silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

628 Comments

  1. Nama : Sri Wahyuni
    Nim : 859895355
    Pokjar : Asahan

    Dari video pembelajaran di atas tentang“Kurang mengetahui perkalian dasar” yang sudah saya tonton saya menemukan dan melihat banyak siswa yang tidak tertib dan sibuk sendiri dengan dirinya sendiri,Sebagian siswa nampak tidak semangat dan kurang memperhatikan guru.banyak yang bermain main sehingga suasana kelas menjadi kurang kondusif dan tidak teratur. dalam video terlihat guru langsung memberikan tugas tanpa memberikan arahan terlebih dahulu agar siswa lebih termotivasi dengan pelajaran, tidak memberikan arahan tentang tujuan dari pembelajaran yang akan di lakukan di dalam proses belajar di kelas.sehingga membuat siswa tidak teratur dan tidak tertib.Saran saya yaitu Guru dapat menguasai dan mengkondisikan anak – anak di kelas,membuka pembelajaran dengan kegiatan awal yang sesuai di kelas,Dan Sebaiknya guru menggunakan media dalam menerangkan pembelajaran agar siswa semakin semangat dalam belajar ,dan mudah memahami materi di kelas.

  2. Nama : Arbaiyah
    NIM : 856078411
    Berdasarkan video yang telah saya lihat,Guru kurang menguasai cara penyampain materi melalui alat peraga yang digunakan, dan penjelasaanya kurang detail. Contoh nya cara perhitungan yang disampaikan oleh guru tersebut kurang jelas. Guru tersebut langsung memberikan contoh 2 x 1 = 2 dan 1 x 2 = 2 tanpa memberikan penjelasan awal bahwa perkalian merupakan konsep penjumlahan berulang. Sehingga tidak jelas kenapa angka 1 tersebut dijumlahkan sebanyak 2 kali. Guru juga seharusnya memberika tugas rumah kepada siswa agar siswa dapat belajar banyak dirumah dan dapat cepat memahami perkalian.

  3. Nama : Arbaiyah
    NIM : 856078411
    Dari video diatas menurut saya, Guru kurang menguasai cara penyampain materi melalui alat peraga yang digunakan, dan penjelasaanya kurang detail. Contoh nya cara perhitungan yang disampaikan oleh guru tersebut kurang jelas. Guru tersebut langsung memberikan contoh 2 x 1 = 2 dan 1 x 2 = 2 tanpa memberikan penjelasan awal bahwa perkalian merupakan konsep penjumlahan berulang. Sehingga tidak jelas kenapa angka 1 tersebut dijumlahkan sebanyak 2 kali. Guru juga seharusnya memberika tugas rumah kepada siswa agar siswa dapat belajar banyak dirumah dan dapat cepat memahami perkalian.

  4. Nama : Hidayat
    Nim. : 856084873

    Berdasarkan video diatas tentang ” kurang mengerti perkalian dasar ” yaitu :
    permasalahan :
    Pertama, guru tersebut belum mempersiapkan kondisi siswa yang mana saat itu para siswa masih ada yang mengantuk , bengong dan belum konsentrasi saat proses pembelajaran
    kedua, guru tersebut ketika memberikan materi perkalian langsung masuk ke materi pokok nya tanpa ada memotivasi siswa terlebih dahulu , dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan agar siswa lebih fokus dan semangat.
    ketiga, ketika guru menjelaskan materi perkalian dasar , penjelasannya masih membingungkan siswa walaupun sudah memakai media pembelajaran berupa gambar perkalian .
    keempat , ketika anak-anak belum faham tentang materi perkalian tetapi anak-anak sudah langsung disuruh menghapal tanpa ada pengulangan materi.

    Penyelesaian masalah :
    Pertama, sebelum masuk materi perkalian anak-anak sudah diperintahkan untuk menghapal perkalian dasar 1-10, dengan begitu akan memudahkan siswa dalam mengerjakan materi perkalian.
    kedua, guru tersebut menjelaskan materi dengan detail, dengan cara yang praktis dan mudah di pahami oleh siswa .
    setelah siswa paham dengan materi guru dan siswa terlibat aktif dalam mendalami pemahan tentang perkalian dasar’
    Untuk mengetahui apakah anak-anak sudah paham tentang materi perkalian guru harus memberikan latihan-latihan , dan pekerjaan rumah.
    Dengan begitu guru bisa menilai mana anak yang sudah paham , yang masih setengah paham dan yang belum paham .

