silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,494 Comments

  1. Judul video : Menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran
    Nama : LUTHFIAH SULASI ANDINI
    NIM : 859412099
    Prodi : S1 PG PAUD

    Dalam video ini, ada berbagai macam kegiatan yang guru berikan untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak, seperti yang diketahui bahwa ada anak yang belum selesai dan mengatakan bahwa dirinya sudah selesai mengerjakan tugas, mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya anak melihat temannya sudah selesai dan dia juga ingin seperti temannya terlihat cepat selesai. Disinilah peran kita sebagai guru memberitahu anak bahwa pekerjaannya belum selesai, tolong di selesaikan dengan sungguh-sungguh kemudian boleh mengatakan selesai.
    Dan ada juga anak yang jujur bahwa memang pekerjaannya sudah selesai pada saat itu.
    Dalam berbagai kegiatan kita bisa melatih anak dan menanamkan nilai kejujuran pada anak secara menarik dan anak dapat mengetahui bagaimana pentingnya kejujuran dapat diterima.

  2. Sering kali dalam satu kelas dengan jumlah anak yang cukup banyak, guru mengalami kesulitan untuk mengontrol anak dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka. Video di atas dapat dijadikan sebagai referensi untuk guru dalam mengkondisikan kelas agar guru tetap bisa memantau sejauh mana anak bertanggung jawab terhadap tugasnya. Anak pun bisa menyelesaikan tugasnya sesuai dengan apa yang diberikan secara jujur. Karna sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran dan kedisiplinan sejak dini. Selain menggunakan penjepit jemuran sebagai tanda bahwa anak telah menyelesaikan tugas demi tugas, guru juga dapat menggunakan media lain seperti kalung reward atau simbol bintang yang ditempel pada papan reward.

  3. Dari video yang sudah saya tonton saya dapat mengambil pelajaran cara menanamkan kejujuran kepada anak didik….kita beri mereka semangat dan dukungan agar anak didik percaya diri untuk menyelesaikan pelajaran tersebut setelah anak didik semangat dan memberikan tugasnya kelas ibu guru maka guru memberi apresiasi kepada anak didik seperti dalam video memberi jepitan atau tanda sehingga mereka mengetahui jika sudah ada jepitan dibajunya maka itu pertanda bahwa tugasnya sudah selesai dan sudah dikumpulkan…….dan anak akan merasa senang jika mendapat apresiasi tersebut… terimakasih

  4. Judul video : Menanamkan nilai kejujuran melalui penjepit jemuran.
    Melalui penjepit jemuran tersebut adalah salah satu cara kita menanamkan nilai jujur kepada anak usia dini, sangat sederhana dan kreatif Alhamdulillah saya sebagai pendidik anak usia dini jadi termotivasi akan cara tersebut. Dengan demikian sangatlah penting untuk menanamkan nilai kejujuran sejak dini, karena akan berpengaruh besar terhadap diri sendiri. Anak-anak adalah peniru ulung, jadi kita harus memberikan contoh perilaku baik, jujur dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana terlihat dalam video tersebut bahwa ada anak yang masih belum menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya, demikian guru langsung berkreatif dengan memberikan reward penjepit jemuran bagi anak yang sudah menyelesaikan nya guna untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak.

  5. Nama : Liwi Diana Sanggiana Reni Mening
    Nim : 858393186
    Upbjj : 50-Samarinda
    Pokjar : UT Salut Barong Tongkok

    Video ini memberikan pendekatan yang menarik untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini dengan menggunakan alat sederhana seperti penjepit jemuran. Berikut adalah beberapa poin yang dapat diambil dari video ini:
    1. Pendekatan Praktis:

    Menggunakan penjepit jemuran sebagai alat untuk mengajarkan kejujuran sangat kreatif. Dengan aktivitas yang mudah dipahami, anak-anak dapat belajar tentang pentingnya kejujuran dalam konteks yang familiar.
    2. Interaktivitas:

    Video ini mendorong anak-anak untuk terlibat aktif, yang sangat penting dalam pembelajaran anak usia dini. Melalui permainan dan interaksi, konsep kejujuran dapat disampaikan dengan cara yang menyenangkan.
    3. Penggunaan Contoh Nyata:

    Mengaitkan nilai kejujuran dengan situasi sehari-hari membantu anak-anak memahami relevansi nilai tersebut dalam kehidupan mereka. Ini membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna.
    4. Keterlibatan Emosional:

    Mengajarkan nilai-nilai moral seperti kejujuran melalui cerita atau situasi yang relatable dapat menciptakan keterikatan emosional. Ini sangat penting untuk anak-anak agar mereka dapat menginternalisasi nilai tersebut.

