silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Rosidatul Ummah dari Mojokerto
Dalam video ini dijelaskan Melalui Penjepit Jemuran, memberikan contoh bagaimana menerapkan nilai kejujuran pada anak usia dini .
Video pertama menggunakan cerita bergambar, sementara video kedua menggunakan penjepit pakaian sebagai alat peraga untuk membantu anak memahami konsep secara visual dan konkret.
Penggunaan penjepit jemuran sebagai alat peraga adalah cara yang sederhana namun efektif untuk mengajarkan konsep abstrak seperti kejujuran kepada anak-anak.
Assalammualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
nama : NURUL FALAH
nim : 859179044
judul video : MELALUI PENJEPIT JEMURAN
guru harus menanamkan kejujuran kepada anak sedini mungkin, sebelum memberi anak tugas guru harus menjelaskan bahwa anak yang suka bohong adalah perbuatan yang tidak baik, dan sebelum anak mengerjakan tugas guru harus bertanya mengenai sudah mengerjakan atau belum, selain itu juga dalam video tersebut dapat dijadikan sarana menanamkan nilai-nilai kejujuran, terutama dalam hal bertanggung jawab, dan konsisten dalam mengerjakan tugas melalui permainan ini anak-anak belajar untuk tidak mengabaikan tugas yang diberikan guru, atau menggunakan jepit jemuran sembarangan, tetap menyelesaikan tugas dengan baik dan jujur, seperti dalam video tersebut mengadakan perlombaan menyuruh anak menggambar, mewarnai kupu-kupu, menempel membuat pola bunga menggunakan selaim, dan menghubungkan gambar dengan lambang bilangan dan mewarnai, menggunting dan menempel , secara tidak langsung guru melatih otot tangan dan konsentrasi mata, guru bisa menilai kedisiplinan waktu dalam mengerjakan tugas, dan menyelesaikan masalah sesuai dengan waktu yang ditentukan dan tidak melebihi batas waktu, anak belajar konsisten dalam mengerjakan tugas, dan mengajarkan tanggung jawab.
video guru pintar ini sangat bermanfaat
Nama: Sri Wantini
NIM: 858007308
Judul: MELALUI PENJEPIT JEMURAN
Dalam vidio ini guru menanamkan disiplin dan taat aturan kepada anak melalui perlombaan.Anak-anak yang tidak menyelesaikan pekerjaannya, untuk mengetes kejujuran anak guru dapat menjepitkan penjepit pakaian pada anak.
Vidio tersebut sangat bermanfaat untuk saya menambah pengetahuan dan pengalaman dalam mengajarkan anak didik.
terimakasih.
Nim :877834199
Nama : Fika Familia
Judul video : Melalui Penjepit Jemuran
Video tersebut menjelaskan bagaimana guru dalam menanamkan kejujuran dengan memberikan penjepit jemuran kepada anak yang telah menyelesaikan tugasnya. Cara tersebut memberikan dampak positif karena anak akan belajar untuk bertanggung jawab atas tugasnya dan bersikap jujur.
Assalamualaikum,,,
Nama : Yunarti
NIM : 859644301
Judul vidio:Melalui penjepit jemuran
Di dalam vidio yang sudah saya lihat,guru menanamkan disiplin kepada anak agar anak taat dengan aturan saat melakukan perlombaan,jika ada anak-anak yang tidak menyelesaikan pekerjaannya/tugasnya,dan untuk mengetes kejujuran anak guru menjepitkan penjepit pakaian kepada anak,agar anak dapat bertanggung jawab dengan pekerjaannya.
Nama: Hesty Rizki
NIM: 856343494
Judul: Melalui Penjepit Jemuran
Video pembelajaran tentang menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD dari Guru Pintar UT memiliki potensi besar untuk memberikan manfaat bagi guru dan orang tua. Video ini menyediakan materi yang relevan, metode pembelajaran yang menarik, dan ide-ide praktis. Namun, penting untuk mempertimbangkan konteks budaya dan sosial, serta peran interaksi langsung dalam proses pembelajaran. Video ini perlu dan bermanfaat jika digunakan secara bijak dan disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik anak-anak.
Assalamualaikum
Nama : Ismaturrahmi
Nim : 855899756
Judul : Melalui penjepit jemuran
Video tersebut menjelaskan guru menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD,Dalam bentuk taat dan disiplin bagi anak yang sudah siap mengerjakan tugas nya memberikan jepitan jemuran, dengan cara tersebut mengajarkan anak agar jujur dan taat pada aturan nya.
Nama : Farida Desyana Putri
NIM : 877682508
UPBJJ : Purwokerto
Video pertama dalam seri membentuk nilai kejujuran anak usia dini yang berjudul “Melalui penjepit jemuran”. Dalam video itu terlihat anak-anak sedang mengerjakan tugas, pertama anak-anak sedang mewarnai sesuai tema, kedua anak-anak sedang menggunting dan menempeldan ketiga sekelompok anak sedang menghubungkan gambar dengan lambang bilangan dan gambarnya diwarnai. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dipahami dan mudah dilakukan oleh anak-anak. Pada saat guru menanamkan kejujuran pada awal pembelajaran guru sudah mengatakan kepada siswa ” anak harus berkata jujur jika sudah bisa menyelesaikan tugasnya dan jika kesulitan menyelesaikannya juga harus bilang”. Dari beberapa tugas yang diberikan guru, bagi siswa yang sudah selesai mengerjakan tugasnya, anak dapat mengambil jepitan dan ditempelkan dibajunya. Proses ini membantu anak memahami konsep kejujuran dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya. Guru juga harus selalu menjadi teladan bagi para anak-anak untuk berbuat baik terutama dalam hal kejujuran. Sebaiknya juga dalam video ditunjukkan kegiatan berceritan tentang kejujuran dan membuat kegiatan yang berkaitan dengan kejujuran. Dan berikan pujian pada anak yang sudah menanamkan kejujuran.
Nama : Agustina Cimi
Nim : 877729342
UPBJJ : Pontianak
Video pembelajaran yang berjudul “Melalui Penjepit Jemuran ” Bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada anak. Seorang guru menggunakan penjepit untuk memberi tanda pada anak yang jujur dalam melakukan tugasnya.
Dari sekian anak yg mengerjakan tugas tersebut ada anak yg mengatakan sudah selesai namun pada kenyataannya tugasnya belum selesai.
Sekian jawaban dari saya Terima kasih
Nama : lina budi setyawati
NIM : 857887273
Dalam video diatas sebagai pendidik perlu menerapkan aturan atau tata tertib dalam melalukan perlombaan guru untuk mengetahuan kejujuran peserta dan membuat acara perlombaan menjadi kondusif,juga lancar .dari video itu bagi siswa yang sudah menyelesaikan tugas bisa mengambil jepitan dan menempelkan penjepit dibajunya.
Dan memberikan selamat kepada anak yang telah selesai dalam menyelesaikan tugasnya .