silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,499 Comments

  1. Nama Ika rahmawati
    Nim 858841336
    Judul menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran

    Vidio ini sangat menginspirasi dalam menanamkan kejujuran pada anak..dengan memberikan penjepit jemuran bagi anak yang bisa menyelesaikan tugasnya akan memotivasi anak dalam mengerjakan tugas sampai selesai dan akan mendorong anak untuk bersikap jujur terhadap kemampuan mereka dalam mengerjakan tugas

  2. Nama : Widhati
    NIM : 858310287
    Prodi : S1 PGPAUD
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar /PAUD4304.11
    Judul video : Menanamkan Nilai Kejujuran Melalui penjepit Jemuran

    Video ini membahas tentang cara menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini melalui perlombaan. Dalam video ini, guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyelesaikan tiga pekerjaan. Namun, ada beberapa anak yang tidak menyelesaikan tugas mereka. Guru kemudian menggunakan penjepit pakaian untuk menandai siswa yang sudah menyelesaikan tugas mereka. Anak-anak yang tidak menyelesaikan tugas mereka akan merasa malu dan termotivasi untuk menyelesaikan tugas mereka.
    Video ini memberikan contoh yang baik tentang cara menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak-anak. Guru menggunakan cara yang kreatif dan menyenangkan untuk membuat anak-anak merasa termotivasi untuk menyelesaikan tugas mereka. Video ini juga memberikan tips kepada guru tentang cara menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak-anak.
    Saya sangat terkesan dengan video ini. Menurut saya ini adalah cara yang bagus untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak-anak. Video ini juga dapat digunakan oleh guru untuk membantu mereka menanamkan nilai-nilai kejujuran pada siswa mereka. Melalui video tersebut juga dapat mengajarkan bahwa menanamkan nilai kejujuran sejak dini adalah penting.

  3. Perkenalkan Saya Ida Kosshera
    NIM : 858438906
    UPBJJ : Salut Balikpapan
    Prodi : FKIP PGPAUD Semester 6
    JUDUL VIDEO : Menanamkan Nilai Kejujuran pada Anak Usia Dini Melalui Penjepit Jemuran

    Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini bisa dilakukan dengan cara-cara yang kreatif dan menyenangkan. Salah satu cara yang unik adalah dengan menggunakan penjepit jemuran. Berikut adalah beberapa langkah lain yang dapat dilakukan bagi saya seorang guru PAUD berdasarkan pengalaman diluar dari video diatas tersebut :

    1. Permainan “Jujur Mengakui” : Buat permainan di mana anak-anak harus mengaku jika mereka melakukan sesuatu dengan jujur. Misalnya, jika mereka menumpahkan sesuatu, mereka harus menggunakan penjepit jemuran sebagai simbol untuk mengakui kesalahan mereka. Setiap pengakuan jujur mendapatkan poin atau stiker yang dapat ditukarkan dengan hadiah kecil.

    2. Cerita Bergambar : Gunakan penjepit jemuran untuk membuat karakter dalam cerita bergambar. Buatlah cerita tentang karakter penjepit jemuran yang selalu berkata jujur. Dengan cara ini, anak-anak dapat belajar dari contoh cerita bagaimana pentingnya kejujuran.

    3. Aktivitas Seni dan Kerajinan : Ajak anak-anak untuk membuat kerajinan dari penjepit jemuran sambil berdiskusi tentang situasi di mana mereka harus berkata jujur. Misalnya, membuat boneka atau hewan dari penjepit jemuran sambil menceritakan pengalaman di mana mereka jujur kepada teman atau keluarga.

    4. Simulasi Situasi : Buat skenario dengan penjepit jemuran sebagai alat bantu di mana anak harus memilih tindakan yang jujur. Misalnya, jika ada dua penjepit jemuran yang berbeda warna dan salah satunya menggambarkan tindakan jujur, anak harus memilih yang tepat dalam situasi yang diberikan.

    Dengan cara-cara ini, anak-anak tidak hanya belajar tentang kejujuran tetapi juga mengembangkan keterampilan motorik halus mereka dan berkreasi dengan imajinasi mereka.

    Demikian Tanggapan dari saya. Terima Kasih..

  4. Menanamkan nilai kejujuran melalui kegiatan sehari-hari seperti menggunakan penjepit jemuran adalah contoh pendekatan kreatif yang sangat bermanfaat, terutama untuk anak-anak. Aktivitas sederhana ini bisa dijadikan alat untuk mengajarkan konsep kejujuran dengan cara yang menarik dan mudah secara keseluruhan, pendekatan menggunakan penjepit jemuran ini adalah contoh sederhana namun kreatif dalam mengajarkan kejujuran melalui pengalaman nyata. Dengan menggunakan benda sehari-hari, anak-anak bisa belajar bahwa kejujuran adalah hal penting yang bisa diaplikasikan dalam banyak aspek kehidupan.SElain itu juga dapat membuat kejujuran menjadi konkrit dan terlihat,Menghubungkan Kejujuran dengan Tanggung Jawab,Menyediakan Aktivitas yang Melibatkan Pengalaman Nyata,Menggunakan Metode Permainan untuk Memperkuat Konsep dan Memotivasi dengan Visualisasi.

