silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Friska Tampubolon
Nim : 877527957
Pokjar : Simalungun (Sumatera Utara)
Prodi : PGSD
Melalui video diatas, dalam kegiatan pembelajaran tersebut, saya mendapati bahwa anak didik kurang memiliki minat dan tidak suka dengan perkalian. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti dengan penjelasan yang kurang menarik. Maka sebaiknya guru mengarahkan anak didik betapa penting nya perkalian itu untuk diketahui. Lalu melakukan umpan balik pada anak didik untuk memancing rasa antusias mereka. Kemudian memberikan latihan-latihan serta tugas-tugas dan juga memberi sanksi pada mereka yang tidak mengerjakan.
Demikianlah analisis, saran dan masukan yang dapat saya berikan. Dan saya mengucapkan terima kasih karena telah memberikan saya inspirasi dan motivasi dalam mengajar melalui video ini.
Terima Kasih.
Nama : Patrio Akbar
Nim : 855835818
UPBJJUT-Medan
Pokjar : Serdang Bedagai
Dari penjelasan video yang telah saya simak diatas , Rekasi siswa saat guru memaparkan materi dasar perkalian tersebut, peserta didik pada sibuk sendiri, ada yang sibuk senyum sendiri, ada yang melamun, malas menyimak, kurangnya semangat dalam menghadapi pembelajaran tersebut. Disisi lain Kelemahan guru tersebut kurangnya persiapan sebelum mengajar, tidak menyediakan media pembelajaran yang membangun pondasi semangat peserta didik, dan terlalu memaksakan peserta didik untuk menyimak penjelasannya.
Tapi saat dipertengahan penjelasan materi guru berusaha melakukan hal uniknya disetiap pembelajaran ia selalu komunikasi dengan peserta didik dan sangat antusias dalam melakukan Tanya jawab sesering mungkin. Setelah guru tersebut mengetahui kelemahan dari peserta didik guru tersebut meminta peserta didik untuk menghafalkan perkalian yang telah dijelaskan, dan menggunakan tips menggunakan arahan perhatian siswa bahwa perkalian sangatlah penting.
Nama : Fatma Yulita Pohan
Nim : 859781383
UPBJJUT-Medan
Prodi : PGSD
Dari Vidio diatas kita lihat siswa tidak mau mendengarkan guru yang menjelaskan pelajaran dikarena guru kurang menguai kelas, singgah siswa terlihat malas dan bosan tidak konstrasi dan kondisi kelas tidak kondusif, Sehingga siswa banyak yang tidak mau mendengarkan dan memperhatikan penjelasan yang di sampaikan oleh guru saat menjelaskan materi. Seharusnya sebelum memulai pelajaran guru harus mengkondisikan agar kelas kondusif terlebi dahulu supaya anak fokus dalam mengikuti pelajaran.
Nama : Suryani
NIM : 856231724
UPBJJ : Padang
Pokjar : Tilkam
Dri vidio di atas dapat dilihat adanya antusias dan kemauan siswa dalam belajar, memahami materi belajar, aktif dikelas, dan mengerjakan tugas yang telah diberikan guru. Hal ini tentu akan membuat guru merasa senang, apa yang telah disampaikan dapat dipahami siswanya, tentu perlu latihan lanjutan untuk materi perkalian ini, seperti tugas rumah yang diberikan guru.Guru juga mampu menyampaikan materi atau bahan ajar dengan baik dan jelas, dapat dipahami siswa.Guru juga memberikan pujian bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar, sehingga siswa lain juga antusias ingin memberikan jawaban diantara teman.Mungkin untuk pembuka diawal pelajaran bisa diawali dengan doa dan tegur sapa.
Nama : Sahrina Pulungan Nim : 856098603
UPBJJ : Mandailing Natal
Dari penjelasan video yang telah saya simak diatas , Rekasi siswa saat guru memaparkan materi dasar perkalian tersebut, peserta didik sebagian besar tidak perduli pada guru dan sibuk sendiri, ada yang sibuk senyum sendiri, ada yang melamun, malas menyimak, kurangnya semangat dalam menghadapi pembelajaran tersebut. Disisi lain Kelemahan guru tersebut kurangnya persiapan sebelum mengajar, tidak menyediakan media pembelajaran yang membangun pondasi semangat peserta didik, dan terlalu memaksakan peserta didik untuk menyimak penjelasannya.
Tapi saat dipertengahan penjelasan materi, guru berusaha melakukan hal uniknya disetiap pembelajaran ia selalu berkomunikasi dengan peserta didik dan sangat antusias dalam melakukan Tanya jawab sesering mungkin. Setelah guru tersebut mengetahui kelemahan dari peserta didik guru tersebut meminta peserta didik untuk menghafalkan perkalian yang telah dijelaskan, dan menggunakan tips menggunakan arahan perhatian siswa bahwa perkalian sangatlah penting untuk sekarang dan masa depan .
