silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Menurut saya, vidio tersebut sudah sangat tepat untuk menerapkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Dimana guru tersebut tidak hanya sekedar memerintah melainkan dengan tindakan juga, dan itu sangat bagus dan tepat.
    Saran saya, kalau anak didik melebihi kapasitas, alangkah baiknya lembaga menambah pendidik baru.

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Yeni Atiar
    Nim : 858104759
    Prodi : pgpaud
    Semester : 2
    Dalam video tersebut guru mengajarkan nilai – nilai kejujuran dengan teknik menandai. Yakni anak yang telah selesai mengerjakan tugas nya di arahkan untuk menunjukkan kepada guru selanjutnya guru yang sudah memastikan bahwa anak benar-benar sudah menyelesaikan tugas nya lalu memberikan tanda berupa jepitan baju yg di jepit kan di bagian kerah baju anak sebagai tanda bahwa anak benar- benar sudah menyelesaikan tugas nya. Dan teknik ini memberikan pemahaman kepada anak bahwa mereka haruslah jujur dan mereka tidak dapat untuk berbohong karena jika berbohong maka tidak memiliki tanda dengan adanya jepitan baju di kerah baju nya . Menurut saya teknik ini sangat membantu untuk guru sebagai referensi bahwa penanaman kejujuran pada anak sedini mungkin amatlah penting sekali.

  3. NAMA : NUR AZIZAH FILLAILI HASANAH
    NIM : 858613336
    melalui video tersebut guru dapat menggunakan cara tersebut untuk melatih kejujuran anak, yaitu melalui jepit jemuran, dari cara diatas diketahui bahwa siapa saja anak yang menyelesaikan tugasnya dapat ditandai dengan jepit jemuran, namun dengan anak yang belum meyelesaikan tugas didorong do motivasi untuk terus menyelesaikan tugasnya, sekaligur bertanggungjawab dengan pekerjaannya. terimakasih untuk video diatas dapat menginspirasi kami para guru.

  4. Assalamualaikum
    NAMA : NUR FADILLAH
    NIM : 859815942
    UPBJJ: 83/KENDARI
    dari vidio tersebut anak ditanamkan untuk bersikap jujur, adapun upaya guru dalam menandai anak dengan jepit jemuran dapat meransang motivasi belajar anak untuk menyelesaikan tugas yang di berikan dengan bersungguh-sungguh.

  5. ijin memberi komentar
    nama : bernike fransiska harefa
    Suasana kelas TK yang jumlahnya 20-25 anak, terdiri dari tiga kegiatan yang sangat menarik dan interaktif. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, yang memungkinkan mereka untuk menggunakan kreativitas dan imajinasi mereka. Kegiatan kedua, menggunting dan menempel, membantu meningkatkan koordinasi tangan dan keterampilan motorik anak. Kegiatan ketiga, menghubungkan gambar dengan lambang bilangan dan gambar bendanya diwarnai, menawarkan peluang bagi anak untuk memahami konsep matematika dan keterampilan berpikir kritis. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan guru tersebut sangat sesuai dengan tema menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak. Pada saat mengajar, guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan penggunaan stiker. Hal ini membantu anak untuk memahami pentingnya kejujuran dan mengembangkan kebiasaan berperilaku jujur. Dalam kegiatan-kegiatan yang diberikan, guru memberikan tugas yang harus diselesaikan oleh anak, seperti mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, menghitung gambar binatang bersayap, dan menuliskan angkanya. Selanjutnya, guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu. Dari tugas-tugas tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas, anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya. Hal ini memberikan motivasi dan penghargaan kepada anak yang telah menyelesaikan tugas dengan baik, serta membantu meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian mereka. Upaya guru untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak-anak melalui kegiatan-kegiatan tersebut terlihat unik dan positif. Meminta anak untuk jujur tentang kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas dan memberikan penghargaan berupa stiker kepada mereka yang jujur adalah strategi yang baik untuk menanamkan kejujuran sejak dini.Secara keseluruhan, aktivitas-aktivitas yang dilakukan di kelas TK tersebut terlihat menyenangkan, kreatif, dan sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Guru tampaknya memiliki pendekatan yang baik dalam mengajarkan nilai-nilai positif seperti kejujuran melalui kegiatan-kegiatan yang menarik bagi anak-anak.

  6. Nama : Sivi Sahrotun
    Nim : 859941144

    video ini menceritakan pentingnya menanamkan kejujuran pada anak sejak dini. dan penjepit jemuran di berikan kepada mereka yang telah mengerjakan tugas. video ini menginspirasi , karena dengan alat sederhana bisa menjadi sesuatu aksi atau tindakan yang bermanfaat. Selain penjepit jemuran, mungkin bisa menggunakan Stiker gambar yang lucu dan unik yang ditempel di tangan atau pipi anak.

  7. Nama : Julia Agustina
    NIM : 855889121
    Judul Video : Melalui Penjepit Jemuran

    Dalam video diatas merupakan video yang sangat bermanfaat untuk inspirasi saya sebagai guru dalam melatih kejujuran pada anak pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dalam menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran yaitu jika anak sudah menyelesaikan pekerjaannya anak mengumpulkan kepada guru lalu guru memberikan tanda dengan penjepit jemuran untuk membedakan bagi yang sudah dan yang belum sehingga anak akan terbiasa untuk selalu berkata jujur. Ini merupakan metode yang sangat baik dan bisa diterapkan didalam kelas, agar kelas menjadi tempat bermain dan belajar yang meyenangkan bagi anak

  8. NAMA: RAHMI AMALIA ALIMUDDIN
    NIM: 859430635

    terima kasih kepada UT karena telah memfasilitasi kami atau memperlihatkan kasus yang ada yang sering terjadi pada anak didik disekolah. dimana anak biasanya sering kita dapati berbohong. dari video inilah saya dapat belajar untuk melatih atau membiasakan anak berkata jujur. dengan video ini saya dapat menerapkannya pada saat saya mendapati anak yang sering berbohong.

  9. Nama : Ima Melati
    NIM : 858318568

    Pada video “Melalui Penjepit Jemuran” guru mengajarkan nilai-nilai kejujuran kepada anak didiknya sejak dini. Melalui teknik menandai, bagi anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya sesuai perintah dengan menjepitkan penjepit jemuran di seragam anak didiknya. dan tanpa melalui kata-kata anak-anak yang lainnya dapat mengetahui siapa yang sudah selesai mengerjakan tugasnya dan siapa yang belum selesai mengerjakan tugasnya, dikarenakan adanya bukti penjepit jemuran yang telah dijepitkan oleh guru mereka. Video yang sangat bermanfaat untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini, dan dapat di praktikan anak dalam kehidupan sehari-hari.
    Terima kasih telah berbagi ilmu.

  10. Nama : Dwi Puryanti
    NIM : 857528488
    Terima kasih untuk pembelajaran kali ini, dimana terkadang guru menghadapi kendala/kesulitan dalam menangani anak dalam pembelajaran tentang kejujuran, yang sering kali guru dibohongi anak secara tidak sadar, karena anak tidak mau menyelesaikan tugas dan hanya ingin bermain. Video pembelajaran ini menginspirasi saya untuk bisa mempraktekkan solusi dalam menanamkan kejujuran pada anak.

Leave a Reply