silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : zianatussa’adah
Nim : 858304538
Judul : menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran
Menurut saya, video di atas banyak manfaat bagi saya sebagai guru PAUD. Berikut beberapa di antaranya:
•Pendekatan Kreatif : Video ini menunjukkan cara kreatif untuk mengajarkan nilai kejujuran kepada anak-anak dengan menggunakan benda sehari-hari, yang dapat dengan mudah saya tiru dan modifikasi untuk kegiatan di kelas.
•Praktikalitas : Contoh konkret dan aplikasi praktis dalam video ini membantu saya memahami bagaimana mengajarkan konsep kejujuran secara efektif kepada anak-anak.
•Inspirasi : Video ini menginspirasi saya untuk mencari lebih banyak cara inovatif dalam menyampaikan nilai-nilai moral kepada anak didik saya, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.
Nama : Robiatul adawiyah
NIM : 858943571
Pada tayangan vidio ini memberikan inspirasi kepada guru untuk menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif dalam menanamkan nilai kejujuran melalui permainan jepitan pakaian
Nama : Suci Farhana
NIM : 858162016
Menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui kegiatan. Guru menanyakan kepada anak apabila sudah menyelesaikan tugasnya atau belum.
Jika ada anak ysng sudah selesai maka guru tersebut memberikan penjepit untuk menempelkan dibajunya
Nama : Robi atul adawiyah
NIM: 858943571
Dalam vidio tersebut sangat bermanfaat bagi guru dalam menerapkan atau menanamkan nilai kejujuran pada anak sejak dini. Dengan melalui permainan jepitan pakaian menciptakan suasana nyaman dan kondusif
Nama : Isnaini Sintawati
Nim : 857752656
Memberikan pendapat terkait vidio diatas yang berjudul melalui penjepit jemuran.
Menurut saya vidio ini sangat bermanfaat untuk anak,ibu guru memberi penjepit jemuran sebagai pertanda atau apresiasi terhadap anak yang menyelsaikan tugasnya dengan baik dan jujur,penjepit jemuran juga bisa diganti dengan yang lebih menarik seperti stiker bintang atau yang lainnya.
Nama : Novianti
NIM : 85736842
Pada tayangan Vidio d atas memberikan pelajaran untuk anak siswa dalam kejujuran, di mana siswa yang sudah selesai mengerjakan tugas yang d berikan guru, siswa dapat mengambil penjepit jemuran yang di jepitkan d baju nya.
Nama : Septianingsih
NIM: 855708048
Judul : Melalui penjepit jemuran
Terkadang memang dalam kelas, saya mengalami Kendala yang seperti itu. Saat anak diberikan tugas, dan di tanya mereka akan jawab sudah. Dan guru akan memberikan instruksi silahkan yang sudah selesai taruh lembar kerja di meja dan kembalikan perlengkapan di tempatnya. Maka Anak2 akan berbondong-bondong menaruhnya, sehingga ketika cek ternyata masih ada anak yang belum selesai. Jadi yang terjadi karena anak2 sudah pulang, maka guru akan meminta anak untuk menyelesaikan tugas ke esokan harinya.
Namun dengan metode penjepit jemuran ini sesuatu hal yang baru, guru akan lebih mudah melihat perbedaan anak yang sudah menyelesaikan tugas atau belum dengan melihat tanda penjepit di baju anak. Dan ini juga akan membuat anak semakin semangat untuk menyelesaikan tugas dengan sangat baik.
Ke depannya saya akan menggunakan metode ini dalam mengerjakan tugas untuk anak-anak. Terimakasih untuk ilmu barunya.
Nama : Ayu Shintia
NIM : 859033037
Judul : Membentuk nilai kejujuran Anak Usia Dini “ Melalui Penjepit Jemuran”
Menurut pendapat saya, Video pembelajaran diatas sangat kreatif dan menarik serta dapat dijadikan contoh untuk diterapkan di sekolah kami. Dengan kondisi kelas yang memiliki murid berjumlah banyak sedangkan guru yang berjumlah sedikit, tentu kita sebagai guru yang sedang memberikan kegiatan pembelajaran biasanya akan merasa kesulitan dalam menjangkau anak didik pada saat pemberian tugas, apakah tugas tersebut sudah selesai dikerjakan oleh anak atau belum. Biasanya terdapat anak yang belum selesai mengerjakan tugas yang diberikan oleh bu guru tetapi ia sudah mengumpulkkannya tanpa sepengetahuan guru tersebut.
Pada video pembelajaran diatas guru menggunakan metode yang menarik bagi anak didik yaitu ketika anak – anak sudah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru lalu mengumpulkannya, guru akan memberikan tanda yaitu jepit jemuran yang di tempelkan pada baju anak. Dengan metode ini anak – anak dapat memahami nilai kejujuran sejak usia dini dan mengaplikasikannya pada kegiatan sehari – hari.
Nama : Ai Kartini
NIM : 857530699
Judul video : Melalui Penjepit Jemuran
Tanggapan :
Menanamkan kejujuran sejak dini pada anak bagaikan menghkir diatas batu, akan berbekas dan akan menjadi pembiasaan yang baaik sampai ia dewasa. Luang lingkup jujur tidak hanya sebatas mengatakan hal yang benar/tidak berbohong, tetapi menuntut sikap tanggung jawab, ketekunan, keterbukaan, dan sikap berani mengakui kekurangan /kesalahan juga termasuk sikap jujur.
Terima kasih.. Videonya bermanfaat sekali untuk bisa kami perak tekan di lembaga kami…
Menurut video tersebut sangat bermanfaat, setelah saya melihat video tersebut dapat menginspirasi saya ketika menanamkan kejujuran pada anak.