  6. Nama: Tasmiah
    Nim : 857512375
    Prodi : PG PAUD
    UPBJJ: Bandung
    Judul video: menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui penjepit jemuran
    Dalam video di atas menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini sangatlah penting untuk diterapkan karena kejujuran merupakan dasar dalam membangun karakter yang kuat melatih anak untuk bersikap jujur, banyak hal yang Guru bisa lakukan salah satunya dalam video tersebut
    – Guru mengajak anak bermain penjepit jemuran,bagi anak yang sudah menyelesaikan tugasnya maka anak dapat mengambil penjepit baju dan menempelkan di bajunya.
    Dan dalam video tersebut juga di perlihatkan pentingnya pembelajaran yang kondusif.interaksi dan pendekatan Guru yang aktif, Dari video diatas Alhamdulillah saya mendapatkan pembelajaran 🙏

  7. Nama : Siti Nur Kumala
    NIM : 858724889
    Judul Video : Melalui Penjepit Jemuran
    Tanggapan : Dalam video guru memberikan berbagai kegiatan sesuai tema pada anak didik, bagi yang telah selesai mengerjakan tugasnya, maka akan mendapatkan penjepit jemuran. hal ini dapat membantu menanamkan nilai kejujuran pada anak dengan cara yang kreatif. Tidak hanya melalui ucapan atau perintah-perintah agar berkata jujur, namun juga disertai dengan media yang menarik anak agar berperilaku jujur.

  8. Nama : FITRIYANI
    NIM : 857512382
    UPBJJ : UT BANDUNG
    PRODI : PGPAUD
    Judul: Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui penjepit jemuran.

    Assalamualaikum wr.wb
    Dari video yang saya lihat di atas, menanamkan kejujuran pada anak usia dini penting karena kejujuran merupakan nilai kehidupan dan akan membantu anak membangun hubungan baik dengan orang lain. Ada beberapa yang dapat dilakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini salah satunya menggunakan penjepit jemuran. Setelah anak menyelesaikan tugas, anak wajib menunjukkan dan mengambil penjepit jemuran. Dan anak yang belum selesai mengerjakan tugas tidak boleh mengambil penjepit jemuran.

    Terimakasih…

  9. Assalamualaikum wr.wb.

    Izinkan Penulis memberikan Tanggapan terhadap Penugasan yang di lakukan.

    Nama : M.Permata Sari Pohan
    Nim : 856093098

    Dalam video tersebut memperlihatkan tantangan yang di hadapi seorang pendidik dalam membentuk sebuah karakter yang Ada. Masa PAUD merupakan masa fondasi dalam memberikan dan membentuk jiwa seseorang yang akan berlanjut hingga dewasa nanti.

    Bahwa penanaman kejujuran, kedisiplinan, ketertiban dan keteraturan yang diberikan kepada anak akan terbawa hingga dewasa nanti dan pembelajaran yang pendidik lakukan akan di aplikasikan tidak hanya di lingkungan sekolah melainkan di lingkungan masyarakat agar terciptanya ketertiban, keraturan serta kedisiplinan dan kedamaian yang ada.

    Maka, di dalam Analisis video tersebut Penulis sangat setuju dengan solution dalam mengontrol situasi yang ada. Dengan pemberian penjempit rambut kepada siswa . Maka, akan menanamkan sifat kejujuran dan ketaatan atas peraturan dan yang ada.
    Dengan perlakuan tersebut , pendidik memberikan tantangan terhadap semua siswa dengan cara memotivasi dan mengapresiasi. Sehingga siswa akan menyelesaikan tugas yang di berikan dengan baik.

    Demikian Tugas Penulis yang dapat diberikan .
    Terima kasih
    Assalamualaikum wr.wb

  10. Assalamualaikum wr.wb.

    Izinkan Penulis memberikan Tanggapan terhadap Penugasan yang di lakukan.

    Nama : M.Permata Sari Pohan
    Nim : 856093098

    Dalam video tersebut memperlihatkan tantangan yang di hadapi seorang pendidik dalam membentuk sebuah karakter yang Ada. Masa PAUD merupakan masa fondasi dalam memberikan dan membentuk jiwa seseorang yang akan berlanjut hingga dewasa nanti.

    Bahwa penanaman kejujuran, kedisiplinan, ketertiban dan keteraturan yang diberikan kepada anak akan terbawa hingga dewasa nanti dan pembelajaran yang pendidik lakukan akan di aplikasikan tidak hanya di lingkungan sekolah melainkan di lingkungan masyarakat agar terciptanya ketertiban, keraturan serta kedisiplinan dan kedamaian yang ada.

    Maka, di dalam Analisis video tersebut Penulis sangat setuju dengan solution dalam mengontrol situasi yang ada. Dengan pemberian penjempit rambut kepada siswa . Maka, akan menanamkan sifat kejujuran dan ketaatan atas peraturan dan yang ada.
    Dengan perlakuan tersebut , pendidik memberikan tantangan terhadap semua siswa dengan cara memotivasi dan mengapresiasi. Sehingga siswa akan menyelesaikan tugas yang di berikan dengan baik.

    Demikian Tugas Penulis yang dapat diberikan .
    Terima kasih
    Assalamualaikum wr.wb.

Leave a Reply