silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

736 Comments

  1. Nama : Dwi Isnatur Rojabiah
    Nim : 859835177
    pokjar : Bau-Bau
    UPBJJ : Kendari
    Assalamualaikum, tanggapan saya mengenai vidio ”Kurang Mengetahui Perkalian Mendasar” yaitu
    1.KELEMAHAN dari vidio pertama terlihat bawah siswa tampak cuek dan lesu hal ini di karenakan guru langsung ke materi pembelajaran harusnya guru mengawalinya dengan salam, melakukan ice breaking, kegiatan apersepsi, pemberian motivasi, sebelum memasuki inti materi hal ini harus dilakukan agar suasana kelas menjadi nyaman, rileks, dapat mengurangi ketegangan sehingga siswa merasa lebih fokus dan paham dalam penyerapan ilmu. guru dapat membuat pembelajaran perkalian lebih menarik tidak hanya mengandalkan hapalan tabel perkalian gabungkan dengan berbagai metode misalnya menggunakan jaritmatika, munggunakan musik dan lagu memudahkan siswa menghapal dengan mudah, memanfaatkan teknologi seperti permainan bingo perkalian,kuis atau lomba untuk meningkatkan motivasi dan interaksi siswa. sertakan hadiah kecil dan pujian kepada siswa atas kemajuan usaha meraka.
    2. Dalam vidio kedua terlihat guru telah memberikan solusi yaitu dengan memberikan waktu untuk menghapal perkalian secara berulang kemudian memberikan latihan soal baik di sekolah dan tugas dirumah dengan membuat kelompok belajar kecil siswa dapat saling bantu bekerjasama belajar satu dengan lainnya. hal yang penting lainya adalah kenali karakteristik anak dalam belajarnya ada yang tanggap jika belajar dengan visual (penglihatan), auditori (pendengaran)dan kinestetik (gerakan). demikan tanggapan dari saya.

  2. Nama : DONATUS NDRURU
    NIM : 835287453
    Kelebihan :
    Kelebihan dari praktik pembelajaran yang ditampilkan dari video tersebut adalah
    • Pada pertengahan video guru menjelaskan tentang perkalian secara lebih detail dengan metode penjumlahan berulang.
    • Pada akhir video guru sudah melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan memberikan tanya jawab sesering mungkin sehingga siswa bisa sepenuhnya ikut diproses pembelajaran.
    • Guru memberikan Latihan soal dan tugas kepada siswa untuk berlatih sehingga siswa dapat mengasah kemampuan mereka.
    Kekurangan :
    • Kegiatan pembuka pembelajaran masih kurang. Guru belum menyampaikan secara detail mengenai materi yang akan disampaikan dan tidak ada kegiatan apersepsi.
    • Guru tidak menyampaikan manfaat bagi siswa mempelajari pelajaran perkalian dasar.
    • Media yang digunakan guru kurang menarik siswa dan terlalu kecil. Walaupun sudah menggunakan chart berupa table perkalian namun siswa tidak dapat melihatnya dengan jelas karena terlalu kecil.
    • Penjelasan mengenai logika perkalian dasar dengan konsep penjumlahan berulang belum detail.
    • Siswa belum sepenuhnya terlibat selama proses pembelajaran.
    Saran :
    Adapun saran yang bisa saya berikan untuk mengajarkan perkalian dasar pada anak sekolah dasar adalah sebagai berikut.
    1. Pada kegiatan pendahuluan atau pembuka pembelajaran, jelaskan tentang kegunaan dan manfaat perkalian dalam kehidupan sehari-hari siswa
    2. Menggunakan media yang sesuai dan menarik bagi siswa. Media yang digunakan untuk menjelaskan konsep dasar perkalian bisa berupa stik eskrim sehingga siswa lebih tertarik untuk belajar. Contohnya dapat dilihat pada video berikut
    https://www.youtube.com/watch?v=JP8yy-La7Zk&t=160s
    3. Ajak siswa untuk mengerjakan contoh soal bersama-sama. Minta beberapa siswa maju kedepan kelas untuk mengerjakan latihan soal bersama guru. Sehingga siswa memiliki kepercayaan diri bahwa mereka bisa mengerjakan.
    4. Latihan soal secara mandiri dengan didampingi oleh guru. Siswa diberikan LKPD untuk mengevaluasi dan mengecek sejauh mana siswa memahami materi yang disampaikan.
    5. Guru berkeliling kelas melihat siswa mengerjakan LKPD. Apabila ada siswa yang perlu bantuan guru bisa langsung sigap membantunya.
    6. Pada kegiatan penutup, guru memberikan pertanyaan atau post test secara lisan dan memberi tugas atau pekerjaan rumah agar siswa tetap berlatih.

