silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Muchtar M Noor
Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.
Drs. Tarhadi, M.Si.
1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
2. Penggunaan media labih optimal.
3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.
Taufik Ma’ruf
Nama : Aulia Dayu Kholifah
NIM : 858542997
Pada video tersebut terlihat ekspresi siswa yang kebingungan dan belum mengerti dengan penjelasan gurunya, hal ini disebabkan karena siswa kurang memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru. Dalam video tersebut terlihat kelebihan guru adalah :
– Guru beinteraksi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa, hal ini digunakan untuk mengajak siswa lebih fokus.
– Guru menerangkan kembali perkalian dengan contoh yang lebih mudah dipahami siswa
Dari video di atas menurut saya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut sebaiknya guru melakukan beberapa hal yaitu :
a) Arahkan perhatian siswa agar mereka dapat benar-benar paham bahwa belajar perkalian adalah pembelajaran yang sangat penting
b) Komunikasikan dengan antusias dan lakukan tanya jawab sesering mungkin
c) Memberikan latihan-latihan serta tugas pekerjaan rumah dan diberikan sangsi bagi yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah sesering mungkin
Anak2 tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, melainkan anak sibuk dengan kegiatan mereka masing-masing,guru yang menjelaskan dengan jelas namun siswanya tidak peduli,dan akhirnya siswa tidak dapat mengerti dengan apa yang sudah dijelaskan oleh Bu guru.
Nama : Salatsa Apriati Kartika Sari
Nim: 857951924
Pokja : UPJJ Parakan
Dalam video pembelajaran tersebut ada beberapa kekurangan guru dalam melakukan pembelajaran di dalam kelas di antaranya:
1. Masih banyak anak yang bergurau dan melamun.
2. Masih ada anak yang mengangantuk dan tidak memperhatikan.
3. model pengajaran guru yang kurang efektif dengan peserta didik
4. Tulisan guru di papan tulis kurang jelas sehingga anak sulit menerima pembelajaran
5. Kurangnya komunikasi dan interaksi antara peserta didik dan guru
Menurut pendapat saya yang dapat dilakukan guru tersebut bisa menganti metode mengajar dan alat peraga yang lebih menarik pada pembelajaran tersebut sehingga anak2 dalam pembelajaran merasa senang dan menyenangkan.
NAMA : DOMINIKA SITUMORANG (860110392)
Saya akan memberikan komentar tentang kelebihan dan kekurangan pada video pada seri pembelajaran kurang mengetahui perkalian dasar
Kelebihan pada video pembelajaran pada video tersebut guru sudah berusaha dengan maksimal menyampaikan pembelajaran kepada anak didik dengan peralatan yang disediakan dengan metode tertentu
kekurangan pada video tersebut adalah guru tidak mengawalawi kegiatan dengan pembukaan yang menarik berpa ice breaking sehing minat dan semangat siswa kurang dan itu dibuktikan saat guru menjelaskan sebagian siswa ada yang bermalas malasan
demikian pendapat yang bisa saya sampaikan terimakasih sukses untuk UT
Nama Vepy Citra Novita
NIM 856603315
dari video tersebut, dalam pelajaran ini(matematika) siswa tidak memahami atau bingung terlihat ekspresi siswa yang belum mengerti dengan penjelasan gurunya,
dan mereka tidak memperhatikan gurunya yang sedang menjelaskan. adapun kelebihan gurunya : gurunya berinteraksi dengan siswa dan memberika pertanyaan kepada mereka agar lebih memahami dan fokus agar tidak ribut.
dari video ini untuk meningkatkan pelajaran ini guru harus bisa mengajak mereka bermain kuis agar mereka fokus dan es breking.
Nama : Novika Romanda
Nim : 855868371
Semester/Kelas : 8/B
Pada video tersebut terlihat guru belum mengucapkan sapaan pembukaan pembelajaran. Pada saat mulai belajar siswa belum dalam kondisi siap dalam belajar. Terlihat begitu banyak siswa yang tidak memperhatikan guru dan fokus mereka juga belum tertuju pada guru maupun pembelajaran, terlihat kebanyakan kurang semangat dan mengantuk. Dalam video tersebut terlihat guru menggunakan media pembelajaran berupa tulisan bilangan perkalian. Pada saat sesi tanya-jawab, terlihat banyak siswa yang tidak merespon bahkan hanya diam saja. Menurut pendapat saya, kita dapat melakukan latihan perkalian kepada siswa dengan arahkan perhatian siswa agar dapat memahami secara perlahan, melakukan penugasan hapalan, dan melakukan penjelasan dengan cara yang mudah.
Pada video tersebut menggambarkan berbagai tantangan yang sering dihadapi oleh guru dalam mengajarkan matematika dasar, khususnya dalam operasi perkalian. Salah satu masalah yang muncul adalah kegaduhan di kelas dan kurangnya konsentrasi siswa, yang umumnya disebabkan oleh ketidakpahaman mereka dan tulisan guru yang kurang jelas. Namun, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain yang juga berkontribusi pada suasana kelas yang hiruk-pikuk, seperti perbedaan gaya belajar siswa. Dalam hal ini, guru perlu peka terhadap perbedaan tersebut dan menyesuaikan metode pengajaran agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Selain itu, kurangnya interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran serta lingkungan belajar yang tidak mendukung juga dapat menjadi penyebab.
Dalam upayanya, guru menggunakan chart sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Namun, untuk meningkatkan efektivitas pengajaran, sangat disarankan untuk memperkenalkan variasi metode yang lebih luas, seperti menggunakan benda-benda konkret, permainan edukatif, dan aktivitas kelompok. Hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami konsep perkalian secara lebih visual dan interaktif. Setelah siswa menguasai konsep dasar, guru bisa melanjutkan dengan memberikan latihan soal.
