Sinopsis
Melalui metode bermain peran, para siswa diajak untuk memahami topik fenomena sosial dan permasalahannya, khususnya mengenai peredaran narkotika di kalangan remaja. Dengan metode bermain peran, diharapkan siswa dapat lebih menyelami dan memahami topik tersebut. Dalam tayangan video, guru menggunakan format talk show yang diperankan oleh para siswa sebagai orangtua, pelaku narkoba dan pengedar. Dengan bermain peran, pembelajaran IPS dapat lebih hidup dan tidak membosankan. Walaupun tayangan video berlatar belakang di SMP, tetapi metode ini dapat pula diterapkan untuk pembelajaran IPS di SD.
–
Nama: Nofia Mastuti
NIM : 043755199
Prodi : Pendidikan Ekonomi
.
Assalamualaikum wr.wb
Topik fenomena sosial dan permasalahannya diatas sangat menarik dibahas bersama siswa dikelas. Siswa diajak langsung untuk mempraktikkan fenomena seperti apa yang sering dilihat dari lingkungan sekitar, seperti permasalahan narkoba. Dengan metode belajar bermain peran siswa dapat mengeksplorasi dirinya, suasana belajar terasa lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Siswa juga dapat lebih mengetahui seperti apa fenomena sosial yg terjadi di lingkungan seperti permasalahan narkotika dan dampak buruk dari penggunaan narkotika itu sendiri. Dengan pembelajaran seperti ini siswa diharapkan bisa membentengi diri sendiri dari pergaulan yg salah sejak dini.
Terimakasih
Nama : Tri Suranto
NIM : 501253123
Prodi : Magister Pendidikan Dasar,
Untuk mengatasi kesulitan guru mengajarkan materi IPS khususnya yang berhubungan dengan fenomena sosial adalah dengan menggunakan strategi bermain peran. Pertama guru melakukan persiapan dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan perannya.
Dengan menggunakan strategi bermain peran guru akan terbantu dalam pembelajaran IPS khususnya materi fenomena alam.
Terima kasih