silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

636 Comments

  1. Nama : suci wati
    NIM. :859763457
    Pokjar : kendari

    Dari video diatas dapat kita simpulkan kelemahannya yaitu media yang digunakan sangatlah kecil sehingga siswa kurang jelas melihatnya, serta siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

  2. Nama : Akhirul Siska Septiyani.
    Nim : 859763124.
    Prodi : PGSD S1.
    UPBJJ: Kendari

    Dalam video pembelajaran guru mengajarkan mata pelajaran matematika tentang perkalian.

    Kelemahan
    Media yang guru gunakan sangat kecil maka siswa pun sulit untuk mengerti. Sehingga siswa sangat tampak kurang memperhatikan apa yang telah guru coba terangkan.

    Kelebihan
    1. Guru menggunakan metode menghafal untuk siswa dan memberikan tugas kepada siswa . Sehingga siswa tampak lebih semangat.
    2. Guru memberikan pujian kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan.
    3. Guru dapat mengontrol emosi dan guru tetap sabar dalam menjelaskan materi kepada para siswa yang belum memahami materi yang telah di paparkan dalam proses pembelajaran.

  3. nama:leni lesmina
    nim:859763339
    Dari video diatas dapat saya simpulkan kelemahan pembelajaran tersebut yaitu
    guru menggunakan media yang kecil dan sulit untuk di mengerti siswa sehingga para siswa tampak kurang memperhatikan pembelajaran tersebut

  4. Nama : Novita Sri Dewi Sinaga
    NIM : 877530124
    UPBJJ : MEDAN
    Pokjar : Humbang Hasundutan

    Ijin menanggapi Video diatas tentang “Kurang Mengetahui Perkalian Dasar”
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan yang sedang berlangsung adalah kurang respon atau kurang memberikan perhatian dimana anak-anak banyak yang malas-malasan dan tidak fokus atas penjelasan.
    2. Kelemahan Guru adalah kurang mampu untuk menarik perhatian anak-anak diawal video, dimana anak-anak kurang berminat akan penjelasan guru.
    3. Kelebihan guru adalah memakai media dalam mengajar, dan menguasai materi pembelajaran.
    4. Hal-hal unik yang ada di video, yaitu saat guru memeriksa PR anak-anak. dan lebih inovatif lagi dalam pembelajaran.
    5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan adalah, dengan lebih banyak berinteraksi dengan siswa, dan lebih kreatif lagi dalam menjelaskan pelajaran, karena matematika merupakan mata pelajaran yang sangat menyenangka.
    Demikian yang bisa saya sampaikan, terimakasi.

  5. Nama: Vannia Herdiana Eka Dhevi
    NIM: 858565686
    Setelah saya menonton video dia atas, dapat saya simpulkan bahwa sebagian besar siswa tampak gaduh, tidak berkonsentrasi dan tampak malas saat pelajaran. Hal ini dikarenakan guru tidak memberikan motivasi serta menggunakan media pembelajaran yang dapat menyokong pembelajaran menjadi lebih menarik bagi para siswa.
    Tak lupa hendaknya guru mengajak siswa ice breaking agar dapat mengembalikan semangat siswa dalam belajar.
    Demikian pendapat yang bisa saya sampaikan, terima kasih.

  6. Nama : Nabila ulfa safhira
    Nim :856746112
    Pokjar : Air Kumbang
    dari vido diatas anak susah menangkap perkalian maka anak banyak dsruh mengahafal materi perkalian 1 sampai 5 yang mudah dlu agar anak mudah menghafal dan semangat belajar perkalian setelah itu bisa dilanjutkan untuk menghafal perkalian 5 sampai dengan 10.

  7. Nama : Nabila ulfa safhira
    pokjar : air kumbang
    nim : 856746112
    menurut saya anak murid mya kurang memperhatikan dan harus memperhatikan guru dan guru bisa memberi tugas menghafal agak anak pinter perkalian anak dsruh menghafal perkalian 1 sampai dengan 5 dan dlnjut sampai 10
    itulah menurut pendapat saya terimakasih

  8. Nama : Santi Suntia
    Nim : 856746359
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Palembang
    Pokjar : Air kumbang

    Setelah saya menyaksikan video pembelajaran diatas, maka dapat saya ambil kesimpulan bahwa:

    Dalam pembelajaran tersebut, digambarkan seorang guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Awalnya, sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas. Terlihat bahwa salah satu solusi yang ditawarkan oleh guru adalah menggunakan media chart. Namun hal tersebut juga belum bisa membuat siswa bersemangat dalam belajar. Untuk itu, guru pantang menyerah dan melakukan tips-tips dalam pembelajaran yang efektif. Yakni dengan mengarahkan perhatian siswa agar mereka dapat benar-benar paham bahwa belajar perkalian itu sangat penting. Kemudian guru mengkomunikasikan dengan penuh antusias terhadap materi yang dijelaskan dan juga sesering mungkin melakukan tanya jawab. Setelah itu, guru memberikan latihan-latihan serta tugas pekerjaan rumah secara rutin, untuk meningkatkan kemampuan siswa.

    Dan terbukti pada pertemuan selanjutnya, siswa mulai antusias terhadap pembelajaran yang dilakukan. Itu berarti solusi atau tips-tips yang diterapkan guru telah berhasil membuat siswa semangat belajar.

  9. Nama : Santi Suntia
    Nim : 856746359
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Palembang
    Pokjar : Air kumbang

    Setelah saya menyaksikan video pembelajaran diatas, maka dapat saya ambil kesimpulan bahwa: Dalam pembelajaran tersebut, digambarkan seorang guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Awalnya, sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas. Terlihat bahwa salah satu solusi yang ditawarkan oleh guru adalah menggunakan media chart. Namun hal tersebut juga belum bisa membuat siswa bersemangat dalam belajar. Untuk itu, guru pantang menyerah dan melakukan tips-tips dalam pembelajaran yang efektif. Yakni dengan mengarahkan perhatian siswa agar mereka dapat benar-benar paham bahwa belajar perkalian itu sangat penting. Kemudian guru mengkomunikasikan dengan penuh antusias terhadap materi yang dijelaskan dan juga sesering mungkin melakukan tanya jawab. Setelah itu, guru memberikan latihan-latihan serta tugas pekerjaan rumah secara rutin, untuk meningkatkan kemampuan siswa.

    Dan terbukti pada pertemuan selanjutnya, siswa mulai antusias terhadap pembelajaran yang dilakukan. Itu berarti solusi atau tips-tips yang diterapkan guru telah berhasil membuat siswa semangat belajar.

  10. Nama : MONIKO RIZKI PRAYOGA
    NIM : 857010184
    UPBJJ : Bandar Lampung
    Pokjar : Kedaton

    Mohon izin Bapak/Ibu, saya ingin menanggapi video di atas. Setelah saya menyaksikan video di atas “Kurang Mengetahui Perkalian Dasar”, saya pikir para siswa masih bingung dan belum mengerti dengan apa yang dijelaskan oleh guru dikarenakan kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan yang di paparkan oleh guru di papan tulis meskipun sudah diberi contoh di papan tulis. Masalah yang ada didalam video tersebut adalah guru menjelaskan perkalian dasar yaitu perkalian 1 dan 2 yang dimana siswa masih belum mengerti dan masih bingung karena belum hafal perkalian, tetapi guru memberikan pertanyaan dengan perkalian atas seperti perkalian 7 dan 8, sehingga siswa semakin tidak mengerti apa yang ditanyakan oleh guru kepada siswa tersebut.
    Demikian pendapat yang bisa saya sampaikan, terima kasih.

Leave a Reply