silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Muhammad Guntur Djai
NIM : 859762462
Dari hasil pengamatan saya pada video pembelajaran dengan judul “Kurang mengetahui perkalian dasar” adalah untuk awal pembelajaran tampak siswa tidak mengerti apa yang dijelaskan oleh Guru. Guru masih menggunakan media papan tulis dan metode ceramah dalam menjelaskan perkalian sehingga sebagian siswa nampak tidak semangat dan kurang memperhatikan guru.
Saran saya sebagai pendidik, Guru harus lebih kreatif lagi dalam menyiapkan metode awal sebelum memulai pembelajaran sehingga siswa lebih antusias sejak awal pembelajaran
Nama : M. Sali Ardiansah Kumara
Nim : 857002194
Pokjar : Waytuba
Upbjj : Bandar Lampung
Dari video pembelajaran tentang konsep perkalian dasar yang sudah saya tonton saya menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut.
Kelebihan yang saya temukan dalam video pembelajaran matematika konsep dasar perkalian adalah
•Guru memberikan tugas menghapal perkalian terlebih dahulu agar siswa lebih fokus.
•Guru memberikan penjelasan berulang tentang konsep dasar perkalian dengan cara yang lebih mudah dipahami oleh siswa sehingga diakhir video siswa sudah mulai bisa menjawab pertanyaan guru.
•Guru sudah bisa membuat siswa memperhatikan saat dia mengajar.
•Guru memberikan pujian ketika siswa berhasil menjawab pertanyaan.
•Guru juga memberikan latihan latihan dan pekerjaan rumah untuk membantu siswa lebih memahami konsep dasar perkalian.
Adapun kelemahan yang saya temukan dalam video pembelajaran konsep perkalian dasar ialah:
•Guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti doa, mengabsensi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran guru langsung masuk ke penjelasan materi.
•Guru kurang bisa menarik perhatian siswa.
•Siswa sangat tidak memperhatikan guru banyak yang bermain main dan asik sendiri.
•Siswa tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru karena penjelasan guru yang kurang jelas dan terburu-buru dan jelas tidak menarik bagi siswa.
•penggunaan media yang kurang menarik minat siswa untuk memperhatikan guru ketika menjelaskan.
•Guru tidak melakukan kegiatan penutup pada akhir kegiatan pembelajaran.
Solusi yang dapat digunakan yaitu
•Guru membuka pembelajaran dengan kegiatan awal yang sesuai seperti membaca doa dan menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
•Sebaiknya guru menggunakan media yang lebih menarik dan konkrit sehingga siswa lebih tertarik dengan kegiatan pembelajaran dan mudah memahami materi.
•Guru tidak menjelaskan pelajaran dengan terburu-buru dan memperhatikan siswa mengajak siswa kembali fokus pada materi dan penjelasan.
Nama : Dwi Erizka Harahap
Nim : 855865258
Pokjar : Tebing Tinggi
Dari hasil pengamatan saya pada video pembelajaran dengan judul “Kurang mengetahui perkalian dasar” adalah untuk awal pembelajaran tampak siswa tidak mengerti apa yang dijelaskan oleh Guru. Guru masih menggunakan media papan tulis dan metode ceramah dalam menjelaskan perkalian sehingga sebagian siswa nampak tidak semangat dan kurang memperhatikan guru.
Saran saya sebagai pendidik, Guru harus lebih kreatif lagi dalam menyiapkan metode awal sebelum memulai pembelajaran sehingga siswa lebih antusias sejak awal pembelajaran.
Dari vidio tersebut,guru kurang memberi contoh,tadi di sebutkan bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang,setelah anak disuruh menghafal anak akan semanggat dalam pembelajaran,berbagai cara yang harus guru tempuh untuk supaya anak hafal perkalian
– mencongak di saat pulang/bubaran sekolah
– menghafal sebelum mulai pembelajaran
– tugas di awal pelajaran
– mengambil kartu angka dan menyebutkan setiap kartu yang di dapat,berapa kali berapa sama dengan kartu angka yang di dapat
-tugas di rumah dan bila tidak mengerjakan tugas maka sangsi kesepakatan bersama dalam satu rung kelas tersebut.
guru dalam vidio tersebut hebat dan anak mampu menyebutkan dan hafal perkalian .