  5. Nama : MERCY PUTRAMAN HAREFA
    SALUT : ALASA
    Menurut saya pada video di atas, tidak ada keaktifan siswa untuk mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung bahkan mereka tidur, ribut dan mereka tidak mengerti sama sekali. Pada saat diberikan pertanyaan tidak ada yang menjawab. Terimakasih

  6. NAMA : ANINDA DIAN NUR INSANI
    NIM : 856080188
    dari video yang saya amati, dapat saya simpulkan bahwa saat pembelajaran dilakukan guru tidak melakukan apersepsi, guru juga menggunakan media yang kurang maksimal. padahal penggunaan media dalam pembelajaran itu sangat berpengaruh pada pembelajaran. namun diakhir pembelajaran, guru dpat menjelaskan materi dengan baik, sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan dengan mudah.

  7. Nama : Nadiyah febri lubis. Menurut saya cara mengajar ibu guru sangat monoton. Jadi siswa kurang tertarik dengan apa yang diajarkan oleh gurunya. Ditambah guru nya seperti asyik sendiri tak ada interaksi tanya jawab yang memunculkan rasa ingin tahu siswa. Kelasnya jadi tidak kondusif. Langsung ke pelajaran tanpa adanya doa,absen dan juga cerita pemancing pelajaran .

  8. Nama: mochamad Syukron m
    salut : smp 3 Muhamadiyah purwokerto
    1.sinopsi
    Guru sedang mengajar perkalian dasar. Disaat siswa masih gaduh, tidak konsentrasi dan malas-malasan sehingga pada saat di tanya, siswa tidak bisa menjawab.
    2.Kekuatan
    Guru sudah menggunakan chart dan juga memberikan waktu suapaya siswa bisa menghafal dan memahami perkalian dasar dan juga guru memberikan tugas rumah atau PR serta memebrikan sanki bagi siswa yang tidak mengerjakannya.
    3.Kelemahan
    Guru belum bisa memusatkan perhatian siswa, pada saat diruang kelas siswa masih belum kondusif dan siswa tidak berkonsentrasi serta terasa malas.
    4.Solusi
    Guru dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik siswa, sehingga siswa fokus dalam pembelajaran perkalian dasar. Yang kedua guru juga bisa bernyanyi bersama siswa sehingga siswa dapat mudah menghafal dalam perkalian dasar.

  9. NAMA : YUNI EKOWATI
    NIM : 877969211
    PRODI : PGSD BI
    POKJAR : JOYOBOYO

    Seri pembelajaran SD / Matematika / Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
    Dari video pembelajaran yang telah saya Simak, tentang konsep perkalian dasar saya menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut. Adalah sebagai berikut :
    1. Kelebihan
    – Guru sudah menggunakan Chart sederhana sebagai media pembelajaran, yaitu tentang konsep perkalian
    – Setelah guru menjelaskan tentang konsep dasar perkalian, guru sudah memberikan waktu untu siswa menghafal perkalian
    – Guru sudah memberikan Latihan soal dikelas dan tugas rumah
    – Pada akhir pembelajaran, guru melakukan refleksi terhaddap materi, dengan memberikan kuis agar dijawab oleh siswa
    2. Kekurangan
    – Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, guru belum melakukan apersepsi .
    – Dengan langsung menjelaskan materi, siswa menjadi bingung dan akhirnya tidak tertarik untuk memperhatikan guru.
    – Siswa nampak tidak bersemangat, tidur-tiduran, dan melamun.
    – Saat menjelaskan, guru sangat cepat sehingga siswa tidak paham dan akhirnya tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan.
    – Media yang digunakan kurang menarik siswa.
    3. Media yang digunakan, kurang variative dan kreatifSolusi untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya
    – Guru melakukan apersepsi di awal pembelajaran ( membaca do’a, absensi siswa, dan menyampaikan tujuan pembejaran pada hari itu )
    – Saat menyampaikan materi, hendaknya guru tidak terlalu cepat, dan hendaknya media yang digunakan lebih variative dan konkrit. Mungkin guru bisa menyediakan batang lidi atau media lain, yang digunakan sebagai contoh nyata, agar siswa tertarik belajar materi.
    – Pada materi kosep dasar perkalian, ini dilaksanakan pada kelas bawah. Pada kelas bawah, biasanya anak cenderung bosan apabila materi yang disampaikan menggunakan metode ceramah. Maka, bila memjungkinkan guru bisa menggunakan media LCD/proyektor.
    – Pada akhir pembelajaran saat guru menyampaiakan tugas rumah, guru menegaskan agar siswa mengerjakan Latihan tersebut.
    – Diakhir pembelajaran, guru bisa melakukan kegiatan tanya jawab cepat tentang perkalian.

Leave a Reply