silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama: rosita ningsih
Nim : 856099984
Upbjj: medan
Judul video: melalui penjepit jemuran
Dengan melihat video ini kita dapat menyadari sangat pentingnya menanamkan nilai kejujuran sejak dini. Menurut saya dengan metode memberi penjepit jemuran kepada anak yang sudah selesai menyelesaikan tugas sangat efektif untuk melatih anak bersikap jujur. Mereka belajar bertanggung jawab atas tugas yang diberikan dan memotivasi anak untuk berkata jujur dan dapat menyelesaikan tugasnya dengan sungguh sungguh
Nama Ade usy salsyabilah
Nim 878198852
Judul video melalui penjepit jemuran
Vidio diatas membahas tentang kejujuran pada anak yang perlu di tanamkan sejak dini guna membentuk pribadi yang lebih baik. Dengan adanya vidio ini saya menjadi terbuka akan banyaknya cara yang dapat dilakukan untuk memfokuskan anak dan juga mendisiplinkan anak usia dini.
Nama: Dewi rahmawati
Nim: 857404824
Dalam vidio tersebut, berisikan tentang upaya seorang pendidik/guru PAUD untuk mengatasi anak yang tidak disiplin. Seperti tidak menyelesaikan tugasnya. Untuk itu, guru menggunakan metode “ Penjeit Jemuran”, penjepit ini akan dijepitkan pada kerah baju anak untuk menandakan bahwa anak tersebut sudah selesai mengerjakan tugasnya. Dengan metode tersebut, pendidik dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini. Sehingga anak-anak dapat belajara tertib dan taat aturan.
Dari isi vidio tersebut sangat bermanfaat dalam menambah wawasan saya sebagai guru PAUD. Saya dapat menerapkan metode tersebut untuk menerapkan nilai-nilai ketertiban dan kedisiplinan pada anak usia dini.
Nama : Kornelia Telik Bria
Nim : 858007275
Judul : Melalui Penjepit Jemuran
Dalam vidio ini Guru selalu menjadi teladan bagi anak-anak yaitu dalam hal kejujuran . Dan di Lembaga PAUD Guru melakukan dengan cara menanamkan kejujuran untuk anak-anak sehingga mereka bisa melakukan displin dan jujur.
nama: masda br manik
nim:860133762
upbjj: medan
Dengan melihat video ini kita dapat menyadari sangat pentingnya menanamkan nilai kejujuran sejak dini. Menurut saya dengan metode memberi penjepit jemuran kepada anak yang sudah selesai menyelesaikan tugas sangat efektif untuk melatih anak bersikap jujur. Mereka belajar bertanggung jawab atas tugas yang diberikan dan memotivasi anak untuk berkata jujur dan dapat menyelesaikan tugasnya dengan sungguh sungguh
Nama Citra widiastuty
Prodi PGPAUD 877640342
Melalui Kegiatan yang digambarkan diatas,mengajarkan anak anak untuk bersikap jujur,apabila telah selesai 3 Kegiatan yang diberikan guru,mereka melaporkan kepada guru,dan apabila mengalami kesulitan mereka berbicara kepada gur,dengan demikian guru dengan mudah mengetahui da mengukur kemampuan masing-masing anak didiknya
Demikian tanggapan dari saya tentang video diatas
NAMA : YENI WAHYU PRASASTI
NIM : 857876224
Judul video melalui penjepit jemuran
Vidio diatas membahas tentang kejujuran pada anak yang perlu di tanamkan sejak dini guna membentuk pribadi yang lebih baik. Dengan adanya vidio ini saya menjadi terbuka akan banyaknya cara yang dapat dilakukan untuk memfokuskan anak dan juga mendisiplinkan anak usia dini.
