silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Nama : Junda Muarifa
    Nim : 857978857

    Menurut saya , Vidio tersebut adalah Vidio yang menginspirasi dalam menerapkan sifat disiplin dan jujur terhadap anak. Di Vidio tersebut, menceritakan bahwa anak-anak sedang mewarnai gambar kupu-kupu. Tetapi ada saja anak yang tidak mau mengerjakan kegiatan apapun. Setelah ditanya sama gurunya tentang siapa yang sudah mengerjakan seluruh kegiatan? , Anak tersebut berbicara bahwa dia sudah mengerjakan seluruh kegiatan bermain padahal belum sama sekali. Hal ini memberikan gambaran kepada saya bahwa untuk melatih sifat disiplin dan jujur , maka kita sebagai guru harus memberikan reward ketika anak sudah selesai bermain entah itu dapat menggunakan jepit jemuran, stiker bintang atau yang lainnya. Sehingga anak lebih antusias dalam mengerjakan kegiatan bermainnya. Dan secara tidak langsung dapat membentuk sifat disiplin dan jujur pada anak .

  2. nama : lilla wahyu sepriyan putri
    nim : 858830627
    prodi : PGPAUD AKPMM

    dalam proses pembelajran tersebut dalam mengembangkap sikap kejujuran pada anak sanagtlah bagus, dan guru sangat kreatif dalam mengembangkan sikap ekjujuran anak tersebeut, dalam kegiatan guru telah meberi apresiasi kejujuran anak menggunakan stiker dan penjeepit baju, guru sangatlah kreatif dan inisiatif bagus, dengan itu anak dapat bertindak jujur dala menjalankan tugas yang diberikan

  3. Lilis Solihatin-858748326
    Dari vidio diatas yang berjudul “menanamkan nilai kejujuran pada anak dengan memakai penjepit jemuran ”
    Guru tersebut menggunakan benda penjepit jemuran untuk memberikan bentuk reward yang kepada anak yang telah melakukan sikap kejujuran, anak akan termotivasi jika melakukan kejujuran diberikan reward, reward adalah cara untuk mendorong anak melakukan hal baik. Jika benda yang digunakan bisa lebih menarik seperti sticker berkarakter atau simbol simbol yang lucu, anak akan tertarik dengan benda tersebut sehinggal lebih mudah membuat anak termotivasi melakukan kejujuran. Terima kasih.

  4. Nama : Saudur Tarihoran
    Nim : 856052766
    Menanamkan nilai nilai kejujuran pada anak usia dini sangat perlu kita terapkan ditempat kita mengajar.dan salah satu solusi yang dapat kita lakukan untuk menangani nilai nilai kejujuran pada anak usia dini adalah dengan memakaikan penjepit jemuran.saya dapat dalam video yang saya tonton sangat menginspirasi saya yaitu dengan memakai penjepit jemuran.terima kasih

  5. Assalamualaikum Wr. Wb. izin berkomentar, menurut saya mengajarkan kejujuran pada anak sejak dini itu wajib dan sangat penting, seperti pada vidio di atas, sangat bagus dan kreatif cara penyampaianya sehingga anak mudah memahami dan tidak membosankan, semoga sampai ke memori anak dan dijadikan bekal ilmu sampai tua nanti.

  6. Nama : Erlina Purnamawati
    Nim : 857774827
    Prodi : PGPAUD S1 (Masukan Sarjana)

    Judul Video : Menanamkan Nilai-nilai Kejujuran pada Anak Usia Dini ” Melalui Penjepit Jemuran”

    Setelah saya menonton video diatas, Kegiatan yang dilakukan guru sangat kreatif dan sangat efektif dilakukan untuk melatih menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini melalui pemberian penjepit jemuran pada anak yang sudah selesai mengerjakan tugas. sehingga anak secara tidak langsung dilatih kejujuran,tanggung jawab, disiplin, mandiri dalam menyelesaikan tugasnya. Kegiatan penjepit jemuran ini sangat membantu guru dalam menangani murid yang banyak di dalam kelas, jadi guru bisa membedakan mana yang belum menyelesaikan kegiatan dan mana yang sudah selesai mengerjakan kegiatan sehingga anak yang sudah selesai bisa melanjutkan kegiatan selanjutnya.
    Metode ini sangat memotivasi anak untuk lebih semangat lagi dalam pembelajaran, dan terbiasa bersikap jujur.
    Terima kasih.