Nama : Afrieanto Suprobo
NIM : 858961208
UPBJJUT- JEMBER
Prodi : PGSD / Pokjar : Tanggul
menurut saya disana saat guru menerangkan dikarenakan siswa masih banyak yang tidak memperhatikan atau siswa sibuk sendiri, ada yang senyum senyum, ada yang berbicara bersama temannya, bermain sendiri, dan lain lain. disisi lain sang guru kurang memberikan program ketertarikan kepada siswa atau tidak membuat siswa merasa tertarik terhadapa pembelajaran tersebut.
menurut saya sebelum pembelajaran dimulai, hendaknya guru memberikan ice breaking kepada siswa, agar siswa merasa senang, gembira, dan semangat. dan sebaiknya guru melakukan tanya jawab atau umpan balik kepada siswa bagaimana,apa yang mereka belum pahami dan mencari solusi untuk siswa agar dapat paham terhadap materi tersebut dengan cara yang dilakukan guru sudah benar yaitu siswa suruh menghafal perkalian dan menanyakan kembali hafalan yang mereka lakukan dan memberikan tugas tugas latihan dan Pekerjaan rumah untuk mrlatih kemampuan siswa dalam memahami materi tersebut.
Nama : Syifa Aeni Mardiyah
Nim : 877527957
UPBJJUT : Bandung
Prodi : S1- PGSD
Dari video di atas yang sudah saya simak dapat menyimpulkan bahwa ketika proses mengajar banyak reaksi siswa yang kurang semangat dalam proses pembelajaran sehingga sebagai guru harus mempunyai cara lain supaya menarik perhatian anak dan pembelajaran tetap kondusif Tapi saat dipertengahan penjelasan materi guru berusaha melakukan hal uniknya disetiap pembelajaran ia selalu komunikasi dengan peserta didik dan sangat antusias dalam melakukan Tanya jawab sesering mungkin. Setelah guru tersebut mengetahui kelemahan dari peserta didik guru tersebut meminta peserta didik untuk menghafalkan perkalian yang telah dijelaskan, dan menggunakan tips menggunakan arahan perhatian siswa bahwa perkalian sangatlah penting.
Nama : Fina Gustina
NIm : 856501459
Dari vidio “kurangnya mengetahui perkalian dasar” adapun kelebihan nya guru memberi tanya jawab kepada siswa sehingga guru mengetahui murid yang belum paham dan kelemahannya guru langsung membahas materi perkalian, sehingga siswa masih bingung dalam perkalian
Nama : Dewi Aprilianty
NIM : 858316485
UPBJJ : Banjarmasin
Pokjar : Tabalong
Prodi : FKIP PGSD
Assalamuallaikum.. ijin berkomentar
Pada awal Video tersebut menggambarkan jika guru mengajar tanpa melalui tahapan pembuka dan langsung membahas materi perkalian. Guru pun digambarkan tidak menggunakan media pendukung yang menarik perhatian siswa. Selanjutnya dijelaskan dalam video cara atau tips menanganinya, yaitu guru memberikan penjelasan mengenai perkalian adalah penjumlahan berulang, pemberian latihan dan juga pekerjaan rumah. Tentu saja dalam mengajar terkadang masih ada beberapa guru yang digambarkan seperti video, untuk itu saran saya dalam mempraktekkan pembelajaran hendaknya sebagai guru kita : 1. merencanakan pembelajaran sesuai situasi dan kondisi kelas, 2. menguasai materi yang akan diajarkan (pengetahuan), 3. menggunakan tahapan dalam pembelajaran dari tahap awal termasuk apersepsi, tahap inti sampai tahap akhir pembelajaran, 4. menggunakan media yang menarik agar membangun motivasi belajar siswa.
sekian dan terimakasih
Nama : Bionatul Hasanah
Nim : 858918711
Prodi : PGSD
UPBJJ : Jember
Dari penjelasan video yang telah saya simak di atas, ketika proses mengajar sebagian besar reaksi siswa tidak berkonsentrasi, kurangnya semangat dan tampak malas dalam menghadapi pelajaran tersebut. Secara keseluruhan kelemahan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran tidak menyediakan media pembelajaran yang menarik dalam membangun pondasi semangat peserta didik tersebut. Disisi lain kelebihan guru tersebut mampu menyampaikan materi atau bahan ajar dengan cukup baik serta guru juga memberikan pujian bagi siswa yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar. Tapi di saat pertengahan penjelasan materi, ada hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran, ia selalu berusaha melakukan diskusi di setiap pembelajarannya dan sangat antusias dalam melakukan tanya jawab sesering mungkin.
Demikian menurut saya upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu dalam mengajar guru dapat melakukan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa mengerti dan semangat dalam belajar, jadi kelas kondusif dan anak fokus dalam mengikuti pelajaran.