silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama: Suryani
    Nim: 859440722
    Bismillah…dengan video di atas anak-anak di ajarkan untuk melatih motorik halus (membuat jepitan baju melalui plastisin )
    Mengembangkan konsentrasi dan berfikir melalui imajinasi.

  2. Judul Video *Melalui Penjepit jemuran*
    Video tersebut memberikan ilmu baru dan ispirasi kepada saya berupa solusi tentang cara menanamkan kejujuran pada anak Melalui Penjepit Jemuran.
    Video tersebut menerapkan prinsip pembelajaran anak usia dini yaitu belajar dengan cara bermain.
    Dalam kegiatan pembelajaran dalam video, guru menstimulus perkembangan-perkembangan pada anak yang dapat terintegrasi antara aspek perkembangan motorik halus, aspek perkembangan karakter, kognitif dan kejujuran.
    Video tersebut menginspirasi saya untuk dapat menerapkannya di kelas PAUD saya tentang metode/cara dalam menanamkan kejujuran pada anak.
    Cara-cara yang di gunakan untuk menanamkan kejujuran dalam video tersebut cukup menarik dengan menggunakan stiker/penjepit jemuran. Hal ini juga dapat digunakan sebagai reward/tanda anak dapat menyelesaikan setiap tugas yang di berikan oleh guru. Selain kejujuran, tanggung jawab juga akan terbentuk secara bersamaan pada diri anak dengan metode penggunaan penjepit jemuran.
    Masukan dan saran : Saya berharap isi dari portal guru pintar ini terus bertambah agar dapat menjadi sumber ilmu, motivasi, inspirasi, penguat dan pastinya sangat bermanfaar untuk profesi guru PAUD.
    Ya video-video pembelajaran dalam portal guru pintar sangat bermanfaat bagi saya dan pastinya guru-guru PAUD sebagai sumber belajar yang sangat menginspirasi dan dapat diterapkan pada kelas PAUD saya atau guru-guru PAUD lainnya.

  3. Nama : NIDA ANIF FATUL IZZA
    Nim :877972424
    UPBJJ : MALANG
    Dari video kegiatan di atas selain untuk menanamkan rasa jujur pada anak juga membantu anak memahami aturan sederhana dan kedisiplinan dengan kegiatan berstruktur, bermakna menyenangkan, dan sesuai dengan perkembangan anak. Pemberian stiker atau penjepit merupakan strategi yang efektif untuk memotivasi anak untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.
    Sebaiknya ada juga bagaimana penanganan jika anak yang belum bisa atau tidak mau menyelesaikan tugasnya.

  4. Nama : Septy Indriyani Safitri
    NIM : 878197424

    Dalam video tersebut guru menggunakan penjepit jemuran bagi anak yang telah menyelesaikan tugasnya. hal ini merupakan ide yang sangat menarik untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak. Dengan demikian anak tidak akan berbohong jika anak belum menyelesaikan tugasnya. selain itu, dengan memberikan penjepit jemuran dapat membuat anak menjadi lebih semangat untuk menyelesaikan tugasnya demi mendapatkan penjepit jemuran tersebut.

  5. Nama : Reyna Maharani Cyndika Putri
    NIM : 858014263
    Setelah saya mengamati video tersebut sampai akhir, saya menjadi terinspirasi dengan cara atau metode untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak. Dalam video tersebut dilakukan dengan cara menjepit pakaiannya bagi yang sudah selesai mengerjakan tugas dan bagi yang belum selesai belum boleh menjepit pakainnya. Dengan demikian anak tidak dapat berbohong jika belum menyelesaikan tugasnya. Kegiatan sederhana seperti ini sangat efektif dalam menanamkan nilai kejujuran sejak dini karena anak-anak belajar dari pengalaman langsung, bukan sekadar melalui instruksi verbal. Selain itu, dengan metode ini dapat mencerminkan asesmen otentik, karena guru dapat mengamati nilai dan sikap anak secara nyata saat mereka berinteraksi dalam kegiatan. Ini jauh lebih bermakna dibandingkan hanya menilai kemampuan akademik.
    Demikian tanggapan dari saya.
    Terimakasih.

  6. Dalam video tersebut metode yang dilakukan guru sudah sangat baik dan telah sesuai dengan nilai kejujuran
    Dan meningkatkan motivasi pada anak untuk dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik

  7. izin menanggapi diskusi 5 profesionalitas guru PAUD
    Menurut saya, video-video pembelajaran tentang membentuk nilai kejujuran anak usia dini sangat bermanfaat bagi guru-guru PAUD/TK. Video di atas tentang Membentuk nilai Kejujuran Anak Usia Dini Melalui Penjepit Jemuran dapat membantu saya sebagai guru untuk memahami cara-cara efektif untuk mengajarkan nilai kejujuran kepada anak-anak.

  8. Judul Vidio “Melalui Penjepit jemuran”
    Vidio tersebut sangat bermanfaat untuk salah satu cara dalam menanamkan nilai kejujuran pada kegiatan anak sehingga anak termotivasi dalam belajar dan mampu berbuat jujur .
    Masukan dan saran : Banyak sekali manfaat dari alat penjepit jemuran salah satunya adalah untuk melatih kekuatan jari-jari anak dan kordinasi mata – tangan jika mereka mampu menjepitkan dan melepaskan nya pada suatu benda, untuk itu saran saya anak-anak mengambil sendiri setelah tugas dikerjakan dan menjepitkan sendiri pada baju mereka, ini dapat menstimulasi perkembangan motorik halus dan melatih menanamkan kejujuran pada anak.

  9. Nama :Noviana
    NIM :858011268
    dalam vidio tersebut guru menanamkan nilai kejujuran pada anak dengan memberikan tanda berupa penjepit jemuran kepada anak yang sudah selesai mengerjakan tugas sehingga akan terlihat mana anak yg belum selesai, menurut saya kegiatan ini sangat sederhana dan dapat membangun semangat anak-anak untuk mengerjakan tugas. saran saya sebaiknya ajarkan kepada anak bahwa kejujuran itu penting untuk membangun kepercayaan dimasa datang.
    terimakasih

  10. Menurut saya, video ini sangat menarik karna menunjukan cara sederhana dan efektif untuk melatih motorik halus anak dengan menggunakan penjepit jemuran sebagai alatnya, kegiatan ini tidak hanya biaya murah/mudah ditemukan tetapi kegiatan ini juga bermanfaat untuk memperkuat otot jari anak. Di video ini terlihat anak yang sedang mewarnai setelah itu menjepitkan jepitan jemuran di baju anak masing-masing dan anak juga bermain playdough. Aktivitas ini tidak hanya membantu meningkatkan motorik halus tetapi juga memperbaiki konsentrasi, belajar mengenal warna, dan berkreativitas.

Leave a Reply