silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

636 Comments

  1. pada saat memulai pelajaran guru tidak melakukan sapaan terhadap siswa dan pembelajaran tidak dimulai dengan doa.
    dan pada saat pembelajaran guru tidak memberi metode menghafal perkalian yang mudah dan suasana kelas yang lebih kondusif.

  2. NAMA : SRI LESTARI
    NIM : 856047109
    SEMESTER : 8
    POKJAR : LANGKAT

    Menurut saya,pada video pembelajaran di atas masih terdapat beberapa kekurangan.karena pada awal pembelajaran, guru tidak melakukan apersepsi sebagai kegiatan pembuka.
    Pada saat pembelajaran berlangsung murid tidak fokus mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh guru,hal itu dapat dilihat dari kurang nya perhatian murid,pada saat guru menjelaskan pelajaran dan saat guru bertanya, murid tidak ada yang merespon,itu membuktikan bahwa seluruh murid tidak mengerti apa yang dijelaskan oleh guru tentang konsep perkalian.sebaiknya guru menggunakan media yang lebih menarik dan kreatif untuk mengajarkan konsep perkalian tersebut.

  3. nama : Salsa Nuri Hasanah
    nim : 855860391
    semester/kelas : 6/c – PGSD

    1. Ringkasan isi video
    Guru berusaha mengajarkan konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang menggunakan papan tulis, namun sebagian besar siswa terlihat bingung. Setelah mencoba memberikan contoh soal dan tidak ada siswa yang bisa menjawab, guru memberikan tips seperti mengomunikasikan materi dengan antusias, memberikan latihan dan tugas rumah disertai sanksi, serta pengajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Dengan pendekatan interaktif tersebut, guru akhirnya berhasil membuat siswa memahami perkalian dan menekankan pentingnya latihan untuk menguasai materi.

    2. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Awalnya siswa bereaksi kurang baik karena metode pembelajaran yang kurang interaktif. Sebagian besar siswa terlihat bingung dan tidak memahami penjelasan guru tentang konsep perkalian saat guru menggunakan media papan tulis di awal pembelajaran.. Namun setelah guru mengubah pendekatannya, reaksi siswa menjadi lebih baik dan mereka dapat memahami materi perkalian dengan baik.

    3. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    • Pada awal pembelajaran, metode yang digunakan guru kurang interaktif dan cenderung satu arah, sehingga siswa terlihat bingung dan kurang memahami materi.
    • Penggunaan media papan tulis saja kurang menarik perhatian siswa dan kurang membantu siswa memahami konsep perkalian.
    • Guru tidak memberikan banyak contoh konkret atau visualisasi yang dapat membantu siswa memahami konsep perkalian.

    4. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    • Guru menyadari kelemahan awal dan berusaha memperbaiki pendekatan pembelajaran dengan lebih interaktif, komunikatif, dan antusias.
    • Guru memberikan soal-soal latihan dan tanya jawab kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman mereka.
    • Guru tetap sabar dan terus berusaha mencari cara terbaik untuk mengajarkan materi perkalian kepada siswa.

    5. Hal unik dalam video dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    • Memanggil nama siswa secara acak untuk menjawab soal. Setelah menjelaskan kembali, guru memanggil nama siswa secara acak untuk menjawab soal perkalian yang diberikan. Ini membantu memastikan semua siswa memperhatikan.
    • Menguji pemahaman siswa setelah penjelasan. Guru tidak langsung melanjutkan ke tahap berikutnya, tetapi terlebih dulu menguji pemahaman siswa terkait penjelasan yang diberikan dengan memberikan beberapa soal lisan.

    6. Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya.
    Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, guru dapat menggunakan media interaktif, menerapkan metode bervariasi yang mengaktifkan siswa, memberikan contoh kontekstual, melibatkan siswa secara aktif, memberikan latihan soal, apresiasi pada siswa, memanfaatkan teknologi pembelajaran, serta melakukan evaluasi dan refleksi berkala.

  4. Nama : KARSIH
    Nim : 858050403
    upbjj : PONTIAN menurut saya setelah melihat video pembelajaran kondisi suasana kurang kondusif karena di dalam video tersebut terdapat siswa yang kurang aktif seperti ada yang ribut, tertawa, tidur dan bermain. pada pembagian awal pembelajaran tidak ada salam pembukaan atau pendahuluan di dalam video tersebut guru langsung ke materi pembelajaran sehingga kurangnya fokus siswa terhadap guru, menurut saya pembelajaran matematika ini sebaiknya dilakukan tes yang hari atau pada jam 01.00 dan 02.00 sebab pada awal pembelajaran anak-anak masih bisa fokus dan masih semangat dalam mengikuti pelajaran. adapun kekurangan dan kelebihannya yaitu pada kekurangan guru masih kurang menguasai kelas sehingga banyak siswa yang mengobrol, bengong dan banyak bermain dalam belajar sedangkan kelebihannya untuk mengetahui tentang materi perkalian dasar dalam video tersebut guru menggunakan media cetak yang kalian dasar yang ada di dalam kelas guru berusaha mengajak siswa lebih aktif dan sudah melakukan metode tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa kemudian guru memberikan PR agar siswa belajar di rumah dan memahami kembali pelajaran yang sudah dipelajari di sekolah