Selain itu, ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh guru, seperti mengarahkan perhatian siswa dan berkomunikasi dengan penuh antusiasme. Ini merupakan langkah-langkah penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Namun, perlu diingat bahwa penerapan sanksi sebagai motivasi untuk menyelesaikan latihan dan pekerjaan rumah harus dipertimbangkan dengan hati-hati. Pemberian sanksi yang tidak tepat dapat berpotensi menimbulkan dampak negatif pada psikologi anak dan menciptakan ketakutan terhadap pelajaran matematika.
Nama : REKA PRATIWI
NIM : 857163577
Pokjar : Kalideres
Smt : 6B
Dalam video tersebut menggambarkan berbagai tantangan yang sering dihadapi oleh guru dalam mengajarkan matematika dasar, khususnya dalam operasi perkalian. Salah satu masalah yang muncul adalah kegaduhan di kelas dan kurangnya konsentrasi siswa, yang umumnya disebabkan oleh ketidakpahaman mereka dan tulisan guru yang kurang jelas. Namun, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain yang juga berkontribusi pada suasana kelas yang hiruk-pikuk, seperti perbedaan gaya belajar siswa. Dalam hal ini, guru perlu peka terhadap perbedaan tersebut dan menyesuaikan metode pengajaran agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Selain itu, kurangnya interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran serta lingkungan belajar yang tidak mendukung juga dapat menjadi penyebab.
Dalam upayanya, guru menggunakan chart sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Namun, untuk meningkatkan efektivitas pengajaran, sangat disarankan untuk memperkenalkan variasi metode yang lebih luas, seperti menggunakan benda-benda konkret, permainan edukatif, dan aktivitas kelompok. Hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami konsep perkalian secara lebih visual dan interaktif. Setelah siswa menguasai konsep dasar, guru bisa melanjutkan dengan memberikan latihan soal.
Selain itu, ada beberapa tips yang bisa diterapkan oleh guru, seperti mengarahkan perhatian siswa dan berkomunikasi dengan penuh antusiasme. Ini merupakan langkah-langkah penting dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Namun, perlu diingat bahwa penerapan sanksi sebagai motivasi untuk menyelesaikan latihan dan pekerjaan rumah harus dipertimbangkan dengan hati-hati. Pemberian sanksi yang tidak tepat dapat berpotensi menimbulkan dampak negatif pada psikologi anak dan menciptakan ketakutan terhadap pelajaran matematika.
Nama : Oktari Devianti
Nim : 856050067
Pokjar : Asahan
dalam video tersebut guru langsung memberikan soal perkalian dasar,dan siswa terlihat ada yang kebingungan dan ada juga siswa yang tidak terlalu memperhatikan saat guru menjelaskan materi pembelajaran,sehingga siswa tidak dapat mengerti dengan apa yang yang sudah dijelaskan oleh guru.
Judul Video : Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Nama : Indy Mutriana Umairoh
NIM : 857028814
Kelas : 6C
Prokjar : Sidomulyo
UPBJJ : Bandar Lampung
Berikut adalah hasil analisis saya setelah menyimak tayangan video berjudul “Kurang Mengetahui Perkalian Dasar”:
1). Pada awal pembelajaran respon siswa terhadap pembelajaran matematika mengenai perkalian dasar kurang antusias. Siswa terlihat bosan, mengantuk, bahkan banyak yang tidak memperhatikan. Pada saat guru menyampaikan materi siswa tampak bingung dan merasa takut. Suasana kelas menjadi tidak terlihat nyaman. Guru mencoba metode mengajar menggunakan chart, siswa mulai tampak tertarik berlajar dan menaruh perhatian kepada guru saat menjelaskan.
2). Kurang antusiasnya siswa dalam proses pembelajaran adalah salah satu adanya kelemahan guru yaitu guru tidak melakukan pembukaan yang menarik, hangat, dan antusias. Untuk anak kelas rendah pembukaan guru terkesan monoton, siswa mudah bosan dan tidak tertarik yang mengakibatkan kesiapan belajar siswa menjadi kurang optimal. Kelemahan lainnya dalam proses pemaparan materi pada awalnya guru tidak menggunakan media ajar secara optimal dan penjelasan yang tidak detail menyebabkan siswa masih bingung.
3). Meskipun demikian, ada kelebihan-kelebihan yang di miliki oleh guru dalam proses belajar mengajar. a. Guru berusaha mengevaluasi dan melihat keadaan siswa yang tampak masih bingung sehingga guru melakukan perubahan metode belajarnya, b. Penggunaan media ajar menjadi lebih optimal menggunakkan chart yaitu dengan siswa mengahfalkan angka perkalian di chart, c. Melakukan pengerjaan soal perkalian step by step bersama siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami konsep dasar perkaliannya.
4). Keunikan dalam proses pembelajaran tersebut yaitu guru menggunakkan media ajar lebih praktis dan mudah dibuat namun efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
5). Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu guru sebaiknya melakukan pembukaan pembelajaran yang lebih menarik, hangat, dan menyenangkan agar dapat membangun antusiasme dan kesiapan belajar siswa sejak awal. Guru dapat memanfaatkan ice breaking sederhana atau permainan kecil yang berkaitan dengan materi perkalian untuk menarik perhatian siswa. Selain itu, sebelum memulai materi inti, guru perlu menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaat materi bagi kehidupan sehari-hari siswa agar mereka lebih termotivasi untuk belajar. Penggunaan media ajar seperti chart bisa ditingkatkan lagi dengan menambahkan warna-warni menarik atau gambar pendukung agar siswa kelas rendah lebih tertarik. Terakhir, guru juga bisa memberikan latihan soal dengan metode permainan kelompok atau tantangan kecil agar proses belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan.