silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
NAMA :RIZAL MUHAEMIN
NIM : 857214096
POKJAR : GUNUNGKENCANA
menurut saya kelebihan pembelajaran yang dilaksanakan pada Pembelajaran kali ini yaitu :
-Siswa tampak sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran
-Guru tampak melibatkan siswa secara langsung
-Materi dan proses pembelajaran sesuai dn relevan berdasarkan kurikulum
Kekurangan pada pembelajaran yang dilaksanakan pada video tersebut adalah
-Guru tampak memulai pelajaran di kelas tanpa dimulai dengan doa terlebih dahulu
-guru tampak kurang menguasai kelas
-Guru tampak mengakhiri proses kegiatan belajar mengajar dikelas tanpa diakhiri doa penutup
Nama : Titik
NIM : 858053803
Semester : 8
Kelas : B
Berdasarkan video tersebut, adapun masalah dalam proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan tidak berjalan efektif. Hal ini dikarenakan, peserta didik tampak acuh disaat guru menjelaskan materi bahkan peserta didik asik bermain bersama teman dan ada pula yang tertidur. Sehingga, siswa tidak mengetahui konsep perkalian dasar.
Hal yang tersebut dapat dicegah dengan guru harus kreatif atau pun bersifat tegal dalam proses pembelajaran.
Sekian dan terimakasih
Nama : Titik
NIM : 858053803
Semester : 8
Kelas : B
Berdasarkan video tersebut, adapun masalah dalam proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan tidak berjalan efektif. Hal ini dikarenakan, peserta didik tampak acuh disaat guru menjelaskan materi bahkan peserta didik asik bermain bersama teman dan ada pula yang tertidur. Sehingga, siswa tidak mengetahui konsep perkalian dasar.
Hal yang tersebut dapat dicegah dengan guru harus kreatif atau pun bersifat tegal dalam proses pembelajaran.
Sekian dan terimakasih
Nama Mawardi
Nim 858050507
Program Studi PGSD
UPBJJ Pontianak
Setelah menonton video diatas terdapat beberapa kekurangan didalam melakukan kegiatan pembelajaran, yakni sebagai berikut:
– tidak adanya tujuan pembelajaran.
– tidak adanya kegiatan pendahuluan seperti salam, membaca do’a, absensi dan menanyakan kabar Siswa
– tidak adanya kegiatan penutup seperti evaluasi dan penilaian.
– guru tidak menguasai kelas karena tampak sebagian siswa sibuk dengan sendirinya dan sebagian menggagu temannya, hal ini sangat berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap perkalian dasar pada saat pertemuan pertama.
– media yang digunakan terlalu kecil sehingga angka yang tertempel didepan kelas tidak terlihat pada murid yang dibelakang.
kelebihan pada video diatas yakni
– setelah dua kali pertemuan dan ditambah dengan tugas, peserta didik benar benar memahami tentang perkalian dasar.
keterampilan yang dikuasai guru pada video diatas yaitu keterampilan menjelaskan, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan bertanya, dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
sedangkan keterampilan yang belum dikuasai guru pada video diatas yakni tidak mengadakan variasi pembelajaran, tidak ada keterampilan membuka dan menutup, tidak adanya keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil.
Izin Menanggapi
Nama : Mawardi
Nim : 858050507
Program Studi : PGSD
UUPBJJ-UT ; Pontianak
Setelah menonton video diatas terdapat beberapa kekurangan didalam melakukan kegiatan pembelajaran, yakni sebagai berikut:
– tidak adanya tujuan pembelajaran.
– tidak adanya kegiatan pendahuluan seperti salam, membaca do’a, absensi dan menanyakan kabar Siswa
– tidak adanya kegiatan penutup seperti evaluasi dan penilaian.
– guru tidak menguasai kelas karena tampak sebagian siswa sibuk dengan sendirinya dan sebagian menggagu temannya, hal ini sangat berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap perkalian dasar pada saat pertemuan pertama.
– media yang digunakan terlalu kecil sehingga angka yang tertempel didepan kelas tidak terlihat pada murid yang dibelakang.
kelebihan pada video diatas yakni
– setelah dua kali pertemuan dan ditambah dengan tugas, peserta didik benar benar memahami tentang perkalian dasar.
keterampilan yang dikuasai guru pada video diatas yaitu keterampilan menjelaskan, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan bertanya, dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
sedangkan keterampilan yang belum dikuasai guru pada video diatas yakni tidak mengadakan variasi pembelajaran, tidak ada keterampilan membuka dan menutup, tidak adanya keterampilan mengelola kelas, danketerampilan membimbing diskusi kelompok kecil.
Nama sri puji astutik
Nim : 858921243
Semester : 6
pokjar giri
Kelemahan yang mencolok pada video tersebut adalah terlihat suasana kelas yang tidak kondusif dimana terdapat beberapa siswa yang bosan, mengantuk, dan tidak memperhatikan guru, hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang monoton, sehingga siswa menjadi kurang aktif. Saran saya guru mengajak siswa memberikan motivasi untuk memacu semangat belajar siswa, setelah itu memberikan gambaran terkait materi yang akan dipelajari, memberitahu tujuan dan manfaat dalam mempelajari materi tersebut, serta memberikan pemahaman sebelum siswa mempraktikkannya secara langsung. Pada akhir pembelajaran guru dapat menanyakan kembali pembelajaran hari ini untuk mengetahui kemampuan siswa lalu memberikan apresiasi kepada siswa karena usaha yang dilakukannya, serta memberikan kesimpulan terkait materi yang telah dipelajari.
