silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

750 Comments

  1. Nama : Della
    Nim : 858081114
    Pada video tersebut tidak adanya pendahuluan seperti salam , tidak menanyakan kehadiran siswa,tidak adanya doa ,tidak adanya menghubungkan pembelajaran sebelumnya dan hari ini. saat memulai pembelajaran dan di saat guru tersebut menjelaskan siswa terlihat bingung dengan penjelasan yang guru tersebut karena siswa tidak peduli karena siswa terlihat bosan dan guru tersebut tidak media seperti papan perkalian.

  2. Nama :Yeni Agustina
    Nim : 85683535
    Kelas : D
    Pokjar : Sidomulyo
    Upbjj : Bandar Lampung
    Materi : kurang mengetahui perkalian dasar

    1. reaksi anak atau siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru
    Siswa merasa bosan saat pembelajaran sehingga fokus mereka terbagi,bahkan hampir semua siswa tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi.

    2. Kelemahan guru dalam melaksanakan pembelajaran
    a.pembelajaran yang disampaikan terlalu monoton
    b.kurangnya alat peraga untuk menyampaikan materi
    c.kurang menarik perhatian siswa dan masih menggunakan metode menghafal.

    3. Kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran
    a.guru dapat mengkondisikan kelas
    b.penyampaian guru yang cukup tegas.

    4. Hal-hal unik dalam video pembelajaran
    a.Guru hanya menggunakan alat bantu berupa tulisan perkalian yang ditempelkan
    b.penyampaian yang sulit dimengerti siswa

    5. Upaya yang dapat dilakukan
    Sebaiknya guru tersebut menyampaikan cara-cara mengenal perkalian dengan metode yang kreatif dan inovatif.
    Menciptakan suasana kelas yang menarik perhatian dan fokus siswa guna menciptakan suasana kelas yang aktif dan interaktif.

  3. Assalamualikum..
    perkenalkan nama saya :
    Nama IPA JASRI
    NIM 856534529
    Pokjar Pelalawan

    Izin kan saya menanggapi pada video tersebut, awalnya guru tidak menggunakan salam pembuka,do’a dan mengabsen siswa, dan guru secara langsung menjelaskan secara cepat sehingga siswa tidak menegerti, guru juga tidak memperhatikan siswa nya sehingga masih ada yg bermain..
    kelebihan video berikut nya menurut saya, guru menjelaskan dengan pelan dan merapikan anak supaya tertip dan memperhatikan guru nya. sehingga guru menjelaskan dengan pelan dan memberi contoh perkalien dengan pelan sehingga siswa menegerti,,sehingga terjadi umpan balik antara guru dan siswa. seharus nya di kelas rendah perkalian menggunakan media sehingga siswa bisa lebih menarik belajar dan mudah di mengerti

  4. NAMA : RAHMAWATI
    NIM : 858071342

    Setelah saya menyaksikan video pembelajaran matematika tentang kurangnya pengetahuan perkalian dasar, berikut analisis saya:
    Dari video tersebut, narasi atau penjelasan dari guru sudah jelas namun sepertinya masih kurang menarik minat siswa karena sebagian besar siswa sibuk sendiri. Lalu, siswa juga tidak diajak untuk berpikir atau hanya pasif. Penjelasan juga terlalu cepat dan tidak ada variasi untuk menarik minat minat agar bersama ikut dalam pembelajaran. Setelahnya siswa disuruh menjawab pertanyaan. Tentu saja diantara mereka ada yang tidak bisa jawab dikarekan mereka tidak fokus dengan apa yang diterangkan guru didepan, meski ada yang bisa jawab juga.

    Pembelajaran yang terlalu monoton seperti itu tidak sesuai dengan jenjang dan karakter siswa yang dituju. Umumnya anak-anak seusia mereka tertarik dengan variasi-variasi menarik dalam pembelajaran, misal dengan menggunakan media yang lebih unik dan menarik minat anak. Bisa juga dengan bernyanyi, terkadang anak akan lebih mudah ingat ketika pelajaran atau materi itu dibuat nyanyian.

    Dari video tersebut dapat, guru terlalu monoton dan tidak memvariasi metode mengajarnya, hingga tidak dapat merangsang siswa untuk berpikir dan mengikuti pembelajaran dengan maksimal. Seharusnya beri mereka umpan-umpan berupa pertanyaan, atau membaca perkalian bersama agar mereka dpat terdistraksi oleh pembelajaran.

