silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Amanatal Haqqi
NIM : 877664943
UPBJJ : Bogor
• masukan : video ini menampilkan aktivitas sederhana dengan cara memakai penjepit jemuran untuk mengajarkan nilai kejujuran pada peserta didik, hingga konsekuensi dari berbohong
• saran : dengan penambahan penjelasan tujuan, variasi metode, refleksi bersama anak, keterlibatan ornagtua, dan peningkatan kualitas penyajian, video serupa akan menginspirasi dan bermanfaat bagi para guru PAUD di Indonesia
Nama : Rhegita Ayu Anjelika
Nim : 877806247
Dalam Video tersebut tentunya membantu guru bahwa ternyata dalam menerapkan atau mengajarkan nilai-nilai kejujuran pada anak dapat menggunakan media atau cara yang sederhana yaitu dengan menggunakan penjepit jemuran untuk menandakan anak yang sudah tuntas dalam mengerjakan tugasnya dan juga dengan kalimat-kalimat pijakan yang sederhana guna memotivasi anak untuk berkata jujur.
Namun dalam video tersebut tidak dijelaskan secara rinci ketika memberikan solusi bagaimana cara mengetahui anak yang berkata jujur dalam menyelesaikan tugasnya, juga ketika ingin menjelaskan langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam kegiatan anak sedang perlombaan, mungkin dapat lebih dijelaskan secara rinci, serta diberikan penunjang teks agar suara guru yang menjelaskan tidak terganggu.
nama : fina hiyarotul ula
nim : 858619828
video diatas sangat mengispirasi bagi saya guru baru yang minim pengetahuan terimakasih kalu boleh kasih masukan jika bisa dalam video di sebutkan secara rinci bagaimana proses saat guru tahu siapa yang jujur dan tidak jujur, karena menurut pengalaman saya, guru 1 dengan murid banyak akan kewalahan dan tidak akan sempat memperhatikan siapa saja yang jujur dan tidak jujur dan pelajaran tersebut, sekian terimakasih.
Assalamualaikum wr wb
Nama: Eva Yunita
Nomor: 856661499
Prodi: PGPAUD
Semester: 2
Upbjj: Jambi
Izinkan untuk memberikan komentar dan masukan pada video ini
Judul video: “Melalui penjepit jemuran”
Komentar: Pendekatan ini sangat kreatif dan efektif. Menggunakan alat sederhana yang akrab bagi anak-anak membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan mudah dipahami. Selain itu, pemberian penghargaan berupa tanda tangan memberikan motivasi tambahan bagi anak untuk selalu tanggapan jujur.
Masukan dan saran: Agar lebih menarik, dapat ditambahkan variasi dalam bentuk penghargaan, seperti stiker atau sertifikat kecil. Selain itu, penting untuk selalu memberikan penjelasan mengapa kejujuran itu penting agar anak-anak memahami nilai pemulihan tindakan tersebut.
Video ini very good dan bermanfaat bagi kami terimakasih 🙏
Wassalamualaikum wr wb
assalamualaikum wr wb
izin menyampaikan pendapat
menurut saya dengan “penjepit jemuran” mungkin penemuan solusi yang menarik untuk anak anak menjadi jujur dan disiplin dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru .dan akan menciptakan jiwa yang selalu mengedepankan kejujuran pada kehidupannya .
assalamualaikum wr.wb
nama: siti humairoh
NIM: 860187646
Metode penggunaan penjepit jemuran sebagai alat untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini terbukti efektif dan menarik. Beberapa peserta pelatihan menyatakan bahwa pendekatan ini membantu anak-anak memahami pentingnya kejujuran dalam konteks yang menyenangkan. metode ini membantu anak-anak untuk berkata jujur tentang penyelesaian tugas mereka, serta memberikan pemahaman bahwa kejujuran dihargai dan penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Saran: Selain penjepit jemuran, guru dapat mempertimbangkan penggunaan stiker atau poin sebagai bentuk apresiasi terhadap sikap jujur anak. Hal ini dapat menambah variasi dalam metode pembelajaran dan meningkatkan motivasi anak..
nama: siti humairoh
NIM:860187646
Penggunaan penjepit jemuran sebagai simbol kejujuran adalah pendekatan yang kreatif dan menyenangkan. Anak-anak merasa dihargai dan termotivasi untuk bersikap jujur karena adanya penghargaan yang konkret. Selain itu, metode ini juga mengajarkan tanggung jawab kepada anak-anak untuk menyelesaikan tugas dengan baik. Guru dapat memantau perkembangan anak dan memberikan umpan balik yang konstruktif.
Masukan dan Saran
Selain bercerita dan penggunaan simbol seperti penjepit jemuran, guru dapat mengintegrasikan metode lain seperti permainan peran atau boneka tangan untuk menggambarkan situasi yang melibatkan kejujuran, Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran dapat memperkuat nilai-nilai yang diajarkan di sekolah. Guru dapat memberikan tugas atau aktivitas yang dapat dilakukan bersama orang tua di rumah untuk mendukung penanaman nilai kejujuran.
Assalamualaikum WR.WB.
Nama : Jumriati
Nim : 859371255
Judul Video : melalui penjepit jemuran
Komentar : Dari video tersebut dapat dilihat bahwa seorang guru memberikan tugas kepada anak- anak untuk di kerjakan dan anak yang sudah selesai mengerjakan tugasnya di berikan tanda melalui penjepit jemuran.Hal in dapat menanamkan nilai kejujuran terhadap anak-anak.Dari segi pembelajaran seperti ini anak bisa memahami bahwa pentingnya bersikap jujur baik kepada diri sendiri ataupun kapada guru dan orang lain.
Sekian dan Terimakasih.
Wassalamualaikum WR.WB.
Nama : wardatul ahmar
Nim : 858984054
Manfaat : video ini sangat bermanfaat karena dengan cara ini adalah pendekatan yang sangat kreatif, anak anak merasa termotivasi untuk jujur, metode ini juga mengajarkan anak untuk tanggung jawab.
Saran dan masukan : agar lebih menarik dapat ditambahkan variasi dalam bentuk penghargaan seperti stiker agar anak tambah bersemangat untuk belajar
Izin menyantumkan komentar
Nama : Vivi Ana Faradillah
Nim : 860141168
Menurut pendapat saya vidio tersebut adalah contoh nyata untuk menanamkan kejujuran pada anak sejak dini Menggunakan penjepit jemuran sebagai alat pembelajaran dapat membantu anak-anak memahami konsep kejujuran dalam konteks yang lebih nyata dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.