silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. NAMA : AKSAMINA TSE
    NIM : 859301051
    menurut saya video tersebut video ini sangat bermanfaat untuk menambah referensi dan ide-ide pembelajaran yang dapat saya terapkan nanti saat menjadi guru PAUD. Aktivitas melatih motorik halus dan mengembangkan kreativitas anak dengan memanfaatkan bahan sederhana seperti penjepit jemuran terlihat menarik dan menyenangkan bagi anak.

  2. Nama : Luh Putu Ari Widayani
    NIM : 859034078
    Judul : Melalui penjepit jemuran
    Menurut saya dari video diatas sangat menginspirasi sekali di dalam melakukan pembelajaran ini, guru dapat mengajarkan anak untuk jujur dalam menyelesaikan tugasnya. Jadi anak-anak semakin senang dalam mengerjakan tugasnya.

  3. Nama : Risma Septi Lestiyani
    NIM : 858536829
    Prodi : PG PAUD
    Pokjar : Kota Semarang

    4. Video 1 judul “Melalui penjepit jemuran”
    Pertama-tama saya mengucapkan teima kasih terkait dengan Video pembelajaran yang dapat memberikan saya alternatif pembelajaran. Serta memberikan gambaran yang jelas terkait masalah kejujuran anak di usia TK. Namun dalam video tersebut tidak di jelas langkah-langkah apa saja cara menanamkan ke jujuran anak melalui penjepit jemuran, di sana hanya ditampilkan aktifitas yang di lakukan oleh guru dan siswa nya yaitu guru memberikan penjepit jemuran kepada anak didiknya saja. Sehingga esensi dari video tersebut kurang bisa di pahami dan di mengerti.
    Saran : Menurut saya selain di tampilkan video soluis dari permasalahan yang ada, perlu adanya naraotr yang menjelaskan tentang step-step atau langkah-langkah yang di gunakan untuk mengatasi masalah kejujuran melalui penjepit jemuran.

  4. Nama : Nurul Aini
    Nim : 858191063
    Menurut saya video tentang Menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran itu cukup efektif untuk melatih kejujuran anak, penjepit jemuran disini berfungsi sebagai penanda bahwa anak sudah menyelesaikan tugas nya. Kalau saya dikelas menggunakan penanda bentuk bintang di tangan anak, itu juga cukup efektif karena anak yang belum selesai mengerjakan tugas nya tidak akan diberi bintang. Terimakasih… Ilmu nya sangat mengispirasi.

  5. Tayangan dari vidio tersebut menginspirasi saya sebagai guru harus bisa membuat suasana menjadi ceria dan selalu kondusif saat mengerjakan tugas.

  6. NAMA : SRI REDJEKI IDA BUDIARTI
    NIM : 857494062
    UPBJJ : BANDUNG

    Menurut saya pada vidio “Melatih Kejujuran dengan Penjepit Jemuran “, cukup menarik, karena ternyata dari vidio diatas kita sebagai guru juga bisa belajar bahwa menanamkan kejujuran pada anak dapat dengan bentuk reward atau cara yang sederhana dengan impact yang besar. Saya akan menerapkan di sekolah tempat saya mengajar, terimakasih insiparinya.

  7. Nama : Fenita Tri Lestari
    Nim : 859667022

    Sebuah video yang sangat menginspirasi bagi saya sebagai pendidik dengan melatih kejujuran anak dengan melalui penjepit jemuran, menurut saya metode tersebut jarang digunakan tetapi setelah saya menonton video ini saya menjadi terinspirasi dengan hal tersebut, karena dengan menggunakan penjepit jemuran digunakan sebagai tanda yang sudah melakukan tugas sampai selesai. Terimakasih videonya sangat menginspirasi.

  8. Nama : Iney Darusalamah
    Nim : 857247141
    Mempunyai jumlah murid yang cukup banyak di dalam satu kelas terkadang membuat Guru kesulitan untuk mengontrol murid saat proses pembelajaran .. salah satunya ketika dalam mengerjakan tugas terkadang ada saja murid tang tidak mengerjakan tugas sehingga tidak di ketahui oleh Guru. Oleh sebab itu vidio ini sangat membantu sekali untuk mengantisipasi ketidak jujuranbmurid dalam mengerjakan tugas. Guru bisa melakukan cara pembelajaran yang ada di vidio ini dengan menggunakan penjepit bagi murid yang sudah mengerjakan tugas. Sehingga Guru menjadi tahu mana yang belum mengerjakan dan mana yang sudah mengerjakan tugas.

  9. Nama : Lidiya Nur Vitasari
    NIM : 857987903
    Video ini berisi tentang salah satu cara untuk menanamkan kejujuran anak usia dini dengan cara menjepitkan penjepit jemuran pada baju anak yang telah menyelesaikan tugas. saya sangat terinspirasi dengan video ini dan akan saya coba di kelas.

  10. Nama: Ferry Dina Saputri
    NIM: 857992951
    UPBJJ: Yogyakarta
    Video tersebut sangat bermanfaat sekali bagi saya. Kegiatan yang dilakukan tersebut sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Sangat tepat jika ketika mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak harus mengatakan yang sebenarnya jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan.

Leave a Reply