  5. Nama : Oktavia Manda
    NIM : 858071518
    Semester : 8
    Salut : Musyaahadah

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Izin menanggapi video seri pembelajaran : matematika SD (konsep perkalian dasar).
    Pada pembelajaran yang diberikan oleh guru, terlihat pembelajaran yang menonton sehingga siswa merasa malas dan bosan. Kelemahan dari video pembelajaran ini yaitu, guru tidak melakukan apersepsi, motivasi dan ice breaking terlebih dahulu sebelum memasuki materi pembelajaran. Hal ini harus dilakukan agar siswa merasa fokus, bersemangat dalam belajar, mengurangi kebosanan serta mengatasi ketegangan. Kelebihan video pembelajaran tersebut adalah guru sudah melakukan tanya jawab kepada peserta didik supaya siswa terangsang untuk berpikir dan berani untuk mengemukakan pendapatnya. Solusinya yaitu guru dapat membangun suasana KBM yang menyenangkan, membuat media pembelajaran yang interaktif, metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, serta guru dapat mengarahkan perhatian dengan menunjukkan semangat dalam mengajarkan di kelas sehingga menciptakan lingkungan belajar yang positif, efektif dan efisien.

  6. Kurangnya Minat: Anak mungkin merasa matematika membosankan atau sulit, sehingga motivasi belajar rendah.
    Metode Pengajaran: Pendekatan yang kurang interaktif atau tidak sesuai dengan gaya belajar anak dapat menghambat pemahaman.
    Fondasi yang Lemah: Jika konsep dasar seperti penjumlahan atau pengurangan tidak dikuasai sejak awal, anak akan kesulitan memahami materi lanjutan.
    Gangguan Fokus: Faktor lingkungan, seperti kebisingan atau kurangnya dukungan, bisa mengganggu konsentrasi.
    Kecemasan Matematika: Takut salah atau tekanan dari orang tua/guru bisa membuat anak enggan belajar.
    Gunakan metode belajar yang menyenangkan, seperti permainan atau cerita.
    Berikan pujian untuk meningkatkan kepercayaan diri.Latih konsep dasar secara bertahap dengan latihan sederhana.
    Ciptakan lingkungan belajar yang tenang dan suportif.

  7. Nama : SUGIANTO
    Nim : 85981999
    UPBJJ : Medan

    1) Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Dalam video tersebut, terlihat bahwa sebagian besar siswa menunjukkan sikap kurang antusias terhadap pembelajaran. Mereka tampak gaduh, tidak fokus, dan cenderung malas mengikuti pelajaran. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh ketidakpahaman mereka terhadap materi yang diajarkan serta kurangnya kejelasan dalam penyampaian materi oleh guru.

    2) Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Penggunaan media pembelajaran yang kurang optimal, hanya mengandalkan papan tulis, Tulisan di papan tulis kurang jelas, sehingga menyulitkan siswa dalam memahami materi dan kurangnya variasi metode pengajaran yang dapat menarik perhatian siswa.​

    3) Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Struktur pembelajaran yang baik, dengan pembukaan dan penutup yang cukup jelas dan materi yang disampaikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

    4) Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru melaksanakan pembelajaran?
    Salah satu hal unik yang ditampilkan dalam video adalah saran penggunaan chart sebagai alat bantu visual untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep perkalian dasar. Penggunaan chart ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.

    5) Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Menggunakan media pembelajaran yang lebih variatif dan menarik, seperti chart atau alat peraga lainnya. Meningkatkan keterampilan guru dalam menyampaikan materi dengan cara yang lebih interaktif dan mudah dipahami serta memberikan pelatihan kepada guru mengenai teknik mengajar yang efektif dan penggunaan media pembelajaran yang tepat.

  8. Nama : Dini Hardianti
    Nim : 856480774
    Semester : 6
    Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatu
    Pada vidio pembelajaran tersebut anak-anak merasa bosan dan malas belajar dikarenakan guru yang terlalu monoton memberikan materi ,sehingga siswa merasa sangat bosan di dalam kelas. solusinya yaitu seharusnya guru menggunakan metode pembelajaran yang menarik seperti gambar, vidio, dan yang lainnya supaya meningkatkan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan.

