silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
assalamualaikum,salam semangat buat kita semua,perkenalkan
nama : Tri Lestari
nim : 877594972
untuk vidio seri menanamkan nilai-nilai kejujuran melalui penjempit jemuran.pada vidio tersebut sangat mengispirasi namun ada guru sebaik nya tidak langsung memberikan tugas terlalu banyak,sehingga anak yang kurang cepat atau tanggap mereka akan kesulitan,sebaiknya kita beri anak tugas yang mereka sukai dan bertahap sehingga guru lebih mudah dalam mengontrol kerja anak.anak yang sudah selesai tugas nya bisa menghampiri guru dan melanjutkan tugas berikutnya,sehingga nilai-nilai kejujuran tercipta dan anak-anak tidak terbebani dengan tugas yang ibu guru beriakan.
Nama : Hasni
NIM : 858304814
vidio seri menanamkan nilai-nilai kejujuran melalui penjempit jemuran ini menjadi salah satu metode yang bisa digunakan guru dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak. Dibutuhkan pembiasaan setiap harinya kepada anak yang berkaitan dengan kejujuran agar anak menjadi terbiasa untuk bersikap jujur,baik dalam bermain maupun dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. sebelum masuk dalam kegiatan atau ragam main, diharapkan guru mampu mengajak anak melakukan kesepakatan terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan. hal ini diharapkan anak mampu bertanggung jawab dan bersikap jujur dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. selain penggunaan penjepit jemuran, guru juga bisa menggunakan metode kreatif lainnya contohnya membuat kesepakatan kepada anak dengan hanya memberikan stempel bintang kepada anak yang mengikuti kegiatan dengan baik dan mampu membereskan mainan. maka, anak akan berlomba menyelesaikan setiap kegiatan dan membereskan mainan agar mendapatkan stempel bintang dari guru. anak akan merasa senang dengan memperlihatkan jumlah stempel bintang yang ia dapatkan kepada orang tuanya.
Nama : Devi Anditya
NIM : 857994274
Dalam video tersebut guru sudah baik untuk mengajak anak untuk jujur sebelum kegiatan, kesepakatan yang diperlukan untuk berperilaku jujur. Namun perlu diingat dalam video tersebut, guru memberikan banyak sekali kegiatan, ada 3 kegiatan, yang mana kemampuan setiap anak berbeda, sehingga anak yang lebih lambat akan kesulitan untuk menyelesaikan semua kegiatan, jika itu terjadi terus menerus, akan membuat anak tersebut minder. Nilai kejujuran akan dapat diserap anak apabila dilakukan pembiasaan yang rutin.
Nama : Risma Septi Lestiyani
NIM : 858536829
Prodi : PG PAUD
Pokjar : Kota Semarang
Video 1 judul “Melalui penjepit jemuran”
Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih terkait dengan Video pembelajaran yang dapat memberikan saya alternatif pembelajaran. Serta memberikan gambaran yang jelas terkait masalah kejujuran anak di usia TK. Namun dalam video tersebut tidak di jelas langkah-langkah apa saja cara menanamkan ke jujuran anak melalui penjepit jemuran, di sana hanya ditampilkan aktifitas yang di lakukan oleh guru dan siswa nya yaitu guru memberikan penjepit jemuran kepada anak didik nya saja. Sehingga esensi dari video tersebut kurang bisa di pahami dan di mengerti.
Saran: Menurut saya selain ditampilkan video solusi dari permasalahan yang ada, perlu adanya narator yang menjelaskan tentang step-step atau langkah-langkah yang di gunakan untuk mengatasi masalah kejujuran melalui penjepit jemuran.
Nama : Risma Septi Lestiyani
NIM : 858536829
Prodi : PG PAUD
Pokjar : Kota Semarang
4. Video 1 judul “Melalui penjepit jemuran”
Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih terkait dengan Video pembelajaran yang dapat memberikan saya alternatif pembelajaran. Serta memberikan gambaran yang jelas terkait masalah kejujuran anak di usia TK. Namun dalam video tersebut tidak di jelas langkah-langkah apa saja cara menanamkan ke jujuran anak melalui penjepit jemuran, di sana hanya ditampilkan aktifitas yang di lakukan oleh guru dan siswa nya yaitu guru memberikan penjepit jemuran kepada anak didik nya saja. Sehingga esensi dari video tersebut kurang bisa di pahami dan di mengerti.
