silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Nabila Arifatul Alif
NIM : 857583072
Prodi : S1 PGSD
Berdasarkan video tersebut digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Menurut saya kegiatan awal pembelajaran tampak berjalan monoton sehingga kurang menarik perhatian siswa. Guru sudah menggunakan media pembelajaran yang baik berupa chart untuk menarik perhatian siswa, namun chart yang digunakan kurang besar sehingga tidak memungkinkan siswa yang duduk paling belakang untuk melihatnya. Untuk penjelasan materinya, guru tersebut sudah menjelaskan dengan rinci dan mudah dipahami oleh siswa.
Nama : Nabila Arifatul Alif
NIM : 857583072
Prodi : S1 PGSD
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Menurut saya, kegiatan awal pembelajaran berjalan monoton sehingga kurang menarik perhatian siswa. Meskipun guru sudah menggunakan media yang bagus untuk mendukung kegiatan pembelajaran berupa chart perkalian, namun chart yang digunakan terlalu kecil jika dilihat oleh siswa yang duduk di bangku belakang sehingga fungsinya kurang maksimal. Namun penjelasan yang diberikan oleh guru sudah jelas sehingga dapat mudah dipahami oleh siswa.
nama :alex satria
nim : 856593364
menururut saya dari video tersebut, tampak pembelajaran yang berlangsung terlihat sedikit monoton di awal, hal ini mungkin dikarenakan oleh guru yang tidak melakukan pembukaan pada pembelajaran dan langsung masuk ke kegiatan inti.
kelebihannya adalah guru dapat tetap mengontrol emosi dan tetap sabar serta tekun mengajarkan siswa yang belum paham terhadap materi yang disampaikan pada pembelajaran.
Saya Dinar Indrayana izin menanggapi.
Sebaiknya untuk materi perkalian dasar anak anak diajarkan perkalian 1-3 saja terlebih dahulu, tidak langsung ke perkalian bilangan diatas 5. Dan agar anak anak mudah untuk menghafal perkalian biasakan membaca bersma perkalian tersebut secara bekala.
Setelah melihat video tersebut, mengenai mata pelajaran Matematika dengan topik ”Mengenal Perkalian Dasar” didapati sebagai berikut.
a. Guru tidak melakukan apersepsi pada kegiatan pendahuluan terlebih dahulu sehingga siswa tidak bersemangat belajar.
b. Metode yang digunakan kurang maksimal sehingga siswa menjadi tidak aktif dan tidak fokus saat pembelajaran.
c. Kurangnya pemanfaatan media konkrit yang dapat digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi perkalian sehingga siswa mengalami kesulitan.
d. Guru kurang memberikan konsep dasar yang jelas sehingga siswa sulit paham dan ingat.
Solusi yang dapat dilakukan yaitu:
a. Sebaiknya guru melakukan apersepsi terlebih dahulu pada kegiatan pendahuluan sehingga siswa akan bersemangat dan fokus dalam kegiatan belajar mengajar.
b. Metode yang tepat dapat mempermudah alur pembelajaran sehingga siswa akan mudah dalam memahami materi yang dijelaskan.
c. Pemanfaatan media konkrit dalam pembelajaran matematika juga akan memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi tersebut.
Nama : Ari Andika
NIM : 856587916
Pokjar Kerinci
Reaksi Siswa
Dalam Vidio tersebut digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.
Kekurangan
dalam vidio tersebut terlihat kekurangan dari metode pengajaran yang masih menggunakan papan tulis, ini terlihat dari suasana siswa dalam kelas yang gaduh tidak kosentrasi dan tampak malas mengikuti, ini terjadi karena mereka tidak mengerti dan tidak mengerti akan pelajaran yang diberikan
Kelebihan
Dalam Vidio tersebut terlihat kelebihan dari pembelajaran yang diberikan oleh guru Metode pengajaran yang interaktif
Guru dalam video tersebut menggunakan metode pengajaran yang interaktif, yaitu dengan mengajak siswa untuk menjawab pertanyaan dan memberikan contoh soal. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar dan lebih mudah memahami materi.Penjelasan yang jelas dan mudah dipahami
Guru dalam video tersebut menjelaskan materi perkalian dengan cara yang jelas dan mudah dipahami. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih cepat memahami konsep perkalian.