  5. Nama: Siti Halimah
    NIM : 859897366
    Prodi : PGPAUD
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar

    Dari video tersebut menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran. Video tersebut sangat bagus untuk di praktekkan di sekolah lain. Dari video tersebut telihat jelas bahwa anak di latih dalam melakukan suatu kegiatan harus jujur dan bertanggung jawab.

  6. judul vidio; menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran
    nama :widatul marifah
    NIM :858840484
    Prodi : S1 PGPAUD AKPMM
    Semester ; 6
    Isi Ringkasan vidio ;
    dalam vidio ini anak di ajari untuk jujur sejak dini ,dengan kejujuran ,jujur sejak dini adalah disiplin moral ,anak akan tau mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang tidak baik di lakukan dengan contoh kegiatan menjepit jemuran anak juga di ajari tentang tanggung jawab dan menyelesaikan tugas dengan selesai.vidio ini juga menanamkan prilku kejujuran yang menyenangkan bertanggung jawab.

  7. Nama : Mei Ifa Susanti
    NIM : 859905044
    PRODI : S1-PGPAUD
    Judul Video : Menanamkan Nilai Kejujuran Melalui Penjepit Jemuran
    Video diatas menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini melalui penjepit jemuran. Terkadang kita sebagai seorang guru kesulitan dalam menghadapi kasus seperti anak yang tidak jujur dalam menyelesaikan tugas nya. Pada video ini guru memberikan 3 macam kegiatan yang harus anak-anak selsesaikan, yaitu mewarnai kupu-kupu/lebah, menggunting dan bermain plastisin. Pada vidio ini kita dapat melihat bagaimana guru mengajak anak anak untuk berkata jujur ketika telah menyelesaikan tugasnya dikumpulkan dengan ibu guru, namun yang belum selesai harus diselesaikan. Kalau belum selesai bilangnya sudah selesai namnya berbohong. Guru juga memberikan penguatan kepada anak bahwa warna nya harus yang cerah biar bersemangat. Kemudian guru memberikan penghargaan berupa jepitan jemuran bagi anak yang sudah selesai dan bersikap jujur, selain itu ketertiban dan keteraturan pun dapat diterapkan tanpa banyak bicara. Dengan adanya penghargaan/reward seperti itu dapat membuat anak akan semakin disiplin, bersemangat dan merasa bangga akan sikap jujur yang telah mereka lakukan. Selain menanamkan sikap jujur, dalam video ini anak juga dilatih untuk bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

  8. Nama : Ratih Okniary Purwati
    Prodi : PGPAUD
    Semester 6
    UT MALANG, POKJAR PAKIS

    Melalui video menanamkan kejujuran menggunakan penjepit jemuran, kita mencoba mengajari anak dan membiasakannya untuk hidup jujur, salah satunya dengan jujur mengakui apakah ia sudah menyelesaikan tugas kegiatannya di kelas atau belum. Apalagi dengan jumlah murid yang banyak di dalam kelas, membuat kita sebagai pendidik terkadang terlewat untuk mengetahui siapa yang belum dapat menyelesaikan kegiatannya di hari itu.
    Dengan metode penjepit jemuran, setiap anak yang selesai mengerjakan kegiatan, saat mengumpulkan hasil karyanya di meja, guru akan memberi tanda dengan menjepitkan penjepit jemuran pada bajunya, hal ini memudahkan guru mengevaluasi kemampuan murid dalam ketepatan waktu dan memiliki rasa tanggung jawab saat penyeleasaian tugas. Dengan mengetahui hal tersebut pendidik bisa menindak lanjuti dengan memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak didik. Kegiatan belajar mengajar juga menjadi tertib dan kondusif. Metode menggunakan penjepit jemuran ini bisa menjadi masukan untuk dicoba diterapkan di kelas.

  9. nama : Shintiya Aureliya
    Prodi : PG PAUD UT MANADO
    dalam pembelajaran yang diberikan oleh pendidik dengan memberikan tugas mewarnai, menggunting dan menempel pada anak dan pendidik menginstruksikan pada anak yang telah selesai dan berkata jujur pada anak-anak yang belum menyelesaikan tugasnya.
    tidak hanya mengajarkan tentang mewarnai, menggunting dan mewarnai tetapi disini pendidik juga sudah membentuk karakter anak agar bisa berkata jujur walaupun belum menyelesaikan tugasnya.

  10. Judul video : Menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran
    Nama : LUTHFIAH SULASI ANDINI
    Prodi : S1 PG PAUD

    Dalam video ini, ada berbagai macam kegiatan yang guru berikan untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak, seperti yang diketahui bahwa ada anak yang belum selesai dan mengatakan bahwa dirinya sudah selesai mengerjakan tugas, mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya anak melihat temannya sudah selesai dan dia juga ingin seperti temannya terlihat cepat selesai. Disinilah peran kita sebagai guru memberitahu anak bahwa pekerjaannya belum selesai, tolong di selesaikan dengan sungguh-sungguh kemudian boleh mengatakan selesai.
    Dan ada juga anak yang jujur bahwa memang pekerjaannya sudah selesai pada saat itu.
    Dalam berbagai kegiatan kita bisa melatih anak dan menanamkan nilai kejujuran pada anak secara menarik dan anak dapat mengetahui bagaimana pentingnya kejujuran dapat diterima

Leave a Reply