silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Zulfa fauziah alghifari
Nim. : 859661759
Menurut saya,tayangan tersebut sudah sangat bermanfaat karna masalah masalah yang ada di tayangan tersebut benar2 masalah yang nyata dalam kehidupan sehari hari,,belajar kejujuran dari sejak dini sangatlah bermanfaat dengan adanya video tersebut membuat sangat membantu saya untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas terutama dalam hal kejujuran
Nama : Qoridhotul Khusni
Nim : 857748925
Dari video degan judul ” melalui penjepit jemuran ” saya sangat setuju dengan metode yang di tanamkan pada guru tersebut, Gurunya sangat kreatif dan dengan memberi penjepit baju kepada anak yang telah menyelesaikan tugas. dengan cara ini guru dapat mengetahui anak yang jujur dan tidak. Secara tidak langsung hal itu dapat menanamkan nilai kejujuran pada anak. Terimaksih.
video dengan judul menanamkan kejujuran anak melalui penjepit jemuran
Setelah menyaksikan video tersebut menurut saya video tersebut sangat kreatif dan inovatif.
karena menanamkan kejujuran kepada anak tidak bisa hanya sekedar dengan kata-kata saja melainkan bisa melalui suatu tindakan seperti halnya yang dicontohkan dalam video yaitu memberikan jepit kepada anak yang telah menyelesaikan tugasnya, Selain untuk menanamkan nilai kejujuran untuk anak, kegiatan tersebut menurut saya dapat memberikan motivasi kepada anak untuk berlomba-lomba dalam menyelesaikan tugasnya sehingga hal tersebut akan memberikan semangat tersendiri bagi anak.karena nantinya anak yang mendapatkan jepit terbanyak dialah yang menjadi pemenangnya
Terima Kasih Guru pintar online karena telah menyajikan video-video yang kreatif dan inovatif.
Nama : Anis Kharisma Putri
NIM : 859664708
Melalui video pembelajaran “melalui penjepit jemuran” kita bisa mengetahui bagaimana cara menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Memang benar sering kali anak mengatakan sudah mengerjakan tugasnya padahal belum, jika harus memperhatikan satu persatu memang bisa namun akan membuat fokus kita hanya pada beberapa anak saja, maka dari itu dengan memberikan tanda berupa benda, stampel, ataupun yang lainnya akan mempermudah guru mengetahui mana anak yang sudah selesai dan mana yang belum. dengan hal itu pun anak tidak akan berbohong, sedikit demi sedikit mereka belajar sebuah hal yaitu kejujuran. Mungkin solusi itu dapat digunakan untuk guru yang mungkin belum menerapkannya, dan jikalau sudah mungkin bisa menjadi tambahan ilmu untuk dibagikan kepada yang lainnya.
sekian yang dapat saya sampaikan, terimakasih.
Nama: Fransiska Teme
Nim : 859283856
Upbjj : kupang
Pada video diatas diperlihatkan seorang guru memberikan tugas kepada anak didiknya,dan tentu saja ada anak didik yang berbohong kepada ibu guru mengenai tugas yang di berikan karena memang guru tidak mampu mengontrol anak – anak dengan jumlah yang banyak.Dengan menggunakan penjepit yang sederhana ini kita dapat menanamkan kejujuran,ketertiban,dan keteraturan kepada anak didik kita.
Dengan adanya video ini dapat membantu kita sebagai seorang guru dalam menerapkan nilai kejujuran pada anak didik kita.
Nama : Sinta Harpili
Nim: 856338152
menurut saya vidio diatas sangat bermanfaat untuk saya sebagai guru baru, dimana saya bisa belajar bagaimana melatih kejujuran anak saat pembelajaran berlangsung, juga kita sebagai guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak. Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, guru bisa selalau mengigatkan anak pada saat pembelajaran untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru, anak yang sudah dapat menyelesaikan tugas dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Ini termasuk metode yang bisa diterapkan didalam kelas. Agar kelas menjadi tempat bermain dan belajar yang meyenangkan bagi anak
Setelah menonton video tersebut yaitu mengajarkan anak cara menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini, dengan memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak, seperti dengan pemberian tugas sederhana. Dengan melalui penjepit jemuran kita bisa mengetahui bagai mana menanamkan kejujuran pada anak,sering kali anak mengatakan sudah mengerjakan tugasnya padahal belum mengerjakannya.
Nama : Rosmita
NIM : 855888871
Melalui Vidio Penjepit Jemuran
Dalam video tersebut guru memberikan kesempatan pada anak untuk menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran yaitu jika anak sudah menyelesaikan pekerjaannya mengumpulkan kepada guru lalu guru memberikan tanda dengan penjepit jemuran untuk membedakan bagi yang sudah dan yang belum sehingga anak akan terbiasa untuk selalu berkata jujur.
Terima kasih.
Assalamu’alaikum wr, wb
Nama : MAULIZATIL FAJRIAH
NIM : 855889074
Dalam video diatas guru memberikan kesempatan pada anak untuk menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran yaitu jika anak sudah menyelesaikan pekerjaannya anak mengumpulkan kepada guru lalu guru memberikan tanda dengan penjepit jemuran untuk membedakan bagi yang sudah dan yang belum sehingga anak akan terbiasa untuk selalu berkata jujur.
terimakasih.
Nama : Supriyatun
NIM :857620149
Video ini sangat membantu saya untuk mengajari anak dari usia dini dalam nilai-nilai kejujuran melalui kegiatan dalam pembelajaran. guru bisa selalu mengigatkan anak pada saat pembelajaran untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru, anak yang sudah dapat menyelesaikan tugas dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Ini termasuk metode yang bisa diterapkan didalam kelas. Agar kelas menjadi tempat bermain dan belajar yang meyenangkan bagi anak.semoga saya dapat menerapkan strategi ini supaya keteraturan dan ketertiban dapat dilakukan tanpa banyak bicara.