  3. Dalam pembukaan guru masih belum tepat dikarenakan guru langsung ke materi pembelajaran membahas topik perkalian, sebaiknya guru melakukan salam pembuka diawali doa, mengabsen kehadiran siswa nya, dan menanyakan kabar. Setelah itu guru dapat memulai pelajaran dengan mencoba mendapatkan perhatian pesrta didik dengan membahas perkalian di kaitkan dengan kenyataan misalnya siswa yang membeli permen sebanyak 5 bungkus permen dimana harga permennya adalah 500 rupiah, sehingga anak mencoba untuk berfikir mencari hasilnya, nah di buat lah pembahaasan nya dengan cara penjumlahan berulang , lalu guru dapat memberikan 2 contoh sederhana lagi sehingga anak memahami dan tidak beranggapan bahwa perkalian itu sulit.

  4. link: https://gurupintar.ut.ac.id/kurang-mengetahui-perkalian-dasar-2/comment-page-61/#comment-63245
    menurut saya dalam video tersebut Guru belum tepat ,guru belum melakukan pembukaan dalam memulai pelajaran, guru langsung melakukan , sebaiknya dilakukan dengan pembukaan salam, doa, dan menayakan kabar kondisi peserta didiknya. selanjutnya guru dapat mencoba memberikan contoh konkret atau dengan memberikan contoh semisal siswa( sebutkan nama siswanya) membeli 5 bungkus permen dengan harga 500 rupiah maka berapa harus dibayar, maka anak akan mecoba mencari hasilnya, guru dapat membantu dengan memberikan penjelasan perkalian itu merupakan penjumlahan berulang, sehingga anak dapat menerapkannya untuk menemukan jawabannya, nah selanjutnya guru dapat juga memberikan contoh lagi baru guru bisa memberikan latihan akan tetapi guru sebaiknya bertanya kepada peserta didiknya apakah memahami dengan penjelasan guru melalui contoh2 yang diberikan, jika tidak bisa dipertanyakan dimana belum pahamnya dan jika sudah paham guru dapat melanjutkan dengan memberikan latihan berikutnya.

  5. Nama: Yramayanti
    NIM: 856592821
    menurut saya dalam video tersebut Guru belum tepat ,guru belum melakukan pembukaan dalam memulai pelajaran, guru langsung melakukan , sebaiknya dilakukan dengan pembukaan salam, doa, dan menayakan kabar kondisi peserta didiknya. selanjutnya guru dapat mencoba memberikan contoh konkret atau dengan memberikan contoh semisal siswa( sebutkan nama siswanya) membeli 5 bungkus permen dengan harga 500 rupiah maka berapa harus dibayar, maka anak akan mecoba mencari hasilnya, guru dapat membantu dengan memberikan penjelasan perkalian itu merupakan penjumlahan berulang, sehingga anak dapat menerapkannya untuk menemukan jawabannya, nah selanjutnya guru dapat juga memberikan contoh lagi baru guru bisa memberikan latihan akan tetapi guru sebaiknya bertanya kepada peserta didiknya apakah memahami dengan penjelasan guru melalui contoh2 yang diberikan, jika tidak bisa dipertanyakan dimana belum pahamnya dan jika sudah paham guru dapat melanjutkan dengan memberikan latihan berikutnya.

