalian, padahal penjelasan tersebut seharusnya bisa dilakukan diawal pembelajaran untuk membangkitkan rasa keingintahuan anak didik. Sedangkan kelebihannya yaitu setelah menjelaskan perkalian lebih mendalam dengan menggunakan penambahan secara berulang, maka anak didik mulai memahami perkalian, apalagi adanya arahan guru untuk menghafal perkalian. Serta dengan cara memberikan tugas dirumah, juga bisa semakin mengasah kemampuan anak didik dalam pembelajaran perkalian.
Saran saya kalau bisa media pembelajarannya harus yang lebih menarik lagi agar bisa semakin membuat minat anak didik untuk semakin giat dalam belajar. Sekian dan terima kasih, kurang dan lebihnya saya mohon maaf🙏