silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Onik Oktavia
857862921
Melalui Penjepit Jemuran
setelah melihat video ini saya terbantu mengenai anak yang belum bisa jujur dan belum bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik serta bagaimana cara agar nilai kejujuran dapat tertanam. dan saran saya apabila anak sudah melakukan sesuatu dengan baik sebaiknya rewardnya yang di sukai atau anak minat agar menambah semangat anak.
Melalui kegiatan diatas anak diajarkan untuk jujur, salah satuny dengan menyelesaikan tugas namun ada baiknya guru memberi reward pada anak yang menyelesaikan dengan baik. Dilakukan agar anak memiliki sikap bersemangat untuk jujur
NAMA : NUR ELVA OKTAVIANA
NIM 857 609 509
SERI MENANAMKAN NILAI KEJUJURAN PADA ANAK PAUD
MELALUI PENJEPIT PAKAIAN
Setelah mengamati video tersebut, guru sangatlah kreatif karena didalam video tersebut guru memberikan penjepit jemuran kepada anak yang sudah dalam mengerjakan tugasnya, sehingga anak tida bisa bohong dan dalam kegiatan kegiatan tersebut sangatlah menanamkan nilai kejujuran pada anak. dalam video tersebut guru juga memotifasi anak agar anak selesai mengerjakan tugasnya. video tersebut sangat bermanfaat bagi saya dan menambah motivasi saya untuk bisa lebih berkreatif lagi.
Nama: Aqsa Faradia Basri
NIM: 859525868
Setelah mengamati video tersebut, saya sebagai guru mendapatkan insight baru untuk menumbuhkan rasa kejujuran pada anak. Berikan apresiasi kepada anak ketika anak tersebut telah melakukan suatu tindakan kejujuran. Seperti pada video anak yang jujur akan diberikan jepitan jemuran di bajunya. Namun untuk guru saat ini boleh diberikan berupa reward stiker bintang maupun bunga agar anak lebih semangat lagi dalam melakukan tindakan kejujuran.
Nim: 858533246
Nama:kosiatul atik sri wahyuningsih
Dari vidio di atas sangat bermanfaat bagi guru untuk menginspirasi dalam menanamkan kejujuran pada anak dengan menggunakan penjepit baju,dengan guru memberi reward anak lebih semangat dalam melakukan kejujuran
Nama Mahasiswa: Imas Rohimah
NIM : 857484362
Judul video : Melalui Penjepit Jemuran
Dari video tersebut dapat menginspirasi para guru untuk dapat menanamkan perilaku jujur pada anak. Seperti memberikan penjepit jemuran pada anak yang telah selesai mengerjakan tugas. Namun alangkah lebih baik apabila media penjepit jemuran diganti dengan bintang atau yang lainnya agar anak lebih semangat lagi dalam mengerjakan tugas dan menanamkan perilaku jujur.
Nama : Aulia
Nim : 859424538
UPBJJ UT Makassar
Setelah melihat video pembelajaran ini, wawasan saya dalam menanamkan kejujuran pada anak semakin luas, sungguh cara-cara yang dimuat dalam video ini sangatlah kreatif, dan menurut saya juga sangat berpengaruh kepada anak usia dini.
Nama: Penti Pitria
NIM : 858317487
Seri menanamkan kejujuran pada anak paud.
Judul video: Melalui penjepit jemuran
Kegiatan yang dilakukan adalah kegiatan belajar yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini, dengan memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak, seperti dengan pemberian tugas sederhana.Tugas sederhana ini diberikan pada anak agar anak mengikuti kegiatan belajar dengan fokus dan terarah, yang dimana tugas tersebut akan diselesaikan oleh anak dengan kejujuran/berkata jujur bahwa anak tersebut benar-benar sudah dapat menyelesaikannya. Dan sebagai penyemangat dan tanda anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya dengan jujur maka akan ditandai dengan pemberian jepitan jemuran yang dijepitkan di bajunya.
Melalui metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan seperti ini, sebuah inisiatif yang kreatif dan edukatif. anak-anak diajak untuk belajar tentang pentingnya kejujuran sejak usia dini. Pejepit jemuran digunakan sebagai simbol kejujuran memberikan kesan visual yang kuat dan mudah dipahami oleh anak.
Video ini memberikan kesan moral tentang kejujuran, juga mengajarkan nilai-nilai positif kepada anak yang harus dikembangkan untuk mendukung pembentukkan karakter anak yang lebih baik, diharapkan anak-anak dapat tumbuh dengan nilai kejujuran yang kuat sejak usia dini untuk bekal di masa depan.
mempelajari kedua video dari portal guru pintar tersebut dapat bermanfaat bagi saya untuk meningkatkan wawasan saya sebagai guru PAUD.
Penjelasan: Dalam konteks ini, mempelajari kedua video dari portal guru pintar tersebut dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada saya sebagai seorang guru PAUD. Melalui video pembelajaran tersebut, individu dapat memperoleh informasi tentang bagaimana menanamkan nilai kejujuran pada anak-anak PAUD. Dengan demikian, saya dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilannya dalam mengajar anak-anak PAUD dengan lebih efektif.
Nama Gusila Wati
Nim 877597161
mempelajari kedua video dari portal guru pintar tersebut dapat bermanfaat bagi saya untuk meningkatkan wawasan saya sebagai guru PAUD.
Penjelasan: Dalam konteks ini, mempelajari kedua video dari portal guru pintar tersebut dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada saya sebagai seorang guru PAUD. Melalui video pembelajaran tersebut, saya dapat memperoleh informasi tentang bagaimana menanamkan nilai kejujuran pada anak-anak PAUD. Dengan demikian, saya dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilannya dalam mengajar anak-anak PAUD dengan lebih efektif.