silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Gusniar Ayu
Nim : 859560776
Judul : Melalui penjepit jemuran
Setelah melihat video td saya menjadi terinspirasi melakukan hal serupa, membiasakan anak berprilaku jujur dengan memberikan tanda penjepit jemuran di baju mereka, anak yang lain jg menjadi tau siapa sj yg tidak selesai mengerjakan tugas yg di berikan.. Dengan media sederhana yg mudah d dapatkan kita sdh mencoba menanamkan nilai kejujuran pada anak
Melalui video ini kita belajar bagaimana menanamkan nilai kejujuran pada anak dengan pemberian penjepit jemuran bagi anak yang sudah menyelesaikan tugas, dengan begitu anak yang berbohong akan ketahuan karena dibuktikan dengan penjepit yang ada di bajunya. Cara tersebut sangat menginspirasi kita dan dapat diterapkan di Lembaga kita.
NAMA : YANTI HANDINI
NIM : 858451034
Setelah melihat vidio tersebut, ternyata menanam kan kejujuran anak tidak lah harus dengan nasehat yang panjang lebar, dengan penjepit jemuran dapat kita liat, apakah anak tersebut jujur atau tidak, karena di usia seperti mereka, mereka tidak mungkin berbohong
NAMA SRI HAYATI
NIM 859519556
Setelah menonton video tersebut Alhamdulillah saya banyak menerima pembelajaran tentang kejujuran anak ,ternyata kejujuran anak tidak harus diberi pengertian dengan kata kata atau nasihat tetapi kejujuran anak bisa dilihat melalui pembelajatan dengan menggunakan penjepit jemuran ,jika dilihat memang sangat sederhana tetapi mempunyai nilai yang sangat tnggi dan tak terhingga ,karena sebuah penjepit jemuran dapat membuat anak mengerti arti sebuah kejujuran .Trima kasih atas pembelajaran divideo ini banyak pembelajaran yang saya terima dan saya terinspirasi untuk menerapkannya disekolah saya.
Nama : Hamelia Gunawan
NIM : 857166913
Terimakasih atas video kejujuran melalui penjepit jemuran. dari video tersebut saya dapat mempelajari dan mendapat tips baru untuk membedakan anak yang sudah selesai mengerjakan tugas dengan yang belum.
sekian dari saya Terimakasih.
NAMA : Tri Sumarsih
NIM : 857620131
dalam video kami dapat belajar dan mempelajari bagaimana cara menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran, serta nilai-nilai kejujuran, ketertiban dan keteraturan pun dapat diterapkan, tanpa harus banyak berbicara.
Nama : Mohamad Yusup
Nim : 857501319
Assalaamualaikum warohmatullaahi wabaraokaatuh, mohon ijin ikut berkomentar, menurut pendapat saya vidio yang disampaikan sudah baik tetapi perlu sedikit dijelaskan apa itu jujur dan manfaatnya jujur sehingga anak termotivasi untuk berbuat jujur.karena kejujuran merupakan sifat atau karakter maka perlu pembiasaan
Nama : VIndy Rima Arifah
NIM : 858946885
Pendapat saya mengenai isi video tersebut yaitu video tersebut menggambarkan suasana kelas TK dengan jumlah siswa berkisar 20-25 anak. Dengan jumlah murid yang cukup banyak tersebut, membuat guru kesulitan dalam mengontrol seluruh siswa pada saat pembelajaran di dalam kelas. Hal ini dapat kita lihat pada saat pembelajaran berlangsung, terkadang anak yang tidak menyelesaikan kewajibannya akan tetapi dia mengatakan bahwa dia sudah menyelesaikan tugasnya. Dalam hal ini, anak tidak berkata dengan jujur sehingga guru menggunakan solusi dengan memanfaatkan penjepit jemuran untuk menanamkan kejujuran pada anak. Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu :
1. Guru memberikan kegiatan yang terdiri dari 3 kegiatan dimana kegiatan tersebut sudah disesuaikan dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Kegiatan yang diberikan terdiri dari :
a. Mewarnai gambar sesuai tema
b. Menggunting dan menempel,
c. Menghubungkan gambar dengan lambang bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang diberikan merupakan kegiatan yang mudah dilakukan dan dipahami oleh anak.