  9. Nama : Nur Hidayah
    NIM : 858527812

    Sinopsis
    Berdasarkan video pembelajaran yang telah saya saksikan. Menampilkan seorang guru yang sedang melakukan pembelajaran matematika mengenai konsep dasar perkalian dengan alat peraga, berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola tersebut, guru mempraktekkan jual beli dalam kehidupan sehari-hari sehingga anak dengan mudah memahami konsep perkalian.
    Tanggapan mengenai video tersebut :
    Kelebihan
    – Guru melakukan interaksi pada siswa melalui tanya jawab materi pembelajaran.
    – Guru melaksanakan tugas dengan baik.
    – Guru bersikap ramah pada siswa.
    Kelemahan
    – Guru tidak melakukan apersepsi.
    – Pembelajaran monoton, ada beberapa siswa yang tidak fokus memperhatikan penjelasan guru.
    – Cenderung bersifat hafalan sehingga banyak anak yang terlihat bingung ketika menjaawab pertanyaan.
    – Ukuran media yang digunakan terlalu kecil, sehingga siswa yang duduk di belakang tidak melihat media yang digunakan.
    Saran yang membangun
    – Sebelum pembelajaran perlu melakukan apersepsi untuk membangun pemahaman awal siswa.
    – Guru perlu melakukan inovasi pembelajaran yang mendukung sepert media kartu perkalian, maupun memanfaatkan Teknologi yang sedang berkembang.
    – Perlu menggunakan pembelajaran aktif dan kreatif seperti pembagian kelompok, agar siswa dapat meningkatkan interaksi sosial dengan siswa lain di kelas.
    – Guru perlu melakuakn gerakan berpindah posisi seperti ke belakang, supaya tidak ada siswa yang asyik bermain sendiri ketika guru menjelaskan materi
    pembelajaran.
    – Guru Perlu memberikan latihan soal untuk memberikan pemahaman yang kuat pada materi perkalian dasar bagi siswa dengan alat peraga seperti batu,
    permen, buah.
    – Guru dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, misal dengan melihat benda yang ada di sekitar lingkungan.

  10. Nama : Dimas Nurhadi Pratono
    NIM : 857047309
    Semester : 6 ( Enam )
    Salut : Salut Pesawaran Indah

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Izin menanggapi video seri pembelajaran : Matematika SD (Konsep Perkalian Dasar )
    Kelebihan dari video pada pembelajaran di atas yakni :
    Interaksi antara Guru dan Siswa, Siswa didorong untuk berpikir serta menyampaikan ide-ide mereka melalui sesi tanya jawab dengan guru.
    Materi Sesuai dengan Kurikulum, Isi materi yang disajikan sinkron dengan kurikulum yang ada.
    Penggunaan Alat Peraga, Video ini menampilkan alat bantu yang dapat memperkuat pemahaman tentang konsep perkalian.
    Kekurangan Video pada pembelajaran di atas:
    Konsentrasi Siswa yang Rendah, Banyak siswa tampak tidak fokus dan terlihat malas saat mengikuti pelajaran.
    Penjelasan yang Kurang Jelas, Kadang-kadang, penjelasan dari guru tidak sejelas yang diharapkan, sehingga membuat siswa bingung.
    Kurangnya Pendorong Motivasi, Tidak adanya apersepsi atau pendorong motivasi sebelum mulai materi menyebabkan rasa bosan pada siswa.

    Hal Unik yang Terjadi :Video ini memperlihatkan situasi yang di mana sebagian besar siswa berisik dan kurang serius dalam proses pembelajaran, menciptakan lingkungan yang tidak mendukung.
    Rekomendasi untuk Perbaikan
    – Pendahuluan yang Menarik: Lakukan apersepsi dan kegiatan pemecah kebekuan untuk menarik perhatian peserta didik.
    – Variasi dalam Metode Pengajaran: Adopsi metode yang lebih interaktif dan menyenangkan agar siswa lebih berpartisipasi aktif.
    – Media Pembelajaran: Desainlah media belajar yang lebih menarik dan interaktif untuk meningkatkan minat siswa.
    – Latihan dan Tugas: Berikan lebih banyak latihan dan pekerjaan rumah, serta sediakan umpan balik konstruktif untuk memperdalam pemahaman siswa
    Dengan perbaikan ini, diharapkan pembelajaran tentang perkalian dasar menjadi lebih efektif dan menarik bagi para siswa.
    Terimakasih
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Leave a Reply