Nama : Fanny Nur Fadilah
Nim : 856861325
Komentar “Melalui Penjepit Jemuran”
Video “Melalui Penjepit Jemuran” merupakan contoh bagus pembelajaran kontekstual yang memanfaatkan sumber daya sederhana. Dengan penyempurnaan pada aspek teknis, kedalaman konseptual, dan inklusivitas, video ini dapat menjadi lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran serta menjangkau beragam gaya belajar siswa. selain itu Kreativitas dan Kontekstualisasi Video ini sangat inovatif dengan memanfaatkan penjepit jemuran sebagai alat pembelajaran. Penggunaan benda sehari-hari dapat membantu siswa menghubungkan konsep abstrak dengan kehidupan nyata, meningkatkan daya ingat dan keterlibatan. Selanjutnya Pembelajaran Partisipatif Aktivitas praktik secara langsung (hands-on) sangat memungkinkan siswa bereksperimen secara aktif, yang sangat sesuai dengan gaya belajar kinestetik. Hal ini juga mendorong kolaborasi dan diskusi antarsiswa. Serta Visualisasi Konsep digunakan untuk menjelaskan konsep seperti pola, keseimbangan, atau mekanika sederhana (misalnya tuas), sehingga memudahkan pemahaman melalui visualisasi konkret.
Masukan. Dan saran :
1. Penjelasan Konseptual yang Lebih Mendalam
– Tambahkan penjelasan teoretis singkat di awal atau akhir video untuk memperkuat koneksi antara aktivitas fisik dan konsep akademis (misalnya, prinsip fisika atau matematika).
– Integrasikan pertanyaan pemantik seperti, “Mengapa penjepit bisa menahan beban?” untuk memicu analisis kritis.
2. Aspek Teknis Video
– Perbaiki sudut kamera agar detail penggunaan penjepit jemuran terlihat jelas, terutama saat demonstrasi langkah-langkah spesifik.
– Tambahkan subtitle atau narasi untuk memudahkan pemahaman siswa dengan kebutuhan khusus (misalnya, gangguan pendengaran).
3. Inklusivitas dan Variasi
– Sediakan alternatif alat bagi siswa yang tidak memiliki penjepit jemuran (misalnya, klip kertas atau stik es krim) agar aktivitas lebih inklusif.
– Kembangkan variasi aktivitas dengan tingkat kesulitan berbeda untuk menantang siswa yang lebih cepat.
4. Integrasi Teknologi dan Real-World Application
– Tautkan kegiatan ini dengan teknologi, seperti merekam eksperimen siswa dan menganalisisnya bersama.
– Diskusikan aplikasi nyata konsep yang dipelajari (misalnya, penggunaan tuas dalam alat konstruksi).
5. Durasi dan Interaktivitas
– Potong video menjadi segmen 5-10 menit dengan jeda untuk refleksi atau pertanyaan interaktif.
– Tambahkan lembar kerja digital atau kuis singkat di akhir video untuk mengevaluasi pemahaman.
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Nama: Puji Astutik
NIM: 859051178
Metode penjepit pakaian untuk anak sudah menyelesaikan tugas memang sangat efektif. Anak menjadi lebih tertib, disiplin, teratur dan yang pasti anak tidak berani berani berbohong lagi. Pada saat perlombaan juga bisa diterapkan metode ini untuk disiplin dan taa aturan, tetapi langkah-langkah yang disampaikan belum jelas. Sebaiknya dijelaskan bagaimana cara mainnya, bagaimana anak tersebut mendapatkan penjepit pakaian tersebut
Terima kasih
nama: Neneng Rahmaniatul Ummah
NIM : 878163646
melalui video tersebut penanaman nilai kejujuran merupakan hal yang penting dalam membangun kemampuan dasar penanaman nilai baik terhadap anak. menggunakan jepit jemuran sebagai penanda bagi anak yang selesai mengerjakan tugas dapat menjadi pembeda dan juga penekanan kepada siswa yang belum selesai untuk menuntaskan tugasnya. nilai kejujuran ini merupakan nilai yang sangat bermanfaat bagi kehidupan anak kelak di masa depan, maka penerapan dan pembangunan nilai ini sangatlah penting dalam proses pembelajaran.