  5. Nama : KARSIH
    Nim : 858050403
    upbjj : PONTIANAK
    menurut saya setelah melihat video pembelajaran suasana kurang kondusif karena di dalam video tersebut terdapat siswa yang kurang aktif seperti ada yang ribut, tertawa, tidur dan bermain. pada Pembagian awal pembelajaran tidak ada salam pembukaan atau pendahuluan di dalam video tersebut guru langsung ke materi pembelajaran sehingga gagal fokus siswa terhadap guru, menurut saya pembelajaran matematika ini sebaiknya dilakukan tes yang hari atau pada jam 1dan 2 karena pada awal pembelajaran anak-anak masih bisa fokus dan masih semangat dalam mengikuti pelajaran. adapun kekurangan dan kelebihannya yaitu pada kekurangan guru masih kurang menguasai kelas sehingga banyak siswa yang mengumpulkan, bengong dan banyak bermain dalam belajar sedangkan kelebihannya untuk mengetahui tentang materi perkalian dasar dalam video tersebut guru menggunakan media cetak yang kalian dasar yang ada di dalam kelas guru berusaha mengajak siswa lebih aktif dan sudah melakukan metode tanya jawab untuk mengetahui pemahaman siswa kemudian guru memberikan PR agar siswa belajar di rumah dan memahami kembali pelajaran yang sudah dipelajari di sekolah

  6. Nama:Randa Nurfrida simbolon
    Nim:856056939
    Pokjar:Dairi

    Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, video pembelajaran tersebut masih terdapat beberapa kekurangan, seperti: Pada awal mulai pembelajaran, guru tidak melakukan pendahuluan atau apersepsi sebagai kegiatan pembuka. Dan pada saat pembelajaran berlangsung dapat dilihat bahwa siswa tidak fokus mendengarkan penjelasan guru, siswa seperti tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
    terlihat guru menyampaikan materi yang kurang dipahami oleh siswa, guru terus melakukan penjelasan pembelajaran tanpa memperhatikan siswanya memperhatikan atau tidak pembelajaran tersebut. sehingga siswa banyak diam mendengar penjelasan.
    Dalam melakukan pembelajaran, sebaiknya guru perlu menggunakan media pembelajaran untuk menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan. serta guru sebaiknya mempunyai strategi dalam menyampaikan materi sehingga menarik minat dan belajar siswa.
    Diakhir pembelajaran, guru juga tidak melakukan penguatan ataupun melakukan refleksi sebagai kegiatan penutup.

  7. Nama:Randa nurfrida simbolon
    Nim :856056939
    Pokjar:dairi

    Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, video pembelajaran tersebut masih terdapat beberapa kekurangan, seperti: Pada awal mulai pembelajaran, guru tidak melakukan pendahuluan atau apersepsi sebagai kegiatan pembuka. Dan pada saat pembelajaran berlangsung dapat dilihat bahwa siswa tidak fokus mendengarkan penjelasan guru, siswa seperti tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
    terlihat guru menyampaikan materi yang kurang dipahami oleh siswa, guru terus melakukan penjelasan pembelajaran tanpa memperhatikan siswanya memperhatikan atau tidak pembelajaran tersebut. sehingga siswa banyak diam mendengar penjelasan.
    Dalam melakukan pembelajaran, sebaiknya guru perlu menggunakan media pembelajaran untuk menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan. serta guru sebaiknya mempunyai strategi dalam menyampaikan materi sehingga menarik minat dan belajar siswa.
    Diakhir pembelajaran, guru juga tidak melakukan penguatan ataupun melakukan refleksi sebagai kegiatan penutup.

  8. Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, video pembelajaran tersebut masih terdapat beberapa kekurangan, seperti: Pada awal mulai pembelajaran, guru tidak melakukan pendahuluan atau apersepsi sebagai kegiatan pembuka. Dan pada saat pembelajaran berlangsung dapat dilihat bahwa siswa tidak fokus mendengarkan penjelasan guru, siswa seperti tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
    terlihat guru menyampaikan materi yang kurang dipahami oleh siswa, guru terus melakukan penjelasan pembelajaran tanpa memperhatikan siswanya memperhatikan atau tidak pembelajaran tersebut. sehingga siswa banyak diam mendengar penjelasan.
    Dalam melakukan pembelajaran, sebaiknya guru perlu menggunakan media pembelajaran untuk menciptakan suasana yang menarik dan menyenangkan. serta guru sebaiknya mempunyai strategi dalam menyampaikan materi sehingga menarik minat dan belajar siswa.
    Diakhir pembelajaran, guru juga tidak melakukan penguatan ataupun melakukan refleksi sebagai kegiatan penutup.

  9. Nama:Amelia
    Nim: 855867814
    Menurut saya pada video diatas bahwasanya pada awal pembelajaran guru tidak mengawali kata sambutan seperti ice breaking menanyakan kabar siswa untuk sebagai kegiatan pembuka.
    guru menyampaikan materi kurang dipahami oleh siswa, guru terus melakukan penjelasan pembelajaran tanpa memperhatikan siswa nya memperhatikan atau tidak pembelajaran tersebut. sehingga siswa banyak diam mendengar penjelasan.
    Diakhir pembelajaran, guru juga tidak melakukan penguatan ataupun melakukan refleksi sebagai kegiatan penutup.

  10. Reaksi siswa di awal pembelajaran tersebut mungkin mereka bosan, karena tidak adanya ice breaking yang dilakukan guru, kekurangan tersebut yang membuat anak-anak jadi kurang bersemangat untuk belajar. Tetapi yang saya lihat di video tersebut guru cukup sabar dalam mendidik anak-anak sehingga bisa menjawab soal yang diberikan dengan mencoba metode lain. Alangkah lebih baik ketika mengawali pelajaran guru mengucapkan salam, berdoa atau pun melakukan ice breaking. hal tersebut sangat berguna untuk mengembalikan fokus anak dan lebih cepat menguasai pembelajaran di kelas.

Leave a Reply