Saran: Menurut saya selain ditampilkan video solusi dari permasalahan yang ada, perlu adanya narator yang menjelaskan tentang step-step atau langkah-langkah yang di gunakan untuk mengatasi masalah kejujuran melalui penjepit jemuran.
Nama : Risma Septi Lestiyani
NIM : 858536829
Prodi : PG PAUD
Pokjar : Kota Semarang
4. Video 1 judul “Melalui penjepit jemuran”
Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih terkait dengan Video pembelajaran yang dapat memberikan saya alternatif pembelajaran. Serta memberikan gambaran yang jelas terkait masalah kejujuran anak di usia TK. Namun dalam video tersebut tidak di jelas langkah-langkah apa saja cara menanamkan ke jujuran anak melalui penjepit jemuran, di sana hanya ditampilkan aktifitas yang di lakukan oleh guru dan siswa nya yaitu guru memberikan penjepit jemuran kepada anak didik nya saja. Sehingga esensi dari video tersebut kurang bisa di pahami dan di mengerti.
Saran: Menurut saya selain ditampilkan video solusi dari permasalahan yang ada, perlu adanya narator yang menjelaskan tentang step-step atau langkah-langkah yang di gunakan untuk mengatasi masalah kejujuran melalui penjepit jemuran.
Terimakasih
Nama :Heki nur ma’sunah
Nim :858873371
upbjj:Malang
Pada video tersebut,guru sdah memberikan cara yang benar,namun karena banyak murid,akhirnya guru tidak fokus kepada anak anak yang tidak menyelesaikan tugasnya,dan anak itu mengaku kalau sudah selasai
Menurut saya anak dalam ruangan tersebut terlalu banyak,sehingga kalau bisa dikurangi,.supaya pendidik bisa mengawasi tugas anak
Nama : Umilah
NIM. : 857757662
Vidio tersebut sangat menginspirasi dalam kegiatan pembelajaran serta cara menanamkan nilai kejujuran pada anak sejak dini. Anak belajar untuk jujur walaupun tidak ada orang yang melihatnya. Tetapi dalam vidio tersebut kurang jelas karena tidak disertai narator untuk lebih menjelaskannya, selain itu pembelajaran dalam vidio tersebut terlalu banyak anak sehingga guru tidak dapat menguasai kelas.
Nama : Hidayatun Nahariyah
Nim : 858538009
Judul Video : Menanamkan Kejujuran Melalui Penjepit Jemuran
Menurut saya video diatas bagus karena mengangkat tema yang biasa terjadi saat kita melakukan pembelajaran.memang sering kita temukan anak yang tidak jujur dalam mengerjakan tugas,di dalam video dijelaskan cara menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran,menurut saya bagus dan cukup menginspirasi,kita dapat menerapkannya di dalam pembelajaran kita.namun saya ingin menambahkan sedikit,tentang metode pembelajaran yang ditampilkan dalam video,dijelaskan anak harus menyelesaikan 3 tugas sekaligus,ini terlalu berat untuk anak anak menurut saya,walaupun ada sebagian anak yang mampu menyelesaikannya.cara pemberian tugas seperti ini menurut saya kurang efektif.justru akan memicu anak untuk berbuat tidak jujur semakin banyak,karena mngkin ada anak yang merasa tidak mampu menyelesaikannya namun disisi lain anak ini ingin mendapatkan jepit seperti teman temannya,sehingga memicu ia untuk berbuat tidak jujur.Sebaiknya hindari pemberian secara bersamaan,berikan tugas secara bertahap juga berikan nama di setiap lembar kerja anak,untuk mengetahui hasil karya anak.karena bisa jadi anak akan merasa kehilangan semangat karena melihat tugas yang terlalu banyak dan ia merasa tidak mampu menyelesaikannya.
Nama : Nurul islamiyati khotimah
Nim: 859684842
Dari video berjudul ” menanamkan kejujuran pada anak melalui penggunaan penjepit Jemuran” sebagai guru dapat menerapkan kejujuran seperti video tersebut. Dengan menerapkan kejujuran dapat menanamkan nilai jujur kepada anak didik serta dapat mengembangkan sikap lain seperti disiplin, tanggung jawab,patuh . Video tersebut sangat memotivasi agar guru lebih mudah dalam mendidik anak didik nya untuk jujur .