Nama: Yoga Arwanda
Nim: 859811565
Upbjj: MEDAN
Prodi: PGSD S-1
Dari penjelasan video di atas, tidak adanya kegiatan awal atau pembukaan guru langsung menjelaskan materi perkalian. Murid juga tidak semangat maupun fokus saat mengikuti pelajaran murid juga kurang aktif saat guru bertanya. Menurut saya, seharusnya guru memberi ice breaking atau games kepada murid agar murid yang tidak fokus jadi semangat untuk mengikuti pelajaran. Penjelasan guru terhadap materi sudah bagus dan memuaskan.
Nama : Akli Yansyah
Nim : 855736283
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : kotaagung
Berdasarkan vidio ya sudah saya lihat diatas, saya dapat melihat bahwa diawal pembelajaran guru tersebut tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu dan tidak menyapa keadaan siswa untuk membuat siswa itu lebih bersemangat lagi dalam belajar dan tidak menyampaikan tujuan dari pembelajaran perkalian tetapi malah langsung ke inti pembelajaran, dan nampak terlihat anak anak bosan dan tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi pembelajaran. Sehingga mereka kurang memahami apa saja yang sudah di jelaskan guru di depan.
Kelebihan
Guru menguasai materi tentang perkalian dasar, guru sudah menggunakan media yang mudah didapatkan di kelas seperti chart perkalian dan papan tulis. Guru juga berusaha untuk mengajak siswa supaya aktif dalam belajar, guru juga sudah melakukan tanya jawab serta memberikan PR untuk mengetahui apakah materi yang diajarkan sudah dipahami siswa atau belum.
Kelemahan
Kelemahan yang dapat saya lihat didalam video adalah Media yang digunakan guru kurang menarik sehingga kurangnya minat siswa dalam belajar.
hal unik yang saya temukan dalam video tersebut disetiap pembelajaran guru tersebut selalu berkomunikasi dengan peserta didik dan sangat antusias dalam melakukan Tanya jawab sesering mungkin.
Nama : Syahira Tambunan
NIM : 855860463
Semester : 6
Pokjar : Asahan
1. Kelemahan dalam video tersebut adalah
Media yang digunakan guru tersebut memiliki kekurangan yang terletak pada ukuran tulisannya yang kecil sehingga ketika di awal siswa tidak memahami penjelasan dari gurunya tentang perkalian dasar. Dalam video tersebut guru tidak melakukan ice breaking sehingga banyak siswa yang tidak serius ketika proses pembelajaran berlangsung. Ketika guru menulis seharusnya tidak boleh sambil berbicara karena siswa yang tepat berada dibelakangnya tidak dapat melihat tulisan yang dijelaskan gurunya di papan tulis sehingga menyebabkan siswa kurang memahami penjelasan materi pembelajaran yang diajarkan guru tersebut.
2. Kelebihan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran adalah Guru tersebut dengan penuh antusias dan selalu sabar dalam menjelaskan materi pembelajarannya yang pada akhirnya siswanya mengerti penjelasan materi tentang perkalian dasar. Lalu guru tersebut selalu memberikan pertanyaan kepada siswa terkait materi yang diajarkan agar siswanya berperan aktif dalam pembelajaran. Guru tersebut memberikan penugasan di rumah supaya siswanya mengulang materi pembelajaran yang telah diajarkan. 3. Upaya yang dapat dilakukan guru tersebut untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah guru tersebut harus menggunakan media yang berwana agar dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran dan ukuran tulisan pada media tersebut harus terlihat jelas oleh siswa agar siswa memahami materi pembelajaran yang diajarkan, perintahkan siswa untuk tampil ke depan terutama dalam menjawab pertanyaan agar meningkatkan rasa percaya dirinya, melakukan ice breaking di dalam kegiatan pembelajaran.
Nama : Syahira Tambunan
NIM : 855860463
Semester : 6
Pokjar : Asahan
1. Kelemahan dalam video tersebut adalah
Media yang digunakan guru tersebut memiliki kekurangan yang terletak pada ukuran tulisannya yang kecil sehingga ketika di awal siswa tidak memahami penjelasan dari gurunya tentang perkalian dasar. Dalam video tersebut guru tidak melakukan ice breaking sehingga banyak siswa yang tidak serius ketika proses pembelajaran berlangsung. Ketika guru menulis seharusnya tidak boleh sambil berbicara karena siswa yang tepat berada dibelakangnya tidak dapat melihat tulisan yang dijelaskan gurunya di papan tulis sehingga menyebabkan siswa kurang memahami penjelasan materi pembelajaran yang diajarkan guru tersebut.
2. Kelebihan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran adalah Guru tersebut dengan penuh antusias dan selalu sabar dalam menjelaskan materi pembelajarannya yang pada akhirnya siswanya mengerti penjelasan materi tentang perkalian dasar. Lalu guru tersebut selalu memberikan pertanyaan kepada siswa terkait materi yang diajarkan agar siswanya berperan aktif dalam pembelajaran. Guru tersebut memberikan penugasan di rumah supaya siswanya mengulang materi pembelajaran yang telah diajarkan. 3. Upaya yang dapat dilakukan guru tersebut untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah guru tersebut harus menggunakan media yang berwana agar dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran dan ukuran tulisan pada media tersebut harus terlihat jelas oleh siswa agar siswa memahami materi pembelajaran yang diajarkan, perintahkan siswa untuk tampil ke depan terutama dalam menjawab pertanyaan agar meningkatkan rasa percaya dirinya, melakukan ice breaking di dalam kegiatan pembelajaran.