silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Rini Puspitasari
NIM 857490477
PGPAUD Semester 4
memberikan jepitan pada anak yang sudah menyelesaikan adalah salah satu solusi untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini, kegiatan ini menurut saya sangat sederhana dan sepertinya lebih dipahami untuk anak. saran dari saya mungkin pemberian jepitan bisa di ganti dengan reward yang lain, yang lebih menarik seperti stiker ataupun pin yang berbentuk lebih menarik anak.
Nama : Siti Nurlaela
NIM : 857369246
Dalam vidio tersebut dijelaskan bahwa dengan media penjepit jemuran dapat menanamkan kejujuran. disiplin dan taat aturan pada Anak Usia Dini. Mengingat guru mungkin mengalami kesulitan untuk mengontrol anak dalam jumlah banyak pada beberapa kegiatan yang berlangsung secara bersamaan. Sehingga terkadang ada anak yang asal-asalan ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran karena kurangnya pengawasan dari guru. Selain dengan menggunakan penjepit jemuran, guru juga dapat menggunakan media lain untuk memberikan tanda pada anak yang sudah menyelesaikan tugasnya. Misalnya dengan memberikan stiker bintang, hal tersebut dapat menjadi reward untuk anak agar dapat lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas lainnya.
Assalamualaikum wr wb… Kenalkan nama saya Rukiana Wildayanti… Terimakasih…. Saya sangat mengapresiasi metode ini. Menurut saya metode ini sangat kreatif. Semoga bisa membangkitkan ide-ide dan semangat guru yang lain. 💪💪💪😁☺️
Nama : Ai Siti Nurjanah
Nim. : 857497416
Setelah menyimak video diatas berjudul ”Melalui penjepit jemuran”
Saya sebagai guru mendapatkan ilmu baru dengan cara yang sederhana bisa menerapkan kejujuran kepada anak.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Setelah mempelajari seri menanamkan kejujuran pada anak bisa dilakukan dengan apresiasi bukan hanya memberikan hadiah melainkan hanya penjepit saja.
Nama : Ashfiyaul Bakhriyah
NIM : 857761275
Dalam video tersebut sangat bermanfaat sekali, karena memberikan cara untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak.
Dari video tersebut saya dapat belajar cara menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui penjepit jemuran dengan tertib dan tanpa banyak bicara.
Melalui penjepit jemuran
Dalam vidio pembelajaran dengan menggunakan metode melalui penjepit jemuran anak akan lebih belajar jujur jika sudah melaksanakan setiap kegiatan dan yang belum melaksanakan kegiatan, karena sikap jujur harus ditanamkan sejak usia dini, guru juga dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan anak. sehingga dengan menggunakan media yang sederhana akan menarik minat anak.
Sarannya : selalu memberikan pujian dan penghargaan atas usaha anak tersebut walaupun belum sempurna
Masukannya :cerita yang disampaikan sangat sederhana dan mengandung moral yang sangat penting bagi perkembangan anak usia dini
Nama: tazkia ummatul khasanah NIM: 857779184 Didalam video dijelaskan mengenai bagaimana menanamkan kejujuran anak dengan menggunakan penjepit jemuran, sebelum kegiatan dimulai anak diberitahu tentang kejujuran dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru, ketika anak sudah selasai mengerjakan tugas yang diberikan guru, anak akan diberikan penjepit jemuran sebagai tanda bahwa tugasnya sudah selesai, metode pembelajaran yang di lakukan guru didalam video tentang menanamkan kejujuran sangat bermanfaat bagi saya, saya dapat mengetahui bagaimana cara menanamkan kejujuran kepada anak dengan media media yang sederhana.
Dalam vidio tersebut dijelaskan bahwa dengan media penjepit jemuran dapat menanamkan kejujuran.
Disiplin dan taat aturan pada Anak Usia Dini. Mengingat guru mungkin mengalami kesulitan untuk mengontrol anak dalam jumlah banyak pada beberapa kegiatan yang berlangsung secara bersamaan. Sehingga terkadang ada anak yang asal-asalan ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran karena kurangnya pengawasan dari guru. Selain dengan menggunakan penjepit jemuran, guru juga dapat menggunakan media lain untuk memberikan tanda pada anak yang sudah menyelesaikan tugasnya. Misalnya dengan memberikan stiker bintang, hal tersebut dapat menjadi reward untuk anak agar dapat lebih bersemangat untuk menyelesaikan tugas lainnya. Sehingga anak dapat semangat mengerjakan tugasnya.
Pada video tersebut, saya mendapatkan ilmu baru untuk menghadapi anak yang tidak jujur melalui kegiatan yang sederhana.