2. Saat guru memulai pembelajaran dimana guru akan menanamkan kejujuran pada peserta didiknya, guru mengatakan kepada peserta didik untuk berkata dengan jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan anak juga harus berterus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan.
3. Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas, anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya. Dan apabila tidak dapat menyelesaikannya, maka anak tidak diberi kesempatan untuk mengambil penjepit jemuran tersebut. Dengan memanfaatkan penjepit jemuran tersebut, dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk dapat guru terapkan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini. Menggunakan metode tersebut, ketertiban dan keteraturan dalam kelas juga dapat tercipta dengan baik.
terimakasih video pembelajarannya, sangat menginspirasi caranya cukup sederhana hanya dengan menggunakan penjepit jemuran untuk membedakan mana yang sudah mengerjakan dengan yang belum, namun efeknya cukup efektif untuk menanamkan kejujuran ternyata, patut dicoba dan dipraktekkan, biasanya saya menanamkan kejujuran melalui teknik bercerita.
Nama : VIndy Rima Arifah
NIM : 858946885
Pendapat saya mengenai isi video tersebut yaitu video tersebut menggambarkan suasana kelas TK dengan jumlah siswa berkisar 20-25 anak. Dengan jumlah murid yang cukup banyak tersebut, membuat guru kesulitan dalam mengontrol seluruh siswa pada saat pembelajaran di dalam kelas. Hal ini dapat kita lihat pada saat pembelajaran berlangsung, terkadang anak yang tidak menyelesaikan kewajibannya akan tetapi dia mengatakan bahwa dia sudah menyelesaikan tugasnya. Dalam hal ini, anak tidak berkata dengan jujur sehingga guru menggunakan solusi dengan memanfaatkan penjepit jemuran untuk menanamkan kejujuran pada anak. Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu :
1. Guru memberikan kegiatan yang terdiri dari 3 kegiatan dimana kegiatan tersebut sudah disesuaikan dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Kegiatan yang diberikan terdiri dari :
a. Mewarnai gambar sesuai tema
b. Menggunting dan menempel,
c. Menghubungkan gambar dengan lambang bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang diberikan merupakan kegiatan yang mudah dilakukan dan dipahami oleh anak.
2. Saat guru memulai pembelajaran dimana guru akan menanamkan kejujuran pada peserta didiknya, guru mengatakan kepada peserta didik untuk berkata dengan jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan anak juga harus berterus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan.
3. Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas, anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya. Dan apabila tidak dapat menyelesaikannya, maka anak tidak diberi kesempatan untuk mengambil penjepit jemuran tersebut. Dengan memanfaatkan penjepit jemuran tersebut, dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk dapat guru terapkan dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini. Menggunakan metode tersebut, ketertiban dan keteraturan dalam kelas juga dapat tercipta dengan baik.
Komentar saya dari video tersebut yaitu metode pembelajaran yang diterapkan sangat bermanfaat dan berguna dalam membantu guru untuk mengatasi masalah anak yang tidak menyelesaikan kewajibannya dalam mengerjakan tugas yang diberikan karena jumlah murid yang banyak sehingga guru tidak dapat mengontrol seluruh murid dengan baik. Bagi peserta didik yang sudah dapat menyelesaikan tugasnya, anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan dibajunya. Hal ini dapat memotivasi anak untuk menyelesaikan tugas selanjutnya dan memotivasi anak lain untuk segera menyelesaikan tugasnya. Peserta didik juga dapat berterus terang apabila tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan sehingga guru dapat membantu membimbingnya untuk menyelesaikan tugas tersebut. Bagi mereka yang tidak menyelesaikan tugas yang diberikan maka mereka juga tidak diberi kesempatan untuk mendapat jepitan jemuran tersebut. Sehingga dengan begitu dapat menanamkan kejujuran pada anak dan mendisiplinkan anak untuk bertanggung jawab menyelesaikan tugasnya dengan baik. Metode pembelajaran yang diterapkan juga dapat bermanfaat untuk saya karena dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan murid yang berjumlah 18 anak dan terkadang anak tidak menyelesaikan kewajibannya dalam mengerjakan tugas yang diberikan sehingga metode tersebut dapat saya terapkan dalam pembelajaran di kelas saya.