silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Jon Marhadi
NIM : 856723043
Prodi : PGSD
Menurut saya,
Kelebihan di video ini :
• Guru menggunakan poster perkalian untuk media pembelajaran 1-10.
• Guru menjelaskan pembelajaran matematika dengan santai dan sabar.
• Guru memberikan soal/pekerjaan rumah untuk anak-anak agar mereka dapat memahami perkalian dengan lebih baik.
Kekurangan divideo ini :
• Guru tidak memberikan instruksi untuk memperhatikan papan tulis, karena masih banyak siswa yang tidak terlalu fokus untuk memulai pembelajaran.
• Kurangnya penjelasan detail yang mudah dipahami siswa. Karena guru langsung memberikan penjelasan tentang 2×2=4, dan tidak memberikan penjelasan tentang cara 2×2=>2+2=4 yang benar.
• Guru hanya menjelaskan bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang.
• Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa secara langsung tanpa menjelaskannya secara detail. Mengakibatkan pembelajaran yang tidak dapat diterima oleh siswa dan kurangnya energi di dalam kelas karena kurangnya penjelasan dari guru
• Guru membingungkan siswa dengan menjelaskan perkalian dasar di bagian akhir. Dengan demikian, mahasiswa baru dapat memahami bagaimana perkalian dihitung setelah menjelaskan perkalian secara detail.
• Guru menjelaskan dengan detail, dan setelah siswa SD bisa mengerti, siswa akan berinisiatif menjawab pertanyaan guru, karena mereka sudah tahu caranya.
saran :
Dalam kasus videonya, guru memberikan penjelasan di akhir, yang mungkin akan sedikit membingungkan siswa pada awalnya karena guru langsung menanyakan pertanyaan “namun justru menimbulkan rasa keberanian atau inisiatif anak untuk menjawab. sebenarnya matematika Sejauh yang saya ketahui, menurut saya guru harus menjelaskan atau menjelaskan matematika di awal dan memberikan contoh bagaimana melakukannya.
Nama : Tirai
Nim : 856744323
Prodi : PGSD
UT-UPBJJ : Palembang
Pokjar : Gelumbang
Kekurangan video
Menurut pendapat saya kekurangan dalam video tersebut yaitu guru kurang menguasai kelas, karena seperti yang kita lihat dalam kelas tersebut siswanya banyak yang tidak memperhatikan guru saat penyampaian materi dan banyak yang sibuk sendiri. Guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa serta metode yang digunakan kurang berhasil sehingga pembelajaran kurang maksimal. Serta guru tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran .
Kelebihan video
Guru sabar dalam memberikan materi terhadap anak yang belum paham. guru juga terus berinovasi dalam berkomunikasi terhadap anak agar antusias terhadap materi terus berkembang.
saran :
sebaiknay sebelum melakukan pembelajaran, saat pembuka guru selalu memotivasi siswa agar selalu semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan guru harus menguasai seluruh kelas agar siswa memperhatikan semuanya. dan anak tidak bermain sendiri ketika pembelajaran sedang berlangsung.
dan metode yang digunakan agar menarik perhatian siswa dengan memaksialkannya saat pembelajaran agar tidak membosankan bagi siswa.
Nama : Tirai
Nim : 856744323
Prodi : PGSD
UT-UPBJJ : Palembang
Pokjar : Gelumbang
Kekurangan video
Menurut pendapat saya kekurangan dalam video tersebut yaitu guru kurang menguasai kelas, karena seperti yang kita lihat dalam kelas tersebut siswanya banyak yang tidak memperhatikan guru saat penyampaian materi dan banyak yang sibuk sendiri. Guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa serta metode yang digunakan kurang berhasil sehingga pembelajaran kurang maksimal. Serta guru tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran .
Kelebihan video
Guru sabar dalam memberikan materi terhadap anak yang belum paham. guru juga terus berinovasi dalam berkomunikasi terhadap anak agar antusias terhadap materi terus berkembang.
saran :
sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran, saat pembuka guru selalu memotivasi siswa agar selalu semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan guru harus menguasai seluruh kelas agar siswa memperhatikan semuanya. dan anak tidak bermain sendiri ketika pembelajaran sedang berlangsung. dan metode yang digunakan agar menarik perhatian siswa dengan memaksialkannya saat pembelajaran agar tidak membosankan bagi siswa.
Nama : Tirai
Nim : 856744323
Prodi : PGSD
UT-UPBJJ : Palembang
Pokjar : Gelumbang
Kekurangan video
Menurut pendapat saya kekurangan dalam video tersebut yaitu guru kurang menguasai kelas, karena seperti yang kita lihat dalam kelas tersebut siswanya banyak yang tidak memperhatikan guru saat penyampaian materi dan banyak yang sibuk sendiri. Guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa serta metode yang digunakan kurang berhasil sehingga pembelajaran kurang maksimal. Serta guru tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran . Kelebihan video Guru sabar dalam memberikan materi terhadap anak yang belum paham. guru juga terus berinovasi dalam berkomunikasi terhadap anak agar antusias terhadap materi terus berkembang. saran : sebaiknay sebelum melakukan pembelajaran, saat pembuka guru selalu memotivasi siswa agar selalu semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan guru harus menguasai seluruh kelas agar siswa memperhatikan semuanya. dan anak tidak bermain sendiri ketika pembelajaran sedang berlangsung. dan metode yang digunakan agar menarik perhatian siswa dengan memaksialkannya saat pembelajaran agar tidak membosankan bagi siswa.