Dari vidio tersebut,guru kurang memberi contoh, tadi di sebutkan bahwa perkalian adalah penjumlahan berulang, setelah anak disuruh menghafal anak akan semangat dalam pembelajaran, berbagai cara yang harus guru tempuh untuk supaya anak hafal perkalian : menghafal sebelum mulai pembelajaran, tugas di awal pelajaran, mengambil kartu angka dan menyebutkan setiap kartu yang di dapat,berapa kali berapa sama dengan kartu angka yang di dapat, tugas di rumah dan bila tidak mengerjakan tugas maka sangsi kesepakatan bersama dalam satu ruang kelas tersebut.
guru dalam vidio tersebut hebat dan anak mampu menyebutkan dan hafal perkalian.
Nama : Esti
NIM : 856081742
UPBJJ : Batam
Berdasarkan vidio yang telah saya lihat, pada proses awal pembelajaran guru langsung masuk ke materi pelajaran, guru tidak mempersiapkan kesiapan belajar siswa, tidak memotivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran. Terlihat dalam video banyak siswa yang sibuk sendiri tidak memperhatikan guru, guru tidak memberikan apersepsi sehingga siswa tidak menguasai pelajaran yang akan dipelajari dan menyampaikan tujuan pelajaran yang akan dipelajari hari ini. Dalam video tersebut terlihat kurangnya semangat siswa dalam pembelajaran. Dikarenakan guru kurang mengkondisikan kelasnya. Alangkah baiknya, sebelum memulai kelas atau pembelajran guru mengkondisikan kelasnya terlebih dahulu, dan memberikan motivasi agar siswa tertarik dalam pembelajaran. Setelah memasuki materi pembelajaran juga guru kurang menjelaskan secara detail materi yang diajarkan, sehingga menyebabkan siswa kurang paham dan ketika guru memberi pertanyaan tentang perkalian tidak ada satu siswapun yang dapat menjawab
Nama : Farida Romaulina Purba
NiM : 501222301
Prodi : MPDr UT Bogor
Pada video yang saya amati guru langsung ke materi pembelajaran tanpa memperikan pertanyaan pematik sehingga siswa tidak tertarik dengan pembelajaran yang diberikan. banyak siswa menunjukkan kekurang tertarikkannya terhadap pelajaran tersebut. guru kurang memberi contoh-contoh lain misalnya dengan menggunakan perumpamaan benda. guru harus bisa menarik fokus siswa agar siswa tertarik dengan materi perkalian, memberikan latihan-latihan dan sering mengadakan tanya jawab.
Assalamualaikum wr wb
Dari vidio tersebut terlihat siswa masih belum konsetrasi dengan kegiatan belajar, sehingga siswa belum memahami materi dengan baik, selain menggunakan media ajar yang belum sesuai (menulis di papan tulis), guru harus menggugah agar siswa bisa berkonstrasi, menggunakan media ajar yang sesuai dan memberikan pertanyaan berulang sehingga bisa menilai sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima pelajaran.
Saran saya sebagai pendidik, Guru harus lebih kreatif lagi dalam menyiapkan metode awal sebelum memulai pembelajaran sehingga siswa lebih antusias sejak awal pembelajaran.
Menurut pengamatan saya, Bu Guru masih mengunakan satu metode dalam proses pembelajaran matematika, walaupun sudah menggunakan media tabel perkalian. Pertanyaan yang diberikan juga terlalu tinggi untuk pertanyaan pertama setelah contoh yang menggunakan angka yang kecil.
Sebaiknya, guru pertama kali harus menarik minat siswa, selain dengan tulisan di papan tulis, guru juga dapat mengunakan bena kongkret semisal jari-jarinya untuk contoh awal. Baru kemudian ke angka yang lebih tinggi.
Nama: Rismawanti Putri
NIM: 501252748
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Menurut video di atas yang berjudul Kurang Mengetahui Perkalian Dasar bahwa secara keseluruhan guru sudah memberika pembelajaran dengan baik, namun disarankan guru menggunakan model dan media pembelajaran yang menarik dan kreatif, di sini guru hanya sering menggunakan metode ceramah tanpa mengetahui kesiapan belajar siswa. Guru belum mengkondisikan siswa untuk belajar, siswa dapat diberika ice breaking dan motivasi agar dapat mengikuti pembelajaran dengan semangat dan baik. Kurang adanya pertanyaan-pertanyaan pemantik untuk memancing siswa berpikir kritis.