silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama Noreen
    Nim 858618328

    pada video menunjukkan cara kreatif guru dalam menanamkan nilai kejujuran melalui kegiatan sederhana seperti mewarnai, menggunting, menempel bentuk kupu-kupu, dan membentuk bunga dari plastisin. Anak yang telah menyelesaikan tugas diminta berkata jujur, lalu diberi penjepit jemuran di bajunya sebagai tanda kejujuran. video ini sangat bermanfaat karena melatih kejujuran sejak dini melalui kegiatan yang menyenangkan secara sederhana. Anak terdorong untuk berkata jujur tanpa tekanan atau paksaan siapapun, dengan simbol penjepit sebagai bentuk penghargaan kejujuran.
    sedikit saran sebaiknya ditambahkan contoh atau respon anak saat menyatakan kejujuran agar guru bisa melihat pendekatan yang tepat.

  2. NAMA : SONYA RIBKA
    NIM : 877682056

    • Manfaat Video bagi Guru PAUD/TK:
    1. Sangat bermanfaat karena memberikan solusi kreatif untuk menangani masalah umum seperti anak-anak yang tidak jujur dalam menyelesaikan tugas.
    2. Menawarkan cara praktis menggunakan penjepit pakaian untuk menanamkan nilai kejujuran, ketertiban, dan keteraturan.
    3. Memberikan contoh konkret tentang cara menanamkan disiplin melalui perlombaan.
    • Masukan dan Saran:
    1. Video ini membahas permasalahan umum di mana anak-anak tidak menyelesaikan tugas, dan guru kesulitan mengontrol karena jumlah siswa yang banyak.
    2. Video ini menyarankan penggunaan penjepit pakaian sebagai alat bantu untuk menanamkan nilai kejujuran, ketertiban, dan keteraturan pada anak-anak tanpa perlu banyak bicara.
    3. Video ini juga menyinggung langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam melakukan perlombaan.
    4. Video ini menyoroti pentingnya menangani nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini.
    5. Video ini mengajak pemirsa untuk berbagi cara atau trik berbeda yang mungkin mereka miliki, yang merupakan cara yang baik untuk membangun komunitas dan mendapatkan wawasan tambahan.
    6. Video ini berharap apa yang disajikan dapat bermanfaat dan diterapkan di tempat pemirsa mengajar.
    • Kesimpulan: Video ini sangat relevan dan bermanfaat bagi guru PAUD/TK karena memberikan solusi praktis dan kreatif untuk masalah umum yang dihadapi dalam mengajar anak usia dini.

  3. Nama: Mujiati Erlina
    Nim : 858332512
    video berjudul “Melalui Penjepit Jemuran”
    Assalamualaikum izin menanggapi, menurut saya video tersebut sangat bagus dan inspiratif agar anak dapat berbuat jujur melalui jepit jemuran tersebut.
    Kegiatan tersebut merupakan kegiatan belajar sambil bermain yaitu dengan jepit jemuran anak dapat melatih kejujuran dan melatih sosial emosionalnya ,secara tidak langsung bukan hanya kejujuran saja yang dapat di latih hanya dengan menggunakan jepit jemuran, kita sekaligus bisa mengajari anak tentang tanggung jawab dan menyelesaikan tugas yang di berikan. Dan juga melatih anak mengembalikan jepit jemuran setelah anak selesai menggunakan jepit jemuran apakah anak akan mengembalikannya atau tidak? hal itu juga melatih rasa tanggung jawab anak kepada benda yang di berikan oleh guru.
    Melalui jepit jemuran kita juga dapat melatih disiplin anak dengan menyelesaikan tugas dan mengikuti aturan bermain.
    Melatih ketelitian memperhatikan detail dalam menyelesaikan tugas , yang mengurangi kemungkinan kesalahan yang perlu di tutupi dengan kebohongan yaitu dengan melalui kegiatan belajar sambil bermain akan membuat anak merasa tidak tertekan dan tidak bosan.
    Saran:
    Kami para guru baru sangat mengharapkan banyak video-video imajinatif dan kreatif untuk menangani anak yang bermasalah dengan kejujuran, karena tidak menutup kemungkinan hal ini sering kami temui di kehidupan sehari-hari.
    sekian tanggapan dari saya terimakasih Wassalamualaikum.