Nama : Nikmatul Jannah
NIM : 858735193
Prodi : PGSD BI
Dalam video tersebut terdapat kekurangan antara lain:
1. Proses pembelajaran langsung pada kegiatan initi, guru belum melakukan pendahuluan pada awal pembelajaran.
2. Metode pembelajaran kurang bervariasi, pembelajaran berpusat pada guru (teacher center), sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran.
3. Media pembelajaran terlalu kecil sehingga kurang menarik bagi siswa.
Selain itu terdapat kelebihan, antara lain:
1. Guru sudah menggunakan media pembelajaran namun belum maksimal
2. Guru sudah menguasai materi perkalian.
Saran :
1. Guru hendaknya melaksanakan pembelajaran secara runtut, mulai dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
2. Guru hendaknya menggunakan metode bervarisi dan pembelajaran berpusat pada siswa (student center).
3. Guru hendaknya menggunakan media yang menarik agar siswa dapat memahami materi perkalian.
NAMA : Mohammad Syahrul Romadhan
NIM : 837392542
PRODI : PGSD
UPBJJ : Surabaya
Kekurangan :
Setelah saya Menyimak Dalam video tersebut guru kurang menguasai kelas ,karena dapat di lihat dari banyak anak yang tidak memperhatikan guru saat memberikan materi dan banyak anak yang mainan sendiri bahkan ada anak yang meneyderkan kepalanya di meja tanpa memperhatikan guru sedang menjelaskan . anak juga kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena guru tidak memberikan motivasi kepada anak dan guru menuntut anak agar paham apa yang guru jelaskan padahal banyak siswa yang belum paham.
Kelebihan :
Guru mencoba mengarahkan anak agar menghafalkan perkalian sehingga anak paham tentang perkalian dan guru juga memberikan latihan soal .
saran :
sebaiknaya sebelum melakukan pembelajaran, saat pembuka guru selalu memotivasi siswa agar selalu semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan guru harus menguasai seluruh kelas agar siswa memperhatikan semuanya. dan anak tidak bermain sendiri ketika pembelajaran sedang berlangsung.
dan metode yang digunakan agar menarik perhatian siswa dengan memaksialkannya saat pembelajaran agar tidak membosankan bagi siswa.
Nama: Ursila Hidayah Rahmadani
NIM : 858697015
Prodi :PGSD S1
Kekurangan :
menurut pendapat saya setelah saya melihat dan menyimak Dalam video tersebut guru kurang menguasai kelas ,karena dapat di lihat dari banyak anak yang tidak memperhatikan guru saat memberikan materi, dan banyak anak yang tidak fokus sehingga anak asyik bermain sendiri, bahkan ada anak yang menyederkan kepalanya di meja tanpa memperhatikan guru sedang menjelaskan . anak juga kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena guru tidak memberikan motivasi kepada anak dan guru menuntut anak agar paham apa yang guru jelaskan padahal banyak siswa yang belum paham.
Kelebihan :
1. Guru mencoba mengarahkan anak agar menghafalkan perkalian sehingga anak paham tentang perkalian dan guru juga memberikan latihan soal.
2.Guru menggunakan alat peraga/media perkalian dalam pembelajaran.
saran :
sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran, saat pembuka guru selalu memotivasi siswa agar selalu semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan guru harus menguasai seluruh kelas agar siswa memperhatikan semuanya. dan anak tidak bermain sendiri ketika pembelajaran sedang berlangsung.
dan metode yang digunakan agar menarik perhatian siswa dengan memaksialkannya saat pembelajaran agar tidak membosankan bagi siswa.
Nama : Masukaeri
Nim : 858735219
Pokjar : Lamongan
hasil pengamatan dari video diatas adalah:
kelemahan:
1. guru membuka pembelajaran tanpa salam dan menyapa siswa
2. guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
3. media dan metode pembelajarannya kurang menarik
4. dalam menyampaikan materi guru kurang menguasai perhatian siswa,sehingga perhatian siswa tidak fokus kepada penjelasan sang guru.
kelebihan:
1. pada hari kedua, guru menjelaskan perkalian dengan menggunakan sistem penjumlahan berulang
2. siswa diajak untuk menghafal perkalian
3. pemberian tugas dan latihan secara berkala agar siswa dapat lebih mudah memahami materi perkalian
Eka Purnama sari _856484836
Menurut saya anak – anak kurang tertarik pada pembelajran tersebut . Komunikasikan dengan antusias dan juga berikan tanya jawab sesering mungkin kepada anak tersebut agar anak tertarik untuk menjawab perkalian tersebut. Berikan lempar pertanyaan terhadap anak agar anak tersebut dapat berfikir. Memberikan latihan dan tugas pekerjaan rumah dan di berikan sanksi bagi anak yg tidak mengerjakan tugas. Dan berikan latihan2 sesering mungkin dan pekerjaan rumah agar anak tersebut memahami perkalian dan guru juga harus berkreasi dan inovasi agar dapat anak2 bersemangat untuk menhafal perkalian tersebut.
Eka Purnama sari
856484836
Menurut saya anak – anak kurang tertarik pada pembelajran tersebut . Komunikasikan dengan antusias dan juga berikan tanya jawab sesering mungkin kepada anak tersebut agar anak tertarik untuk menjawab perkalian tersebut. Berikan lempar pertanyaan terhadap anak agar anak tersebut dapat berfikir. Memberikan latihan dan tugas pekerjaan rumah dan di berikan sanksi bagi anak yg tidak mengerjakan tugas. Dan berikan latihan2 sesering mungkin dan pekerjaan rumah agar anak tersebut memahami perkalian dan guru juga harus berkreasi dan inovasi agar dapat anak2 bersemangat untuk menhafal perkalian tersebut.