Similar Posts
Membangun Diskusi kelompok Kecil dengan Peragaan Metode Cetak dan Non Cetak
Sinopsis Program ini membahas tentang bagaimana seorang guru IPS di SMP memanfaatkan media cetak dan non cetak dalam pembelajaran untuk membangun diskusi dalam kelompok siswa. Yos Sudarso Pakar Dosen – Pakar Guru –
Penggunaan Metode Sinau Wisata Dalam Pembelajaran Sejarah
Sinopsis Pada video ini memperlihatkan strategi yang dipilih guru untuk melibatkan secara aktif peserta didik dan ingin memanipulasi metode karya wisata/widya wisata. Penerapan metode karya wisata/widya wisata memerlukan persiapan yang cukup matang dan biaya yang memadai karena dengan mengunjungi obyek wisata yang dikaitkan dengan kompetensi dalam mata pelajaran diperlukan persiapan yang matang. Untuk mengatasi hal…
Strategi Indonesia dalam Praktik Geostrategis di Laut Cina Selatan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan yang asri dan sejuk karena berada di dalam komplek perumahan. Di mana pada halaman sekolah tersebut terlihat siswa-siswi ada yang sedang berdiri di sekitar pintu kelas, ada juga yang sedang duduk di bawah pohon, terlihat diskusi antar siswa dengan…
Chart Berantai Sejarah
Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang seorang guru IPS di SMP yang kebingungan karena siswanya tidak ada yang dapat menjawab pertanyaannya yang diberikan, terutama yang berkenaan dengan peristiwa sejarah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah bagaimana mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan media chart berantai, yaitu siswa terlibat dalam menjelaskan suatu peristiwa sejarah menggunakan…
Membuat Slogan Lebih Bermakna
https://www.youtube.com/watch?=XHOmBV4js_E Sinopsis Video ini membahas permasalahan strategi pembelajaran bahas Indonesia dengan topik membuat slogan di kelas VIII. Pada video ini akan ditampilkan proses pembelajaran membuat slogan yang kurang berhasil. Strategi apa yang seharusnya digunakan guru agar tujuan pembelajaran dapat berhasil? Dalam video ini akan ditampilkan juga alternative pembelajarannya. Anda ingin tahu bagaimana alternatif pembelajarannya? Simaklah…
Mengenal Hukum Gossen I dan II
Sinopsis Video ini berisi tentang proses pembelajaran bagaimana guru berupaya mewujudkan konsep abstrak menjadi konkrit melalui praktek. Hukum Gossen I dan Hukum Gossen II adalah konsep abstrak. Konsep abstrak akan sangat sukar dipahami oleh siswa SMP bila hanya disampaikan dengan lisan atau metode ceramah, oleh karena itu agar siswa bisa memahami konsep tersebut, maka guru…
Nama Ide Irma Suriaini
NIM 020647297
Dari video yg ditayangkan sangat menginspirasi dan bermanfaat bagi kita rekan guru dalam menyampaikan materi, terutama bagi siswa karena mereka bisa menemukan rumus layang-layang itu sendiri.
Nama: Ainul Laili Fauzia
Nim:042729628
UPBJJ: Malang
Kekurangan:
Ketika guru memberikan siswa menjawab pertanyaan kemudian siswa menjawab dengan jawaban yang belum tepat, guru tidak boleh langsung Menyalahkan jawaban siswa tersebut.
Kelebihan:
Dengan adanya media pembelajaran dan pelibatan siswa dalam pembelajaran menjadikan semua anak aktif dalam pembelajaran.
Hal Unik:
Media yang sederhana namun menarik sehingga dapat memudahkan pemahaman siswa dan pembelajaran matematika yang menyenangkan.
Hal untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran:
Ketika ada siswa yang menjawab dengan jawaban yang belum benar guru mengalihkan pertanyaan kepada siswa lain kemudian setelah guru mendapat siswa yang menjawab dengan jawaban yang tepat kemudian guru bertanya kembali kepada siswa yang jawabannya belum tepat apakah tetap jawaban awal atau mengikuti jawaban teman temannya sehingga siswa yang menjawab dengan jawaban belum tepat bisa mengetahui kesalahan dengan sendirinya dan juga mengetahui jawaban yang benar. Sehinnga siswa tersebut tidak merasa berkecil hati.