  4. Nama : Zyeko Zeky Yekty Koemolo
    Nim : 858003665

    Video ini memberikan contoh konkret penerapan strategi pembelajaran yang berfokus pada pengembangan karakter, khususnya kejujuran, pada anak PAUD. Penggunaan penjepit jemuran sebagai simbol penyelesaian tugas merupakan ide yang kreatif dan mudah dipahami anak. Sistem penghargaan sederhana ini memberikan penguatan positif bagi anak yang jujur menyelesaikan tugas.

  5. nama : Wulan Sariningsih
    NIM 878181185
    video tersebut sangan menarik dan kreatif karena hanya dengan penjepit pakaian kita bisa mengetahui kejujuran anak didik. dan sesuai deskripsi video tersebut pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker atau dengan bintang dari mainan.

  6. Nama Sintia Leydia Sorongan
    Nim 859964632
    Ijin menanggapi video tentang ‘Menenamkan kejujuran pada anak melalui penjepit rambut’
    Video yang menawarkan pendekatan kreatif dalam mengajarkan kejujuran pada anak.
    *Manfaat dari menonton video adalah sebagai berikut;
    >Mengenalkan konsep kejujuran secara praktis kepada anak sehingga anak dapat mengetahui bahwa jujur bukan hanya perkataan yang jujur tapi juga tindakan yang bertanggung jawab juga merupakan salah satu bentuk kejujuran.
    >Meningkatkan pemahaman tentang pembelajaran berbasis aktivitas,melalui alat yang sederhana yaitu penjepit jemuaran,kita dapat mengajarkan tentang nilai moral dengan cara menyenangkan.
    >Mendorong kreativitas mengajar,metode pembelajaran interakif yang berkembang berbasis pengalaman langsung.
    *Bagaimana video ini dapat meningkakan kompetensi saya sebagai guru PAUD adalah sebagai berikut;
    >Meningkatkan kemampuan asesmen otentik,melalui observasi langsung terhadap prilaku anak saat bermain,guru dapat menilai pemahaman anak tentang kejujuran.
    >Menciptakan lingkungan belajar yang positif,menggunakan alat sederhana untuk mengajarkan nilai-nilai penting dan membuat pembelajaran lebih bermakna dan menarik bagi anak.
    Demikian dari saya,terima kasih.

  7. Nama : Amellia Dwi Ariesta
    Nim : 856108087

    Izin menanggapi dengan video ini memberikan manfaat untuk kita sebagai guru mengajar anak didik kita bagaimana menanamkan kejujuran pada anak usia dini

  8. Perkenalkan nama saya Sofia Nadila Romadoni dengan NIM 858005382
    Video sangat relevan dengan konteks pembelajaran anak usia dini.
    Disajikan secara sederhana dan menarik, cocok untuk diaplikasikan di kelas PAUD.
    Penggunaan media dongeng dan bermain peran sangat efektif dalam membentuk karakter jujur pada anak.
    Saran: Alangkah baiknya jika video dilengkapi dengan contoh nyata dari praktik di kelas dan lembar aktivitas yang bisa diunduh oleh guru.

  9. Saya setuju dengan kegiatan yang pertama yaitu saat mengerjakan kegiatan atau tugas-tugas guru harus mengingatkan kepada anak untuk mengerjakannya sampai selesai dan diberikan pada guru.
    Masukan: ide kegiatan lainnya:
    1. Menonton cerita dongeng tentang kejujuran membawa kebaikan dll.
    2. Circle time saat baris menyebutkan makanan yang baru saja dia makan dirumah

  10. Nama : Ulfa Maratus S
    NIM 877305413
    UPBJJ Surabaya.

    Video diatas sangat relevan dengan kondisi pembelajaran di PAUD.
    dengan metode yang digunakan oleh guru tersebut sangatlah inovatif dan kreatif, selain itu dengan menggunakan penjepit jemuran sebagai media dalam penyelesaian tugas anak juga dapat mengajarkan anak dalam menanamkan sikap jujur

Leave a Reply