  6. Nama: Yramayanti
    NIM: 856592821
    M saya dalam video tersebut Guru belum tepat ,guru belum melakukan pembukaan dalam memulai pelajaran, guru langsung melakukan , sebaiknya dilakukan dengan pembukaan salam, doa, dan menayakan kabar kondisi peserta didiknya. selanjutnya guru dapat mencoba memberikan contoh konkret atau dengan memberikan contoh semisal siswa( sebutkan nama siswanya) membeli 5 bungkus permen dengan harga 500 rupiah maka berapa harus dibayar, maka anak akan mecoba mencari hasilnya, guru dapat membantu dengan memberikan penjelasan perkalian itu merupakan penjumlahan berulang, sehingga anak dapat menerapkannya untuk menemukan jawabannya, nah selanjutnya guru dapat juga memberikan contoh lagi baru guru bisa memberikan latihan akan tetapi guru sebaiknya bertanya kepada peserta didiknya apakah memahami dengan penjelasan guru melalui contoh2 yang diberikan, jika tidak bisa dipertanyakan dimana belum pahamnya dan jika sudah paham guru dapat melanjutkan dengan memberikan latihan berikutnya.

  7. Nama : Yuni Kustiorini
    NIM : 858938817

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Setelah melakukan analisis terhadap video pembelajaran pada link http://gurupintar.ut.ac.id/kurang-mengetahui-perkalian-dasar-2/ dapat saya simpulkan bahwa di dalam video terlihat seorang guru yang sedang menyampaikan materi tentang perkalian dasar didepan kelas. Namun, banyak siswa yang masih tampak gaduh, tidak fokus, dan kurang semangat mengikuti pembelajaran.
    Agar pembelajaran lebih efektiv menurut saya guru harus memperbaiki metode pembelajaran yang digunakan dengan cara :
    – Membuka pembelajaran dengan cara interaktif dan menyenangkan, seperti memulai Pelajaran dengan salam, doa dan menanyakan kabar siswa.
    – Menggunakan media pembelajaran yang menarik dan jelas seperti video atau permainan edukatif untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa.
    – Melibatkan siswa aktif dalam proses belajar seperti melakukan tanya jawab untuk memastikan pemahaman siswa.
    – Memberikan contoh konkret yang berkaitan dengan kehidupan siswa dan sesuai dengan konsep materi yang disampaikan.

    Demikian analisis video yang dapat saya sampaikan. Terimakasih.

  8. Nama : Putra Indah Wijaya
    NIM : 856590462
    Ijin memberikan tanggapan terkait video tersebut.Dalam pembelajaran tersebut guru tersebut tidak melakukan awalan dalam pembelajaran berupa doa,mengabsen siswa dan juga memotivasi siswa untuk hari ini.kemudian dalam melakukan kegiatan alangkah baiknya dimulai dengan membuat fokus siswa agar lebih berkonsentrasi,memulai pembelajaran dengan membuka dengan hal – hal mudah yang ada disekitar lingkungan sekolah yang masih ada keterkaitannya dengan pembelajaran yang sedang berlangsung,kemudian setelah dilakukan baru bisa menjelaskan pembelajaran yang kita pelajari hari ini.setelah memberikan pembelajaran alangkah baiknya menutup pembelajaran dengan doa.

  9. Nama : Adaja Rara Theaomay
    Nim : 859774965
    Izin memberikan komentar 🙏
    Dalam video pembelajarannya, terlihat kalau siswa masih belum menguasai konsep dasar perkalian dengan baik. Hal ini tampak dari keraguan mereka saat diminta menjawab soal perkalian dan ketidaktepatan dalam memberikan hasil. Proses pembelajaran tampaknya lebih menekankan pada hafalan tabel perkalian ketimbang pemahaman makna dari operasi tersebut. Akibatnya, siswa cenderung mengingat angka-angka tanpa benar-benar memahami hubungan antar bilangan dalam konteks perkalian.

    Selain itu, pembelajaran juga kurang melibatkan alat bantu visual atau konkret yang dapat membantu siswa memahami konsep perkalian secara lebih nyata. Tidak ada penggunaan benda fisik atau gambar yang bisa memperjelas makna dari misalnya “3 kali 4”, yang seharusnya bisa ditunjukkan sebagai tiga kelompok yang masing-masing berisi empat benda. Cara guru menyampaikan materi pun terlihat kurang memberikan ruang bagi siswa untuk berpikir secara reflektif. Saat siswa menjawab dengan salah, guru langsung memberikan jawaban yang benar tanpa terlebih dahulu mengajak siswa mengevaluasi atau memperbaiki jawabannya sendiri.

Leave a Reply