  7. Nama : kinanda pransiska Br Barus
    NIM : 856036002
    pembelajaran dalam video tersebut sangat menarik dan kreatif karna adanya timbal balik antara anak didik dan guru. Memiliki siswa di atas 20 di dalam kelas dalam usia PAUD sangat penuh tantangan. Terutama ketika memberikan kegiatan main lebih dari 1 kegiatan. Saya sering sekali merasa kebingungan dan selalu memastikan agar siswa A sudah mengerjakan kegiatan 1, 2, dan 3 atau tidak. Untuk mengajarkan kejujuran kepada siswa selain menanamkan konsep di awal kegiatan, seorang guru harus memiliki strategi yang kreatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi di dalam kelas. Menggunakan penjepit pakaian sebagai salah satu alternative yang sangat murah, mudah didapatkan dan efektif untuk membantu guru dalam menanamkan nilai kejujuran pada siswa. Hal ini dikatakan efektif karena siswa PAUD sangat senang dan mudah terinspirasi melakukan kebaikan jika mendapatkan suatu penghargaan. Siswa akan menjadi bersemangat menyelesaikan semua tugasnya untuk mendapatkan penjepit jemuran seperti temannya. Siswa yang sudah terlihat menggunakan jepitan jemuran di bajunya bisa terlihat oleh guru dari jarak yang lumayan jauh sehingga memudahkan guru dalam mengidentifikasi siswa yang belum tuntas mengerjakan kegiatan main (yang belum menggunakan penjepit jemuran) sehingga guru bisa segera menghampiri siswa tersebut untuk mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi siswa dalam kegiatan mainnya.

  8. NAMA : MUINDRAYATIN
    NIM : 858748483
    Dari video yang saya lihat yaitu penggunaan penjbit baju untuk menanamkan sikap jujur ada anak mampu memberi inspirasi baru bagi saya ntuk saya terapkan di lembaga tempat saya mengajar, tentnya hal yang dilakukan oleh guru tersebut begitu kreatif dengan demikian selain dengan mudah mengetahui anak yang sudah selesai mengerjakan tugas atau belum,hal tersebut juga akan memberi motivasi pada anak agar terus bersemangat menyelesaikan tugas dan senantiasa berperilaku jujur

  9. Nama : NI Kadek Ria Safitri
    Nim : 859028787

    Dari video di atas bisa dismpulkan bahwa guru mengajarkan nilai-nilai moral dan agama yang meliputi disiplin, bertanggung jawab, berkata jujur melalui pemberian jepitan jemuran untuk anak yang sudah menyelesaikan tugasnya. Jepit jemuran ini bisa diganti juga dalam bentuk reward lain seperti bintang atau emoticon. Wah anak jadi semangat menyelesaikan tugas dan makin bertanggung jawab

  10. NAMA : UMI ROSIDAH
    NIM : 857702977
    PRODI : PGPAUD (AKPMM)

    pada video tersebut, kita dapat mengambil pelajaran yaitu kejujuran sangat penting di tanamkan sejak dini, karena sifat jujur sangat berpengaruh pada kehidupan anak ketika kelak dewasa.
    Dalam metode yang di gunakan dalam video sudah bagus yaitu dengan menggunakan tanda penjepit baju, kalau di lembaga saya biasanya akan yang sudah selesai mengerjakan tugas tugasnya di kumpulan ke pendidik dan di kasih tanda bintang pada lembar kerja.

Leave a Reply