Solusi : penggunaan sanksi, ialah untuk meningkatkan disiplin dan meningkatkan motivasi.
Kekurangan Video Pembelajaran Matematika Perkalian:
Nama:Sendi Angraini
Nim:856590416
Judul: Kurang mengetahui Perkalian Dasar
*Reaksi anak dalam vidio tersebut,Terlihat anak bosan dan hanya berdiam diri, dan tidak memperhatikan yang dijelaskan guru karena anak tidak mengetahui tentang perkalian.
*Kelebihan guru,sebelumnya dalam vidio tersebut guru tidak dapat dimengerti oleh siswa namun dengan bersabar dan mengulang ulang menjelaskan materi yang dijelaskan anak2 tersebut akhirnya bisa mengerti.
*Hal unik,dalam hal ini yang tadinya anak anak2 tidak bisa menjawab,tidak mengerti yang dijelaskan guru tersebut,namun dengan cara guru berkomunikasi dengan antusias dan melakukan tanya jawab sesering mungkin dan membuat anak lebih mudah menguasai materi yang diajarkan.
*Kekurangan ,dalam vidio tersebut guru memgajarkan tanpa menggunakan metode yang digunakan tidak dapat membuat siswa mengeksplorasikan diri.
*Tindak lanjut,dalam hal ini sebaiknya ibu guru lebih mengajarkan dasar2 dalam perkalian,metode yang digunakan seharusnya menggunakan media agar siswa lebih memahami,dan guru tersebut juga perlu menggunakan keterampilan dalam menarik perhatian siswa.
Nama. : tri wulaningsih
Nim. : 858908577
Pokjar : genteng
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu
Menurut pendapat saya setelah saya melihat dan mengamati proses pembelajaran tersebut. Terdapat beberapa kekurangan seperti pada awal pembelajaran guru tidak melakukan pendahuluan/apersepsi. Guru tidak memberikan motivasi dan tidak mengajak siswa untuk siap belajar memperhatikan sehingga siswa/siswa kurang bersemangat dan tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan .
Media yang digunakan kurang menarik. Dan penjelasan yang di berikan terlalu singkat dan proses pembelajaran terasa monoton
Solusi yang dapat saya berika adalah:
Pada awal pembelajaran sebaiknya melakukan pendahuluan seperti mengajak siswa berdoa, mengecek kehadiran siswa, mengajak siswa untuk melakukan kegiatan ice breaking agar siswa lebih bersemangat dan siap untuk belajar. Menggunakan metode dan media yang menarik dan kreatif lagi.
Saya yang bernama wildah Khoiriyah
Nim 856037899
Ibuk itu sangat pandai menjelaskan tetapi diawal ibuk itu tidak ada mengecek kehadiran.dan saya melihat bahwa ibuk itu memberi pertanyaan terlalu sulit memang ada sebagian anak yang paham dan ada juga yang tidak paham.jadi anak anak tersebut susah memahami nya.dan ibuk itu kurang banyak memberi penjelasan. dan di akhir ibuk tersebut tidak ada penutupnya.dan ada satu lagi ibuk itu memberikan tugas di rumah itu juga sangat membantu untuk anak anak mengulang kembali di rumah.cukup sekian komentar yang dapat saya sampaikan.
Nama: wildah Khoiriyah
Nim :856037899
Pokjar:Labusel
Upbjj: medan
Ibuk itu sangat pandai menjelaskan tetapi diawal ibuk itu tidak ada mengecek kehadiran atau pun ice breaking agar anak anak tersebut semangat.dan saya melihat bahwa ibuk itu memberi pertanyaan terlalu sulit memang ada sebagian anak yang paham dan ada juga yang tidak paham.jadi anak anak tersebut susah memahami nya.dan ibuk itu kurang banyak memberi penjelasan. dan di akhir ibuk tersebut tidak ada penutupnya.dan ada satu lagi ibuk itu memberikan tugas di rumah itu juga sangat membantu untuk anak anak mengulang kembali di rumah.cukup sekian komentar yang dapat saya sampaikan.